Pemahaman jaringan (troughput, jitter, delay dan packet loss)

in #tutorial7 years ago

Hallo sahabat steemiter semuanya apa kabarnya?, Tentu harapan kita semua sehat-sehat semuanya tidak kurang apapun.

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang ilmu jaringan, yang saya sendiri bergelut dalam jaringan. Saya yakin sahabat steemit sudah pernah dan bahkan sudah biasa mendengar istilah troughput, jitter, delay, dan packet loss.

Sebenarnya kecepatan internet tidak dapat dipatok, Harus diukur dengan mengukur di waktu penggunaan trafik jaringan sedang sibuk atau trafik sedang tidak banyak pengguna. Sehingga diperoleh ukuran bandwith yang sebenarnya atau istilahnya troughput.

Berikut ini penjelasan tentang Troughput, Jitter, Delay, dan packet loss.

image

Troughput

image

Jadi jelas bahwa ukuran kecepatan internet (bandwith) berubah-ubah sesuai trafik jaringan. Perumpamaan nya ibarat jalan raya jika sedang padat kita tidak bisa memacu mobil dengan cepat, namun disaat lenggang maka dapat memacu mobil dengan leluasa.

Delay

Delay adalah waktu tunda sebuah proses pengiriman data dari satu titik sumber ke titik tujuan. Seperti di jalan raya jika dalam perjalanan ada hal-hal yang terjadi tidak terduga maka akan membuat proses perjalanan kita terganggu alias tidak sesuai target. Hal ini mungkin dalam perjalanan seringnya menjumpai lampu merah, maka perjalanan akan tertunda dari target yang diinginkan. Dalam jaringan internet sering terjadi delay pada saat media transmisi mengalami kestabilan.

Hitungan delay diperoleh dari waktu paket data diterima dikurangi dengan waktu paket data dikirimkan.

Jitter

Jitter adalah kumpulan dari semua delay yang terjadi selama proses data dikirimkan sampai dengan data diterima, jitter yang terjadi mendekati nol maka kecepatan jaringan sangat cepat. Namun Sebaliknya jika tidak mendekati nol maka kecepatannya jelek dan akan terjadi kehilangan data dalam proses pengirimannya(packet loss).

Packet loss

image

Demikian penjelasan sedikit tentang Troughput, jitter, Delay, dan packet loss... Harapan saya semoga bermanfaat..

Sort:  

Ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat @alempase, karena pengetahuan saya tentang jaringan masih sangat kurang bahkan bisa dikatakan belum mengerti sama sekali, apalagi penjelasan tentang Troughput, Jitter, Delay, dan Packet Loss.
Karena ilmu pengetahuan mengenai jaringan ini sangat susah bagi saya, apalagi dengan istilah troughput, bandwith dan lain sebagainya.
Selama ini saya hanya menggunakan jaringannya saja, tapi pengetahuan mengenai hal-hal tadi masih nihil.
Terima kasih telah berbagi @slempase.

Terima kasih @amriza kebetulan ini saya coba asah kembali...Biar tetap ingat...Sambil berbagi pengetahuan di komunitas steemit...Senang bisa berbagi sambil mengingat kembali pengetahuan jaringan..Saya pikir posting2 seperti ini kurang berkenan dihati steemiter...Namun ternyata setelah saya melihat respon dari teman-teman...Saya jadi bersemangat untuk menulis di komunitas steemit ini..., Sukses untuk kita semua..Salam komunitas steemit...

Postingan yang sangat berguna jadi tau saya fungsi fungsi dari trughput,jitter,delay dan packet loss ini juga berguna buat saya seorang mahasiswa jurusan electro kami juga belajar sedikit tentang sinyal.terimakasih telah berbagi @slempase

Sama-sama riezky...

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 62579.62
ETH 3455.51
USDT 1.00
SBD 2.53