Motivasiku Bergabung di Steemit : Sama Sekali Tidak Rumit 😀😀

in #indonesia6 years ago (edited)

Intro


Artikel ini terilhami dari artikel Pak Dokter @razack-pulo pada tanggal 29 Mei kemaren, yakni sebuah Kontes Komentar berhadiah masing-masing 4 SBD untuk 3 pemenang, tentang motivasi seseorang bergabung di Steemit sebagaimana terlihat di tautan ini. Tema kontes komentar dari Pak Dokter @razack-pulo ini hampir mirip dengan salah satu tema kontes menulis mingguan SteemCommunity yang dikelola @legendchew yakni pada minggu ke 6 kontes (kira-kira 2 minggu lalu, yang membawa tema What Will Motivate You To Write In Steemit sebagaimana terlihat di sini.

Kontes Komentar tersebut hadir dengan pertanyaan, Apa Motivasi Anda Gabung Dengan STEEM/it dengan tawaran masing-masing 4 SBD untuk 3 jawaban terbaik. Saya telah berpartisipasi pada kontes tersebut, dan hasilnya telah diumumkan pada hari ini, dengan jawaban terpilih berasal dari komentar yang dibuat oleh @santiintan, @jamanfahmi, dan @djamidjalal, selamat kepada beliau semua.

Ada Masalah?

Pertanyaan Yang Membawa Kesadaran dan Sebuah Pernyataan Untuk Mematahkan Keraguan


a. Pertanyaan Yang Menggairahkan
Pertanyaan seperti "apa yang memotivasi seseorang melakukan sesuatu", selalu menarik bagi saya, terutama jika itu terkait dengan diri saya sendiri. Jadi, ketika intro artikel dari Pak Dokter @razack-pulo itu muncul di feed, saya segera membukanya. Kenapa pertanyaan-pertanyaan seperti itu begitu menarik perhatian saya? Tidak lain adalah karena pertanyaan itu membawa saya untuk memahami sedikit lebih banyak tentang salah satu sisi kecenderungan manusia, terutama lagi ketika pertanyaan-pertanyaan seumpama itu ditujukan kepada saya pribadi, dan lebih asyiknya lagi, saya bisa berkesempatan mendapat finansial dengan menjawab pertanyaan tersebut.

Yang saya maksudkan di atas dengan "memahami sedikit lebih banyak tentang salah satu sisi kecenderungan manusia" bukanlah bersifat personal saja, misalnya "kenapa si anu melakukan itu", tetapi lebih kepada, misalnya, "apa hal yang paling populer memotivasi orang-orang di dalam suatu kelompok". Ya, saya menyukai melihat ini sebagai sebuah statistik, terlebih jika jawaban-jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dikembangkan lebih jauh untuk menyodorkan jawaban-jawaban kepada pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang bisa dipicunya, seumpama, "kenapa sekumpulan orang melakukan itu dan bukan ini" dan lebih jauh lagi, "kenapa sekumpulan orang di sini lebih termotivasi oleh A sementara kumpulan orang di sana lebih termotivasi oleh B".

b. Pernyataan Picisan
Tidak, di sini saya tidak sedang menggugat atau mengkampanyekan hal negatif dalam bentuk apapun terkait apa yang dilakukan Pak Dokter @razack-pulo dengan Kontes Komentar beliau, atau ingin berlagak pintar. Saya harap tidak ada yang salah memahami, tetapi saya selalu siap untuk dikritik dan dikonfrontasi, dan untuk itu silahkan manfaatkan bilah komentar. Dan, bukan Pak Dokter yang saya khawatirkan.

Hal yang saya ingin orang pahami dari paparan saya di atas adalah, betapa pertanyaan Pak Dokter @razack-pulo yang terlihat seolah-olah sepele itu, telah membuat semangat saya bergairah dan otak saya berputar. Tidak setiap hari sebuah pertanyaan pendek begitu akan mampu menggerakkan orang-orang.

Mana Mungkin?

Jawaban Saya Di Kontes Komentar Pak Dokter @razack-pulo Itu


Terlepas dari kegairahan saya untuk bisa mendapatkan jawaban yang lebih menyeluruh terhadap pertanyaan-pertanyaan yang bisa dikembangkan sebagaimana saya paparkan di atas, saya hanya bisa membahas (atau lebih tepatnya menuliskan catatan), tentang jawaban saya sendiri untuk pertanyaan pada Kontes Komentar Pak Dokter @razack-pulo itu. Sebagaimana saya fahamkan pada awal-awal artikel, bahwa saya juga telah terlibat di dalam Kontes Komentar tersebut, dan saya hanya menjawab ringkas saja di sana, sebagai berikut:

Langsung ke tujuan:

  • duit;
  • ngeblog (menyalurkan hobi menulis);
  • memperluas pertemanan;
  • menjaring ide-ide baru dari berbagai kultur di seluruh dunia, sekaligus membangun pemahaman-pemahaman dengan mereka, dan ini efektif melalui bilah komentar apalagi jika diteruskan ke Discord;

Begitu saja, Pak Dokter.

Jawaban itu tidak saya susun berdasarkan skala prioritas, dan tidak ada di antaranya yang lebih prioritas dari yang lainnya, semua adalah satu kesatuan yang utuh, tunggal. Seharusnya saya juga menulis ini di Kontes Komentar itu, ya? Hehe.

Mari kita ulas, titik per titik:

  • Duit;
    Tentu saja daya tarik uang tidak bisa dinafikan, dan saya percaya hampir semua termotivasi oleh ini, hampir tidak pernah saya temui orang-orang yang memilih opsi decline payment, dan saya memandang itu sebagai sinyal.
  • Menyalurkan Hobi Menulis;
    Ah ya, pikiran-pikiran perlu dimerdekakan ke dalam segala bentuk pembebasan dan saya memilih melakukannya dengan menulis. Dengan menulis dan berbagi, sasaran utama saya adalah berbagi informasi dan / atau kegembiraan dan / atau pikiran-pikiran dan sebagainya, juga agar bisa menjaring ide-ide baru, bantahan-bantahan atau sanggahan, kritikan, tambahan informasi, dan segala jenis tanggapan lainnya termasuk pertanyaan dan lelucon, termasuk pertanyaan dan lelucon, yang kesemuanya adalah apa yang saya anggap sebagai sesuatu yang akan membuat sebuah tulisan bisa "lebih hidup" dan saya sendiri selaku penulis bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih banyak hal dan terutama sekali, mengajari diri sendiri setiap saat untuk selalu menjaga gelas saya tetap memiliki ruang untuk bisa diisi.
  • Memperluas Pertemanan;
    Ya! Saya suka menjalin pertemanan, atau lebih tepatnya berinteraksi, di media sosial, terutama yang berbasis teks. Jadi, saya memang bukan peminat media sosial berbasis video atau gambar. Saya telah mulai mengenal digital chat sejak akhir 90an. Saat itu saya melakukannya dengan aplikasi berbasis web bikinan Khaled Mardambey1 yakni mIRC atau Microsoft Internet Relay Chat2. Ada juga kvIRC3, tapi saya tidak pernah menggunakannya. Pada saat hampir bersamaan saya mengenal YM atau Yahoo Messenger4. Lalu, teknologi komunikasi terus berkembang hampir setiap saat dengan teroboson-terobosan baru. Mungkin nanti saya akan menulis tentang pengalaman saya dengan hal-hal ini, tetapi jika kawan-kawan mau menuliskannya juga, itu tentu sangat menarik. Atau mau berbagi cerita tentang mIRC, atau YM, silahkan.
  • Menjaring Ide-Ide Baru Dari Berbagai Kultur Di Seluruh Dunia, Sekaligus Membangun Pemahaman-Pemahaman Dengan Mereka;
    Ini adalah sebuah kesempatan yang sangat hebat yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Kita bisa berinteraksi secara real time dengan orang-orang yang berada di mana saja bahkan di tempat-tempat yang sangat jauh, dari berbagai budaya, agama, adat istiadat, kebiasaan. Sewajarnya kita memanfaatkan hal ini sebisa mungkin untuk berkontribusi secara positif semampu kita bagi tujuan-tujuan yang kita yakini baik, terutama terkait tema-tema kemanusiaan.
    Ide yang saya kemukakan pada paragraf sebelum ini bisa dilakukan di bilah komentar Steemit atau aplikasi berbasis web lain yang berada pada STEEM block chain, jika saja topiknya tepat untuk itu. Dan bisa juga melalui percakapan-percakapan di server-server Discord (yang berafiliasi kepada kegiatan-kegiatan berkaitan dengan Steemit) yang mengakomodir itu atau melalui pesan-pesan pribadi atau Direct Message (DM).

Lalu, apakah saya sudah menempatkan ide itu ke dalam suatu praktek dan mendapat manfaat darinya? Sering! Saya justru bingung jika ada orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan itu seyakin saya, saran saya: ikutlah dengan saya untuk memikir ulang apa yang sebenarnya kita kerjakan di Steemit dan apa potensi manfaat terbaik yang bisa kita berikan dan dapatkan.

Seringkali Hanya Engkau Yang Bisa Menolong Dirimu Sendiri

Catatan Super Penting


Dengan ini saya nyatakan bahwa tulisan ini saya buat BUKAN untuk menggugat keputusan Pak Dokter @razack-pulo terkait Kontes Komentar yang digelarnya itu, tetapi murni sebagai catatan bagi saya sendiri. Semoga tidak ada yang merasa dirugikan. Dan kalai ada yang berkeberatan silahkan nyatakan di bilah komentar.

Glosari


1Khaled Mardam-Bey adalah pencipta mIRC, sebuah klien pesan instan IRC untuk Windows yang populer. Ia dilahirkan pada 19 Maret 1968 di Amman, Jordan.

2

Logo dari mirc.com
mIRC atau Microsoft Internet Relay Chat merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia.
Perangkat lunak ini disebutkan sebagai perangkat lunak berbasis web yang memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukkan mIRC ke dalam daftar "10 Aplikasi Internet Terbaik" tahun 2003.

3kvIRC adalah client IRC yang dibuat untuk Linux, Unix, Mac OS and Windows. Namanya merupakan singkatan dari K Visual IRC.

4

Yahoo Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.
Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail. YM menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam hosting, text Message service, chat rooms.

Referensi dan Saran Bacaan


Terimakasih


Sekian. Terimakasih telah singgah. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, dan semoga mampu menyelamatkan puasanya.

Tulisan ini belum "mati", jadi, jangan sungkan mengomentari (membantah, mengkritik, menambah info, mempertanyakan, dan sebagainya). Dan saya TIDAK ANTI KOMENTAR PANJANG, ukuran bagi saya bukan hal utama, namun isinya lah yang penting. Tetapi jika itu layak dijadikan artikel, saran saya buat saja itu sebagai artikel Anda dan lekatkan tautannya di bilah komentar dan / atau mention saya di artikel tersebut (perhatikan untuk menulis nick dengan benar), ini tentu membawa manfaat lain kepada Anda pada gilirannya. Segala masukan akan menjadi pelajaran berharga bagi saya dan saya harap mampu menambah isi kepada cangkir saya.

The City of @neoxian
Slot Kosong.

situs web | Server Discord

From Indonesia With L💜VE


@aneukpineung78 | Telegram Saya

Sort:  

A, B, C, D I can't understand this language :D

No worry dear. I'm working on a brief English version of it. How are you today? Miss me? 😊😊

Cool! I'm pretty good and you?

I was under 80%, now I'm 101%. 😀
Thanks for dropping by.
See you at Flirtious (?) City, is a @xawi there? 😀

Steemit membuat saya memiliki banyak saudara di Indonesia, dan kenal sama Abang juga

namanya belibet, buat diketik😅😅

Ah ya, benar sekali, @ettydiallova. Salam kenal ya. Meskipun jauh di negeri lain, tetap terasa dekat. Hehe.

Bagaimana musim panas di sana jika dibandingkan dengan di Indonesia?

Teeimakasih sudah mampir dan mwngomentari juga votenya.

Ya iyalah, masa ya iya donk..

Haha. Benar-benar jenis respons yang saya harapkan. 😂😂

Terimakasih ya bang @arulkmand4n sudah menghabiskan waktu dan datanya untuk datang dan mengomentari. Bagaimana bisnis? 😄😄 Semoga semua lancar.

Hahah.. Maklum.. Buka steemit khusus untuk postingan ini.. Hahaha

Ya. Itu pun karena diminta. Haha.
Tetap, terimakasih.

Sebenarnya, postingan situ gak pernah terlihat di timeline sini.. Mngkin situ post malam, siang baru ane buka steemit, ya gak ketemu.. Hahaha

Owh
Beda siklus ya. 😂

Motivasiku, kurang lebih sama

  • reward
  • suka nulis, kukira semua kita penulis paling tidak, penulis status facebook dan sekarang beralih ke steemit
  • bisa mengenal lebih banyak orang
  • selain suka nulis, aku juga suka baca, di sini banyak yang bisa dibaca

udah, gitu aja

Wah. Keren sekali. Hehe.

Oh ya.. i am cool, not hot :D

Ya ya...yang pasti UUD... Ujung ujungnya duit... Duit bukan segalanya tapi segalanya beli pake duit kagak pake daun... Kwkkw

Saya selalu bisa mempergunakan setiap sen yang bisa saya dapatkan. Hehe. Sudah buka diary-diary lama? 😁

Kwkwk... Mantapp... Diari nya gak ketemu ketemu, mungkin telah hilang ditelan kegalauan hati aheee....kwkwk

Haha. Susah juga kalau gitu.

Mantap, ulasan yang menarik dan alasan yang manusiawi. Uang, menyalurkan hobi, memperlakukan jejaring, etc adalah mengapa kita ada di platform ini

Terimakasih, bang.

Di steemit .Saya juga suka dolar nya 🤑
Tapi waktu pertama kali pengen punya akun steemit bukan untuk duit nya. Pengen nulis apa aja. Kayak kata @aneukpineung78 tadi. Memerdekakan jiwa.

Ada bnyak yg ingin ditulis. Di utarakan. Kadang bahkan di sindir. Tapi males klo tulis di status. Nanti dikira galau lagi klo melo2 sikit. Klo ditulis di fb uda banyak anak alay di fb. Jadi steemit aja deh. Ga bnyak yang kenal saya. Jadi saya suka2 menyuarakan isi hati.

Jadi begitu😄

Hehe. Selamat bergabung di Steemit. Dan selamat berkreasi. Indahnya, di Steemit kita tidak bisa benar-benar menghapus apa yang pernah kita unggah, semua tersimpan di block chain, apalagi setelah 7 hari, praktis kita tidak bisa mengeditnya lagi. Karena itu, berhati-hati sekali dalam mengunggah konten di sini. 😀

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by aneukpineung78 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 55216.42
ETH 2325.60
USDT 1.00
SBD 2.33