[2021:09] BETTERLIFE THEDIARYGAME SEASON 3: MINGGU 24 JANUARI 2021 : LIBURAN KE AIR TERJUN

CATATAN : Hidup adalah perjalanan, bukan tujuan.

Ayok!

Pagi tadi aku bangun lumayan pagi, beberapa menit sebelum pukul enam. Masih seperti kemarin, pagi ini langit masih sembab sisa dari hujan semalam yang berkepanjangan. Kutemukan diriku masih di Jakarta Selatan.

Aku suka hujan. Dan kelembaban yang dibawa setelah curahannya. Dan pagi yang lembab selalu menghadirkan suatu rasa magis di pikiranku, sesuatu kenyamanan yang tidak terkatakan. Secangkir teh melati dan beberapa keping roti kering bertaburan gula mengawali pagiku diselingi sapa basa-basi dengan kerabatku. Ada aura kewaspadaan yang meninggi hari-hari belakangan ini di kawasan ini, dan itu terkait Covid-19. Kemarin aku sempat melihat di beberapa titik keberadaan spanduk-spanduk yang menandakan bahwa kawasan itu telah dilabeli zona merah.

Sarapan Dulu.

Hari ini aku dan beberapa teman akan menuntaskan perjalanan yang tertunda. Tadinya kami berencana melakukan hal ini pada awal tahun kemarin tetapi batal karena sesuatu hal. Kami akan melihat air terjun di kawasan Kabupaten Bogor.

Penjaja Makanan Lain Di Pinggir Jalan.

Pagi ini kami sarapan di luar kebiasaanku: batagor. Kami menemukan penjual batagor di pinggiran sebuah jalan dalam perjalanan kami, tidak jauh dari tempatku menginap malam tadi. Selain penjual batagor, di pinggiran jalan itu ada juga penjual makanan lainnya dan kedai minuman.

Meninggalkan Jakarta.

Setelah menyelesaikan sarapan, kami tidak membuang waktu lagi. Sepanjang perjalanan di dalam kawasan kota sering kulihat komunitas bersepeda di pinggir jalan. Kata kawanku mereka akan berkumpul di GBK atau Gelora Boeng Karno. Hari Minggu ramai orang berolahraga di sana. Tiba-tiba langit kulihat semakin menghitam. Entah aku harus gembira atau sebaliknya, aku hanya berdoa agar semua baik-baik saja.

Langitnya Gelap.

Kami melewati jalan toll Jagorawi. Jalan toll ini menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi. Nama toll Jagorawi adalah singkatan dari nama ketiga kota yang dihubungkannya itu. Jalan toll ini mulai dibangun pada tahun 1973, yaitu pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Jalan toll ini dikelola oleh PT Jasa Marga dan melewati wilayah Kota Jakarta Timur, Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor.

Sampai Di Sentul. Beli Bekal Dulu.

Kami menempuh waktu selama lebih kurang 45 menit di dalam areal toll sebelum keluar ke jalan Sentul di kaki sebuah bukit yang menjadi tujuan kami. Di sini kami menemukan warung nasi Padang dan membeli bekal untuk makan siang nanti. Jam menunjukkan pukul 09.54 WIB saat itu. Beberapa bungkus nasi, rokok bagi yang merokok, air mineral botolan secukupnya.

Ramai Juga Di Jalan Ke Air Terjun Itu.

Dari sini jalan tidak lagi semulus toll tadi, tapi tidak juga buruk. Kata kawanku, jalan saat ini jauh lebih baik daripada kondisi saat dia ke sini beberapa tahun lalu. Sekarang sepanjang jalan naik ke atas bukit sudah diaspal. Meski begitu harus hari-hati juga karena ada tanjakan-tanjakan yang terlalu curam dan jurang di sisi jalan. Ini benar-benar adventure, pikirku saat itu.

Tempat Menitipkan Kendaraan.

Butuh satu jam bermobil dengan kondisi pengguna jalan yang lumayan ramai, sebelum kami tiba di tempat penitipan mobil. Tempat penitipan mobil ini hanya lahan terbuka yang masih beralas tanah. Sudah ada beberapa mobil terparkir di sana.

Berfoto Di Palang Nama Dulu.

Terus Mendaki

Setelahnya kami perlu berjalan menelusuri jalan yang sebagian besar mendaki sebelum kami tiba di palang nama kawasan wisata ini. Tapi perjalanan belum berakhir di sini. Setelah berfoto sejenak, kami perlu mendaki lagi beberapa menit.

Pada jam 11.20 WIB kami sampai di titik yang kami tuju, tempat wisatawan berkumpul. Aku tidak menyangka akan ada begitu ramai orang. Kupikir, tahun baru kemarin pasti lebih ramai lagi. Ada yang sedang bersantai sambil duduk-duduk dengan kerabat setelah menggelar tikar di suatu sudut. Ada juga yang sedang menjamu selera di beberapa kios dan warung makan. Ada yang asik menikmati air yang sejuk yang turun dari puncak bukit.

Hati-hati Dengan Hatiku. Hehe.

Gembirakan Hati.

Airnya Pasti Tak Sedingin Hatimu Padaku. Hehe.

Terdapat Kios-kios Kecil Juga.

Airnya Jelas Tak Sedingin Sikapmu Padaku.

Setelah beberapa lama menikmati pemandangan tersebut, aku tidak bisa menolak lagi keinginan untuk ikut merasakan kesejukan air bukit ini.

Saatnya Pulang.

Tahu Sumedang Bungseng's.

Pukul 15.52 WIB kami pun memutuskan untuk meninggalkan lokasi. Dan sampai di gerbang toll Sentul Selatan 2 pada pukul 16.47 WIB. Pada pukul 17.11 WIB kami berhenti di rest area untuk mengisi minyak. Di sini kami membeli Tahu Bungseng’s Sumedang.

Beberapa menit menjelang magrib aku tiba kembali di rumah kerabat.

Demikian cerita kegiatanku hari ini, teman-teman. Semoga kalian juga melewati hari ini dengan kegembiraan.

Terimakasih telah membaca.

5 Tulisan Terakhir (Terbaru Paling Atas)

Orang Indonesia

Terimakasih.

Bang cari yang lebih dalam lagi lah , itu paling selutut dinginnya haha

Zskj9C56UonWToSX8tGXNY8jeXKSedJ2aRhGRj6HDecqrfKoPN4rW4vMZmwmhtRwEFhkthtXS5mvJDnHQQdqxKQzuYFtKLNUeEpx2AJdHz2x6wvfiAKg.jpeg

Hehe. Ga bisa berenang. 🤭

Siapa sangka tahun 2021 tidak lagi bersembunyi di balik icon rambut kribo 🤣🤣

Capek juga godanya Bang untuk menunjukkan diri..haha.

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Ya. Terimakasih.

It is now live on Twitter.

Click On The Image To Go To My Twitter Status.