[2021:01] DUA TAHUN BERLALU

in #indonesia3 years ago

Maaf. Lama Tidak Konek.

Sudah cukup lama, rupanya, aku meninggalkan steemit. Artikel terakhirku rilis pada tanggal 27 November 2018 jam 20:21 WIB. Itu sudah lebih dua tahun. Wow.

Dua tahun! Apa yang bisa terjadi? Mungkin BANYAK hal.

Saat mencoba login ke akunku beberapa hari lalu, aku mendapat pemberitahuan ini.

TRON.JPG

Aku percaya saja kepada Steem. Ya aku tekan saja tombol [Agree]. Sesaat kemudian, via pencarian google aku mendapat tahu melalui artikel dari businesswire.com yang rilis pada 14 Februari 2020 lalu ini bahwa Steemit Inc., selaku –sebut artikel itu- platform blogging dan media sosial terdesentralisasi berbasis blockchain terbesar, telah mengumumkan suatu kerjasama strategis dengan TRON Foundation.

Artikel itu menyebutkan TRON sebagai ekosistem terdesentralisasi terbesar. Oh, okelah. Aku baru kenal, meskipun nama TRON sebenarnya bukan sesuatu yang belum pernah kudengar sebelumnya, tapi, ya sebatas pernah dengar saja. Semoga kerjasama strategis antara TRON Foundation dan Steemit Inc., ini menjadi suatu awal baru yang lebih baik ke depannya.

Aku menunda untuk mencari tahu lebih banyak tentang TRON Foundation dan apa yang ditawarkan (atau dijanjikan ke publik) melalui kerjasama strategis yang telah diumumkan itu. Ada hal lain yang lebih penting untuk dikerjakan : menyambangi teman-teman yang telah terpaksa kutinggalkan dua tahun belakangan ini.

Artikel pertama yang muncul dalam pencarianku adalah artikel berjudul Tanpa Komunitas, Aku Kehilangan Arah dari @andrianhabibi. Melalui artikel ini –dan rangkaian reply di bawahnya- aku mendapat tahu bahwa KSI / Komunitas Steemit Indonesia (@andrianhabibi memang aktif di KSI Jakarta, setahuku) sudah “sepi”. Wah! Batinku.

Lalu aku membuka akun @paulag. Setelahnya, @el-nailul, @anroja, @steemadi, @hattaarshavin. Melihat beberapa artikel yang mereka tulis dan membaca komentar-komentar yang menyertainya. Dan aku merasa lega juga bahwa mereka masih tetap berinteraksi di steem blockchain.

Setelah dua tahun vakum, sama sekali terhenti mendapatkan segala informasi terkait steem blockchain, aku rasa banyak hal yang musti aku pelajari lagi. Aku bahkan sudah gagap dalam merapikan tulisanku. Hehe. Namun satu hal besar menjadi tanyaku adalah : apakah dalam dua tahun terakhir itu, telah pernah terjadi hardfork lagi? Ini menarik sekali.

Untuk semua kawan-kawan, selamat datang di tahun baru 2021. Tetap semangat walaupun Covid-19 masih mengintai. Tetap praktekkan prosedur kesehatan yang baik dan benar.

Sort:  

Ayo kembali aktif berbagi konten rambut kribo 😀😀

Musti ambil nafas dulu. Udah jauh ketinggalan ini. 😂

Kalo mau ambil nafas enaknya ke gunung, tempat yg jarang di lewati @el-nailul wkwkwkwk

Haha luar biasa 2 tahun tidak konek

Meutimphan Bang. 😂 Yang laen ka hayeu2 pangkat. 👍❤️

Bang jawab pesan Discord.

Kapten... Selamat datang kembali, kami merindukan mu..🤣🤣

Baiklah kalau begitu. 😂 Terimakasih.

apa IDmu di discord. Ada yg perlu dibahas sikit Bang.

Id ku gak di tanya wkwkwkk

Ya apa ID Discord 😂

anroja#8443
Itu ya capt ID Discord ku

Gak usah banyak gaya kapten, ambil baret kita perang kata lagi @aneukpineung78. Segera buat postingan perkenalan kembali lengkap dengan foto diri dan nama akun. subscribe di SteemSEA atau kemunitas apapun, gunakan tagging indonesia dan kira berlayar bersama. Ada jendral @anroja dan wakil panglima dan bawahan lainnya yang akan membantu, kalo saya masih kalasi bagian ganti oli saja. Sipp di tunggu pengenalan diri kembali

Co-pilot ini ambil posisi merendah aja..🤣🤣🤣

Harus perkenalan lagi ya. 🙄

Iya, perkenalan diri ini sebenarnya karena steemit sendiri sudah mengalami banyak perubahan baik sistem support atau managementnya. Jika akun yang terlihat sangat tertutup biasanya supportnya juga akan sangat minim

Yang kedua, tujuan bergabung dalam komunitas adalah karena support dalam team steemit akan lebih banyak diberikan kepada komunitas, dan komunitas umumnya akan memberikan syarat bergabung dalam mengikuti kontes yang di dukung penuh oleh team steemit. Jika hendak main solo lagi seperti sebelumnya dukungan yang akan kita terima juga kecil. Meski bisa saja main solo di blog dengan mengukuti kontes yang diadakan oleh @steemitblog dengan menggunakan tagging dan persyaratan yang ditentukan oleh steemit team.

Persyaratan khusus untuk mendapatkan support dari @steemcurator08 maka harus mengikuti program kontes yang diadakan oleh team steemit semisal the diary game dan 7 tagging lainnya.

Harus gabung komunitas ya. Kalau engga?

harus ada foto diri, gitu?

Yess donk, sekarang nuansa bersteemit udah sangat beda, hampir setiap minggu ngopi bareng sepanjang jalan dari Panton Labu ke Sigli, jumpa dengan semua steemian di sepanjang jalan, contohnya ini:

IMG_20210107_173505.jpg

Mamtap kali. 👍

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.11
JST 0.033
BTC 64275.05
ETH 3147.49
USDT 1.00
SBD 4.29