Search Engine (Mesin Pencari)

in #indonesia7 years ago (edited)

Apa kabar sahabat steemian semuanya, semoga sehat wal afiat semuanya.

Kali ini saya ingin share bagaimana mengoptimalkan mesin pencari google dalam keseharian browsing di internet.

Banyak sebenarnya beredar informasi di internet tentang bagaimana menggunakan pencarian secara efektif sampai kepada perhitungan menggunakan mesin pencari google.

image

Namun kali ini saya ingin berbagi sesama teman steemian bagaimana mencari di mesin cari google dengan permasalahan sesuai sehari-hari, mungkin banyak sahabat steemian ada yang masih mahasiswa,guru, dosen, wartawan, pegawai pemerintahan, dan berbagai profesi lainnya, yang kesulitan dalam mencari bahan, atau artikel yang anda ingin tinggal klik dan langsung bisa mengambilnya tanpa harus register ke sana kemari, kadang sering dari satu halaman dibawa ke halaman lain sehinga kita sampai fokus untuk mencari hilang.

Teknik pencarian di mesin pencari google yang ingin
saya bagikan yaitu 2 sintaks ini saja, karena menurut pengalaman priadi sangat diperlukan, yaitu :

1.filetype:[ektension_file] nama_file_yang_dicari

untuk bagian ini pengetahuan dasar yang harus kita ketahui adalah ektension sebuah file, misalkan acrobat reader mempunyai ekstension file *.pdf, Ms Word ekstension file *.doc atau *.docx untuk 2013

2.intitle: index.of?[ektension_file] "nama_file_dicari"

perintah intitle:index.of?, digunakan untuk mencari kumpulan file yang yang terindeks dalam halaman sebuah situs atau hosting file

Studi Kasus :

*1. bagaimana mencari file yang ekstension .pdf yang membahas masalah budidaya ikan lele,
maka ketikkan seperti ini :

filetype:pdf budidaya ikan lele

maka muncul gambar seperti ini:

image


tinggal memilih mana yang akan diambil dan langsung bisa dibaca, jika menggunakan intitle:index of?pdf budidaya ikan lele, maka tampil semua pdf seperti ini:,

image


Yang membedakan adalah jika kita klik salah satunya, muncul semua pdf dalam main index sebuah situs, ada banyak file pdf seperti ini tampilannya:

image


begitu mudahkan bukan sahabat steemian,

3.Bagaimana saya ingin mencari film john wick?, maka ketikkan intitle:index of?mkv john wick

maka muncul seperti ini :

image


dan saat saya pilih link yang ke 3 maka muncul halaman ini:

image


dan saya cek apakah ada film john wickternyata ada:

image


4.Bagaimana mencari file ISO?

file iso adalah file image yang biasanya berisi sistem operasi seperti Windows8, Linux ataupun lainnya. misal jika saya ingin mencari iso linux debian maka ketikkan saja perintah intitle:index of?iso linux debian maka muncul seperti ini:

image


image


mudahkan....jadi banyak hal yang saya sendiri belum mengetahui seluruhnya, mungkin teman-teman lain lebih mengetahui ayo sama-sama berbagi

Begitulah sedikit triks yang bisa saya share semoga bermanfaat, awalnya kurang berani menulis trik ini karena saya merasa sudah banyak mungkin yang mengetahui, tapi ya saya coba saja, minimal saya mengingat kembali, terasa mudah kan sahabat steemian,

Salam Sukses Selalu dan Salam Komunitas Steemit Indonesia


image


Postingan lainnya

Perubahan Diri

Bunga Kuning

Life Flights
Tracker

Believe Your Eyes Healthy?

Introduce Myself

Howto link a Post

Betel leaf art/Seni Daun Sirih

Introduce Steemit to
Students

Mie Aceh

Amazing Animals Methamorphosis...

Betadine Flowers

GREEN TEA LOVERS

Pink Flowers...

Jitter-Delay-Packet Loss-Troughput

Stone Roses

Sort:  

terima kasih @muhammadhaekal....postingan biasa saja ini

Postingan yang menarik bg..
Berkat ada kawan kawan di steemian semua sehingga semua berita berita, sangat bermanfaat..
Dan bisa kami ambil contoh.
Salam dari abu. Dan kawan kawan ksi.

Alhamdulillah sehat.

Sangat berguna, apalagi ada hal yang semuanya dipqhami bagi saya sebagai pengguna rutin mesin pencari google.com, maklum sudah agak sedikit manja dengan yang ini. Posting yang sangat bermanfaat.

Terima kasih @atafauzan79

Sangat berguna

Mudah-mudahan bisa langsung dicoba ya @amryksr

Good post @slempase, terimakasih telah berbagi ilmu...salam ksi

Ini postingannya keren! Saya baru tahu kalau ada cara mencari file dengan google seperti yang dijelaskan. Terima kasih infonya, om. Sangat bermanfaat. Salam dari Banten.
@citrarahman

Terima kasih @citrarahman dari Banten ya..., Salam kenal

Wahhh br tau. Tq :)

Terima kasih @kakilasak jgn lupa kunjungi postingan saya selalu

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63793.25
ETH 3410.80
USDT 1.00
SBD 2.59