Tantangan Keterlibatan Steemit S6 - W2: "Langkah apa yang akan Anda ambil untuk menyelamatkan tanah?"

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada Hind Whale Community yang kerap kali terpilih untuk menyelenggarakan tantangan Keterlibatan Steemit.
Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa tanah adalah salah satu sumber bagi kehidupan manusia, banyak sumber yang terkandung dalam tanah , yang kemudian di olah untuk menjadi bahan baku bagi kelangsungan makhluk hidup , terutama bagi manusia.
Namun , akibat kerakusan sebagian manusia , tanah menjadi tercemar , tanah mulai di kerok untuk di ambil semua yang ada di kandungnya, sehingga di jadikan sebagai sumber uang tanpa peduli akan sebab dan akibatnya.
Sebagian manusia menjadikan tanah sebagai alternatif terbaik untuk mendapatkan pundi-pundi tabungannya, mereka tidak peduli seberapa besar manfaatnya dan seberapa parah akan dampak yang mereka lakukan.

InShot_20221129_162013865.jpg
foto editing by Apps inshot
DQmTmshYeXLghPKUXrdqBmsg6PBdJtEo7CSgG1WkVnA6FUc.png

Pada tahun 2020 saya sempat tinggal di kampung halaman istri saya , yaitu di desa gp.punteut kecamatan sawang , Aceh Utara. Meski sekarang saya sudah pindah ke kota Lhokseumawe, Namun . Ada satu momen yang paling saya ingat pada saat saya masih di sawang.
Momen itu adalah penggalian-C yang di lakukan oleh beberapa oknum , yang terus mengambil batu di sungai sawang untuk di angkut dan di jual ke beberapa daerah.
Sebagai pendatang di kampung orang , saya pasti bertanya-tanya , kenapa mereka melakukan itu , apa mereka tidak tahu kalau apa yang mereka lakukan itu adalah hal yang berbahaya bagi penduduk sekitar.
Bahkan , saya pernah bertanya kepada salah satu warga yang notabene dia adalah salah satu aparatur desa di sana , Apa yang mereka kerjakan di sana , apa itu tidak berbahaya, dan akibat dari minimnya pengetahuan dengan sepele beliau menjawab , itu tidak apa-apa.

Padahal sungai sawang adalah sumber utama dari perairan irigasi untuk di alirkan ke seluruh irigasi yang ada di kecamatan sawang , mayoritas penduduk di kecamatan sawang adalah berprofesi sebagai petani.

Hampir setiap hari penggalian terus di lakukan untuk mengambil batu di sungai , untuk di jual sebagai bahan utama dari pembuatan bangunan, semisal rumah , toko ,dan lain sebagainya.
Pada akhir tahun , pada musim penghujan seperti bulan September, Oktober hingga Desember, warga sekitar selalu harus berhati-hati akibat luapan sungai yang tidak terkendali , banyak rumah warga yang terendam banjir. Bahkan sampai memakan korban jiwa.
Kini akibat dari abrasi sungai yang semakin luas , penduduk sekitar hampir setiap tahun rumahnya selalu di genangin air hasil luapan sungai yang tak terkendali, itu semua terjadi karena ulah tangan manusia yg tidak bertanggung jawab.

IMG_20221129_192626.jpg Dulu kami begitu makmur dengan tanah yang subur ( foto di ambil tahun 2021)

Dulu itu kami begitu makmur dalam pertanian , lihat saja begitu indahnya hamparan tanaman padi kami yang hampir siap di panen , namun kini itu semua hanya tinggal kenangan.
Sekarang saya dan istri sudah pindah ke kota Lhokseumawe, dan saya tidak tahu bagaimana di sana ( sawang ) sekarang , namun. Saya berharap semoga ada pihak terkait yang akan bertindak. Agar tanah di sana kembali subur sedia kala.

Kesimpulan

Tanah adalah sumber penghidupan yang layak untuk di jaga. Sekecil apapun tindakan kita yang berguna akan selalu memberi dampak terbaik untuk semua makhluk hidup terutama sesama manusia yang punya sifat sosial.

Jika kita tidak bisa menjaga kelestarian alam terutama tanah , usahakan jangan merusaknya. Sebab masih banyak para petani yang bergantung pada tanah untuk bercocok tanam , apalagi jika itu adalah sumber pendapatan mereka

Penutup

Sekian dari saya @cekbram . Disini saya mengajak beberapa teman untuk ikut ambil bagian dalam mengikuti kontes @tgk.dedy @elzia @crisvera @ibnusakdan dan teman-teman yang lainnya. Untuk memudahkan mereka dalam mengikuti kontes , saya tempelkan linknya dengan klik disini

Salam dari saya @cekbram from Indonesian

Tentang Saya

Dampak buruk dari penggalian
Sort:  
 last year 
CategoryRemarkScore
#Club750.75/1
Verified User1/1
#steemexlusive1/1
Plagiarism Free1/1
Bot Free1/1
Voting CSI > 51/1
Markdown Style1/1
Image Usage0.5/1
Quality Content1.65/2
Total8.9/10
Feedback / Note
  • Brother thanks for the participation but please try to use images wit creative common licence from any free source site or you can post original photos captured by you and never add photos from any other site, blog or forum.

Terimakasih atas umpan baliknya. Ya , kedepan saya akan coba menggunakan foto gratis atau dari hasil saya sendiri. Maaf atas kesalahan dan kebodohan yang saya miliki.
Terimakasih sudah mengoreksi kesalahan yang saya lakukan, kedepan saya akan lebih baik lagi.

 last year 

Greetings, you have been supported by @hindwhale account for your post. To know more about our community, you can visit our introduction post here. To contact us directly, please visit our discord channel.


Moderator/Curator : @theentertainer

Support Our Witness

@hindwhale

Hind Whale Comment GIF.gif

Subscribe & Join Our Community
Telegram ----- Discord

 last year 

Hidup ini akan lebih makmur jika kita mau berusaha untuk menjaga kelestarian alam terutama tanah karena tanah adalah tempat untuk bercocok tanam, memang benar kata @cekbram seandainya tidak mau menjaga setidaknya jangan kita buat kerusakan, salam sukses untuk sahabat ku

Salam sukses kembali sahabatku @ana07 , tidak dapat di pungkiri memang tanah adalah sumber dari penghidupan. Dan wajib kita lestarikan kemurniannya.

@cekbram, Unfortunate and sad the situation that happened in the city of your wife where unscrupulous people swallowed the bed of the River.

What led to uncontrolled flooding that destroyed crops and housing for the residents of the area.

What resulted in the abandonment of the territory and the poverty of its inhabitants.

Due to the indiscriminate exploitation of natural resources, what is there on earth if urgent measures are not taken to stop a situation.

The environment on our planet will deteriorate more and more and there will come a time when the recovery of our planet earth will be irreversible.

I say goodbye wishing you success in the contest.

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.11
JST 0.032
BTC 61166.56
ETH 2987.63
USDT 1.00
SBD 3.71