Komitmen Di Masa Sulit (Bagian 3) : Menelisik Akar Dari Kabar Buruk

in #indonesia6 years ago (edited)

Intro


Sebelum membaca isi tulisan ini, mohon dipahami bahwa:

  1. Saya bukan pakar di bidang perdagangan;
  2. Saya bukan pakar di bilang teknologi komunikasi;
  3. Saya bukan pakar dalam perdagangan saham;
  4. Saya bukan pakar perdagangan mata uang digital (crypto currency);

Jadi, tulisan ini tidak bisa dianggap sebagai saran profesional dan acuan tindakan terkait tema yang dibicarakan di dalamnya. Saya hanya seorang STEEM Lover yang percaya kepada STEEM blockchain dan segala hal yang terkait dengannya. Jika Anda sudah memahami ini, silahkan lanjutkan membaca dengan kesadaran sendiri.

Biang Prahara Yang Mendarah-darahkan Bursa Mata Uang Digital


Pada hari Ahad tanggal 10 Juni kemarin, waktu Korea Selatan, seorang atau sekelompok orang menghack sebuah bursa mata uang kripto (crypto currency exchange) di Korea Selatan, yakni bursa Coinrail. Dalam insiden itu, senilai lebih dari 37 juta Dollar Amerika Serikat dalam bentuk mata uang kripto berhasil digondol kabur, namun ada juga yang menyebutkan angka 40 juta US$ dan 28 Juta US$.

Hal itu memicu perkembangan yang negatif di bursa mata uang kripto dengan jatuhnya harga berbagai jenis mata uang. Setelah kejadian itu, situs berita cnn.com memuat laporan kontributornya, Daniel Shane, pada tanggal 11 Juni, yang menyebutkan bahwa harga Bitcoin menurun sampai 7% setelah Coinrail mengumumkan serangan pencuri cyber yang dialaminya. Dalam laporannya itu, Daniel juga mengutip Adrian Lai, salah satu pendiri firma investasi yang berbasis di Hong Kong, Orichal Partners, "Para investor semakin mengkhawatirkan keamanan cyber, pada tahap ini, kentara sekali bahwa standar keamanan belum cukup tinggi."

"Investors have been increasingly worried about cybersecurity issues. At this stage, obviously, the standard is not high enough."
~ Adrian Lai

image
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional (CC BY-NC-ND 4.0))

Selain cnn.com, agensi-agensi berita online yang berhubungan dengan crypto currency juga mengulas kejadian tersebut dan dampak yang ditimbulkannya kepada bursa. mashable.com menurunkan berita beberapa jam setelah pembobolan Coinrail dan menyebutkan laporan yang lebih komprehensif tentang dampak insiden tersebut terhadap mata uang-mata uang digital Bitcoin, Ethereum, dan mencatat penurunan terbesar saat itu di alami oleh EOS.

mashable.com menyebutkan bahwa Coinrail bukanlah bursa mata uang kripto yang pertama yang dibobol tahun ini. Sebelumnya pada Januari, mata uang kripto senilai 400 juta USD dicuri dari bursa Jepang, Coincheck dan pada Februari, duit kripto seharga 200 Juta USD dibawa kabur maling cyber dari bursa Italia, Bitgrail. Pada April, bursa uang kripto Coinsecure menyebutkan bahwa sejumlah Bitcoin seharga 3,3 juta USD telah dicuri dari dompetnya. Jadi, kasus Coinrail adalah kasus ke empat dalam tahun ini.

Selang hampir 2 minggu setelah pembobolan Coinrail, tepatnya hari Rabu tanggal 19 Juni sebuah bursa mata uang kripto lainnya yang juga berkedudukan di Korea Selatan, Bithumb, menjadi korban selanjutnya dengan kerugian tak kurang dari 30 juta Dolar Amerika Serikat dalam bentuk uang kripto. Belum diketahui apakah Bithumb dibobol oleh orang atau kelompok orang yang sama dengan yang membobol Coinrail dua minggu sebelumnya. Insiden ke dua ini tentu saja makin memperparah kondisi bursa mata uang kripto.

Terkait pembobolan Bithumb, situs berita coindesk.com, dalam artikel yang diunggah pada hari Kamis tanggal 20 Juni, menyebutkan bahwa ini bukan kali pertama Bithumb diserang oleh pencuri cyber. Tahun lalu, hacker menyebabkan Bithumb kehilangan uang kripto setara 3.3 juta USD.

Kisruh Di Kalangan Steemonian : Hal Yang Menguji Komitmen


Jebloknya harga mata uang kripto, dalam hal ini STEEM dan SBD, telah menjadi salah satu topik pembicaraan yang hangat di kalangan Steemonian. Secara pribadi, saya telah terlibat berbicara via Direct Message (DM) di Discord dengan beberapa rekan Steemonian yang rata-rata menyatakan rasa frustrasinya terkait nilai SBD ke belakangan ini, bahkan ada yang demikian 'ekstrim' datang dengan pertanyaan, "Mungkinkah ini saatnya kita meninggalkan Steemit?"

Tentu saja, saya bukan orang yang tepat untuk disodorkan pertanyaan demikian: saya bukan pakar crypto currency, saya bahkan tidak paham setengahnya pun tentang hal-hal yang berkaitan dengan STEEM blockchain. Jawaban terbaik yang bisa saya berikan adalah, "Kalau mau rehat, ya rehat saja dulu. Tapi kalau masih percaya pada STEEM, mungkin ini justru kesempatan emas untuk berinvestasi dan meningkatkan kekuatan."

Saya tidak mengatakan hal itu sebagai sebuah cara untuk bertingkah sok pandai, faktanya, kalau saya punya dana real yang bisa saya pakai untuk membeli STEEM dan melakukan Power Up, maka menurut saya ini adalah saat yang tepat. Begini: saya telah datang ke Steemit tanpa perlu mengeluarkan duit sepeser pun untuk mendaftar, lalu Steemit memfasilitasi saya untuk menyalurkan hobi saya menulis dan bersosialisasi di dunia maya dengan memberi pinjaman 'kekuatan' sebesar 15 SP untuk saya mulai, lalu membayar saya setiap kali saya aktif di Steemit sehingga selain telah berhasil melakukan dua kali cash out yang bernilai sekitar satu juta Rupiah sejak April kemaren saya juga telah berhasil melakukan Power Up terakhir kali sebanyak 16 poin SP (21 SBD) dengan hasil usaha sendiri tadi malam.

Jadi, sebenarnya saya betul-betul tidak berada pada posisi sulit dengan perkembangan terakhir bursa mata uang digital ini, karena selama ini memang saya tidak melibatkan duit saya di sana melainkan bahwa selama ini saya menambang uang di sana. Tetapi, sekali lagi, kalau memang saya punya dana yang bisa saya pakai, saya pasti akan memulai investasi saya di STEEM saat ini.

'Tapi tadi katamu kamu tidak punya cukup pengetahuan tentang STEEM blockchain, kok bisa seyakin itu mau menanamkan duit di sini?' Ini mungkin terdengar aneh, tapi saya punya rasa percaya yang tinggi bahwa para Witness akan menjalankan mandat untuk menjaga nilai SBD untuk selalu berada di atas 1 US$ per 1 SBD yang diamanatkan kepada mereka. Ketika harga 1SBD hampir menyentuh ambang batas 1USD seperti saat ini, apa yang bisa diharapkan selain nilainya akan mulai naik? Sangat mungkin sekali bahwa itu sangat sulit, tapi saya yakin bukan tidak mungkin.

'Mudah kalau cuma bicara andai, tapi hanya butuh satu serangan hacker saja lagi, lalu satu per satu platform mata uang digital akan menemui ajalnya.' Itu sesuatu yang sangat perlu dipertimbangkan, tapi saya percaya bahwa setelah dua serangan brutal kemarin, yang secara total telah menjadi 5 serangan dalam tahun ini, sistem-sistem keamanan pasti segera ditingkatkan, dan artinya ke depannya akan semakin aman. Tapi berinvestasi memang hanya untuk mereka yang memiliki komitmen jangka panjang, sebagaimana kata-kata Madam @paulag saat saya meminta pendapat beliau,

"Oh I do not like to give financial advice. Personally I think crypto will suffer more over the next few months, but if you have a long term vision on Steemit this does not matter."

Oke, saya setuju dengan beliau. Bagaimana dengan dikau? Setuu atau tidak?

Catatan


Saya tidak akan membahas sedetail ini di Warkop Sabrina yang dikelola Cek Ma'un. Tidak! Saya memposting di sini dengan harapan mendapat tambahan info ataupun bantahan. Jadi, bagaimana pendapatmu? Atau apakah dikau punya saran bacaan yang akan memperkaya atau memperbaiki pemahamanku dalam topik terkait? Silahkan, saya akan sangat menghargai.

Sumber dan Saran Bacaan


Terimakasih


Sekian dan terimakasih telah singgah.

1528981265-picsay.jpg
Sumber gambar klik di sini.


Tulisan ini belum "mati", jadi, jangan sungkan mengomentari (membantah, mengkritik, menambah info, mempertanyakan, dan sebagainya). Dan saya TIDAK ANTI KOMENTAR PANJANG, ukuran bagi saya bukan hal utama, namun isinya lah yang penting. Tetapi jika itu layak dijadikan artikel, saran saya buat saja itu sebagai artikel Anda dan lekatkan tautannya di bilah komentar dan / atau mention saya di artikel tersebut (perhatikan untuk menulis nick dengan benar), ini tentu membawa manfaat lain kepada Anda pada gilirannya. Segala masukan akan menjadi pelajaran berharga bagi saya dan saya harap mampu menambah isi kepada cangkir saya.

The City of NeoXian
Slot Kosong.

situs web | Server Discord

From Indonesia With L💜VE


@aneukpineung78 | Telegram Saya

Sort:  

Coins mentioned in post:

CoinPrice (USD)📉 24h📉 7d
BTCBitcoin6138.630$-2.92%-5.54%
EOSEOS8.300$-9.4%-21.92%
ETHEthereum472.496$-2.14%-5.1%
SBDSteem Dollars1.097$-4.7%-15.81%
STEEMSteem1.353$-3.51%-18.13%

Thanks. Lovely bot.

Tulisan bagus.. upvote dan resteem ke 7459 follower.. (Secuplik kontribusi kami sebagai witness pada komunitas Steemit Indonesia.)

You got a 13.03% upvote from @kakibukit courtesy of @puncakbukit!

cerita yang sangat menarik kawan saya sangat menyukai,saya merasa terhibur membaca postinganmu @aneukpineung

Dan saya sangat terhibur membaca komentarmu. Terimakasih sudah singgah.

kawan kunjungilah blok saya sekali-kali

Sudah saya kunjungi ya .. 😊😊

Sangat informatif, saya tidak begitu paham tentang coin-coin crypto, yang saya tau BTC, SBD dan STEEM. 🤣😂😂

Hampir setiap hari ada koin baru, tapi memang tidak semua menjadi populer dan beertahan. 😀

Ruaya begitu, saya salut dengan ulusan anda, enak dibaca, sangat mudah dipahamani karya-karya anda di steemit😙.

Informasi yang menarik di saat tanda tanya tentang merosotnya harga SBD

Terimakasih telah singgah dan mengomentari.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 61682.60
ETH 2986.38
USDT 1.00
SBD 2.51