Steemit Engagement Challenge S5-W1: Laughter is The Best MedicinesteemCreated with Sketch.

in STEEM FOR BETTERLIFE2 years ago

sec season 5 week#1 (1).gif

div.png

SEC S5-W1: Laughter is The Best Medicine

Well, saatnya kini telah tiba di Steemit Engagement Challenge Season 5 Week #1 dengan tema Laughter is The Best Medicine. Sebelumnya terima kasih kepada Tim Steem for Betterlife yang telah mengadakan kontes ini dan juga @kouba01 yang telah mengundang saya. Saya juga mengundang @abialfatih, @ridwant, @sailawana dan @f2i5 untuk berpartisipasi pada kontes menarik ini.

Saya sangat suka dengan tema kontes ini yang sangat bermanfaat untuk saling berbagi pengalaman dan juga perspektif diantara steemians. Ada banyak pengalaman dan pemikiran dari steemians yang dapat digunakan untuk menambah wawasan yang dapat digunakan sesuai dengan kondisi kita masing-masing.

Banjir, sebuah cobaan bagi kami.

Kita tentu faham bahwa dalam hidup kita sering menghadapi berbagai macam problema yang merupakan keniscayaan. Tidak semua berjalan sesuai dengan yang kita harapkan dan hal ini sering menyebabkan seseorang kehilangan kontrol terhadap dirinya dan terjebak dengan kondisi yang tidak kondusif secara terus menerus.


Seseorang sering merasa berada dalam sebuah labirin yang tidak ada ujungnya, dan apabila hal ini berlangsung dalam waktu lama bahkan bisa menyebabkan gangguan fisik dan penyakit yang dikenal dengan Gangguan Psikosomatis.

Untuk itu kita harus pandai-pandai mengelola emosi, mental serta cara pandang kita terhadap apapun yang terjadi dalam hidup kita.

Secara pribadi saya sangat setuju dengan kata bijak “WHATEVER, LIFE IS BEAUTIFUL”. Anda tahu, saya menuliskan kata-kata ini di halaman depan kitab saya saat mengaji di Dayah dulu di tahun 90-an…he..he…

Pengalaman pribadi saya selama ini bahwa untuk tetap berada pada kondisi yang kondusif kita harus mensiasati berbagai kenyataan yang kita hadapi agar tidak berdampak buruk bagi fisik dan mental kita.

Salahsatunya adalah dengan Tertawa dan menjalani semuanya dengan suka cita. Kita harus mencari makna dan hikmah yang berada dibalik sesuatu peristiwa atau kenyataan. Tuhan pasti menyimpan sebuah “kebaikan” bahkan di balik sebuah kesulitan atau kesusahan yang kita alami.

Saya telah belajar dari hidup ini bahwa kita jangan pernah memasukkan bola dunia (globe) ke dalam kepala kita. Hadapilah dengan senyuman bahkan dengan tawa yang lebar apapun kenyataan dalam hidup ini.

Tetap tersenyum dan tertawa di tengah duka.

Sebagai contoh saya saat ini bertempat tinggal di daerah yang rawan banjir dengan segala problema yang dihadapi, namun saya tetap semangat, optimis serta menjalaninya dengan sukacita. Hal yang sama dilakukan oleh masyarakat kami untuk tetap bertahan.


Tetap tersenyum dalam bertugas.

Senyum dan tertawa juga bisa menghilangkan rasa lelah dan capek yang kita alami saat kita melakukan aktivitas yang berat sekalipun di profesi kita masing-masing.


Tertawalah karena tertawa itu adalah salahsatu obat terbaik bagi kita. Sebenarnya ini juga ada penjelasannya secara ilmiah dimana ketika kita tertawa maka tubuh akan menghasilkan senyawa dopamine yang akan meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tertawa juga akan menyebabkan tubuh bereaksi menekan produksi kortisol dan hormon stress lainnya. So, mau sehat? banyak-banyaklah tertawa.

Tersenyum dan tertawa bersama anak dan ponakan.

Saya juga berusaha menghadirkan keceriaan dan suasana penuh tawa bagi keluarga saya dan lingkungan saya yang tidak hanya berguna bagi lingkungan tersebut namun juga berdampak positif bagi saya sendiri.


What made you laugh so much that you had to hold your stomach or wipe your tears

Saya tidak ingat persis apa yang bisa menyebabkan saya tertawa begitu lebar dan terpingkal-pingkal karena saya sangat mudah tertawa walaupun hanya dengan hal-hal kecil dan sederhana.

Tetapi anda tahu selain tertawa, menangis juga merupakan obat terbaik. Setidaknya itu yang saya rasakan. How comes..? Yup, menurut pengalaman saya menangis juga bisa menjadi obat untuk menghilangkan “rasa sakit” yang kita rasakan.

Dengan menangis semua beban dan tekanan serta energy negative yang kita rasakan bisa terlepaskan. Bak fenomena gunung berapi dengan akumulasi energy yang ada di dalamnya yang memerlukan saluran untuk melepaskannya.

Saya terkadang sengaja ingin menangis lewat sholawat atau zikir yang saya bacakan setelah sholat subuh misalnya. Meskipun hal ini terkadang membuat anak-anak saya heran. Tiba-tiba kok saya menangis sampai bacaan sholawat atau zikir yang saya bacakan tidak terdengar karena saya terisak-isak. Namun dengan cara seperti ini saya mendapatkan ketenangan dan juga energi baru untuk menghilangkan kesedihan dan rasa sakit yang saya rasakan.

Salah satu zikir yang saya bacakan setelah sholat subuh.Sumber

Selain bacaan sholawat atau zikir, terkadang saya juga suka mendengar lagu-lagu mellow yang memberikan efek yang sama berupa rasa lega dan plong.

Lagu Minang yang melegakan.Sumber
Share a prank that you pranked on someone that makes you laugh even now when you think back about it

Meskipun saya sangat suka tertawa, sejujurnya saya tidak suka melakukan Prank. Saya lebih suka menghadirkan suasana hangat dan penuh tawa dalam kehidupan saya sehari-hari. Prank terkadang juga sering menyebabkan salah faham dan berakibat buruk bagi pertemanan karena tidak semua orang nyaman dengan tindakan tersebut terutama dengan budaya masyarakat kami.

Dalam kultur orang Indonesia, Prank sering diartikan sebagai sebuah “penghinaan” atau “perundungan” bagi seseorang. Jadi kami lebih suka membuat jokes atau hal-hal lain yang membuat tertawa dibandingkan dengan melakukan Prank.

Sebagai kesimpulan Tertawa merupakan salah satu obat terbaik bagi saya dan membuat saya tetap bertahan dari segala tantangan dan problema kehidupan yang saya alami termasuk kendala pada kesehatan saya.

Regards

@alee75

ABOUT ME

Sort:  
 2 years ago (edited)
Verification Date
October 11, 2022
O'clock15.49 WIB
Get Upvote23
Valid Comments from Other Users6
DescriptionInformationScore
Plagiarism Free1
#steemexlusive1
Bot Free1
Verified User1
Markdown Style2
Quality Content3.5
Total Score9,5/10
Club Status Verification PeriodJuly 11 to October 11, 2022
Transfer to Vesting 2568.715 STEEM
Cash Out
0 STEEM
Resultclub100
Voting CSI15.9 ( 0.00 % self, 198 upvotes, 104 accounts, last 7d )

Determination of Club Status refers to the https://steemworld.org/transfer-search Web-based Application

Note
Thank you! have participated in the Steemit engagement challenge contest in Steem For Better Life Community, hopefully through the steemit engagement challenge we can continue to build a good relationship, from now on and in the future, good luck
 2 years ago 

Senang mendapatkan undangan dari anda kanda @alee75. Tapi saya sudah duluan berpartisipasi. Hehe.

Anda tahu? Saya juga sangat sependapat dengan kata-kata bijak “WHATEVER, LIFE IS BEAUTIFUL”., Namun saya tidak sampai mengabadikan karena saya memang tidak terbiasa dengan hal-hal tersebut.

Haha. Mari ketawa, karena ketawa itu sehat. Apalagi disaat saat sepert yang sedang kanda alami Sekarang. Saya harap kanda tetap tertawa walaupun masih dalan suasana banjir. Saya berharap kondisi semakin membaik kanda.

 2 years ago 

Ya bang...watee nyan tanyoe mantong muda macam deuh fikiran teuh...🤭
Ya hanya itu yang membuat kami bertahan dan tentu dengan tetap pasrah pada takdir yang diatas. Terima kasih telah mengomentari post saya..🙏

 2 years ago 

Greetings.

I also try to bring joy and an atmosphere full of laughter to my family and my environment which is not only useful for the environment but also has a positive impact on me.

I admire your positive words, as moments shared with family are always counted among the best moments, then imagine them being moments of laughter and joy, this kind of moments follows us through our lifetime.

And I also agree with you believe that laughter is indeed the best medicine to heal all wounds be they physical or emotional.

 2 years ago 

Yes brother. I've felt it myself all this time. Thank you for giving positive comments to my post. Success for you...

 2 years ago 

always cheerful sir @alee75 , hopefully always smiling every day in enjoying the journey of life ,, good luck always for you.

 2 years ago 

Terima kasih...saat ini hanya itu yang dapat kita lakukan sambil berharap Tuhan akan menurunkan bantuannya lewat tangan2 yang tidak kita ketahui dan sangkakan...sukses juga untuk mahyulmaulana...

 2 years ago 

sama-sama pak,, terimakasih juga atas doa anda untuk saya,,

 2 years ago 

Tertawalah sebelum tertawa itu di larang

 2 years ago 

Yang peunteng bek teuwoe dosis...🤭

 2 years ago 

Golom itume tho tatuleh katrok jih, pue han ek takhem man.... Hahha.... Yang hek teuh lage jery buklam lam grup... Hhaa

 2 years ago 

Golom meureumpok "pencerahan" gobnyan. Mudah2an jeut keu raseuki geuh...

 2 years ago 

Terimakasih sudah mengundang saya untuk join di kontes ini, postingan yang menarik dan berisi inspariasi tentang tawa dan suka cita dalam menjalani kehidupan. Sukses selalu mr @alee75

 2 years ago 

Makasih buk harapannya. Semoga kita semua sukses dalam setiap cita-cita kita...🙏

 2 years ago 

Aamiin 😇😇

 2 years ago 

Tertawa yang tiada lara memang membuat kita nampak awet muda dan panjang umur dan ini merupakan salah satu faktor dan juga dapat menghilangkan beban dan stress pikiran

 2 years ago 

Yes...I'm agree. Nyan jalan pintas agar tetap sehat, awet muda dan tetap produktif...terima kasih telah mampir...🙏

Hello friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

Congratulations, your post has been upvoted by @scilwa, which is a curating account for @R2cornell's Discord Community. We can also be found on our hive community & peakd as well as on my Discord Server

Manually curated by @abiga554
r2cornell_curation_banner.png

Felicitaciones, su publication ha sido votado por @scilwa. También puedo ser encontrado en nuestra comunidad de colmena y Peakd así como en mi servidor de discordia

Alhamdulillah rasa bersyukur lebih berharga dari segala nya.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 64785.95
ETH 3471.44
USDT 1.00
SBD 2.51