DPOS dan @paulag untuk Witness di Steem Blockchain

in #witness-category6 years ago (edited)

Kita yang “bermukim" di Steemit ini punya “kemiripan" dengan di Indonesia. “Kemiripan” yang saya bayangkan adalah dalam hal memilih wakil yang berkerja menjaga kepentingan kita, misalnya memilih wakil rakyat. Wakil inilah yang kita tugaskan untuk memastikan kepentingan kita rakyat dapat diwujudkan.


@paulag

Di Steemit, wakil yang menjaga kepentingan kita itu adalah Witness. Mereka inilah yang bertugas memastikan Steem blockchain berkerja dengan baik. Di Steem blockchain, solusi menjaga Steem blockchain berbeda dengan Bitcoin, yaitu melalui proof of work. Di Steem berlaku apa yang oleh Dan Larimer disebut Delegated Proof of Stake (DPOS). Ini temuannya pada 2014, dan Anda dapat mempelajari lebih lanjut di sini:

https://bitshares.org/technology/delegated-proof-of-stake-consensus/

Dalam makalahnya bertanggal 3 April 2014 Dan Larimer menyebut DPOS dapat memvalidasi transaksi dalam hitungan detik sekaligus memberikan keamanan yang besar dalam periode yang lebih singkat daripada semua bukti saham yang ada.

...proof of stake that can validate transactions in seconds while providing greater security in a shorter period of time than all existing proof of stake systems. Dan Larimer

Bagi saya, yang menarik dari penerapan DPOS di Steem, BitShares dan juga di EOS ini adalah bahwa kita sebagai pemilik kepentingan di Steemit dapat dengan mudah “mengakhiri” tugas Witness manakala tidak mampu atau tidak becus melaksanakan tugasnya dengan baik dengan mencabut voting. Kalau di Indonesia, bila wakil rakyat tidak becus maka kita boleh tidak memilihnya lagi pada musim pemilihan dan mengantikannya dengan wakil rakyat yang lebih bagus. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui rekam jejak wakil rakyat, juga tentunya witheness.

witnesses.png
witnessess

"Berkenalan" dengan @paulag

Saya mengenali beberapa witness yang sudah saya pilih, dan mungkin terbuka kemungkinan untuk memperbaharui dengan memilih witness lainnya, dan salah satu yang sedang saya pertimbangkan adalah @paulag.

Saya mengenal @paulag lewat postnya berjudul “Steemit Good News Story #1 Attacking Global Poverty with STEEM and Steemit.”

https://steemit.com/bisteemit/@paulag/steemit-good-news-story-1-attacking-global-poverty-with-steem-and-steemit

Melalui post yang ditulis berdasarkan data Steemsql ini saya terbuka mata bahwa Steem berkontribusi bagi pengentasan kemiskinan di Indonesia. Pos itu menginspirasi saya untuk menulis post berjudul “Steemit, Solusi Cerdas Entas Kemiskinan di Aceh” yang juga saya publish di media yang saya pimpin, yaitu aceHTrend.

https://steemit.com/indonesia/@rismanrachman/bisakah-kita-kaya-dengan-menjadi-kreator-konten

http://www.acehtrend.co/steemit-solusi-cerdas-entas-kemiskinan-di-aceh/

Sudah pasti saya terus memantau perjalan @paulag khususnya terkait perhatiannya kepada Indonesia. Saya juga senang karena @paulag juga salah seorang Steemian yang cukup akrab dengan Steemian dari Indonesia. Hanya saya yang super kurang berkomunikasi dengan @paulag karena problem bahasa Inggris. Meski begitu, saya terus mengikuti postingannya dan sebisa mungkin menterjemahkan postingannya melalui google translate untuk saya pahami.

Dalam catatan saya, @paulag termasuk sosok yang adil dalam memberi penilaian. Melalui postnya @paulag pernah menunjukkan perhatian soal plagiasi dan spam di Indonesia, namun pada saat yang sama dia juga mengapresiasi pertumbuhan Steemian dari Indonesia, dan untuk itu ia cukup menghormati komunitas yang berkerja keras untuk mendukung pertumbuhan Steemit di Indonesia.

https://steemit.com/steemit/@paulag/why-steemit-should-care-about-indonesia

I have been working with the Indonesian Community and have belief in their ability, their willingness to learn and to grow and their ability to aid Steemit reach the traffic levels it requires. I hope more people will join me in educating this community and supporting this community and let them promote, bring new users and much needed traffic. By @paulag

Terkini, salah satu post dari @paulag yang berisi pesan semangat kepada Steemian Indonesia untuk terus menghadirkan konten di Steemit, dan jangan berhenti karena Steem dan SBD yang harganya sedang turun. Paulag juga menyampaikan pesan untuk terus terlibat dan ambil bagian dalam komunitas.

Saya senang membaca nasehat/pesan itu karena sebelumnya nasehat yang sama juga kerap disampaikan oleh Kurator Indonesia @levycore dan @aiqabrago serta beberapa Steemian lainnya. Pesan @paulag ini cukup membantu memecah kebekuan bagi Steemian [teman-teman saya di Ulee Kareng] yang kurang peduli pada nasehat orang sekampung.

Teman-teman Steemian, inilah pandangan sekilas saya tentang witness dan terkhusus tentang @paulag, dan tentu saja ini pandangan pribadi yang tidak dimaksudkan untuk mempengaruhi Anda untuk memberikan upvote kepada @paulag apalagi jika Anda memiliki pandangan berbeda dengan saya tentang @paulag. Tapi, jika Anda ingin mempertimbangnya sebagai bahan untuk memberi voting kepada @paulag, mungkin post ini bisa menjadi penambah alasan.

Untuk menambah informasi Anda tentang @paulag post dari @communitycoin ini dapat menjadi bahan bacaan dan pertimbangan:

https://steemit.com/witness-category/@steemcommunity/introducing-steemcommunity-a-witness-project-by-abh12345-and-paulag

Saya berharap, bila @paulag menjadi withness apa yang ditulis dalam pembukaan post @steemcommunity dilakukannya, yaitu:

Empowering Curators, Community Leaders, and Minnows. Valuing engagement and positive interactions. By @steemcommunity

Sebenarnya, ada beberapa yang juga dalam pantauan saya, salah satunya adalah @markangeltrueman, dan satu lagi yang sedang saya pertimbangkan untuk mendukung yaitu Steemian dari Aceh, Indonesia. Tapi untuk sementara post ini saya cukupkan tentang @paulag terlebih dahulu.

Catatan:
Tentang siapa saja yang sudah masuk dalam daftar 100 witness Anda, termasuk peran witness dapat dibaca langsung di sini:

https://steemd.com/witnesses

Sort:  

Salam sejahtera kepada para steemian, khususnya steemian aceh. Perkenalkan saya @zaininoer, pendatang baru yang merupakan pemula di steemit. Sebagai warga steemit yang baru tentunya saya sangat awam dan masih dapat dikatakaan sekedar ikut-ikutan, oleh karna itu saya rajin membaca update makalah ayau artikel teman2 yang ada di steemit. Kawan saya mengatakan, tugas kamu di steemit menulis dan banyak2lah berkomentar di postingan orangnlain maka kamu akan dihargai, juga dengan menulis nantinya teman2 steemit akan mengvote (maaf jika tulisannya salah) dan kamu juga akan dihargai. Nah, dalam pikiran pendek saya kalau di steemit kita saling mengupvote postingan lainnya maka kita semua sedang saling membantu untuk mendapatkan keuntungan, intinya kita harus lakukan itu. Setelah saya membaca beberpa artikel, dijelaskan didalamnya ada komunitas, kurator dan lainnya kembali membuat saya bingung.

Kali ini saya berterimakasih kepada senior @rismanrachman yang telah memberikan ulasan panjang. Saya sebagai warga steemit yang baru juga memohon bimbingan dari para senior, semoga apa yang kita lakukan di steemit dapat bermanfaat bagi kita sendiri dan rekan2 lainy.. terimakasih. Mohon tanggapan...

what a lovey post. thank you so much for your support. It is because of supporters like you that I have stepped forward as witness

Steem on

Informasi yang sarat dengan pengetahuan penting bagi steemians. Banyak hal yang dapat dipetik di dalamnya.

Selain bagaimana kemajuan komunitas steemit di Indonesia juga terselip beragam pandangan yang mesti disikapi.

Terimakasih informasi yang mencerahkan ini karena memang banyak hal yang mesti saya pelajari lagi tentang bagaimana beraktivitas di dalamnya.

Salam Steemian
Irman Syah|| @mpugondrong

a very useful post for a change into the future

What the proof prof? I think @mariska.lubis more focus about Indonesian Community, and I don't so familiar about this mom, whose name is? hmmm.. Pardon me, forget it!

Mantap anlisa sohabat semoga semakin sukses

Makasih, sedikit membuka paham saya terkait witness. Yang lainnya nanti kalau jumpa saya tanya bang ...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58919.17
ETH 2647.00
USDT 1.00
SBD 2.43