Laporan steem Representative: 23-30 Agustus 2024

in Steem POD Team8 days ago

Dear Steemit Team

Saya ucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya sebagai salah satu steem representative dari Indonesia. Dengan menjadi salah satu steem representative saya menjadi lebih aktif dalam mengembangkan diri di platform ini dan aktif membantu steemian yang membutuhkan bimbingan. Dalam minggu ini secara publikasi saya tidak terlalu aktif, namu dalam mengelola komunitas, charity dan sebagai kurator saya aktif mengunjungi akun-akun steemian lintas komunitas juga personal blog, namu saya menemukan kendala yaitu banyak akun yang tidak memiliki status club juga yang sedang melakukan power down. Meski kualitas postingan mereka cukup baik namun saya abaikan karena saya tidak hanya melihat kemampuan publikasi tapi juga komitmen jangka panjang dalam membangun komunitas steemit ini secara keseluruhan.


Berikut saya rangkumkan kegiatan utama saya selaku Steem Representative dari Indonesia:

  1. Mempersiapkan acara meetup global dan memantau jalannya kepanitiaan acara meetup global di Bayu Aceh Utara pada tanggal 8 September 2024.
  2. Melakukan kurasi dengan SC08 kepada steemian lintas komunitas selama minggu terakhir Agustus dan mempublikasikan laporan kurasi sebagaimana mestinya.
  3. Melakukan koordinasi perkembangan dan aktifitas komunitas steem SEA dan Steem For Better Life, serta moderasi post di dua komunitas tersebut.
  4. Memantau perkembangan bibit dan melakukan pembayaran pembibitan tahap pertama dalam rangka program World Carbon yang sedang dalam masa persiapan.
Meetup Global Aceh 8 September 2024

Sebagai team inti pelaksana Meetup global di Aceh, saat ini perkembangan pelaksanaan acara meetup sudah memasuki tahap persiapan akhir. Jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri hingga saat ini adalah 50+, dan ini adalah jumlah yang memang sudah diprediksi dan baru hanya 1/20 (kurang lebih) dari steemian yang ada di Aceh. Kami dari team panitia juga akan melaksanakan rapat evaluasi terakhir yang akan kami laksanakan pada tanggal 4 September 2024 di Geudong Aceh Utara (jam akan disesuaikan agar semua panitia bisa hadir). Terkait dengan daftar peserta yang telah mendaftar bisa dilihat dalam postingan link berikut: https://steemit.com/hive-153970/@sofian88/update-daftar-peserta-meet-up-global-indonesia-8-september-2024-or-pendaftaran-ditutup-besok

Kegiatan meetup kali ini akan kami isi dangan bincang santai seputar steemit dan keamanan akun. Jika nantinya ada pengguna baru yang ingin mendaftar makan kami akan menyediakan sesi khusus pendaftaran akun. Selain itu meetup global kali ini juga akan kami isi dengan permainan (game-game) yang menarik dan seru akan tetapi hal ini akan kami putuskan dalam rapat terakhir pada tanggal 4 September lusa. Rapat yang akan kami adakan pada tanggal 4 September nantinya akan membahas persiapan final dan check list persiapan meetup global di tanggal 8 September.

Kurator Komunitas

Sebagai bagian dari team kurasi dengan SC08, saya aktif melakukan kurasi, membenahi spreadsheet team and membuat chart untuk kebutuhan laporan. Kami juga mendiskusikan hal-hal terkait kurasi dan jadwal yang berubah-berubah. Tidak ada kendala berarti dalam minggu ke-4 dan ke-5 Agustus kecuali semakin sulit menemukan komentar yang memang menunjukkan kreatifitas yang layak di dukung. Akan tetapi kami masih mampu memanage tugas dengan baik dan menyelesaikan kurasi tepat waktu sebagaimana sudah kami sampaikan dalam laporan kurasi di link berikut ini:

https://steemit.com/hive-166405/@el-nailul/curation-report-by-team-vee-week-4-august-2024

https://steemit.com/hive-166405/@el-nailul/last-curation-report-by-team-vee-week-5-august-2024

Admin Komunitas

Dalam minggu ini saya berusaha sedapat mungkin untuk menjalankan kewajiban saya sebagai admin dengan melakukan kurasi dan moderasi baik di komunitas Steem SEA maupun di komunitas Steem for Better Life. Sebagai admin sebenarnya bukan melakukan kurasi yang paling penting, akan tetapi mengatur jalannya komunitas dan merangkul mods untuk melakukan hal-hal positif secara tepat sasaran dan bukan hanya mengejar reputasi pribadi semata. Dalam komunitas Steem for Better Life saya berusaha maksimal untuk memonitor jalannya kontes dan kegiatan lain yang berhuungan dengan perkembangan komunitas.

Di komunitas Steem SEA, selain melakukan moderasi juga aktif dalam diskusi kelompok kecil yang saya bentuk untuk merumuskan arah komunitas ke arah yang lebih baik. Grup ini hanya beranggotakan 3 orang yaitu saya sendiri, @anroja dan @aneukpineung78 yang telah berperan aktif dalam merumuskan dan mengimplementasikan kegiatan positif di komunitas Steem SEA.

Di komunitas Steem For Better Life, saya juga melakukan pemantauan kegiatannya dan berdiskusi aktif dengan para admin dan juga mod terkait informasi dan perkembangan komunitas. Moderasi juga saya lakukan disela-sela kesibukan saya di dunia nyata dan pekerjaan harian saya.

Dalam kesempatan ini juga saya sampaikan kepada @anroja, @aneukpineung78, @heriadi, @irawandedy dan @radjasalman yang bahwa akan lebih memfokuskan diri kepada dua kegiatan Charity yaitu steem.amal dan The World Smile project, karena ini adalah dua kegiatan yang saya gagas sejak awal dan masih terus berlangsung . Saya akan lebih memfokuskan diri kepada kegiatan kemanusiaan dan mengembangkan kegiatan-kegita yang bermanfaat untuk kemanusiaan ini setelah acara meetup ini selesai terlaksana dengan baik. Saya juga akan mengadakan rapat terpisah terkait keberlangsungan program charity dan pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan kedapan baik untuk steem.amal dan juga worldsmile project. Sebagaimana sekilas saya telah berdiskusi dengan @patjewell untuk memberdayakan akun @smilesouthafrica untuk kepentingan charity disana. Dan ini akan saya bicarakan detail pelaksanaannya dengan administrator akun terseut yaitu Patjewell.

Saya mengucapkan terimakasih kepada semua rekan-rekan yang telah membantu dan mengembangkan komunitas charity ini sampai menjadi seperti sekarang ini.

Berikut beberapa kontes yang sedang berlangsung di dua komunitas tersebut;

Steem SEA:


image.png

Kontes yang sedang berlangsung di komunitas Steem SEA

Steem for Better Life:


image.png

Kontes yang sedang berlangsung di komunitas Steem for Better Life saat ini

Persiapan World Carbon Program

Dalam minggu ini pembayaran pertama persiapan 110 bibit Ketapang laut sudah kami serahkan dan bibit sudah kami pastikan dijaga dan dirawat dengan baik selama dalam masa nurseri. Sementara untuk bibit mangrove masih dalam proses dan sudah mulai dilakukan proses nurseri sebagaimana mestinya. Untuk program World Carbon ini akan mulai di publikasikan setelah acara meetup global selesai. Rencana kegiatan ini akan dilaksanakan pada Desember 2024-Januari 2025.



Aktifitas akun

Akun Statistic

Aktifitas akun saya dalam minggu ini tergolong aktif dalam memberikan kurasi kepada pengguna dalam dua komunitas juga lintas komunitas dimana saya melihat publikasi yang menurut saya menarik. Ada peningkatan Sp akun dalam minggu yang merupakan hasil dari publikasi di akun pribadi dan juga hasil kurasi aktif. Untuk saat ini saya juga masih tergolong dalam club5050 dan terus menjaga status club tersebut sedapat mungkin. Kekuatan akun sehingga minggu ini adala sebagai berikut; SP original saya adalah 33,139.42 SP terdapat peningkatan SP sebesar 323.27 SP. Sementara kekuatan akun efektif saya hingga saat ini adalah 32,582.51 SP. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan juga komitment saya dalam meningkatkan kekuatan akun pribadi.

image.png

Ini adalah statistik akun berdasarkan steemworld.org

Jumlah publikasi

Aktifitas akun pribadi saya sendiri dalam minggu ini hanya mampu menulis 4-6 publikasi, sementara saat laporan ini saya terbitkan hanya tersisa 4 publikasi aktif. Hal ini menegaskan jika kesibukan saya sudah meningkat drastis sehingga banyak postingan yang tertinggal selama bulan Agustus ini, dan ini adalah murni karena ketidak mampuan saya dalam berkonsentrasi penuh untuk aktif secara berkelanjutan di platform ini:


image.png

Publikasi saya yang masih aktif dalam minggu ini

Sekali lagi saya mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan dari Team Steemit yang telah diberikan kepada saya selama ini sebagai SR. Demikian laporan saya sebagai SR dan saya memohon maaf atas segala kekurangan dari laporan ini

Panton Labu, 3 September 2024
Regards

El-nailul

Sort:  

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Your post has been rewarded by the Seven Team.

Support partner witnesses

@seven.wit
@cotina
@xpilar.witness

We are the hope!

Cuma bertiga dalam grup rahasia. Semoga yang lain tidak menaruh curiga. Hahahaha. HAHAHAHA. Ha!

Beberapa hal telah kita rumuskan dan implementasikan ke dalam tindakan. Tapi apakah itu membantu komunitas, adalah pertanyaan lanjutan yang layak diajukan, sama seperti "Apa lagi yang patut kita lakukan selanjutnya?"

Terkadang terlalu banyak ide, dan terlalu sedikit waktu. Dan beberapa ide tergilas oleh kaki waktu yang tak paham kata "berhenti sejenak". Dan hari-hari berjalan seperti biasa saja. Haha!

Terimakasih atas penyebutan nama saya, Bro XLV. Saya sangat menyukai semangatmu dalam menjalani Steem-Life.

"Wow, laporan SR yang sangat rinci dan informatif! 🤩 Saya senang melihat kegiatan-kegiatan positif yang sedang berlangsung di komunitas Steem SEA dan Steem for Better Life 👍.

Saya juga terkesan dengan rencana program World Carbon yang akan dilaksanakan pada Desember 2024-Januari 2025. Ini adalah langkah besar untuk mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup 🌎.

Teruslah bekerja keras, El-nailul! 💪 Saya yakin bahwa kegiatan-kegiatan Anda akan membawa manfaat yang besar bagi komunitas Steem SEA dan dunia luarnya.

Saya juga ingin meminta bantuan dari semua pengguna untuk memberikan suara atas witness 'xpilar.witness' 🗳️. Saya harap kalian dapat mengunjungi https://steemitwallet.com/~witnesses dan memberikan suara Anda untuk mendukung keberhasilan Steem community 💕.

Teruslah berinteraksi dan membahas topik-topik yang menarik di komunitas ini! 💬 Saya senang menjadi bagian dari komunitas Steem SEA dan Steem for Better Life. Selamat tinggal, El-nailul! 👋"

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56769.28
ETH 2333.88
USDT 1.00
SBD 2.36