Kontes: Tujuan yang Saya Capai Selama 6 bulan ini

in STEEM FOR BETTERLIFE3 months ago

20240223_151109_0000.png

Halloo sobat steemians

Hari ini saya akan mengikuti kontes yang diselenggarakan oleh @goodybest. Kontes ini sangat menarik dan inspiratif tentunya. Adapun tema yang akan di tulis tentang tujuan yang di capai selama 6 bulan ini dengan menjawab beberapa pertanyaan yang ada sebagai panduan dalam menulis agar fokus pada tema yang sudah ditetapkan.

KAPAN TUJUAN DI TETAPKAN

https://steemit.com/hive-130030/@fadthalib/sec-s15w1-or-or-keinginan-besar-dan-tantangan-terberat-di-tahun-2024-or-or

Diawal January saya sudah menetapkan 2 tujuan besar yang ingin saya capai di tahun 2024. Salah satunya adalah membentuk komunitas "my diary club" yang belum pernah ada di sekolah saya.

Minat terhadap literasi saat ini rendah, khususnya dibidang penulisan. Bukan hanya pada siswa saja, guru juga banyak mengalami kendala yang sama dalam menulis.

KAPAN TUJUAN TERCAPAI SERTA BAGAIMANA PROSES ITU TERJADI SERTA TINDAKAN APA YANG DIAMBIL

IMG_20240111_090320.jpg

Usulan ide literasi ekstrakurikuler

Setelah saya bergabung dengan steemit, motivasi untuk menulis sangat tinggi sehingga saya mengusulkan kepada ibu wakil kepala sekolah bidang kurikulum agar membentuk literasi ekstrakurikuler yang di dalamnya ada "my diary club".

Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menghasilkan karya tulis dan bisa menghasilkan pendapatan melalui platform steemit. Jadi semua anggota my diary club harus mendaftar akun steemit terlebih dahulu. Dengan adanya stimulus dari steemit berupa hadiah bagi penulis maka saya yakin dan percaya para siswa mampu bertahan dan menghasilkan karya di platform steemit.

Ibu wakil kepala sekolah kemudian meminta waktu sejenak untuk berdiskusi dengan kepala sekolah dan para wakil yang lainnya terkait usulan saya tersebut. Nanti setelah ada keputusan maka akan diberitahukan kembali.

IMG_20240224_180302.jpg

Surat keputusan sebagai pembina literasi

Sekitar awal pertengahan Januari saya dikirim foto via whatsapp ibu wakil kepala bidang kurikulum tentang surat keputusan sebagai pembina literasi yang sudah disetujui oleh kepala sekolah.

Sejak saat itu saya mulai melakukan pendataan terhadap para siswa yang memiliki hobi membaca dan menulis. Pada awal proses pendataan, sangat sedikit yang merespon tentang my diary club.

Mungkin karena belum paham dan belum pernah ada literasi ekstrakurikuler sehingga mereka tidak melihat contoh nyata dari kegiatan literasi tersebut.

Setelah saya lakukan pendekatan secara persuasif dengan penekanan pada platform steemit yang bisa menghasilkan uang baru mereka mulai tertarik.

Ada 10 orang siswa yang bersedia menjadi anggota my diary club. 9 siswa kelas 10 dan 1 orang kelas 12. Merekalah yang menjadi penggerak awal literasi di sekolah saya.

KETERAMPILAN DAN KEMAMPUAN YANG DIBUTUHKAN

Untuk menjadi anggota my diary club sudah pasti wajib memiliki niat atau kemauan yang kuat untuk menulis. Niat merupakan kata kunci untuk bisa melangkah lebih jauh. Jika kita memiliki niat yang kuat maka segala halangan dan rintangan akan kita hadapi, tidak ada istilah mundur bagi seseorang yang mempunyai niat yang kuat.

Kemudian suka membaca, karena jika kita tidak suka baca, bagaimana kita mulai mendapatkan ide atau apapun inspirasinya pasti melalui tahapan tersebut. Membaca adalah jendela dunia dengan banyak membaca maka dunia akan berada dalam genggaman.

Setelah itu baru masuk ke tahap keterampilan menulis. Untuk tahap awal harus dilakukan pembiasaan menulis. Para siswa sudah terbiasa dengan menyelesaikan tugas dari para guru jadi tidak terlalu susah untuk mulai menulis.

Walaupun ada beberapa kendala di awal, seperti badmood, tidak tau harus mulai dari mana, model penulisan yang mana, tidak ada ide dan masih banyak yang lainnya.

Menjawab semua itu saya katakan pada para siswa bahwa kalian mulai saja menulis tentang hobi yang paling kalian suka. Kemudian kalimat apa yang terlintas di kepala terkait dengan hobi tesebut langsung kalian tulis dengan gaya penulisan kalian sendiri tanpa perlu di edit.

HASIL AKHIR

IMG_20240221_101957.jpg

Para anggota my diary club

Tugas pertama yang saya berikan kepada para anggota my diary club adalah membuat tulisan dengan tema hobiku dengan jumlah kata minimal 300 kata. Hasilnya diluar ekspektasi saya, mereka sangat antusias untuk menulis bahkan ada yang menulis di platform medium. com. Berikut hasil kerja perdana dari para siswa.

https://medium.com/@aifaputriliraisya01/hobi-07870d6906da

IMG_20240224_193131.jpg

IMG_20240224_193037.jpg

IMG_20240224_192906.jpg

Tulisan perdana anggota my diary club

Melihat semangat mereka yang luar biasa, saya pun menghubungi @radjasalaman dan @heriadi untuk ngopi sejenak membahas tentang registrasi akun steemit para anggota my diary club

IMG-20240218-WA0014.jpg

Membahas registrasi steemit untuk anggota my diary club

Setelah bertemu mereka berdua, saya menceritakan perkembangan my diary club dan meminta waktu mereka agar bisa mempresentasikan steemit. Akhirnya di sepakati tanggal 3 maret 2024 mereka bersedia hadir untuk menjelaskan secara detail tentang platform steemit.

Semoga literasi menjadi budaya nyata dan menghasilkan uang melalui steemit. Bersama ini saya mengundang @musaddikpase, @rumaisha, @alfathy untuk berpartisipasi mengikuti kontes ini.

Terima kasih kepada @goodybest yang sudah menyelenggarakan kontes menarik ini dan juga kepada @kouba01, @el-nailul teman diskusi saya serta para pembaca yang sudah memberikan suaranya. Salam sehat selalu dari saya @fadthalib.

Sort:  

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 3 months ago 

DescriptionInformation
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Benefeciaryburnsteem25 ✅
@worldsmile or @steembetterlife
Status ClubClub100
AI Article✅ Original (Human text!)

This post has been upvoted through -Steemcurator09.



TEAM Newcomer: Curation Guideline for February 2024 Curated by - @radjasalman

Note: Try and engage meaningfully with fellow users, comment and upvote on their post, as this will help you to have good Voting CSI

We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

 3 months ago 

Terima kasih atas dukungannya 🙏

 3 months ago 

Nice post from you sir.

 3 months ago 

Thanks a lot

 3 months ago 

Amazing 🤩 @fadthalib you're simply great I will be watching out for your diary club members and I hope they will love it here, I wish you success and thanks for being part of the contest.

 3 months ago 

Saya sangat senang anda mendukung my diary club, anda akan melihat bagaimana postingan perdana mereka, secara konten achievement 1 mereka sudah siap. Hanya masih terkendala dengan registrasi steemit. Mungkin dalam waktu dekat mereka akan "show of force" 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 69774.83
ETH 3620.03
USDT 1.00
SBD 3.72