Achievement 5 Task 1 by @hdy.arini : Review Steemworld.org

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

Assalamu'alaikum rekan-rekan stemian semua. Salam hangat untuk rekan-rekan semua 😊

Screenshot (442).png

Saya akan menyelesaikan Achievement 5 Task 1 sebagai tugas untuk menambah pemahaman saya dalam dunia Steemit, saya senang dan merasa bangga karena saya sudah mampu menyelesaikan sampai ke Achievement 4 semoga ilmu yang sudah saya dapatkan dapat saya implementasikan dalam beraktivitas di Steemit.
Setelah beberapa kali belajar tentang steemworld.com akhirnya saya memberanikan diri untuk menuliskan review steemworld.com agar Achievement 5 Task 1 terselesaikan dan dapat lanjut ke Achievement lainnya.

REVIEW TOOL "STEEMWORLD.COM"

Dalam dunia steemit banyak sekali tools-tools yang akan membantu kita dalam melancarkan aktivitas di steemit namun pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah satu tool yang sangat kita butuhkan yaitu:

Steemworld.com

Steemworld.com merupakan tool yang dirancang oleh bapak @steemchiller beserta timnya yang sangat luar biasa. Berkat kerja kerasnya dan tim maka tool ini dapat berhasil dirancang dan digunakan oleh banyak pengguna steemit.com. Lalu bagaimana cara untuk masuk ke tool ini?
Ya kalian bisa masuk menggunakan link berikut ini untuk mencobanya

https://steemworld.org

Lalu bagaimana cara untuk masuk menggunakan akun steemit kita? Silakan masukan username kalian, seperti cotoh berikut:

https://steemworld.org/@hdy.arini

Setelah berhasil login dan masuk ke tool ini kita akan menemukan banyak item-item penting, apa saja? berikut akan saya jabarkan

1. Tab Voting Power

Screenshot (437).png

Untuk bisa melihat voting power yang kita miliki, Steemworld.org telah menyediakan dalam bentuk diagram lingkaran, disini juga kita dapat melihat kekuatan vote dan berapa jam lagi akan penuh kekuatan vote tersebut.

2. Tab Reward Summary

Screenshot (439)1.png

Pada Tab ini memiliki fugsi untuk melihat hadiah yang kita dapatkan dari aktivitas di steemit, dalam jangka waktu 7 hari terakhir/ 1 minggu atau 30 hari terakhir.

3. Tab Delegasi Steem Power (SP)

Delegasi Steem Power (SP) adalah sebuah aktivitas meminjamkan sebagian atau keseluruhan Steem Power atau dengan kata lain memberikan kekuatan yang kita miliki ke akun lain atau komunitas tertentu, dengan tujuan untuk menambah SP si akun penerima delegasi. Sistem yang digunakan dalam mendelegasi steem power hanya sekedar hak pakai, bukan hak milik. Delegasi dapat dicabut sewaktu-waktu ketika delegator sudah tidak ingin meminjamkan lagi Steem powernya kepada penerima delegasi.
Berikut contoh tampilan dari tab SP

Screenshot (445).png

Setelah menemukkan tab Delegations, silakan temukan tab berikutnya dengan temukan tab Delegate, dan akan muncul tampilan seperti berikut

Screenshot (443).png

Setelah itu isi akun tujuan yang akan anda tuju.

4. Tab Account Activity

Screenshot (446).png

Fitur ini dapat dilihat pada kolom Account Operations. Fitur ini akan menampilkan seluruh aktivitas yang terjadi pada akun kita selama 7 hari kebelakang. Apa aja sih yang dapat kita lihat ? Ada banyak hal yang dapat kita lihat mulai dari:
  • Postingan
  • incoming vote
  • Costum JSON
  • Outgoing vote
  • Komentar
  • Reward yang kita terima dan kita klaim
  • Transaksi mengirim/ menerima saldo
  • Dan banyak hal lainnya, semuanya akan tercatat disini.

5. Tab Coming Reward

Author Rewards

Screenshot (447).png

Curation Rewards

Screenshot (448).png

Ketika menulis konten di steemit akan ada dua jenis reward yang akan kita dapatkan sebagi pengguna aktif, yaitu pertama Author Rewards dan kedua Curation Rewards. Author rewards adalah reward yang kita dapatkan melalui postingan dan komentar yang kita tulis. Sedangkan Curation Rewards adalah reward yang kita dapatkan ketika kita mengkurasi (memberikan vote) kepada postingan orang lain. Informasi rewards ini kita bisa lihat dengan cara tab coming reward seperti contoh diatas.

Dan masih banyak sekali tab-tab lainnya yang akan kita temui di Steemworld.com, namun karenabelum meluasnya ilmu pengetahuan saya, maka dari itu saya hanya bisa meriview sebatas ini dahulu, namun saya akan terus belajar dengan bimbingan orang sekitar, dan mohon bantuannya. Kepada Curator saya mohon koreksi jika review saya ada kekurangan dan kesalahan agar dapat saya perbaiki sebagaimana mestinya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi saya sendiri dan orang yang membacanya. 😊

Kumpulan Achievement saya:

Achievement 1: My Introduction
Achievement 2: Basic Security on Steem
Achievement 3: Kode Etik Konten
Achievement 4 Task : Applying Markdowns

ABOUT ME

Regards: @hdy.arini

Sort:  
 3 years ago (edited)

tugas ini telah di verifikasi oleh @heriadi dari steem greeter,

Rate : 2
silakan lanjutkan ke tugas berikutnya sesuai panduan berikut https://steemit.com/hive-172186/@heriadi/panduan-penulisan-achievement-5-by-heriadi-tugas-memahami-steem-tool-alat-bagi-pendatang-baru

 3 years ago 

Cakepp, udah mulai paham kan sekarang apa itu delegasi. Penjelasan lengkapnya nanti ada di achievement 6 ya

 3 years ago 

Terima kasih bg atas bimbingannya, mohon bantuannya untuk proses-proses pembelajaran lainnya ..

 3 years ago 

Siappp

 3 years ago 

Semangata lanjut ke tugas selanjutnya kak, emang agak pusing sih memahaminya, tapi ini bener bener ilmu baru buat kita yg belum paham. 💪🏻

 3 years ago 

Terima kasih kak intan, iya bener banget kak bener-bener ilmu baru dan pastinya bermanfaat banget 😊

 3 years ago 

Semangaat yaaa, bagi aku di steemit yang susah itu menjaga konsisten, apa lagi kalau ada kerjaan yang lebih urgent, sampai lupa tadi mau pasting apa di steemit 😂

 3 years ago 

Iya bener kak, harus bener2 konsisten bagi waktu biar steemit ga terlupakan walaupun di tengah2 padatnya kerjaan lain hihi

 3 years ago 

Mohon verifikasinya pak @heriadi @irawandedy 🙏😊

Kami mohon maaf 🙏 karena kami melewatkan kurasi pada postingan Achivement ini, saya telah memberi kurasi pada pos aktif lainnya (https://steemit.com/hive-103393/@hdy.arini/the-diary-game-betterlife-9-juni-2021-new-student-registration-for-high-school-levels) untuk mengantikan kurasi postingan ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 56609.34
ETH 2990.64
USDT 1.00
SBD 2.16