SEC-S15W1 || Keinginan besar dan tantangan terberat di tahun 2024 ||

in STEEM INDONESIA8 months ago

Assalamu'alaikum sobat steem

Hari ini saya akan mengikuti Steemit Engagement Challenge Season 15 yang diselenggarakan oleh komunitas Steem Indonesia. Tantangan kali ini mengangkat tema : " Keinginan besar dan tantangan terberat di tahun 2024 ".

Setiap orang tentu mempunyai keinginan yang besar dalam hidupnya. Semakin besar suatu keinginan pasti semakin besar tantangannya. Seperti keinginan seorang pendaki yang ingin menaklukkan puncak gunung maka dia akan menempuh rute dengan berbagai rintangan dan halangan di depan mata demi mencapai puncak yang diinginkan.

Sama halnya seperti saya yang berprofesi seorang guru di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) kota Lhokseumawe. Saya mulai mengajar sejak tahun 2005 sampai sekarang, sudah 18 tahun menjadi seorang pendidik. Tentu dengan pengalaman yang lumayan panjang, saya sudah mengalami fase pasang surut dalam menjalankan tugas sebagai guru.

Berdasarkan pengalaman itu maka saya mencoba untuk menjawab tantangan yang terkait dengan dunia pendidikan dimana tempat saya mengabdi. Berhubung ini opini saya pribadi maka perlu saya batasi beberapa hal.

Pertama, jenjang pendidikan yang saya bahas adalah kejuruan atau vokasi. Ini penting di pahami agar tidak terjadi generalisasi permasalahan.

Kedua, opini ini berdasarkan pengamatan saya selama 18 tahun mengajar di SMK Negeri 3 Lhokseumawe. Bisa saja opini saya berbeda dengan teman sejawat saya, karena setiap orang punya persepsi dan pengalaman yang berbeda dan itu wajar saja. Kalau begitu tanpa memperpanjang mukadimah, mari kita mulai tantangan ini.

DUA KEINGINAN BESAR DI TAHUN 2024

√ Menjadikan siswa SMK N 3 sebagai Duta Sadar Hukum Kota Lhokseumawe

Lomba Duta Sadar Hukum merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Kota Lhokseumawe bekerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan kota Lhokseumawe untuk jenjang pendidikan SMA/SMK.

Mengapa ini menjadi keinginan besar saya yang pertama untuk tahun 2024 ? Karena selama 6 tahun saya membimbing anak untuk berpartisipasi dalam lomba Duta Sadar Hukum, yang wajib diikuti oleh semua sekolah SMA dan SMK, hanya satu kali kami mendapatkan prestasi juara ke 3 pada tahun 2022 .

Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam proses bimbingan agar anak didik saya mampu berkompetisi dengan sesama peserta lainnya terutama dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah menjadi langganan juara di kegiatan tersebut.

Keinginan besar untuk membuktikan bahwa "SMK BISA" dan mampu menjadi pemenang Duta Sadar Hukum membuat saya berpikir ekstra agar mempersiapkan calon duta sadar hukum lebih baik lagi di tahun ini.

√ Membentuk komunitas My Diary di sekolah

Keinginan ini berawal dari hobi baru saya menulis di platform steemit, khususnya the diary game. Sejak saat itu muncul kesadaran untuk menginisiasi terbentuknya komunitas my diary yang belum pernah ada di sekolah saya.

Selain untuk menularkan hobi baru saya menulis diary, alasan lain yang mendasari pembentukan komunitas my diary dikarenakan rendahnya kemampuan literasi para anak didik.

Bahwa gerakan literasi yang dicanangkan pemerintah pusat belum mampu di eksekusi dengan baik di tingkat daerah khususan di satuan pendidikan.

Berbagai upaya sudah dilakukan seperti membuat pojok baca, membaca 5 menit sebelum pembelajaran di mulai dan beberapa upaya lainnya. Namun itu hanya sebatas dokumentasi untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan dari pengawas sekolah ketika melakukan pemeriksaan 8 standar bahwa kita ada melakukan itu dan ini foto kegiatan sebagai bukti.

Nah, supaya gerakan literasi ini menjadi budaya sekolah, saya ingin mencoba dengan membentuk komunitas my diary sebagai embrio untuk melahirkan kegiatan literasi lainnya.

TANTANGAN DAN SOLUSI

Berdasarkan gambaran tentang dua keinginan besar saya di tahun 2024 maka saya akan mencoba untuk merumuskan tantangan yang saya hadapi beserta solusi untuk menghadapi tantangan tersebut.

√ NIAT

Semua aktivitas yang kita kerjakan diawali dengan niat. Baik itu mau menjadi Duta Sadar Hukum maupun menulis diary semua kembali ke niat.

Selama saya membimbing siswa ada beberapa kali melakukan pergantian pemain dengan berbagai alasan. Tetapi bagi saya alasan yang jujur adalah kurang kuatnya niat untuk mengikuti proses.

Maka solusi yang saya lakukan adalah menegaskan dari awal agar para siswa yang berminat mengikuti seleksi kegiatan tersebut harus benar-benar serius atau memiliki niat yang kuat.

Saya akan memberikan gambaran yang jelas tentang proses yang akan dilalui sehingga siswa mampu menelaah dan memperkirakan kemampuan dia untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Bagaimana mengukur niat siswa terhadap kegiatan itu kuat atau lemah. Niat itu tercermin pada perbuatan dengan kata lain buah dari niat itu ialah perilaku. Apa yang kita tanam maka itulah yang akan tumbuh.

Jika siswa dan guru itu sama-sama memiliki niat yang kuat maka tidak ada lagi alasan datang terlambat tanpa memberi tau terlebih dahulu, malas, terlalu banyak main dan macam alasan bisa di olah.

Ada filisofi dalam bahasa Arab yang sangat menarik dari niat yaitu, " MAN JADDA WAJADA ", barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia pasti akan berhasil.

√ Belum terbiasa menyatakan pendapat baik lisan maupun tulisan.

Kebanyakan dari siswa dan guru juga sangat susah untuk mengeluarkan pendapat. Kalau siswa dapat kita liat saat proses belajar mengajar sedangkan untuk guru pada saat rapat rutin dan sidang kenaikan kelas.

Hal ini bisa disebabkan oleh rasa malu, tidak berani, gak tau apa yang harus dikatakan, kurang membaca, belum mampu menalar dan masih banyak lagi.

Solusi untuk hal diatas adalah dengan membiasakan menyatakan pendapat tanpa harus takut dan malu kalau pendapat kita salah.

Peran guru disini untuk meyakinkan siswa agar mau bersuara. Bisa di coba dengan diskusi kelompok dan menggunakan media sederhana yaitu kertas HVS untuk menuliskan pendapat tapi dalam bentuk poster dan narasi singkat versi anak muda yang kreatif, seperti terlihat pada gambar diatas.

Ketika siswa mencoba untuk menuliskan pendapatnya tentang topik apapun maka saya membolehkan penggunaan smartphone untuk mencari referensi terkait tema tersebut.

Dengan membiasakan menulis pendapat beserta gambar maka para siswa juga akan terlatih meningkatkan daya nalarnya terhadap apa yang dia baca. Sehingga akan berguna saat melakukan presentasi dan tanya jawab.

√ Malu berkomunikasi di depan umum

Kemampuan berkomunikasi sangat penting di era 4.0 saat ini. Penting karena pesan yang akan kita kirimkan harus benar tersampaikan dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan pemahaman.

Untuk itu perlu dilakukan latihan dengan memahami kaidah dari public speaking itu sendiri. Latihan bisa dilakukan di sekolah dengan menggunakan fasilitas aula yang ada panggungnya. Sehingga siswa terbiasa berbicara di atas panggung. Apalagi dengan di hadiri guru dan para murid sebagai audiens menjadikan mental siswa lebih kuat lagi ketika akan mengikuti lomba duta sadar hukum.

Bagi siswa yang ingin melatih diri di rumah bisa sambil berdiri di cermin dan memegang sisir sebagai pengganti mikropon. Mulailah berbicara sendiri dengan melihat cermin sehingga siswa bisa melihat gaya berbicaranya sendiri.

Dengan latihan yang tekun saya yakin kemampuan penggunaan bahasa Indonesia saat presentasi akan berjalan lancar karena sudah terbiasa.

IMG_20240110_090049.jpg

KOMUNITAS MY DIARY TANTANGAN TERBERAT

Membentuk komunitas my diary merupakan tantangan terberat bagi saya. Karena komunitas ini belum pernah dibuat. Sehingga saya harus memulai dari awal.

Untuk langkah awal saya sudah menyampaikan ide kepada kepala sekolah agar membuat satu unit baru kegiatan ekstrakurikuler yaitu LITERASI EKSKUL.

Semua kegiatan yang berhubungan dengan literasi seperti, lomba karya ilmiah, duta sadar hukum, duta kamtibmas, dan komunikasi menulis diary tergabung ke dalam wadah literasi ekskul.

Kemudian saya juga sudah mendata beberapa siswa yang memiliki minat menulis untuk saya kembangkan ke dalam platform steemit.

Tanpa terasa sudah cukup panjang kali lebar saya utarakan keinginan besar di tahun 2024. Terima kasih saya sampaikan kepada para pembaca yang sudah memberikan suaranya kepada saya. Harapan saya ada saran dan kritik demi kemajuan kita bersama.

Karena kontes ini sangat penting dan menarik maka saya mengundang @musaddikpase , @teukuipul87 @wirdahanum untuk berpartisipasi mengikuti kontes ini. Sekian dan terima kasih 🙏.

Berikut link achievement 1 saya:

https://steemit.com/hive-172186/@fadthalib/achievement-1-salam-kenal

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sort:  
 8 months ago 

Sangat luar biasa membuat aturan untuk diary di sekolah, itu akan membawa anak-anak semakin mendapatkan wawasan yang luar biasa. Dan bapk sangat lama mengabdi di sekolah itu, murid terus berganti dapat anda menyimbangi mereka hingga lulus sekolah. Semoga sukses

@muksa, terima kasih atas komentar anda yang positif, membuat saya tambah semangat 🙏

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 8 months ago 

Bapak sudah mengajar 18 tahun di sebuah sekolah SMK di lhokseumawe, pasti nya banyak rintangan yang bapak hadapi.

  • Menjadikan siswa SMK N 3 sebagai Duta Sadar Hukum Kota Lhokseumawe.
  • Membentuk komunitas My Diary di sekolah.

Semoga kedua keinginan ini bisa terwujud di tahun ini, di karenakan segala sesuatu yang di kerjakan dengan giat dan seksama pasti akan berhasil. Entry yang bagus pak, semoga sukses untuk kontes minggu ini.

@humaidi, terima kasih atas dukungannya, membuat saya sangat termotivasi 🙏

 8 months ago 

Sama-sama pak😊😊😊🙏🙏

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @ abiga554
r2cornell_curation_banner.png

Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

Terima kasih atas dukungan yang sangat berharga ini 🙏

Loading...

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

 8 months ago 

Sebagai seorang guru anda memiliki keinginan dan harapan yang mulia terhadap kemajuan sekolah dan anak didik anda, ini patut diapresiasi 👏
Kemudian yang kedua adalah membentuk komunitas Diary Game di sekolah adalah hal yang unik. Saya setuju bahwa anda harus mengembangkan minat siswa siswi di sekolah untuk menyalurkan bakat dan minat menulis.
Semoga beruntung 👏

Thanks mas bro Chef atas apresiasinya, semoga bisa tercapai keinginan saya 🙏

 8 months ago 

In 18 years of teaching you have gained a lot of knowledge sir. I also want to be a teacher. High school competitions are really beautiful sir. Legal assistance is really needed sir. Hope your challenges will be achieved very well. Praying for you sir.

Terima kasih atas dukungannya 🙏

Semoga semua tantangan bisa dilewati untuk mencapai sebuah keinginan terbesar di tahun ini. Semoga selalu sukses cek gu...

Thanks mas bro, sukses juga buat anda 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 54483.11
ETH 2297.01
USDT 1.00
SBD 2.28