Steemit Engagement Challenge / S11W5 - "The Four Main Factors of Health

in Healthy Steem10 months ago

20230821_113538_0000.pngEdit di Canva

Pada Siang ini saya memiliki kesempatan untuk mengikuti sebuah kontes yang sangat menarik yang di adakan oleh tim Steemit mengenai tentang S11W5 - "The Four Main Factors of Health". Nah, di sini saya juga mengundang pak @muzack1 pak @ridwant pak @heriadi dan bang @walictd untuk ikut berpartisipasi dalam chellenge ini.

👩‍💼 Apa yang Anda makan agar tetap sehat? Bagaimana Anda bisa memperbaiki pola makan Anda?

groceries-1343141_1280.jpgPixabay

Kesehatan sangat berpengaruh dengan pola makanan yang kita konsumsi setiap hari dalam kehidupan. Untuk membentuk raga yang sehat agar tidak mudah terkena penyakit dari gejala apapun. Maka lebih baik mengutamakan makanan-makanan yang bergizi dan berfitamin dalam keseharian. Sebagai anak yang berusia muda, saya sangat teliti dalam mengonsumsi makanan apapun. Saya juga lebih mengutamakan makanan-makanan yang berkhasiat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Di sela-selanya baru saya mengkonsumsi makanan buatan di luar.

Pola makan adalah salah satu rangkaian yang harus di perbaiki setiap hari untuk menjaga kesehatan dalam hidup. Dalam mengatur pola makan saya melakukannya sehari tiga kali seperti biasa yang telah kita ketahui. Saya tetap mengutamakannya dari awal pagi tidak terlambat lalu di siang hari dan malam sebelum berangkat ke tempat pengajian. Di awal pagi saya selalu melakukannya sebelum berangkat sekolah ataupun sampai di sekolah saya langsung membelinya di kantin, itu ketika masih bersekolah.

Saya juga melengkapi dengan makanan yang bergizi dan berfitamin seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dalam seminggu ibu pasti memasak menu makanan sayur sekitar 3 kali di rumah walaupun tidak setiap hari.

👩‍💼 Bagaimana pola tidur Anda, dan bagaimana cara memperbaikinya?

clock-2846323_1280.jpgPixabay

Memperbaiki pola tidur adalah hal yang sangat sulit bagi saya di usia yang sekarang, karena banyak sekali kecanggihan elektronik dan internet yang dapat mempengaruhiku. Pola tidurku juga sedikit tidak stabil, terkadang aku tidur terlalu larut malam dan pada jam yang tidak sama dengan malam-malam lain. Siang hari saya sangat jarang meluangkan waktu untuk dikarenakan banyak aktivitas yang harus dikerjakan bahkan harus diselesaikan apalagi dalam akhir-akhir ini aku sedang mempersiapkan diri untuk masuk kuliah, sebenarnya siang bukanlah waktu tidur bagi saya, melainkan memanfaatkan waktu untuk beraktivitas di tempat kerja dan kegiatan lainnya.

Tidur yang tepat diatur pada malam hari, setelah pulang di tempat pengajian sekitar pukul 23.00 malam terkadang saya tidak langsung tidur. Saya mau buka handphone dan membalas pesan-pesan yang sudah masuk dalam beberapa jam lalu. Dan lalai juga dengan bermain game, membuka Steemit, buka YouTube, buka Tik tok, Instagram dan lain-lainnya yang dapat melalaikanku dengan benda canggih ini yang bernama handphone.

👩‍💼 Apa latihan atau aktivitas harian Anda? Apakah Anda perlu berbuat lebih banyak?

Berbicara tentang olahraga ataupun latihan agar tubuh menjadi sehat, mungkin saya sangat jarang melakukannya di masa yang sekarang ini. Tapi bukan berarti saya diam kaku tanpa melakukan aktivitas-aktivitas yang menjadikan sebagai olahraga. Di awal pagi saya sudah beraktifitas di tempat kerja, penyerbukan adalah mencuci mobil. Menurutku mencuci mobil yang memerlukan tenaga otot juga termasuk dalam olahraga dari melepas kekakuan raga di pagi hari, apalagi lagi saya membiasakannya dari awal pagi.

Selebihnya saya juga melakukan olahraga push up dan pull up di setiap pagi sebelum beraktivitas di luar. Saya tidak melakukannya dengan jumlah yang banyak tapi hanya sekitar 10-15 kali dalam sehari ini, itupun terkadang juga tertinggal di saat aku terburu-buru atau lupa.

👩‍💼 Apa yang Anda lakukan untuk kebugaran mental?

mental-health-4232031_1280.jpgPixabay

Untuk mencegah dari kebugaran mental sebenarnya kita tidak terlalu sulit untuk melakukannya. Untuk itu saya sering menyimpan waktu untuk beristirahat yang cukup dari kehabisan tenaga saat beraktivitas di luar, kemudian saya juga jauhkan diri dari hal-hal negatif dan melakukan hal-hal positif untuk terhindar dari ketidakbugaran mental. Dan di setiap menghadapi berbagai masalah saya selalu berusaha mencoba untuk mengurangi stress agar tidak mudah terjadi ketidakbugaran mental.

Olahraga yang rutin juga sangat berpengaruh untuk kebugaran mental, namun saya tidak memiliki waktu yang sempurna untuk melakukan hal demikian. Tetapi saya juga selalu berusaha untuk melakukannya di sela-sela waktu dalam keseharian.

Sekian tulisan saya tentang "S11W5 - "The Four Main Factors of Health". Terimakasih untuk teman-teman semua yang sudah bersinggah di postingan saya. Salam @cymolan

Sort:  
 10 months ago 

There is no substitute for safe healthy food to stay healthy and it is imperative to learn self-control that will keep you free from disease. Good luck to you dear

 10 months ago 

Terimakasih banyak telah berkunjung di postingan saya dan memberikan komentar yang berkualitas

 10 months ago 

I am happy to know about your lifestyle regarding your diet as well as I am happy to know about your sleep patterns that you really like the time to have sleep as well as I also read about exercise that you are not giving time to exercise now a days but I would advise you to please manage some minutes at least 30 minutes for your exercise because it is very necessary to make you healthy roll a good participation I see by you I wish you thanks and good luck

 10 months ago 

Terimakasih banyak atas komentar yang berkualitas dan saran baik yang anda berikan. Saya mencoba nanti.

 10 months ago 

Ketika saya masih kuliah saya tidak dapat mengatur pola makan, waktu tidur bahkan berolah raga dengan teratur. Saya banyak lalai bahkan tidak berpikir tentang kesehatan. Setelah menikah istri saya memperbaiki hampir semua sektor kehidupan saya.

Anda beruntung dapat menjaga pola makan dengan baik. Semoga akan terus terjaga hingga seterusnya, karena menjaga kesehatan sangat penting untuk hidup lebih baik disaat usia tua.

 10 months ago 

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang di inginkan setiap orang tetapi sangat sulit untuk bangkit melakukannya. Yang paling utama adalah dalam menjaga pola makan, pola tidur, olahraga dan lain-lainnya. Saya selalu berusaha untuk melakukannya walaupun hanya beberapa persen saja yang dapat saya gapai. Tentunya Pak @ridwant sangat bersyukur terhadap istri bapak yang sangat baik yang telah mengatur semua faktor kesehatan.

Loading...
 10 months ago 

Salam @cymolan, saya harap Anda baik-baik saja.

Tetap aktif secara fisik dan mental benar-benar merupakan tugas yang menantang dan kita harus menjaga diri kita tetap sehat karena itu akan memungkinkan kita melakukan lebih banyak tugas dalam rutinitas biasa dan kita dapat melakukan tugas dengan sempurna.

Senang melihat Anda menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat yang baik yang memiliki multivitamin dan nutrisi yang tepat.

Anda menyebutkan pola tidur Anda pada pukul 23:00 (11 malam) dan sebelum tidur, Anda membalas pesan, bermain game, dan memeriksa Steemit dan memposting.

Anda juga menyebutkan bahwa Anda melakukan push up dan pull up setiap pagi agar hari Anda tetap aktif. Ini adalah hal yang baik yang Anda lakukan setiap hari.

Anda juga bekerja pada kesehatan mental dan itu juga merupakan langkah yang baik.

Terima kasih telah berbagi rutinitas Anda dengan kami. Saya suka membacanya. Saya berharap Anda sukses dalam kontes ini serta semua kontes lainnya. Tetap Terberkati :)

 10 months ago 

Kita harus pandai mengaturkan waktu untuk makan, tidur serta berolahraga. Itu semua akan sangat berpengaruh kepada kesehatan kita. Kita baru merasakannya, pada saat tubuh sudah tua, bahkan sekarang saja akan kita rasakan. Semakin baik kita menjaganya, maka semakin sehat pula tubuh kita.

Salam sehat, semangat dan semoga beruntung sobatku @cymolan.

 10 months ago 

Health education is very much important. Lots of people in our society don't know about their health problems and issues. I am very glad to be the part of this beautiful community who always organize such a beautiful Contest here for us.

It provokes awareness amoung the people. You have beautifully presented this topic. Too much knowledgeable.

I wish you best of luck in the contest.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64078.16
ETH 3471.05
USDT 1.00
SBD 2.52