Cerita Ramadhan_21# Salam Tempel

in indonesia •  17 days ago

Di tengah lesunya penjualan kartu lebaran, kini muncul fenomena baru yang sedang tren di kalangan masyarakat beberapa tahun ini. Berkaitan dengan tradisi salam tempel saat hari raya tiba, munculan ide bisnis amplop lebaran.

amplop lebaran_1.jpg

Source

Amplop lebaran adalah bisnis musiman yang semakin menjamur. Boleh dibilang pendapatan mereka akan mengalami kenaikan sampai dua kali lipat mendekati lebaran seperti ini. Fungsi dari amplop lebaran ini adalah sebagai salam tempel, tentu tidak serta merta amplop tanpa isi.

Beberapa hari jelang lebaran banyak orang yang membeli amplop lebaran ini untuk kemudian diisi dengan uang baru yang nantinya akan diberikan kepada anak, keponakan, tetangga sebagai salam tempel.

amplop_2.jpg

Source

Dewasa ini amplop lebaran mengalami perkembangan yang signifikan, berbagai model dan desain yang lucu-lucu ditawarkan untuk menarik minat pembeli. Mulai dari gambar karakter, batik, sampai yang berbentuk menyerupai astor.

amplop _3jpg.jpg

Source

Harga yang ditawarkan untuk satu kemasan amplop lebaran ini juga bervariasi, tergantung isi dan ukuran. Tapi yang pasti aman dikantong,hehehe. Biasanya dalam satu kemasan terdapat sepuluh lembar amplop. Untuk harga ada yang membanderolnya seharga 5 ribu, 10 ribu, hingga 20 puluhan ribu.

Amplop_4.jpg

Source

Aku sendiri adalah salah satu pemakai jasa amplop lebaran ini sejak setahun lalu. Sebagai selam tempel untuk ponakan-ponakan yang masih kecil, aku lebih senang ketika uang-uang baru tersebut sudah tersusun rapi di dalam amplop. Meski isinya tidak seberapa tapi kelihatan lebih berkesan dan lebih menarik,hihihi

Kalo teman-teman sendiri masih adakah tradisi salam tempel seperti ini?

Ah nggak terasa sudah posting 21 Cerita Ramadhan, buat yang belum baca episode sebelumnya bisa baca di sini:

Cerita Ramadhan_1
Cerita Ramadhan_2
Cerita Ramadhan_3
Cerita Ramadhan_4
Cerita Ramadhan_5
Cerita Ramadhan_6
Cerita Ramadhan_7
Cerita Ramadhan_8
Cerita Ramadhan_9
Cerita Ramadhan_10
Cerita Ramadhan_11
Cerita Ramadhan_12
Cerita Ramadhan_13
Cerita Ramadhan_14
Cerita Ramadhan_15
Cerita Ramadhan_16
Cerita Ramadhan_17
Cerita Ramadhan_18
Cerita Ramadhan_19
Cerita Ramadhan_20

Terima kasih kepada Kurator Indonesia @aiqabrago dan @levycore, kepada teman-teman Komunitas Steemit Indonesia. Mari saling berbagi, mari saling menguatkan.

Sampai jumpa pada cerita Ramadhan selanjutnya...

PP Steemit_1.jpeg

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Samaaa.., saya juga pake nih amplop untuk ngasih THR keponakan.. hehehe..

·

ponakan biasanya lebih seneng kalo dikasihnya amplopan ya mbak meskipun isinya ngga seberapa,hehehe

Sama Mba.
Saya juga lebih suka uangnya dimasukin amplop.
Ank2 kecil pada seneng banget😅😅

·

Iya mbak, padahal isinya ngga seberapa tapi kalo dimasukin amplop jadi keliahatan banyak ya,hehehe

saya baru tahu... maklum kudet😊

·

Memang lagi tren beberapa tahun belakangan ini mbak @firstsufa,hehee

Jadi mirip tradisi ang pao yak

Nungguin ah apa ada amplop THR dari Semarang ntar 😎

Terimakasih telah menggunakan #ramadan-tkf, ditunggu artikel berikutnya, segala yang berkaitan dengan Ramadhan

Salam hangat dari Kanada,

·

Betul semacam ang pao lebaran gitu,hihihi

Keren ceritanya mbak.

·

Terima kasih :)