Komitmen Di Masa Sulit 5 : Sulitkah Tetap Komit Di Masa Sulit?

in #steem6 years ago

Masa sulit pasti berlalu.

Intro

Ini adalah tulisan ke lima saya dalam seri tulisan Komitmen Di Masa Sulit yang saya mulai pada 21 Juni lalu dengan seri pertama. Ternyata, setelah sekian bulan sejak kejatuhan nilai mata uang dijital yang -menurut kata berita- disebabkan oleh serangkaian serangan pencuri digital (hacker) yang menjebol beberapa bursa mata uang dijital di seluruh dunia, mata uang-mata uang digital itu belum pulih juga. Rangkaian serangan itu ternyata benar-benar membuat mata uang kripto terkapar, dan masih terus lemah belum sanggup kembali ke performanya terdahulu. Mengenai rangkaian serangan tersebut, silahkan baca tulisan ini.

Tabel beberapa serangan hacker atas bursa mata uang dijital di seluruh dunia. • Sumber

Dalam tulisan ini, saya hanya akan berfokus pada pada segala sesuatu yang berhubungan dengan Steem, meskipun sebenarnya yang sedang jatuh terpuruk bukan hanya STEEM dan SBD. Kejatuhan harga STEEM dan SBD yang sangat terasa terjadi setelah serangan pasar uang Coinrail di Korea Selatan pada tanggal 10 Juni lalu, yang menyebabkan anjloknya harga mata uang dijital termasuk STEEM dan SBD.

Fluktuasi Harga STEEM Dan SBD

Sampai hari ini, Kamis (20/09), sepanjang sejarahnya, harga terendah SBD sejauh penelusuran saya terjadi pada tanggal 17 Agustus 2017 yaitu Rp8.522,- per SBD. Harga SBD terrtinggi sepanjang sejarah hingga saat ini adalah Rp192.501 per SBD pada tanggal 19 Desember 2017.

Grafik Harga SBD sepanjang sejarah sebegaimana terlihat di coingecko.com.

Sementara harga terendah STEEM mungkin terjadi pada tanggal 10 Maret 2017 dengan nilai tukar Rp982,45,- per STEEM. Harga tertinggi STEEM sampai saat ini adalah Rp110.473,- setiap STEEM pada 3 Januari 2018 silam. Pada hari ini, harga SBD adalah Rp14.200h per SBD. Harga STEEM hari ini sekitar Rp11.620,- per STEEM. Grafik harga STEEM dan SBD masih belum menunjukkan pergerakan yang menyenangkan bagi para investor ataupun penambang.

Grafik Harga STEEM sepanjang sejarah sebegaimana terlihat di coingecko.com.

Siapa Saja Yang Terimbas?

Ah. Semua pihak yang berkepentingan dengan Steem Blockchain pasti sedikit banyak akan merasa imbas buruk dari merosotnya nilai STEEM dan SBD. Dan tidak sedikit pula yang telah kehilangan harapannya terhadap Steem Blockchain.

a. Steem Blogger
Yang saya maksud dengan Steem Blogger adalah setiap individu yang datang, mendaftar, dan melakukan aktifitas blogging di atas Steem Blockchain baik di atas platform steemit.com, busy.org, utopian.io, steepshot.io, steeming.com, musing.io, dtube, dlive, zappl, dan sebagainya.

Steem On!

Mungkin kelompok Steem Blogger yang datang belakangan tidak terlalu merasakan hal ini. Tetapi para blogger Steem yang pernah merasakan harga STEEM dan SBD yang sangat tinggi pasti sangat merasakan efeknya. Para blogger generasi baru itu mungkin akan mengambil kesimpulan bahwa "Ah! Steem Blockchain tidak sedahsyat rumornya." Saya mengambil manfaat finasial dari Steem Blockhain pertama kali ketika harga STEEM berada pada angka sekitar 20 ribu Rupiah.

Semenjak merosotnya nilai STEEM dan SBD, saya tidak lagi menjumpai beberapa orang yang sebelumnya bisa saya bilang aktif berinteraksi di atas Steem blog.

b. Investor

Gambar oleh rawpixelSumber

Yang saya sebut dengan investor adalah orang-orang yang melakukan investasi finansial di atas Steem Blockchain. Ini untuk membedakan dengan para Steem Blogger yang menginvestasikan waktunya di sini. Investor datang, melabuhkan uang, dengan harapan bisa mendapatkan manfaat finansial secara berkala. Kejatuhan nilai STEEM dan SBD tentu mengganggu mereka. Ditambah lagi dengan tidak bisa diprediksi kapan keadaan akan menjadi baik kembali.

Namun bagi calon investor yang merasa percaya pada masa depan Steem Blockchain, saat ini dipandang sebagai saat yang tepat untuk berinvestasi, karena harga STEEM dan SBD yang lumayan murah. Salah satu Steem Blogger yang mengambil kesempatan pada kejatuhan nilai STEEM dan SBD ini adalah @anroja, yang baru bergabung dengan Steem Blog pada 5 Juli 2018 lalu. Dia telah membeli sejumlah STEEM dan melakukan Power Up. Tentu beliau bukan satu-satunya yang memanfaatkan kesempatan ini.

c. Para Witness

Witness-witness adalah sekelompok orang yang memastikan Steem Blockchain berjalan dengan baik. Tanpa mereka, tidak ada Steem Blockchain. Kalau mereka tidak bekerja dengan baik, para Steem Blogger tidak akan bisa mengunggah artikel, berkomentar, mengupvote, bahkan mengakses Steem Blog. Kalau sesuatu terjadi pada mayoritas server mereka, maka Steem Blog juga tidak akan bisa diakses.

Kenapa mereka juga terimbas dengan kemerosotan harga STEEM dan SBD? Mudah dipahami: karena pada dasarnya mereka adalah investor yang lebih besar dari mereka yang hanya melabuhkan uang. Para witness selain menginvestasikan uang dalam jumlah yang sangat besar (minimal untuk memiliki perangkat server yang lengkap dengan hosting, dan tidak boleh perangkat yang seadanya), mereka juga menginvestasikan begitu banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk memastikan Steem Blockchain bekerja dengan baik. Dan mereka mendapat bayaran dalam bentuk Steem Power. Mereka adalah kelompok yang secara teori harusnya paling merasa kesulitan dengan merosotnya harga STEEM dan SBD.

Kita telah melihat nama-nama yang tercoret dalam daftar witness, tetapi saya tidak tahu pasti apakah mereka membatalkan proyek witness-nya berhubungan dengan harga STEEM dan SBD. Yang saya tahu dari @rayfa adalah bahwa @vesteem (witness pertama dari Aceh dan satu-satunya sampai saat ini) membatalkan proyek witness-nya beberapa waktu lalu karena masalah keuangan. @vesteem bukanlah kasus witness pertama yang saya dengar memiliki keluhan terkait keuangan. @paulag juga pernah mengatakan kepada saya besarnya biaya yang diperlukan untuk menjalankan proyek witness.

d. Para Pengembang

Yang saya sebut dengan pengembang adalah mereka yang mengembangkan peralatan-peralatan (tool-tool) juga aplikasi-aplikasi berbasis Steem Blockchain. Untuk melakukan hal-hal itu, mereka tentunya memerlukan perangkat-perangkat dan bahkan mungkin tenaga-tenaga untuk membantu mereka bekerja, selain itu tentu tenaga dan waktu serta pikiran (modal intelektual) mereka.

@steemchiller, pengembang SteemWorld, telah sekian lama memasang pesan pop-up yang akan muncul setiap kali seseorang mengakses tool karyanya itu. Pop-up itu berbunyi permohonan donasi agar dia bisa melanjutkan eksistensi tool bikinannya itu.

Lain halnya dengan pengembang aplikasi eSteem, @good-karma, menurut apa yang saya ketahui, dia dan timnya telah menetapkan untuk mengenakan biaya 10% dari seluruh reward yang didapat oleh artikel yang diunggah via aplikasi yang dia dan timnya kembangkan itu, baik itu diupvote oleh tim mereka ataupun tidak.

Apa yang dilakukan oleh @steemchiller dengan pesan pop-up-nya dan @good-karma dengan "pajak"-nya, menunjukkan sedikit gambaran pada besarnya biaya-biaya yang membebani para pengembang. Saya telah melihat setidsknya satu Steem Tool tidak bisa lagi saya akses, dan jika harga STEEM terus tidak menentu, bukan mustahil akan banyak Steem Tool yang juga terpaksa tinggal nama.

Komitmen?

Ini adalah hal yang pribadi. Saat ini kita hidup di dunia teknologi desentralisasi di mana para pengembang berlomba-lomba membayar para pengguna (atau lebih tepatnya: berbagi sedikit keuntungan dengan pengguna). Teknologi berbasis blockchain terus tumbuh. Ada banyak piliha bagi pengguna untuk mendapat sedikit uang dengan perangkatnya. Membaca berita, menulis cerita atau artikel, menonton video, bahkan sekedar bergabung di grup-grup Telegram atau WhatsApp atau Discord pun seseorang bisa mendapatkan bagian rejekinya.

Saya pribadi telah mendaftar di platform blog dari blockchain lain dan juga sebuah aplikasi terdesentralisasi dari blockchain lain, tetapi tidak ada yang berhasil membuat saya sebetah Steem Blog. Apakah ini komitmen, atau sekedar perasaan senang semisal menemukan "mainan baru" setelah meninggalkan facebook? Entahlah. Bisa juga ini hanyalah sinyal betapa susahnya saya beralih. Tetapi yang pasti saya menyenangi Steem Blog dan kegembiraan yang saya temukan di atasnya. Meskipun belakangan bisa dikatakan mustahil artikel saya menyentuh reward 4STU (pernah dulu saya langganan di atas angka itu), namun saya tetap menikmati kesenangan saya di atas Steem Blockchain dan Steem blog.

Sebuah komitmen "besar" telah saya buat beberapa waktu lalu : saya tidak akan menuangkan apapun yang saya dapat sebelum saya menjadi seorang dolphin (melampaui 500 SP). Ini memang berat kalau hanya mengandalkan reward artikel dan kurasi, tetapi saya akan lewati perjalanan Steem saya dari satu waktu ke satu waktu, menerima dan menikmati apa pun yang datang.

Catatan

Tulisan Terkait

IkonJudul, Tanggal
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 4) : Semakin Sulit Semakin Komit!, 27/8;
STEEM dan Steem Dollar Anjlok, Semangat Jeblok?, 16/8;
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 3) : Menelisik Akar Dari Kabar Buruk, 23/6;
Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 2) : Power Up!, 22/6;
Komitmen Di Masa Sulit, 21/6;
Motivasiku Bergabung di Steemit : Sama Sekali Tidak Rumit, 30/5;

Sumber dan Saran Bacaan

Terimakasih

Terimakasih telah mengunjungi. Semoga ini bisa berguna. Segala tanggapan, masukan, saran, kritik, bantahan, pelurusan informasigainya, akan sangat saya hargai.

Inisiatif Arteem Discord
Steem Community Discord
The City of NeoXian
The Freedom Tribe Discord
Slot Kosong
Tpot Discord

Orang Indonesia

Sort:  

asal ada niat, semoga saja bisa bertahan haha

Terimakasih, athaejin. Salam kenal. Bergabunglah bersama kami di server Inisiatif arTeem dan jdilah bagian dari penyokong Inisiatif arTeem. Untuk mendapat gambaran apa itu Inisiatif arTeem, silahkan baca artikel ini:

https://steemit.com/arteem/@arteem/arteem-dan-inisiatif-arteem-perkenalan-ee2c5d8779cc8

Semoga bermanfaat.

Hai bang Apin, tulisannya keren! Tp aku suka mumet kalo baca tulisan panjang😂😂, kebayang kaya baca privasi sebuah website! Saya nangkapnya, penting tetap komit in any kondisi! Ingatkan saya kalo keliru ya bang Apin! Thanks for explanation! 😂😂😂

Memang hanya cataatan pribadi. Kalau ada yang baca dan merasa bermanfaat, itu bonus. Jadi, jangan terlalu dipikirkan. Kalau sanggup silahkan baca, tidak pun tak apa-apa. Bukan kewajiban. 😂

Saya pernah menukar SBD seharga 250.000, sekitar tanggal 8 Desember 2017

Kalau begitu coingecko melakukan kesalahan atau jangan-jangan patokan mereka adalah Dollar AS,sehingga dengan kurs saat ini 250.000rp itu setara denhan 192.000rp pada saat itu. 👍

Saya pikir, penjelasan ke dua lebih bisa diterima.

Terimakaaih, @rayfa.

Kayaknya konversinya ke bitcoin dulu, terus dollar baru ke rupiah

WWaw. Kalo bisa langsung ke mata uang yg kita mau, seperti ditawarkan SteemX, pasti sangat membantu, ya.

Sama sekali belum merasakan hal ini 😂😂

Posted using Partiko Android

Wuuiiihhh.. lengkap sampai tak bisa lepas mata awak membacanya. Panjang selalu daftar riset abang niy kalau sekali ngeluarin posting ttg Steemit😉 mantaaap!

Waahh saya baru tahu ternyata ada juga witness dari Aceh (meskipun sudah menyerah yaa) kalau diperhatikan lagi, jadi ingat postinganmu tentang "nggak promo steem" dulu. Sekarang sedikit sekali yang kena imbas promo-steem yg bertahan, bahkan sempat ketemu informasi kebanyakan sudah hijrah ke aplikasi lain seperti weku, dll.

Buat kita2 yang sudah asyik2 aja di steemit dan punya target minimal dolphin ini, tentu saja akan terus berasyik2 di steemit😄. Hari gini, crappy post awak pun tetap ada hasil buat bekal menuju minnow status.

Semangat beuh 💪

Terimakasih, cicisaja.

  • Mengumpulkan referensi dan menuliskan intisari adalah sebentuk kesenangan tertentu bagi saya.
  • Ya. Begitulah. Ada beberapa rekan steemian saya juga sudah tidak terlihat lagi di Steem.
  • Setiap ada ide, sediakan waktu untuk menulis. Semudah itu saja.

Terimakasih. Selalu semangat.

Seeepp!! Mantap lah.. pokoknya tetap menulis yg kita suka dan bermanfaat

Haha. 😀
Menurut saya: tetap menulis yang kita suka dan bermanfaat, dan dengan harapan kurator-kurator juga menyukainya. 😀
Terimakasih telah singgah.

Tulisan yang sangat bagus bg apin, apapun tool nya yg penting masih bisa bertahan di bawah steem blokchain. Berkarya dan bersenang-senang di bawah steem blokchain adalah hal yg menyenangkan. :)

Posted using Partiko Android

Terimakasih. Bagus belum tentu, lumayan panjang bagi sebagian orang, mungkin. 😀

tulisan yang bermanfaat buat saya. saya baru tau kalau untuk jadi witness itu berat ya! saya blm pernah tukar sekalipu steem atau sbd. harganya melambung tinggi pas saya baru gabung. semoga kedepan punya kesempatan untuk tukar. dengan harga yang melambung juga
😁😁😁

Dari yag saya baca, hanya 20 witness pada posisi puncak yang mendapat "upah" yang lumayan. Dan untuk sampai ke sana juga tidak mudah.

Ya, Pak Guru, seamoga demikian.

Penjelasan yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi Saya YG buta ttg sistem di steemit ini.

Terimakasih Uda @ap78

Posted using Partiko Android

Terimakaah @dwiitavita.
Salam sukses.

Penjelasan yang sangat lengkap dan bermanfaat bagi Saya YG buta ttg sistem di steemit ini.

Terimakasih Uda @ap78

Posted using Partiko Android

@aneukpineung78 Thank you for not using bidbots on this post and also using the #nobidbot tag!

Hello @aneukpineung78, thank you for sharing this creative work! We just stopped by to say that you've been upvoted by the @creativecrypto magazine. The Creative Crypto is all about art on the blockchain and learning from creatives like you. Looking forward to crossing paths again soon. Steem on!

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 61555.74
ETH 2980.33
USDT 1.00
SBD 2.51