Bandwidth Limit Exceeded: Belum Ada JawabansteemCreated with Sketch.

in #steemit6 years ago (edited)

CATATAN: Tulisan Ini Tidak Membahas Solusi Kepada Masalah Bandwidth. Ini Lebih Mirip A 'Cry' For An Answer, Sebuah Tulisan Minta Jawaban.


Ketika Bandwidth Melambaikan Tangan, "Hello"

Setelah lebih 4 bulan menggunakan steemit dengan jumlah postingan (termasuk resteem) sebanyak +300, minggu lalu, tepatnya Minggu (21/1) malam saat saya hendak mengkomentari tulisan seseorang, muncul sebuah pesan berbunyi "aneukpineung78 bandwidth limit exceeded. Please wait to transact or power up STEEM".

Saat itu saya menarik kesimpulan bahwa steemit mengalokasikan suatu 'kuota' bagi setiap usernya, dan besaran kuota itu mungkin ditentukan oleh beberapa variable seumpama reputasi, jumlah upvote yang didapat atau diberikan atau jumlah upvote rata-rata yang didapat atau diberikan dalam suatu lingkup waktu tertentu, dan seterusnya. Tapi saat itu saya tidak merasa itu sebagai sesuatu yang patut diwaspadai, toh dengan menunggu sebentar, semua kembali normal.

Hal sama terulang sekitar 26 jam kemudian yakni besok malamnya ketika saya hendak memposting sebuah tulisan.

Kali ini saya ternyata harus menunggu lebih lama dari sebelumnya. Setelah lebih 4 bulan bergabung di steemit, saya memang praktis hampir tidak menggunakan waktu untuk mempelajarinya. Saya pikir, saya pasti telah melewatkan sesuatu sehingga saya menghadapi masalah ini. Seorang teman, @rayfa, memperkenalkan saya kepada steemd.com yang menyediakan info-info terkait suatu akun steemit, termasuk Voting Weight (dalam satuan Steem Power), sisa Voting Power dan sisa Bandwidth (keduanya dalam satuan persen), tetapi tetap saja di sana tidak disediakan informasi tentang variabel-variabel yang mempengaruhi angka-angka itu. Berikut tampilan steemd.com/@aneukpineung78 ketika dalam kondisi 'segar':

Dan berikut 'penampakan' yang 'mengerikan' dari bandwidth, tapi ini bukan yang paling buruk, bandwidth saya pernah menyentuh angka lebih rendah dari -170%:

Sejak saat itu, masalah bandwith ini praktis telah menjadi masalah harian bagi saya. Mendapat info dari suatu sumber bahwa mungkin masalah bandwidth ini berkaitan dengan SP, bahwa recovery bandwidth akan lebih cepat pada Voting Weight minimal 30SP, sementara saya hanya memiliki 15SP, @rayfa telah menawarkan untuk mendelegasikan 15SP miliknya kepada saya, dia terlihat sangat tertarik ingin membuktikan teori tersebut. Dan ya, dalam hitungan beberapa menit setelah pendelegasian SP berhasil, sisa bandwidth yang tadinya sempat mencapai angka minus di -170% segera menjadi positif, dan perlahan-lahan semakin menguat.


Teori-Teori Yang Berseliweran

Lalu saya mulai melakukan pencarian Google dengan kata kunci yang relevan dengan masalah tersebut. Ternyata ada cukup banyak tulisan steemian terkait masalah ini, sebagian di antaranya mempertanyakan kenapa hal ini muncul, ada juga tulisan yang mencoba menjelaskan kenapa hal itu muncul.

Berikut benerapa teori steemian yang saya temukan tentang masalah bandwidth yang menimpa sebagian pengguna, baik yang berasal dari blog steemit maupun yang muncul dalam bilah reply:

  1. Bandwidth user-a diturunkan setelah user-a melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh whale. Ini disebut sebagai tindakan yang mirip pembungkaman atau cencorship. Tetapi banyak user yang mrngalami masalah bandwidth merasa tidak melakukan sesuatu yang bisa disebut 'nakal'.
  2. Bandwidth diturunkan karena steemit ingin lebih banyak user melakukan investasi, minimal mereka bisa membeli steem dengan Steem Dollar (SBD) yang mereka dapatkan sebagai reward di steemit. Ini menyebabkan kritik bahwa di steemit, orang harus membayar untuk berbicara, dan itu bertentangan dengan idealisme dasar steemit terutama untuk menyediakan suatu platform media sosial yang gratis.
  3. Semakin ramai pengguna steemit menyebabkan jaringan steemit menjadi terganggu. Dan pada saat lalulintas di steemit sedang sibuk, itu akan mempengaruhi bandwidth. Pertanyaan yang mengikuti teori ini adalah: apakah yang terkena dampak itu semua user? Atau hanya user-user tertentu yang memenuhi suatu variable tertentu? Atau semua user mengalaminya denga tingkat dampak yang variatif? Kalai iya, tentu ini tidak adil bagi beberapa pengguna.
  4. Memposting, meng-upvote, me-reply, me-resteem, semua kegiatan utama di steemit memakan bandwidth. Saya cenderung lebih bisa menerima teori ini, ibarat mengupvote memakan Voting Power. Tetapi teman saya yang membawa saya ke steemit, @rayfa, mengatakan tidak pernah mengalami masalah bandwidth ini. Masalah yang sering dihadapinya adalah pada Voting Power. Tidak heran, dia memang terlihat mudah mengupvote, setidaknya begitu yang saya lihat, tetapi seharusnya sedikit banyak dia juga menghadapi masalah dengan bandwidth, karena selain 'rajin' mengupvote, beliau juga 'gemar' mereply dan hampir selalu membalas komentar di postingannya. Berikut gambar dari steemd.com/@rayfa sebagaimana terlihat malam tadi.
  5. Masalah bandwidth hanyalah semacam glitch, atau bug, dan diharapkan para teknisi di steemit segera menemukan solusinya. Ini termasuk teori yang menurut saya paling tidak bisa diterima, karena bandwidth adalah suatu fakta di steemit yang kekuatannya bersifat fluktuatif seumpama Voting Power.

Referensi Dan Saran Bacaan

Berikut beberapa postingan yang menjadi referensi dalam tulisan saya ini, dan mungkin menarik untuk diikuti, terutama bagi yang menghadapi masalah serupa:

  1. Almost Out of Bandwidth :( oleh @liketimmy, rilis 30/1.
  2. Getting message "Bandwidth limit exceeded. Please wait to transact or power up"? oleh @greenman81, 8 bulan lalu.
  3. Quick Fix to The "Bandwidth Limit Exceeded" Error Message oleh @cm-cake, 6 bulan lalu.
  4. Bandwidth Limit exceeded how I fix or bypassed it oleh @tecnosgirl, 6 bulan lalu.
  5. "Bandwidth limit exceeded. Please wait to transact or power up". oleh @sosky, 6 bulan lalu.
  6. Bandwidth limit exceeded.Please wait wait to transact or power up steem.What does it mean? oleh @shankar, 6 bulan lalu.
  7. Bandwidth limit exceeded. Please wait to transact or power up ... ? oleh @raichen, 7 bulan lalu.

Faktanya ada masih banyak sekali tulisan tentang masalah ini, dan saya belum menemukan suatu penjelasan yang benar-benar memuaskan. Tetapi membaca teori-teori bahkan yang paling tidak masuk akal pun, pada saat ini, adalah sesuatu yang positif. Terimakasih kepada mereka dengan segala upayanya menjelaskan hal ini termasuk dugaan-dugaan yang 'konyol', sekalipun.

Dan mungkin saja ada suatu tulisan yang telah menjelaskan hal ini secara komprehensif dan 'benar' tapi tidak muncul sebagai hasil pencarian saya, ibarat mencari jerami oranye dalam setumpuk jerami tua, atau muncul, tetapi mungkin juga muncul tapi terlewatkan.




|||||||2018@aneukpineung78||||||||

Sort:  

Ya terimakasih sudah mampir.

Tulisan yang sangat bermanfaat tentang Bandwidth Limit Exceeded: Belum Ada Jawaban

Hanya menulis uneg-uneg.
Semoga bermanfaat. 😀

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 59634.42
ETH 3191.92
USDT 1.00
SBD 2.45