Steemit Engagement Challenge S9-W3: Kindness that changed my life

in STEEM FOR BETTERLIFElast year

png_20230502_192505_0000.png
Desain menggunakan Canva


Hai Steemian

Tahun 2004 saat saya sedang menunggu pengumuman kelulusan tes CPNS, tiba-tiba gempa dahsyat yang disusul dengan gelombang tsunami menghantam di beberapa wilayah Aceh. Bukan hanya di pusat ibukota Aceh, bahkan di beberapa Kabupaten dan Kota di Aceh ikut mengalami imbasnya.

Tindakan kebaikan apa yang memengaruhi hidup Anda?

Saat itu saya bersama tim kesehatan Puskesmas Syamtalira Bayu membantu para korban di Gampong Lancok. Kami terus bekerja hingga menjelang pagi keesokannya. Belum sempat istirahat, selanjutnya saya berangkat ke Banda Aceh untuk menjemput istri dan kawan yang juga diterpa gelombang tsunami.

Seminggu kemudian, bersama @el-nailul kami bergabung di tim Fauna & Flora International menjadi relawan yang dikirim ke Kota Calang. Salah satu kota yang berdampak terparah gempa dan tsunami. Saya yang direkrut untuk membantu pemulihan pendidikan pasca bencana juga mengajak beberapa guru dan mahasiswa.


Screenshot_2023-05-02-19-31-52-38_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7.jpg
*Sumber


Kami bekerja membuka sekolah tenda, menyediakan buku pelajaran, kit pembelajaran, hingga konsumsi bagi anak sekolah dan guru-guru yang masih tersisa di Calang.

Apa emosi yang Anda rasakan saat itu?

Saya sangat sedih melihat kondisi Kota Calang yang porak poranda saat itu seperti baru saja dijatuhi Bom Atom. Saya juga sangat sedih melihat anak-anak usia sekolah yang survive karena kehilangan orang tuanya.

Saya bersama kawan-kawan guru terus berupaya memberikan pendampingan kepada mereka. Bukan hanya mengajarkan materi pelajaran, namun juga berupaya melakukan pemulihan psikologis mereka.

Bagaimana tindakan itu memengaruhi Anda?

Sejak selesai program ini, saya bersama @el-nailul dibantu oleh tim BT/BS BIMA Lhokseumawe termasuk @sailawana @asiahaiss dan kawan-kawan melanjutkan pengajaran kepada anak-anak korban Tsunami ini. Sungguh tindakan ini bukan sekedar menyelesaikan tugas sebagai relawan atau pendidik. Hal ini sudah menjadi darah daging bagi saya untuk terus saling membantu kepada sesama.

Pelajaran apa yang kamu petik dari kejadian itu?

Saya mengambil hikmah dari kejadian ini bahwa seberat apapun beban hidup, beban kerja, atau beban apapun yang kita hadapi saat ini masih belum seberapa dibandingkan beban yang diderita oleh mereka yang menjadi korban bencana atau orang lain yang lebih kurang beruntung dari kita.

Apakah itu mengubah perspektif Anda tentang kebaikan dan cara Anda memperlakukan orang lain?

Iya, benar. Sejak saat itu saya selalu memandan orang lain sebagai diri saya sendiri. Setiap melihat permasalahan orang lain saya sering memposisikan diri sebagai dirinya. Jadi memperlakukan mereka seperti yang saya ingin diperlakukan saat di posisinya.

Apakah Anda berhasil meneruskannya dengan menunjukkan kebaikan kepada orang lain?


1631466520976.png
Saling sharing untuk terus berbagi pengetahuan dan kebaikan kepada semua


Saya bersyukur bersama dengan Steemit banyak hal yang bisa saya lakukan untuk terus membantu mereka yang ditimpa musibah. Bahkan melalui pekerjaan keseharian saya juga dapat terus mengabdikan diri sebagai relawan dan pendidik.


1631466123402.png
Menjadi relawan yang peduli kepada yang membutuhkan


Semoga saya dapat terus memberikan manfaat kepada semua. Karena hanya kebaikan dan kebajikan yang kita lakukan yang akan terus membuat kita bahagia dan menjadi amalan yang akan terus menemani kita hingga menghadap Sang Pencipta.

Saya mengajak sahabat terbaik saya @ayijufridar @sailawana dan @asiahaiss untuk ikut berpartisipasi dalam kontes hebat ini. Terimakasih 🤗


Salam,

@radjasalman

About me


About My Account
Period 2, April - 2 May, 2023

Voting CSI21.3
Transfer to Vesting390.000 Steem
Cash Out390.000 STEEM

Club5050

Sort:  
 last year 

Terima kasih telah berbagi pengalaman yang mengesankan pak Salman. Tulisan ini membuat saya bersyukur lagi atas segala yang saya miliki. Juga memberikan semangat untuk terus berusaha menghadapi masalah hidup.

Terkadang saya berpikir bahwa sayalah di dunia ini yang paling menderita. Berpikir bahwa masalah benar-benar tidak bisa diselesaikan karena tidak ada satupun solusi yang ditemukan. Padahal sebenarnya kurang berusaha saja.

Sehat selalu buat bapak dan sekeluarga 👍

 last year 

Iya, kita hanya perlu melihat ke bawah bahwa banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita dibkuar sana agar kita dapat terus bersyukur dan kuat dalam menghadapi segala masalah.

 last year 
 last year 

Hola, hermosos actos de amabilidad donde demuestras el amor a las personas... Continúa así... Éxito...

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

 last year 

Sebuah pengalaman yang sangat berharga dan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Allah swt memberikan musibah sebagai ujian dan pelajaran bagi kita. Dan setiap kejadian pasti ada hikmahnya.
Saya Teringat ketika itu saya juga tergabung dalam relawan kemanusiaan di Komnas Perlindungan Anak pimpinan kak Seto..

Sukses selalu bapak @radjasalman, semoga Allah membalas setiap kebaikan yang Anda lakukan untuk membantu orang lain.. 🙏🙏

 last year 

Benar sekali, selalu ada hikmah dibalik semuanya.

 last year 

Wah jadi ingat masa2 ngajar bimbel anak2 korban tsunami itu ya.. seru bisa bertemu dengan mereka dan senang akhirnya mereka berhasil masuk ke perguruan tinggi yang sudah mereka pilih..
Membagikan apa yg kita miliki untuk orang lain dan terus semangat berbuat kebaikan iadalah aksi positif yang juga bisa membawakan kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

Sukses untuk kontesnya brother @radjasalman
Keep it up!!

 last year 

Iya, terimakasih telah ikut membantu mendidik dan mengajarkan mereka saat mereka bukan siapa-siapa.

 last year 

Dengan senang hati..thanks juga udah ikut mengajak saya berpartisipasi dalam kegiatan sosial tersebut..

 last year 

Tentu ini semua tidak mudah, penuh perjuangan dan sangat bermanfaat bagi orang banyak, saya hanya bisa berterimakasih dan mendoakan semoga sehat selalu buat pak @radjasalman beserta keluarga.

 last year 

Aamiin, terimakasih banyak doanya semoga kita semua selalu sehat dan mendapatkan keberkahan dalam menjalani kehidupan ini

 last year 

Alhamdulillah, sama-sama pak

 last year 

Saya jadi teringat tahun 2005 saya ikut bergabung dengan relawan sabrun Jamil yang didirikan oleh alm syeikh abdurrauf yang bergerak dibidang pendidikan agama,saya mengajar ngaji anak-anak di daerah terdampak tsunami di muara batu krung mane waktu itu.

 last year 

Iya, semua kita punya peran besar dalam musibah tersebut. Semoga kedepannya kita akan dihindarkan dari musibah seperti ini lagi.

TEAM 3

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator05. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @muzack1

1.png

 last year 

Terimakasih om @muzack1

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61938.24
ETH 2404.86
USDT 1.00
SBD 2.53