VISI DAN MISI SAYA DI PLATFORM STEEMIT

in STEEM FOR BETTERLIFE8 months ago (edited)

Hallo sobat steem....

Di awal tahun 2024 saya di mention @musaddikpase tentang kontes baru bertema visi dan misi di platform steemit. Kontes ini di selenggarakan oleh @Irwandedy selaku penyelenggara kontes reguler di komunitas steem for better life.

Bagi saya kontes ini sangat menarik untuk diikuti sekaligus bisa di jadikan panduan bagi para steemian baik yang sudah memiliki visi dan misi maupun yang belum sama sekali. Tanpa memperpanjang mukaddimah, mari kita mulai kontes ini.

VISI

IMG_20240108_094318.jpg

MEWUJUDKAN GENERASI MUDA TANGGUH LITERASI BERSAMA PLATFORM STEEMIT

Alasan saya mengangkat visi tersebut dikarenakan rendahnya tingkat literasi generasi muda saat ini. Pertanyaan awalnya adalah, apa itu literasi?. Jika kita merujuk pada KBBI arti literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Tentu pengertian literasi ini dalam arti yang sempit. Namun demikian ada dua kata kunci yang bisa kita pegang yaitu membaca dan menulis.

Jika kita mengelaborasi lebih luas dari makna literasi itu adalah kemampuan seseorang dalam menalar apa yang di baca untuk kemudian di olah menjadi suatu informasi yang di transfer ke dalam tulisan sehingga mudah di pahami orang lain. Dengan kata lain literasi merupakan sinergitas antara knowledge and skill.

Untuk menjadikan literasi sebagai life skill dibutuhkan sarana yang efektif dan efisien. Dan itu semua ada di platform steemit. Platform ini menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan dari lintas negara yang bisa dijadikan rujukan untuk sebuah literasi.

Dengan bergabungnya generasi muda bersama platform steemit maka akan mewujudkan generasi yang tangguh literasi. Untuk Itu dibutuhkan misi yang kuat dan jelas agar visi tersebut bisa tercapai.

MISI

1. Menjadikan diri saya sebagai contoh bagi keluarga, para murid dan para stemian dalam menghasilkan karya tulis yang kreatif, inovatif,informatif dan eksklusif.

Selama satu bulan saya bergabung dengan platform steemit, saya sudah melaksanakan misi pertama saya. Berikut link laporan dari team kurasi steemit yang menominasikan artikel the diary game yang saya buat.

https://steemit.com/hive-166405/@irawandedy/weekly-curation-report-by-team-burn-week-3-of-the-december-2023

https://steemit.com/hive-166405/@o1eh/curation-report-week-01-by-team-1-january-2024

https://steemit.com/hive-166405/@heriadi/curation-report-by-team-newcomer-first-week-or-january-2024

Walaupun artikel yang saya hasilkan masih jauh dari kesempurnaan, tetapi pengakuan dari team kurasi steemit ini paling tidak bisa menjadi contoh bagi siapa saja yang mau berkembang.

2. Melibatkan keluarga sebagai support system dalam menghasilkan konten berkualitas di platform steemit

Keluarga merupakan my support system, baik itu isteri maupun anak, semua berkolaborasi untuk mendukung saya dalam menghasilkan karya yang berkualitas. Berikut link artikel yang melibatkan keluarga.

https://steemit.com/hive-153970/@fadthalib/my-diary-minggu-24-desember-2023-home-sweet-home-keseruan-belanja-saat-banjir-tiba

https://steemit.com/hive-153970/@fadthalib/my-diary-senin-25-desember-2023-home-sweet-home-banjir-besar-melanda-lhokseumawe

https://steemit.com/hive-153970/@fadthalib/my-diary-rabu-27-desember-2023-sign-up-akun-steemit-kak-wawa-gagal-dan-unboxing-paket-mama

3. Membentuk komunitas pencinta my diary di sekolah tempat saya mengabdi

IMG_20240108_162410.jpg

Tadi sore saya berdiskusi dengan ketua Osis Smk N 3 Lhokseumawe terkait ide membentuk komunitas pencinta my diary. Sebagai langkah awal dari misi ke tiga ini sudah saya lakukan. Hanya tinggal menindaklanjuti bagi siswa yang punya minat untuk kita bergabung dalam komunitas the diary game steemit.

Sebelumnya saya juga sudah mengajak @alfathy untuk bergabung dengan platform steemit. Dia merupakan anak didik saya yang berhasil meraih berbagai prestasi saat dia masih duduk di bangku sekolah. Berikut link perkenalannya.

https://steemit.com/hive-172186/@alfathy/achivement-1-introduce-my-self

Bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam mewujudkan visi tersebut.

Kendala yang biasa dihadapi oleh para stemian pemula, kurang lebih sama seperti yang saya rasakan, yaitu kurangnya ide, monoton, jenuh, bosan takut dan malu untuk memulai, tidak tau harus mulai dari mana dan banyak lagi yang lainnya.

Adapun cara untuk mengatasinya melalui:

  1. Kuatkan Niat
    Segala sesuatu pekerjaan itu dimulai oleh niat. Jika niat kita kuat maka tak akan tergoyahkan untuk melangkah.

  2. Kenali potensi diri
    Setelah niat maka kita harus mengenal siapa kita, apa potensi yang kita miliki. Semua orang punya potensi hanya saya belum ketemu. Jika sudah bertemu maka apapun akan terasa indah. Mulailah dari diri sendiri dulu nanti akan berkembang dengan sendirinya sesuai dengan apa yang kita tanam.

  3. Tetapkan target
    Target sesuatu yang penting maka setiap steemian wajib mempunyai target yang hendak dicapai, baik itu jangka pendek, menengah ataupun panjang. Semua on schedule. Jika target belum tercapai kita kembali ke point satu.

  4. Konsisten
    Semua sukses story yang saya baca selalu ada konsisten dibelakangnya. Penting menjadikan konsistensi sebagai gaya hidup

Terakhir saya lampirkan link tentang kinerja saya selama satu bulan ini di platform steemit. Sebagai bahan pelengkap dari kontes ini. Berapapun power, voting csi dan reputasi yang saya peroleh tentunya masih jauh jika dibandingkan dengan para senior. Tetapi saya akan berusaha terus agar ada progress day by day.

https://steemworld.org/@fadthalib

Sekian pemaparan visi dan misi saya bergabung dengan platform steemit. Karena kontes ini sangat penting maka saya mengundang @rumaisha , @wirdahanum @bayuofficial untuk berpartisipasi.

Semoga dengan menetapkan visi dan misi kita bersama platform steemit maka kita akan cepat meraih apa yang sudah kita canangkan. Salam sehat selalu dari saya @fadthalib .

Sort:  

Luar biasa penuh dengan inspirasi

 8 months ago 

Terima kasih, semoga bisa terwujud 🙏

 8 months ago 

Mantap pak guru, luar biasa 👍🏻

 8 months ago 

Gass Keunn 😁

 8 months ago 

Belum sempat saya ngerjainya pak lagi nyari kerjaan ini masih sibuk pulang pergi banda aceh Lhokseumawe pak 🙏🏻

 8 months ago 

Siap, lanjut semoga sukses 🙏

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 8 months ago 

Terima kasih atas undangannya lho pak. Saya senang, insya Allah saya akan ikut berpartisipasi di sini. Publikasi anda sungguh luarbiasa menarik. Anda mendeskripsikannya dengan jelas, lugas dan mudah dipahami.
Sukses untuk anda pak.

 8 months ago 

Selamat juga buat @rumaisha yang sudah masuk nominasi top of week. Kalo kamu liat kembali saat postingan pertama kamu di steemit sampai sekarang, gmana rasanya.... Pasti terlihat progress yang signifikan dan satu lagi yang terpenting bahwa kita sudah membuat dokumenter aktivitas harian yang kalo boleh saya bilang, itu sangat berharga 🙏

 8 months ago 

Terima kasih atas kata ucapan selamat ya pak thalib, anda juga masuk dan anda juga sungguh luarbiasa. Anda mampu untuk membuktikan bahwa anda bisa, dan anda kompeten dan juga kreatif. Dari awal mula di Steemit, anda menunjukkan kemajuan anda di sini.

Loading...

This post has been upvoted through Steemcurator09


TEAM Newcomer: Curation Guideline for January 2024
Curated by - @𝗁𝖾𝗋𝗂𝖺𝖽𝗂

Note:

We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 57158.90
ETH 2411.82
USDT 1.00
SBD 2.28