Komitmen Bersama Steemit

in #esteem6 years ago (edited)

image


Salam Semua

Steem...
Steemit...
Steemian...

Setiap hari kata-kata ini selalu hadir ditelinga saya, dimanapun saya berkunjung disitu pasti ada orang-orang yang sedang membahas steemit, dan bahkan ada di beberapa tempat orang-orang sudah berani memakai baju berlogo steemit dan bertuliskan KSI (Komunitas Steemit Indonesia), tidak hanya remaja biasa bahkan orang yang sudah berpangkat sekalipun ikut bergabung dalam komunitas steemit. Ini membuktikan bahwa tanpa kita sadari platform steemit ini ikut ambil andil dalam perkembangan, keaktifan personal, perubahan perekonomian dan sangat terpengaruh jika dipandang dari sudut manapun.

Dilihat dari history beberapa pengguna steemit di Steemd.com yang mempunyai reputasi tinggi, bisa dikatakan angkatan pertama mungkin dimulai sejak bulan maret 2016.

Baru beberapa tahun berkembang, pengguna steemit sudah jutaan akun terdaftar.
Apa yang membuat orang-orang beralih dari media online lain, yang sejatinya sudah bergabung lama hingga ikut beralih dan bergabung ke steemit.

Menurut hemat saya juga mungkin bagian dari pengalaman, beberapa media online yang pernah saya pelajari dan coba saya tekuni jika dibandingkan dengan steemit mungkin terlalu jauh berbeda.

image

bersama master


Saya mendaftar dan bergabung di steemit baru 20 hari, jadi masih dianggap newbie, maka oleh karena itu saya ingin tahu lebih jauh dan kemudian setelah saya pelajari dari sumber-sumber yang terkait, ternyata di steemit tidak ada syarat-syarat yang berlebihan untuk dipenuhi, disini kita bebas untuk berkarya hanya saja sebaiknya tidak membawa "sara", kekerasan, asumsi barang-barang terlarang dan barang haram lainnya, jangan mempromosikan hal-hal seperti ini dan kemungkinan akun kita akan tertinggal dan akhirnya akan hilang dalam peredaran.

Karena kenapa ?
Steemit berkembang karena komunitas, antara satu dengan yang lain saling berhubungan dan saling memberikan dukungan, sehingga akun-akun kita menjadi hidup dan cepat berkembang.
Disinilah bedanya jika dibandingkan dengan media online lain, ada juga yang berkembang dan juga keuntungan pasti ada, akan tetapi lama karena persyaratan tadi yang lama terpenuhi sehingga pemilik akun merasa bosan dan akhirnya vakum.

Berbicara manfaat dan keuntungan, mungkin sebagian mengatakan hanya untuk berkarya bukan karena lainnya, boleh jadi mungkin ada akun-akun yang sudah berkarya lama dimedia online lainnya karena memang sudah hoby, tidak ada salahnya melanjutkan di platform steemit, ini merupakan tindakan yang sangat bagus dan bagi saya layak untuk diberikan apresiasi.

Bagi saya tetapi jangan dikatakan munafik, dalam hati saya pribadi ada sedikit harapan disetiap postingan yang saya post ingin dan berharap sekali perhatian dari akun lain, dibuktikan secara sengaja tiap jam bahkan tiap menit selalu merefresh dan cek postingan, tindakan tersebut hanya semata-mata untuk melihat berapa pengunjung/pembaca, yang memberi vote, lihat komentar bahkan sampai mengecek perubahan reputasi.

Menurut saya hal ini wajar-wajar saja, karena untuk menunjang semangat kita perlu apresiasi dari akun lain untuk menghargai setiap postingan, begitu juga saya sebaliknya.

Untuk sama-sama kita ketahui untuk memberikan vote (suara), komentar, follow serta resteem kepada akun lain tidak akan mengurangi steem dolar yang sudah kita miliki, hanya saja bandwidth yang kita miliki akan berkurang dan itu akan kembali bertambah disetiap jamnya.

image

makan siang bersama master


Jika kita memberikan perhatian dan menghargai akun lain, kemungkinan besar mereka akan memberikan sebaliknya kepada kita, itulah yang namanya membangun komunitas, dengan cara begini komunitas yang kita bangun akan cepat berkembang dan kesuksesan pun akan sama-sama kita rasakan jika kita sama-sama aktif terlibat.

Mari kita berkarya sesuai dengan keahlian yang kita miliki, kita promosikan di steemit, maka kita akan mendapatkan sesuai dengan apa yang telah kita berikan, jangan cemburu dengan pendapatan orang lain, jangan iri akan kelebihan orang, hal ini bahkan akan membuat kita sendiri kurang percaya diri, tidak semangat lagi dan akhirnya cepat bosan.

image

sharing-sharing bersama steemian


Jadikan kelemahan kita sebagai ajang untuk menuju kesuskesan, jadikan ia sebagai pemberi dorongan untuk lebih semangat lagi untuk belajar sampai lebih kreatif lagi dan aktif.
Motto yang dapat saya berikan :

Karena jika orang lain bisa,,,
Kita juga bisa, akan tetapi tergantung dari keinginan kita untuk bisa, jangan cepat putus asa, semua butuh proses, proses tidak pernah membohongi hasil.

Sekian dorongan dari saya, semoga kita selalu semangat dalam berkarya, jika ada hal-hal yang tidak berkenan dan jika masih banyak kekurangan, pribadi saya mohon sangat untuk dimaafkan, dan kemudian juga jika ada hal yang kurang efektif dalam penyampaian saya untuk dapat diberikan komentar dengan bijak.


Terima Kasih Telah Membaca
dan Mengunjungi Blog


@oomcie85


U5druD5LzVB8PDgYfKd8vvBZ6kxkqn8-1.gif

Tulisan Lainnya :

1. Staple Food of Asia
2. Memancing Menghilangkan Stress
3. Sepenggal Kisah Naluri Sahabat
4. 'Hiem' Sastra Lama yang Terlupakan
5. dan lainnya

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66670.04
ETH 3497.56
USDT 1.00
SBD 2.71