Jenis-Jenis Reaksi Dan Tipe Steemian : Hanya OpinisteemCreated with Sketch.

in #steem6 years ago

Ini memang membingungkan, tapi mungkin juga mengasyikkan.

Intro

Tulisan ini hanyalah sebuah opini. Beberapa istilah saya ciptakan sendiri untuk menunjang observasi yang saya buat di dalam merakit opini ini. Dan selayaknya sebuah opini, apa yang saya tuliskan tentu sangat dipengaruhi oleh apa yang saya ketahui (pengetahuan terkait, yang sangat dipengaruhi oleh pengalaman) dan bagaimana saya memahami apa yang saya ketahui itu. Jadi, saya terbuka untuk segala perbedaan pendapat, bantahan, kritikan, pelurusa (dan atau penyempurnaan) informasi, dan segala jenis sanggaha lainnya.

Velicity (HF20) dan Reaksi-Reaksi Yang Terrekam

Logo STEEM

HF20 yang terjadi pada Selasa malam 25 September jam 22.00 WIB lalu benar-benar telah menimbulkan suatu kegaduhan dan rasa tidak nyaman di antara pengguna. Server-server Discord yang dibangun untuk komunitas Steem dipenuhi percakapan-percakapan seputar HF20. Dalam masa-masa "penuh cobaan" itu, perbedaan cara pandang dan sikap setidaknya terbagi ke dalam empat kubu:

  1. Mereka yang merasa HF20 adalah sebuah bencana yang dalam banyak hal
    • merugikan para pengguna, terutama pengguna-pengguna dengan kekuatan rendah,
    • kontra-produktif dengan tujuan Steem dan,
    • mengancam terhadap tujuan Steem terkait adopsi massal;
  2. Kelompok yang merasa apa yang dibawa oleh HF20, meskipun mengorbankan beberapa hal, pada dasarnya adalah jawaban yang ditunggu-tunggu untuk beberapa persoalan mendesak yang selama ini dihadapi Steem;
  3. Kelompok yang merasa bahwa segala ketidak-nyamanan yang disebabkan oleh HF20 adalah bersifat temporer, artinya, perangkat aturan baru yang dibawa oleh HF20 memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan sifat alamiah Steem Blockchain, dan begitu juga sebaliknya. Kelompok ini menganjurkan agar semua bisa menahan diri dari membuat kesimpulan-kesimpulan yang tergesa-gesa;
  4. Kelompok yang tidak merasa harus terlalu memikirkan hal ini. Mereka siap berangkat meninggalkan Steem kapan saja jika Steem dianggap sudah "tidak asik lagi" dan tidak lagi "semanis seharusnya".

Tipe-Tipe Steemian : Sebuah Hasil Observasi Pribadi

Tentu saja, di atas Steem Blockchain, pengguna-pengguna juga bisa diklasifikasikan berdasarkan tingkat kepercayaannya kepada Steem, setidaknya ke dalam 4 tipe:

  1. Kelompok loyalis Steem. Mereka yang percaya penuh kepada Steem Blockchain, dan karenanya harapan mereka juga tinggi. Bisa jadi karena mereka telah melabuhkan duit dan berinvestasi, atau justru karena alasan kesenangan semata. Kelompok loyalis mungkin terbagi lagi ke dalam
    • ultra loyalis, yang akan merasa terpengaruh dengan segala aspek yang menimpa Steem Blockchain dan memberikan perhatian-perhatian yang "cukup" terhadap hal-hal itu dan memiliki gairah tertentu mempelajarinya, dan
    • infra loyalis, yakni mereka yang loyal terhadap Steem tetapi tidak terlalu terlibat dalam diskusi-diskusi terkait Steem. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, dan salah satunya adalah keterbatasa waktu karena kesibukan juga tidak ingin terlalu memikirkan hal-hal teknis. Mereka datang ke server-server dengan tujuan ingin berinteraksi dalam topik-topik ringan yang tidak menambah beban di pikiran mereka.
  2. Kelompok logis oportunis. Mereka berorientasi pada hitung-hitungan matematis yang tidak terlalu rumit : siap pergi kalau Steem tidak lagi menguntungkan, dan siap kembali kapan saja Steem kembali meroket lagi.
  3. Kelompok iseng. Mereka datang ke Steem benar-benar sekedar "membunuh waktu". Mereka tidak peduli dengan aturan-aturan atau etika Steem, mereka juga tidak peduli dengan bagaimana menampilkan konten yang lebih baik secara visual, tema, maupun isi. Bagi mereka, yang penting mengunggah sesuatu, biar para steemian lain yang memutuskan. Kelompok iseng ini juga berkemungkinan besar adalah akun-akun cadangan dari steemian-steemian lain.
Gambar oleh rawpixelSumber

Bagaimana seseorang bersikap terhadap apa yang terjadi di atas Steem Blockchain (termasuk Hardfork) tentu erat hubungannya dengan tipe klasifikasi yang dimilikinya sebagai seorang steemian. Ini hal yang mudah dipahami. Apapun tipe seseorang Steemian sebagaimana tersebut di atas, adalah murni keputusan pribadi, setidaknya demikianlah pendapat saya. Jadi tulisan ini tidak merupakan suatu upaya untuk menghakimi. Loyalitas juga sebuah subjek yang menurut saya pada tingkatan tertentu harus tunduk kepada pertimbangan logis, tapi hal ini bukanlah sesuatu yang eksak.

Terimakasih

Demikianlah tulisan saya ini. Terimakasih telah mengunjungi. Semoga ini bisa berguna. Segala tanggapan, masukan, saran, kritik, bantahan, pelurusan informasi, dan sebagainya, akan sangat saya hargai.

Tulisan Terkait

IkonJudul, Tanggal
Resource Credits si Pengganti Bandwith, 26/09;
Atribut-Atribut Steemian, 24/09;
Tentang Steem Witness (3) : Apa Itu Hard Fork?, 22/09;
Komitmen Di Masa Sulit 5 : Sulitkah Tetap Komit Di Masa Sulit?, 20/09;
Tentang Steem Witness (2) : Block, Apa Itu?, 19/09;
Tentang Steem Witness - Hal-hal Dasar Yang Perlu Diketahui, 17/09;
SteemX - A Huge Progress For World Steem Adoption or SteemX - Sebuah Perkembangan Besar Dalam Adopsi Steem di Dunia [Bilingual], 09/09;
masdacs-dot-io Sebuah Tool Yang Membantu Bloger "Multi-Platform", 02/09;
Beberapa Tool Steemit Keren, 29/08;
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 4) : Semakin Sulit Semakin Komit!, 27/8;
Tutorial Delegasi : Hal-hal Dasar Yang Perlu Diketahui Tentang Delegasi SP, 25/8;
STEEM dan Steem Dollar Anjlok, Semangat Jeblok?, 16/8;
GINAbot : Asisten Digital Steemian Pengguna Discord, 12/7;
Tutorial Mendelegasikan SP di Steemit : Apa, Bagaimana, Kenapa, Kapan, Siapa, 11/07;
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 3) : Menelisik Akar Dari Kabar Buruk, 23/6;
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 2) : Power Up!, 22/6;
Komitmen Di Masa Sulit, 21/6;
Motivasiku Bergabung di Steemit : Sama Sekali Tidak Rumit, 30/5;

Tekan di sini untuk bergabung dengan server arTeem di Discord.

Inisiatif arTeem Discord
Steem Community Discord
The City of NeoXian
The Freedom Tribe Discord
Slot Kosong
Tpot Discord

Orang Indonesia

Sort:  

Kamu yang mana tah? Sudah punya akun weku atau whaleshare juga kah? 😂😂😂 aku merupakan kombinasi dari semuanya, dibilang nggak investasi.. ada meskipun cuma waktu. Dibilang nggak peduli dengan kemungkinan steemit nggak manis lagi, nggak juga... lhaa masih senang nyobain steemmonster juga 😂 atawa dibilang iseng asal posting nggak juga, meskipun seringnya iya 😂 .. yg penting asyik aja sudah, badai pasti berlalu kok.

Saya kelompok iseng. Punya akun whalshares yang teronggok tak diberdayakan, juga trybe, tapi tidak punya (setidaknya sampai saat ini) weku dan pivot, meski ada beberapa yang menDM mengajak saya ikutan. Trybe juga cuman saya isi dgn satu artikel perkenalan, dan itu sudah sekitar 2 bulan lalu. Saya tidak punya cukup bahan, sumber daya, dan juga waktu.

Steemmonster adalah bagian dari Steem Blockchain, kan? Jadi itu bukan sejenis "pengkianatan" (kalau saya boleh menggunakan kata itu) terhadap Steem. Saya juga punya koleksi kartu SM.

😂😂😂 yg paling asyik ya di kelompok iseng atawa easy going steemian. Tetap posting selagi bisa, tetap upvote selagi suka.. down ya sabar, up ikut semangat. 👍👍👍 mangstaaap!

Saya termasuk kelompok ke 3 yaitu iseng...
Banyak orang yang sukses dengan menjilat disteemit, mengagung- agungkan orang tertentu, kelompok tertentu hanya untuk mendapatkan sedikit vote dan itu bukan saya.

Buat posting sesukamu asalkan bukan plagiat, sepatah dua patah kata tidak apa daripada tidak sama sekali, karena orang yang memberi vote belum tentu membaca posting Kita, kebanyakan karena adanya simbiosismutualisme..

Posted using Partiko Android

Ke depannya, Inisiatif arTeem akan melakukan penyesuaian, yang penting bukan lagi hanya delegasi tapi juga artikel. Setuju, @rayfa?

Saya bukan @rayfa bang 😂😂

Posted using Partiko Android

Ya. Saya meminta pendapat @rayfa selaku co-inisiator Inisiatif arTeem. Komen ini menarik.

Hehe... Becanda bang.. 😀

Kalau saya apapun keputusannya saya dukung 100% karena apapun itu pasti untuk kemajuan @arteem dan meningkatkan kemampuan steemian untuk memberikan posting yang lebih baik

Posted using Partiko Android

Ini merupakan sebuah penjabaran yang luas. aku sangat suka tulisan opini atas sebuah topik, dan tentunya menurut penelusuran tulisan ini sudah melewati beberapa kajian walaupun pada tingkat personal. aku termasuk dalam kategori apa? mungkin perpaduan 2 dan 3 plus selera aneh lainnya😂😂. bagi aku pribadi tidak terlalu ambil pusing pada setiap bagian yang belum aku kuasai. namun, bukan juga terlalu cuek atau tidak peduli terhadap perkembangan blockchain dan cryptocurrency khususnya steem. aku juga belajar dari bang Apin dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar otodidak. aku menyukai setiap tulisan serius , namun lebih suka pada semua tulisan yang ditulis oleh orang-orang yang merdeka dalam wawasan, tulisan dan tindakan. itulah yang menjadikan rasa suka pada setiap tulisan opini yang bebas dari segala intervensi. bagaimana dengan bang Apin? menurut aku dalam kategori satu? i guess! terima kasih telah berbagi! i love it

Saya masuk dalam kelompok ketiga, iseng :)

Saya tahu. 😂

Syukurla kalau artikel ini membuat bang pupu menyediakan waktu membaca dan berfikir, di atas itu tentu saja meninggalkan komentar. Rupanya strategi saya untuk menulis sekitar 500an kata saja cocok untuk memqncing bang pupu yang katanya suka pening baca tulisan saya yang panjang-panjng (biasanya sekitar 1000 kata). Hehe.

Kalau ditanya ke saya, saya nanya balik boleh ngga? Menurut bang pupu, saya masuk kategori mana saat ini? Tapi ya itu, pengkategorian yang saya jabarka di atas pun hanyalah sebuah pengkategorian yang dangkal, lebih dangkal dari observasi yang saya lakukan. Komntar bang pupu itu sedikit banyak menambah hal-hal baru ke dalam kesadaran saya, terimakasih.

Terkait tulisan opini, saya jugamenyukainya. Tapi hanya jika opini itu tidak bermaksud mengklain kebenaran, dan justru mampu membuka diskusi-diskusi. Mungkin saya musti belajar lebih banyak terkait hal ini.

Terimakasih telah mampir.

Rambutnya udah gak keriting lagi bg. Haha

Posted using Partiko Android

Itu kawannya. Kriting boy lagi di bulan. 😂

Wah...kalo ditanya beginian, bakalan bingung jawabnya, poin 1 ga pernah investasi, poin 2 ga gitu-gitu amat kayanya..poin 3, ga pernah iseng..sellau serius..hehehehe, mungkin bg APIN ni yang tau saya bagaimana..😂

Posted using Partiko Android

Bu Ines mungkin semacam anomali. Haha.

Hahahhaaaa...apa itu anomali bang APIN?

Posted using Partiko Android

Benar2 menusuk. Dikemas sederhana tapi hasilnya beuuuuhhhhh. Bereh deh

Posted using Partiko Android

haha kamu pinter art yak ternyata, gambarnya lucu banget

top! maunya captionnya "hardfork bikin sakit gigi" wkwkwk

Saya tidak tahu tipe yang mana.. tapi setelah HF20 ini jadi terkena penyakit malas juga. Mungkin efek Karena beberapa hari g bikin postingan gegara kena dampak kehabisan VM dan RC

Posted using Partiko Android

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 57258.35
ETH 3065.68
USDT 1.00
SBD 2.33