Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 2) : Power Up!

in #indonesia6 years ago

Media Sosial dan Gelagat Trending Pra Steemit : Amatanku


Saya memang tinggal di kaki gunung, tetapi meskipun begitu serta suplai listrik dan konektifitas internet di kampung kami bisa disebut tidak begitu bagus, namun bukan berarti warga kampung kami buta terhadap perkembangan teknologi, utamanya teknologi komunikasi. Minimal, ramai yang menggunakan Facebook, terutama kalangan muda dan paruh baya, orang-orang yang lebih tua difasilitasi oleh anak-anak atau anggota keluarga lain yang lebih muda untuk bisa menikmati fitur video call via Facebook Messenger atau WhatsApp. Instagram dan Twitter kurang populer. Terdapat juga pengguna Telegram.

Melalui Facebook saya sedikit banyak semakin mengenal sebagian warga kampungku. Menurutku sangat mengherankan ketika orang menjadi begitu terbuka di media sosial, menjelaskan siapa dirinya, pikirannya, perasaannya. Karena itu pada suatu titik tertentu saya memilih untuk tampil anonim di Facebook. Ada sedikitnya 4 akun anonim milikku yang diban Facebook sampai akhirnya saya 'menyerah'.

Selama saya bermain Facebook, tema paling trend yang saya temui adalah politik. Orang selalu siap beradu argumen membela pendapatnya tentang betapa seempurnanya pilihan politiknya. Tak jarang berujung kepada saling olok dan putusnya pertemanan. Meskipun saya juga suka melibatkan diri dalam obrolan-obrolan politik untuk menguji argumenku dan argumen orang yang berbeda pandangan, saya lebih tertarik memperhatikan gelagat ibu-ibu paruh baya yang suka mengunggah foto selfie dan mengamati tingkah laku mereka dalam menghadapi rayuan pria-pria muda, terkadang saya juga melakukan itu: menyamar sebagai seorang ibu-ibu paruh baya, mengunggah selfie-selfie, dan mentertawai para pria muda itu yang berlomba membanjiri Messenger-ku. 😂😂 "Pencapaian" tertinggiku adalah ketika seorang pejabat tingkat Kabupaten mengajak "saya" berlibur ke Medan. Betapa terkejutnya dia ketika akhirnya saya bersedia melakukan video call. Hahahaha!

Masa "Transisi"


Setelah ditendang dari Facebook untuk terakhir kali, saya total "terasingkan" dari hingar-bingar kehidupan medsos dan bisa lebih berkonsentrasi mengurus Cowa dan Lemmo, dua ekor lembuku. Meskipun saya memiliki akun Instagram dan YouTube, tapi saya tidak merasa bahwa aplikasi ini dibuat untuk saya, saya lebih sebagai 'manusia teks' daripada 'manusia gambar' atau 'manusia video', jadi saya memang lupa kapan terakhir kali mengakses kedua hal itu. Saya juga tidak punya cukup ilmu untuk menyulap Cowa dan Lemmo menjadi Selebgram-selebgram apalagi sampai menjadi tambang uang yang menggembirakan.

Angin Segar Itu Bernama Steemit


Setelah direkrut ke Steemit, saya merasa mendapat angin segar baru selaku seorang manusia teks. Ya, memang harus belajar banyak hal dan mematuhi banyak rambu-rambu dalam menata reputasi menuju seorang Steemonian yang 'lebih gembira'. Ya, benar, persis di kehidupan nyata, masa-masa baik dan buruk datang silih berganti di Steemit. Pernah ada kalanya saya begitu kecil hati melihay hanya 3 orang yang 'menjempoli' artikelku, padahal -menurutku- sudah kubuat sebagus mungkin. Tapi itu menjadi sinyal untuk terus belajar, bertanya, meminta masukan-masukan pada yang lebih senior, terutama sekali mentorku @rayfa yang begitu gigih memotivasiku.

Oh ya, sempat ada waktu sekitar sebulan ketika saya tidak menulis apa pun di Steemit, wakti itu saya peergunakan untuk mempelajaari beberapa hal penting termasuk memperhatikan bacaan-bacaan bermanfaat rekomendasi @rayfa dari Steemonian-steemonian hebat. Saat saya kembali dari 'kevakuman' sebulan itu, saya menemukan diri saya dalam energi yang lebih positif, dan lebih gembira.

Selain @rayfa, orang-orang yang termasuk 'jajaran awal' yang telah membantu saya memahami beberapa hal penting di Steemit termasuk yandot dan horpey melalui diskusi-diskusi di grup Telegram eSteem. Tetapi kalau saya harus berterimakasih pada semua yang telah membantuku, maka itu adalah semua Steemonian yang terus mengunggah konten-konten bermanfaat ke Steemit atau komentar-komentar yang berharga ataupun percakapan-percakapan di Telegram maupun Discord, termasuk dan tidak terbatas pada: Madam paulag, abh12345, @legendchew, neoxian, lynncoyle1, @el-naylul, gillianpearce, dan banyak lagi. Saya telah melihat salah satu sisi Steemit sebagai tempat di mana orang bertemu dan beerkontribusi.

In addition to @rayfa, people who have helped me in my earlier time to understanding some important things about Steemit include @yandot and @horpey through discussions in eSteem Telegram group. But if I have to thank all those who have helped me, it is all Steemonians who continue to upload useful contents or valuable comments on Steemit or useful and helpful conversations in Telegram and / or ** Discord **, including but not limited to: Madam @paulag, @abh12345, @legendchew, @neoxian, @lynncoyle1, @el-naylul, @gillianpearce, and many more. I have seen one side of Steemit is as a place where people meet and contribute.

Tepikan Duka, Rayakan Kepercayaanmu Pada Steemit : Power Up


Saat-saat sulit datang dan pergi, terus demikian, sekarang Steemonian dihadapkan pada lesunya nilai STEEM dan SBD. "Aaargh!" Teriak Tedy tadi siang, "Kapan nih SBD melesat lagi?"

Saya pura-pura tidak dengar. Saya mengecek Wallet saya untuk melihat ada sekitar 20SBD di sana. Saya mengecek harga di Internal Market dan bisa membeli sekitar 15STEEM dengan SBD sebanyak itu. Saya sudah berpikir untuk melakukan power up sejak sekitar seminggu lalu, tetapi peehatian saya saat itu telah teralihkan ke SteemMonsters di mana saya telah menghabiskan sekitar 7SBD untuk itu, saya sangat ingin mendapatkan kartu Legendary sebagaimana Pak Duta @suheri.

"Iya," sambut Bang Usuh, "kacau kali harga STEEM dan SBD."

"Sebenarnya bukan hanya dua duit kripto itu yang nyungsep," sahutku, "Bisa dibilang semua duit kripto sekarang sedang sakit. Orang-orang bulek ada yang menyebut kondisi ini sebagai 'crypto bloodbath'."

Ujang yang baru sampai menyambar, "Iya, sepertinya bener kata bang Aneuk."

"Kenapa begitu, Jang?" Tanya Tedy.

"Pacarku juga bilang begitu, soalnya."

Saya tertawa pendek, "Kalo udah pacarmu yang ngomong, siapa mau bantah, ya ngga?" Ujang tertawa kikuk sambil menggaruk kepalanya. "Tetapi kita bisa saja mengakhiri perdebatan ini dengan melihat harga-harga duit kripto di pasaran. Bisa kunjungi coingecko, di sana selain menyediakan informasi harga kripto semasa, juga tersedia grafik harga kripto tertentu sampai 90 hari terakhir."

"Kira-kira apa penyebab jebloknya harga-harga duit kripto saat ini?" Tanya Cek Ma'un yang ternyata dari tadi memperhatikan percakapan kami.

"Apa pacarmu juga mengatakan sesuatu tentang ini, Jang?" Timpalku.

"Kayanya ada hubungannya dengan pembobolan dua pasar kripto dalam waktu berselang dua minggu saja beberapa hari lalu." Jawab Ujang.

"Oh ya?"

"Tidak tahu juga apa iya itu yang memicu 'crypto bloodbath', tapi pasti menyumbang sekali pada jebloknya harga kripto-kripto."

"Di mana kejadiannya?" Tanya CM dan Tedy hampir bersamaan seolah sudah berencana.

"Dua-duanya di Korea Selatan. Yang pertama menimpa Coinrail, di mana hacker berhasil menggondol koin seharga lebih dari 37 Juta USD. Lalu tanggal 20 Juni kemaren hacker membobol koin kripto setara sekitar 30 Juta USD di Bithump."

"Dua-duanya di Korea Selatan?" Tanya Tedy.

"Iya," kata Ujang, "kayanya mereka sedang berusaha menulis rekor." Tidak ada yang tertawa pada lelucon Ujang, entah karena itu terlalu garing, atau karena semua masih terpengaruh harga SBD yang rendah.

"Ah ya!" Kataku, "saya akan melakukan Powering Up, mungkin nanti malam. Lumayan, bisa naambah 15SP." Semua berpaling padaku, "Dan saat ini saya harus kembali mengurusi lembu-lembuku."

image
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0))

Saran Bacaan


Terimakasih


Sekian dan terimakasih telah singgah.

1528981265-picsay.jpg
Sumber gambar klik di sini.


Tulisan ini belum "mati", jadi, jangan sungkan mengomentari (membantah, mengkritik, menambah info, mempertanyakan, dan sebagainya). Dan saya TIDAK ANTI KOMENTAR PANJANG, ukuran bagi saya bukan hal utama, namun isinya lah yang penting. Tetapi jika itu layak dijadikan artikel, saran saya buat saja itu sebagai artikel Anda dan lekatkan tautannya di bilah komentar dan / atau mention saya di artikel tersebut (perhatikan untuk menulis nick dengan benar), ini tentu membawa manfaat lain kepada Anda pada gilirannya. Segala masukan akan menjadi pelajaran berharga bagi saya dan saya harap mampu menambah isi kepada cangkir saya.

The City of NeoXian
Slot Kosong.

situs web | Server Discord

From Indonesia With L💜VE


@aneukpineung78 | Telegram Saya

Sort:  

Coins mentioned in post:

CoinPrice (USD)📉 24h📉 7d
BTCBitcoin6217.010$-7.61%-4.84%
ETHEthereum478.540$-9.02%-3.74%
SBDSteem Dollars1.146$-7.09%-13.6%
STEEMSteem1.383$-11.03%-17.94%

Wow. If you are a bot, then I thimk you are a lovely one. 💛

Halo @aneukpineung78, apa kabar? Tulisan yang menarik.. sudah kami upvote dan resteem ke 7447 follower ya.. (Secercah kontribusi kami sebagai witness di komunitas Steemit bahasa Indonesia.)

You got a 11.95% upvote from @kakibukit courtesy of @puncakbukit!

Seperti biasanya bang @anuekpineung78..
Postingan anda selalu menarik perhatian saya untuk membacanya..😂😂😂
Terus semangat bang walaupun harga crypto lagi blootdbadh..

Ya Mas @gaskun, terimakasih sudah singgah, ya. 😀

begitu besar dan luasnya laut,yang namun airnya
tak juga tenang" ada pasang ada surut"
bgitu jg di smudra steemit ini, krn kita punya darah jgnlh lesu oleh tiupn angin sendu,carilh celah untuk berselimut agr mndapt kehangatn dan segarkn kmbali dgn darah MUDA,, SALAM FRESH AJA

@fauzan11 yang baik, Selamat Hari Raya Fitri 1439 H. Mohon maaf lahir batin.

Iya, @fauzan11, sebisanya tetap memelihara 'kekaleman', tetap memelihara optimisme, dan memandang jauh ke depan. Komitmen ngga benar-benar terbukti tanpa diuji.

Terimakasih sudah singgah.

Ohhh iya ya..sama ide kita rupanya...hahaha...apa kabar kapten @aneukpineung78?

Selamat Hari Raya, Capt!
Maapin lahir batin dunia akhiray.

Iya, tapi ini bagian 2 dalam tema Komitmen di Masa Sulit. Dan saya sudah memiliki ide untuk bagian ke 3, tinggal melakukan sedikit riset di Google dan menuangkan ke artikel, mungkin baru bisa saya garap nanti sore dan saya unggah malamnya kalau ngga ada kendala. 😀

Kabar sehat aja nih, semoga Capt'n dan seluruh jajaran keluarga juga baik-baik. Dan happy farming. 😀

Tertanda,
🐁

did you draw that picture? Awesome.

I do not worry about the price of STEEM or SBD. My vision is long term and so the current price does not matter. I believe in STEEM and if you also think long term, the everything you power up, will be worth much more than if you cash out while the price is low.

This was an awesome post @aneukpineung78, well written, funny, engaging and filled with messages. Keep up the amazing work.

Yes, Ma'am, lately I've been using my own pictures as my posts' "editorial comics". Drawing and using my own pictures double the joy I can get on Steemit.

I also believe in STEEM and SBD and Steemit and the blockchain. To the current price issue, I think this is the best time to invest and power up, if only I have some money I can spend to buy STEEM and make me stronger. I think this opportunity wont come again in the future. Yes I do hope that STEEM and SBD and another cryptos will be getting well as soon as possible so that many people could get back to their night sleep happier as they were, but in the meantime this is the reality we must be facing.

Last night I converted 21SBD to about 16STEEM and powered up. Ooh, it felt good, it still does. This is my third commitment now after the first was "not doing self-vote anymore" and the second is "maintaining commitment on STEEM-related things" : "i will never cash out anything I earn on Steemit before I reach a minimum 500SP", does it sound funny?

Thanks for your appreciation, Ma'am. That means a lot.

"Ooh, it felt good, it still does" - I love this :-)

500 SP is a milestone and I bet when you get there you will feel even better than when you powered up last night,

I believe so. 💪💪

Thank you for the mention @aneukpineung78! I appreciate it very much :)

I'm always happy to power up, watching the growth is indeed exciting! Thanks for a great post :)

😊 Thanks for reacting Lynn.
Enjoy your time.

Hehehe.. keren that mang tulisan droneuh adun.

Pasti bagian nyamar jadi mamak-mamak yang paleng paten. Haha. 😁

Hahahah.. sebenar jih sakit pelut bak long khem hahahha :D :D :D
gamba lagak bg. :)

Peukateun jameun. Memang ka meunan adat semasa. 😀

Adak lagak pih gamba nyan, h'an jitueng chit léë utopian. 😂😂

Hahahaha... nyan payah neu lukis ngen laptop baro jitung bg. :D

Suwah tabôh droe neuh ke Direktur Utama utopian, barô mangat sang. Haha.

Saya tidak komentar apa-apa, saya cukup katakan Steem ON, apakah ini bagian dari Komitmen. hehehhe

Pasti. Saya juga sebenarnya idenya sesederhana itu. Tapi kalau hanya itu yang saya tulis di artikel, bisa dimarahi Mama Paula saya. Haha. Inti utama komitmen memang sesederhana "Steem On" yang kemudian diwujudkan ke dalam tindakan-tindakan.

Terimakasih sudah singgah ya.

steem mmg on, tp klo energi lgi off gmn??
off energinya krn efek dr sstu yg gak mndukung
untuk kbersamaan, yg kuat ttp berjln krn ckp energi, tp
klo yg lemah krn khabisn enrgi gmn bs berjln??? sdgkn tongkat penopang gak punya,mgharap kpd yg lain bgaikn pungguk mrindukn bln, krn jmn skrg klo g selevel gk bersama kdg kbanyakn gtu, bkn brsatu untk
slg berpegangn agr mnjdi sbuah pertemann yg erat dan mnjadikn steemit ini sbuah wacana yg bs mbgi
ksejahteraan brsama....

Vote4Vote Bukan Cara Saya


Tolong diri sendiri dahulu dengan menulis artikel-artikel yang menarik baik secara estetika maupun tema dan sesuai standar serta aturan. Steemit ini tempat memberi yang terbaik, bukan meminta yang terbaik.

Saya tak pernah mengemis pada orang untuk memvote atau mengomentari atau meresteem artikel saya. Saya hanya mengunggah apa yang saya suka dengan sebisa mungkin memenuhi atau tidak menyalahi kaidah yang berlaku.

Meskipun begitu, saya sebisanya membalas kunjungan orang yang memvote artikel saya, tapi bukan berarti saya akan memvote sembarangan, selain karena power saya yang terbatas saya juga pemilih. Jadi, silahkan vote artikel saya jika itu dianggap bermanfaat dan / atau menarik, dan bukan dengan harapan saya akan datang untuk melakukan vote balik.

Saya juga akan memvote artikel yang saya temui saay menjelajah Steemit yang menurut saya ditulis dwngan "sepenuh hati" meskipun pemilik tulisan tidak memvote artikel saya. Jadi iya, saya bukan tipe "Steemian Vote for Vote", maaf.

Sekian, Bang @fauzan11. Padahal hal ini sudah peernah saya tulis dalam sebuah artikel. Mungkin saat itu bang @fauzan11 belum kenal saya.

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by aneukpineung78 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 64161.84
ETH 2950.76
USDT 1.00
SBD 3.60