Steemit Engagement Challenge S6/W1 - List Your Childhood Outdoor Games, Which are Not Famous GloballysteemCreated with Sketch.

PhotoCollage_20221125_160221051.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Assalamualaikum SahabatSemua..

Selamat siang sahabat steemians semuanya dimanapun berada di seluruh dunia.....
Semoga hari ini, Jumat 25 November 2022, kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, dan dapat menjalani berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan dengan sukses dan lancar dan tetap semangat serta nikmatilah hidup bersama keluarga dan orang tercinta.

Mari terus berkarya di Platform Steemit dan mengikuti setiap sesi Steemit Engagement Challenge Dengan Baik. Siang ini saya ingin mengikuti Steemit Engagement Challenge sesi yang ke enam minggu pertama yang diselenggarakan oleh komunitas Hind Whale Community

My Childhood Outdoor Games

Masa kecil atau masa kanak-kanak adalah masa yang sangat indah dalam episode kehidupan kita, di masa itu kita bisa bermain sambil belajar dan kita tidak perlu memikirkan berbagai persoalan hidup, dan biasanya kita juga mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang luar biasa dari orang tua kita

Ada banyak permainan khususnya permainan di luar ruangan ketika masa kecil saya yang membuat hati saya rindu untuk kembali ke masa kecil, karena saat ini sudah jauh berbeda akibat dari kemajuan teknologi sehingga kita melihat permainan anak-anak saat ini sangat berbeda dengan permainan kami di masa kecil

Saat ini permainan anak-anak didominasi oleh game yang tidak mendidik dan membuat anak-anak tidak bergerak dan pasif, sehingga tidak baik dari sisi kesehatan, berbeda dengan masa kecil kami yang permainannya lebih banyak bergerak dan di luar ruangan

Sebenarnya sangat banyak permainan masa kecil yang saya lakukan dan masih tersimpan dalam memori saya dengan baik, Sayangnya tidak ada dokumentasi yang bisa saya tampilkan karena saat itu belum populer kamera apalagi handphone yang memiliki kamera yang bagus

Dalam postingan kali ini saya ingin mencoba menampilkan beberapa permainan khususnya di luar ruangan yang saya jalani di masa kecil ketika saya sekolah dasar yang mungkin berbeda dengan permainan-permainan di berbagai penjuru dunia lainnya, karena ada juga permainan yang banyak dimainkan di berbagai belahan penjuru dunia lainnya seperti layang-layang dan lainnya.

Untuk menjelaskan beberapa permainan tersebut saya akan menggunakan bahasa asli saya bahasa Aceh, yang kemudian saya narasikan sehingga pembaca lebih mudah memahaminya dan sulit untuk saya temukan padanan terjemahannya baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, saya juga mengambil beberapa foto permainan tersebut yang saat ini juga dimainkan oleh anak saya hanya sebagai ilustrasi saja

beberapa permainan di luar ruangan yang saya mainkan di masa kecil diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sipak On Rukok

Sipak on Rukok merupakan bahasa Aceh untuk permainan yang sering sekali saya lakukan ketika saya sekolah dasar, secara bahasa artinya adalah sepak pembungkus rokok, ketika dulu kami pulang sekolah kami mengumpulkan bekasan bungkus rokok yang dibuang oleh perokok Kemudian kami bawa pulang dan kami lipat untuk menjadi permainan yang menarik

IMG_20221125_065829.jpgIMG_20221125_065822.jpg
Permainan Sipak on Rukok

Model permainannya sangat sederhana, bekas dari bungkusan rokok tersebut setelah dilipat kemudian dikumpulkan dan di sepak untuk melewati sebuah garis yang telah ditentukan, kami bermain biasanya dengan beberapa orang teman dan bagi yang sepakan nya berhasil melewati garis yang telah ditentukan berhak mendapatkan bekasan bungkus rokok tersebut.

Memang kelihatannya permainan tersebut sangat sederhana, namun itulah yang membuat hari-hari kami di masa kecil begitu membahagiakan

2.Permainan Beude

Beude secara bahasa merupakan bahasa Aceh yang diartikan sebagai senjata atau senapan, permainan Bude merupakan permainan perang-perangan yang saya yakin juga dimainkan di berbagai belahan dunia lainnya, namun keunikannya adalah senjata yang kami gunakan ketika saya kecil adalah terbuat dari bambu yang kecil dan paling muda.

Untuk peluru yang digunakan dalam permainan perang-perangan tersebut adalah bunga dari buah jambu yang masih kecil yang jatuh dari pohonnya Kemudian kami kumpulkan Biasanya kami masukkan ke dalam kantong dan kami ikat di pinggang layaknya prajurit membawa peluru yang kemudian kami tembakan satu persatu terhadap lawan

Permainan tersebut tidak membahayakan karena peluru yang digunakan hanyalah bunga dari pohon jambu yang bila terkena di tubuh kita tidak menyakitkan, sehingga sangat aman untuk bermain bagi anak-anak, sedangkan gambar-gambar berikut ini hanya ilustrasi saja karena anak saya juga sering bermain perang-perangan di luar rumah

IMG_20221125_070117.jpgIMG_20221125_070112.jpg
Permainan Perang-Perangan

3.Kelereng

Permainan di luar rumah lainnya yang saat ini masih berkesan yang sering kami lakukan ketika saya kecil adalah bermain kelereng, walaupun permainan ini juga umumnya dilakukan di berbagai negara lainnya tidak hanya di tempat kami, namun yang membuat permainan ini berkesan bagi saya adalah karena adanya hukuman bagi pihak yang kalah.

IMG_20221125_070051.jpgIMG_20221125_070040.jpg
Permainan Kelereng

Dalam permainan kelereng yang kami lakukan, hukuman bagi pihak yang kalah adalah harus lari keliling halaman rumah atau push up 10 kali, dan yang lebih ekstrem dan masih saya ingat adalah hukuman bagi pihak yang kalah dalam bermain kelereng semua kelerengnya diambil oleh Yang menang

4.Permainan Mobil-Mobilan

Permainan mobil-mobilan juga menjadi salah satu permainan yang favorit saya lakukan ketika saya kecil Khususnya ketika sekolah dasar, Namun bukan mobil yang sering digunakan anak-anak sekarang ini, mobil yang kami gunakan ketika itu terbuat dari pelepah pohon rumbia yang kami potong-potong ukurannya sesuai dengan keinginan dan kemudian kami buat menjadi berbentuk mobil

Untuk ban mobil tersebut kami gunakan sandal yang sudah rusak dan tidak dipakai lagi yang kemudian kami potong berbentuk bulat seperti ban sebuah mobil, sayangnya saat ini sudah sangat jarang ada anak-anak yang membuatnya sehingga saya tidak bisa menemukan foto mobil tersebut, Namun saya yakin pembaca dapat membayangkannya

IMG_20221125_065919.jpg
Permainan Mobil-Mobilan

Biasanya kami juga berlomba membuat mobil dari pelepah pohon rumbia dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik, yang kami Tampilkan biasanya ketika sore hari atau setelah pulang sekolah kami berkumpul bersama-sama kemudian menampilkan mobil hasil ciptaan kami dari pelepah pohon rumbia tersebut

5.Permainan Simbang

Permainan simbang saya belum menemukan padanan katanya dalam bahasa Indonesia, dan mungkin pembaca bisa memberitahu saya padanan bahasa Indonesianya, permainan ini juga populer Ketika saya masih kecil dan sampai saat ini masih dimainkan oleh anak-anak termasuk anak saya

IMG_20221125_070629.jpgIMG_20221125_070604.jpg
Permainan Simbang

Caranya sangat simpel beberapa batu yang jumlahnya ganjil diletakkan di atas telapak tangan atau sebaliknya dan berusaha dilemparkan ke atas dan diusahakan batu-batu tersebut tidak ada yang jatuh

6.Permainan Tutup Kaca

Sesuai namanya permainan tutup kaca sebenarnya sangat simpel yaitu kami mengumpulkan penutup dari botol minuman yang terbuat dari kaca seperti minuman ringan Sprite atau coca-cola kemudian penutupnya yang telah kami kumpulkan kami susun sampai ukuran tertentu ketinggiannya

Kemudian ada bola kecil seperti bola kasti dan dibuat satu garis di mana kami berdiri di garis tersebut dan melempar penutup dari botol minuman yang telah kami susun agar tutup botol tersebut menyebar berhamburan.

Demikianlah beberapa permainan yang saya lakukan di waktu kecil Khususnya ketika sekolah dasar, Sebenarnya masih banyak permainan yang kami lakukan namun saya tidak menyebutkan di sini, karena saya yakin di tempat lain di berbagai penjuru dunia juga ada permainan yang sejenis sehingga saya berusaha mencari permainan yang unik yang hanya ada di tempat saya berdomisili

Saya juga mohon maaf kepada para pembaca bila kata-kata atau bahasa yang saya gunakan masih menggunakan bahasa Aceh yang kemudian saya coba jelaskan walaupun saya yakin penjelasan saya masih banyak kekurangannya, namun saya harapkan para pembaca dapat memahami beberapa permainan yang saya jelaskan tersebut.

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Demikian postingan saya dengan tema My Childhood Outdoor Games, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @f2i5, @fantvwiki, @waterjoe, @anroja, @ridwant, @radjasalman, @emsonic, @inspiracion, @irawandedy, @fredquantum @nadiaturrina, @sailawana dan lain lain untuk ikut dalam kontes ini

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota Hind Whale Community dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme


4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 2 years ago 
CategoryRemarkScore
#Club1001/1
Verified User1/1
#steemexlusive1/1
Plagiarism Free1/1
Bot Free1/1
Voting CSI > 51/1
Markdown Style1/1
Quality Content2.7/3
Total9.7/10
Feedback / Note
  • Dear @abialfatih, Among all the games you have written today about the games you played as a child, I used to dread the game with bamboo weapons and flower bullets as a child. This game is a boy's game and boys of my age used to scare me with these bamboo guns and bullet made from flowers and seeds. Those childhood memories were so beautiful. Thank you for sharing these games with us. Best wishes for you.

Thanks for verification and your attention... Wish you all the best

Terimakasih atas undangannya. Banyak sekali permainan masa kecil yang membuatnya sangat indah untuk di kenang. By the way, saya telah berpartisipasi dalam kontes ini. Good luck for the contest. 🥳🥳🥳

Benar sekali, permainan masa kecil kita beda dengan anak anak zaman sekarang... Terimakasih atas dukungannya...

Terimakasih sudang mengundang, Namun saya sudah terlebih dulu berpartisipasi @abialfataih

Hanya tinggal kenangan yang akan menjadi sesuatu yang dirindukan. heheh

Semoga berhasil

Terimakasih atas dukungannya, anak anak sekarang banyak yang tidak tahu permainan kita para orang tuanya...

Serunya oermainan outdoor masa kecil dulu ya..sayang nya anak-anak sekarang sudah kurang tertarik main di outdoor..
Mereka sibuk dengan game virtual..
Suksea untuk kontes nya ya @abialfatih.. smoga ada rezeki kita hari ini😇😇

Amin, terimakasih atas doanya, mohon maaf bahasa postingan mungkin kurang tepat karena bahasa aceh campuran... Hahah

Yang oenting bisa di mengerti hehe

 2 years ago 

Greetings, you have been supported by @hindwhale account for your post. To know more about our community, you can visit our introduction post here. To contact us directly, please visit our discord channel.


Moderator : @pathanapsana


Hind Whale Comment GIF.gif

Subscribe & Join Our Community
Telegram ----- Discord

Your post has been upvoted by Steem Sri Lanka Community Curation Trail.

Steem Sri Lanka Discord Channel
✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵✵

Delegate
steem-sri.lanka
, Support the Sri Lankan Community While Receiving an Interesting ROI

Childhood outdoor games were really interesting and fun to play. It's nice to know that your children still plays these games, this will only bring back beautiful memories whenever you see them play.

I loved war game then, especially during hide and seek game where they use gun to find other players.

Thanks for bringing back this beautiful memories.
Success!

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 60808.14
ETH 2392.92
USDT 1.00
SBD 2.63