Steem Environment: Recycle Project Day 2

in STEEM FOR BETTERLIFE3 years ago (edited)
Note : 50% of Rewards Donated To Charity Account : @worldsmile

Recycle Project 1


Recycle Project Day 2


Day 2.jpg

All pictures are edited by using Canva

"Kita sudah diberi kesempatan untuk menempati Bumi. Bukankah seharusnya kita pula yang bertanggungjawab atas kelestariannya?" | @ozzarm

Halo semua!

Peduli ataupun tidak peduli, faktanya, masalah lingkungan adalah salah satu masalah serius yang seluruh rakyat dunia hadapi saat ini. Rasanya mustahil kalau kita menutup mata tentang ini padahal jelas kita sedang menonton kerusakan alam secara langsung. Tidak perlu melakukan hal yang membutuhkan biaya banyak untuk mendukung kelestarian alam. Kita bisa melakukan hal-hal kecil yang semestinya dilakukan seperti mendaur-ulang, mengurangi, menggunakan kembali sampah plastik dan kertas yang sudah terpakai. Dan ini harus kita kerjakan berulang kali. Ingatlah the 4 Re (Recycle, Reduce, Reuse and Repeat)!

Saya setuju jika ada yang mengatakan sulit menghentikan pemakaian plastik dan kertas di zaman sekarang. Namun, bukan berarti kita tidak dapat mengurangi pemakaiannya. Kita bisa memulai dari diri sendiri. Oleh sebab itu, saya pun berusaha mengaplikasikan the 4 Re dalam keseharian saya. Salah satunya adalah mendaur ulang kertas bekas agar dapat dipakai kembali seperti Recycle Project Day 1 yang saya lakukan sebelumnya. Saat itu, saya mengumpulkan kertas bekas sebagai bahan utama DIY Kertas Daur Ulang ini. Saya juga telah merendam potongan-potongan kertas bekas selama 24 jam yang akan didaur ulang.

Rendaman kertas sebelumnya

Untuk kali ini, alat yang diperlukan hanyalah blender dan rendaman potongan kertas.

Langkah Pembuatan Day 2

Masukkan rendaman potongan kertas ke dalam blender bersamaan dengan airnya rendamannya (menghemat air keran). Blend sampai menjadi bubur kertas/pulp. Mohon diperhatikan teksturnya teman-teman. Sebab lembut kasarnya bubur kertas dapat disesuaikan keinginan kita. Kali ini saya ingin membuat kertas yang sedikit terlihat tulisan-tulisan yang berada di kertas bekas (sebagai motif) maka saya blend rendaman kertas sebentar saja (tidak terlalu halus).

Hasilnya dapat dilihat seperti gambar di atas. Agar tidak terlalu panjang, maka kita hentikan di sini untuk Recycle Project Day 2. Jumpa lagi ditahap selanjutnya!


Steemian, saya juga menulis cerita motivasi yang bertemakan Lesson From My Father series lho di komunitas Motivation Story.

Boleh baca Lesson From My Father series di sini

Dan saya juga menulis cerita berseri juga tetapi dengan judul berbeda, yaitu Kepingan Hidup Hasya di komunitas BETTER LIFE dan sekarang menjadi STEEM FOR BETTER LIFE.

Baca di sini

Instagram: @ozzarm
YouTube: Goore Oja
Novel: Detak


Regards,

@ozzarm

About me

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 59908.77
ETH 3191.82
USDT 1.00
SBD 2.43