[2021:07] MENYAKSIKAN PARA PENYAKSI TAK LAGI BERSAKSI

in Steem SEA3 years ago (edited)

CATATAN : Aku bersaksi bahwa banyak yang telah membatalkan kesaksiannya.


Kesaksian Satu : Belum Tahu, Jadi Tahu


Shhh!

Beberapa hari ini – sejak kembali ke STEEM - aku intens berkomunikasi kembali via aplikasi perpesanan dengan @steemadi, @nazarul, @anroja, @hattaarshavin, serta @el-nailul, perbincangan tentu saja terutama seputar STEEM. Mereka selalu bersedia membantu menjawab pertanyaan-pertanyaanku. Aku merasa persis seperti baru mulai lagi mengenali STEEM, bahkan untuk Power Up dari SBD saja aku musti bertanya lagi. Dan terimakasih kepada @steemadi yang dengan bimbingannya aku telah berhasil melakukan Power Up tadi malam.


Dalam perbincangan-perbincangan itu salah satu topik lain yang muncul adalah tentang “hijrah”nya beberapa whale dari steemit ke hive.blog. Aku teringat sebagian dari para whale yang muncul dalam perbincangan tersebut ada yang menjalankan program witness. Pagi tadi aku menyempatkan diri mengecek witness vote-ku di Steemit. Dan aku mendapatkan pemberitahuan ini, bahwa aku masih memiliki sembilan dari tiga puluh hak witness vote-ku.


Sejenak aku memperhatikan daftar witness di sana dan melihat tidak sedikit witness yang telah membatalkan ke-witness-an mereka. Total 60 witness yang namanya tercantum dalam daftar 100 witness teratas telah membatalkan ke-witness-an mereka, termasuk nama-nama yang familiar dengan ingatanku dan bahkan aku masih memvote sebagian dari witness-witness yang sudah membatalkan itu. Jadi, aku langsung menyusun agenda selanjutnya tentang hal itu: merevisi kembali witness vote-ku termasuk utamanya membatalkan vote kepada witness yang telah membatalkan ke-witness-an mereka. Tapi sesuatu pertanyaan terus menggantung di kepalaku: kenapa para witness itu membatalkan ke-witness-an mereka? Ada hubungannya dengan hive?


Berikut adalah daftar witness-witness dari seratus witness teratas yang telah membatalkan ke-witness-an mereka, dan status vote-ku terhadap mereka :

Mereka Telah Membatalkan.

Begitulah, ada sepuluh dari witness-witness yang telah membatalkan ke-witness-an mereka itu masih mendapatkan vote-ku, padahal aku hanya memberikan vote kepada 10 witness dalam daftar 100 witness teratas itu. Artinya SEMUA WITNESS DALAM DAFTAR SERATUS TERATAS YANG KUBERI VOTE ITU TELAH MEMBATALKAN KE-WITNESS-AN MEREKA. Selanjutnya, dengan membatalkan vote-ku kepada mereka, aku bisa mengalihkannya kepada witness-witness lain.


Selain sepuluh witness dalam daftar seratus witness teratas itu, aku juga telah memberikan vote kepada sebelas witness lain, yakni : @helpie, @fulltimegeek, @thekitchenfairy, @reggaemuffin, @holger80, @guiltyparties, @mahdiyari, @happymoneyman, @adsactly-witness, @steemcommunity, dan @puncakbukit. Aku tidak tahu bagaimana cara mengetahui apakah mereka masih menjalankan program witness, dan aku akan membatalkan vote-ku kepada sebagian besar mereka, kecuali akun-akun yang masih “setia” dan masih terlihat aktif yakni @puncakbukit dan @thekitchenfairy. IF YOU ARE STILL RUNNING YOUR WITNESS PROGRAMS PLEASE KINDLY RESPONSE. Jika kalian tahu bagaimana caranya mengetahui apakah mereka masih menjalankan program witness atau tidak, silahkan kemukakan komentarmu, kawan. Aku menghargainya,


Jadi aku akan membatalkan sekitar 19 vote sehingga vote-ku hanya terpakai 2 saja nantinya, yakni untuk @puncakbukit dan @thekitchenfairy. Dan aku akan memiliki 28 hak voting lagi untuk dipergunakan.

Kesaksian Dua : Kembali Jadi Tidak Tahu


Dan pertanyaan selanjutnya: siapa saja yang layak aku berikan vote-ku? Yang utama tentu saja aku akan mem-vote witness yang kabarnya mewakili Indonesia dan pernah kubaca entah dalam komentar siapa di artikel yang aku juga sudah lupa (dan akhirnya diaminkan oleh @anroja), bahwa dia layak diberikan vote, dan beliau adalah @inwi. Menurutku @inwi adalah singkatan dari “Indonesian witness”, begitu mudah ditebak. Dan dia akan menjadi witness dari komunitas Indonesia yang kukenal sejauh ini, setelah @puncakbukit dan @thekitchenfairy. Sejujurnya, mengenai @thekitchenfairy, aku dalam keadaan bertanya-tanya, masihkah aktif menjalankan program witness-nya, mungkin aku perlu menghubunginya via Discord nanti, semoga saja beliau masih memiliki akun discord.


Teman-temanku, @anroja, @nazarul, @steemadi telah menyarankan agar aku mempertimbangkan nama-nama @steemchiller, @justyy, @steem-supporter, @exnihilo.witness, @steem-agora sebagai witness untuk diberikan vote. Kurasa aku perlu mencari tahu juga tentang witness-witness lainnya. Nah, pembaca, adakah saran witness untuk aku pertimbangkan? Dan kenapa aku harus mempertimbangkannya?

Terimakasih Telah Membaca


Tulisan Terkait (Terbaru Paling Atas)


Orang Indonesia

Terimakasih.

Sort:  
 3 years ago 

Nah, akhirnya tulisan Capt semakin ku nikmati dan rindukan..😊😊

 3 years ago 

Hehe. Masih belajar kembali. Terimakasih dukungannya Bang ..

 3 years ago 

Tapi saya juga masih harus belajar sama Capt dan sama @el-nailul nih..😀
InsyaAllah siap mendukung bang.

 3 years ago 

pertimbangan hal yang utama brother, ada beberapa nama yang masih beroperasi dan aktif , mungkin nama-nama yang di sebut di atas sangat layak mendapatkan suara dari anda. Untuk witness Indonesia @puncakbukit dan @inwi masih terus beroperasi di steemit, dan layak untuk diberikan suara juga. Senang membaca dan melihat anda hadir kembali.

 3 years ago 

Ya. Saya sudah kasih vote ke @inwi kemarin. Memang benar perlu dipertimbangkan kepada siapa kita memberikan vote. Dulu tema terkait vote ini sempat menyita perhatian yang lumayan besar dari steemian. Terimakasih Bang.

 3 years ago 

Sip sama-sama brother

Dan terimakasih kepada @steemadi yang dengan bimbingannya aku telah berhasil melakukan Power Up tadi malam.

Nasib kita sama, ketika pertama kembali ke steemit untuk masalah itu saya meminta bang @anroja membuat tutorial di steemit, hhhhaaaa

Kalau bang @el-nailul saya belum tau apa masalah yang telah di hadapi ketika kembali ke steem ! 😀

Jangan-jangan masalah yang di hadapi lebih error' dari kita 🤣🤣🤣

 3 years ago 

Ibarat sudah lama tidak bersepeda, kita hanya butuh dorongan pertama saja, setelahnya semua kemahiran terdahulu akan kembali seperti sedia kala, hanya saja mungkin faktor usia akan menentukan perubahan irama kita dalam mengayuh, tetapi tetap saja kita akan bersepeda. Hehe.

 3 years ago 

Aku sampe sekarang masih masalah "kapan" akan menulis serius lagi seperti dulu. Sampe sekarang blom kembali mood 2018 itu. Eror kali memang , sempak hadiah @aneukpineung78 udah koyak koyak ni Di. wkakakakakak

 3 years ago 

Sempak itu kan cuma cairkan satu artikel thediarygame aja bisa dapat selusin. Kutakut ini bukan sempak yang sedang diincar Pak Mayor El. 😁

 3 years ago 

Ingat kita pernah seperti ini dulu jendral @aneukpineung78, rindu masa-masa menulis sepuas-puasnya tanpa beban apapun, mana @anroja yuk kita hajar lagi seperti dulu::

https://steemit.com/freedomchallenge/@el-nailul/3-things-to-ensure-my-freedom

 3 years ago 

Nah, gimana nih Capt @aneukpineung78 tentang liga kurasi yang pernah sukses dijalankan dulu, ada ide untuk kita kembangkan saat ini di Steem? Ayok @el-nailul kita rembuk..😀

 3 years ago (edited)

Bang @anroja itu ide keknya keren kali yg dikemukakan Pak Mayor @el-nailul. Bisa bikin kehidupan STEEM kita makin berwarna. Aku siap. 😁 Coba mari kita rembukkan dulu formatnya. Bikin satu server di discord khusus untuk masalah ini. Biar enak kita bicaranya. Biar ngga apa kali kan bangabang.. 🙏

 3 years ago 

Mantap.. Untuk sementara abang wa saya aja, nomornya ada di discord, nanti kita komunikasi dengan bang @el-nailul juga lewat wa

 3 years ago 

Masa-masa indah. Lalu apakah Mayor el saat ini tidak merasa seperti saat itu? Dan kenapa? 🤔 Curious.

 3 years ago 

Ruh menulis itu yang udah tumpul, ditambah kesibukan dan tuntutan di bidang lain yang semikin meningkat akhir-akhir ini. Menganai liga kurasi kita udah buat di steemsea dan sekarang sedang mandek juga, karena beberapa hal, ada baiknya kita diskusikan kembali, dan kandidat pengelola liga kurasi ini sangat cocok di limpahkan kepada Jendral @aneukpineung78, kiban hinan pak Bos @anroja?. mari kita diskusi di WA saja yauu browww

 3 years ago 

Setuujuuuuuu...
Serahkan pada ahlinya..😀

Bang @nazarul orang tua lagi curhat nih 🤣🤣

 3 years ago 

Soe . . Soe ?? Nyan efek galau nyan hahaha

 3 years ago 

Hehe. Jangan merasa kemudaan, Bripka Adi. 😁

Hhhhhaaaaaaaa

 3 years ago 

It is now live on Twitter.

Click On The Image To See It On Twitter.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64614.75
ETH 3444.80
USDT 1.00
SBD 2.55