Game Diary Aktivis, Minggu 10 Maret 2024 : Surprise, ketemu anak "ceurape" di hari Meugang.

in Steem of Animals4 months ago (edited)

IMG_20240310_115321.jpg

ANAK CEURAPE SEDANG BERMAIN

Assalamu'alaikum sobat steemians.

Apa kabar semua para pecinta steem of animals, semoga kita semua diberi kekuatan menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan tanpa mengurangi aktivitas harian kita di tengah cuaca yang panas saat ini.

Hari ini saya akan mengikuti kontes game diary aktivis yang diselenggarakan oleh @f2i5 di komunitas steem of animals. Ini postingan perdana saya di sini, jadi kalau ada salah sebut nama hewan yang ada pada gambar, tolong dikoreksi agar saya juga paham.

Minggu kemarin merupakan hari "meugang" pertama alias meugang kecil. Sebelum sampai pada kegiatan meugang, saya akan berbagi cerita tentang aktivitas hari itu.

IMG_20240310_084455.jpg

Ngopi bareng Sahabat waktu SMP

Sekitar pukul 8 pagi saya menerima chat WhatsApp dari sahabat saat SMP dulu. Sudah lama tidak bertemu dengan Zil, begitu biasanya saya panggil dia. Zil menetap dan bekerja di kota Medan. Sedangkan Ibunya tinggal di Lancang Garam Lhokseumawe. Biasanya 2 atau 3 bulan sekali dia pulang menjumpai ibu yang tinggal bersama kakaknya.

Kami bertemu di warung kopi station yang letaknya didepan pom bensin taman riyadhah. Sambil sarapan dan menikmati secangkir kopi, kami banyak membahas masa lalu, tentang dulu waktu SMP. Banyak kenangan dan kejahilan masa remaja yang jika di bahas ulang menimbulkan gelak tawa.

Hampir 3 jam tanpa terasa kami menghabiskan waktu, sudah seperti nonton film India saja. Kemudian saya berpamitan dan zil pun sudah di telpon sama keluarga karena ada beberapa agenda yang akan mereka lakukan.

IMG_20240310_113450.jpg

Anak "ceurape" sedang manjat pohon asam jawa

Keluar dari warung kopi station, langsung menuju sekolah tempat saya mengajar. Baru sehari tidak mengajar sudah kangen rasanya. Tiba di sekolah, saya parkir sepeda motor di dekat pohon beringin putih.

Sekolah saya termasuk tidak luas, kalaupun ada luasannya sekitar 1 ha. Itu ukuran yang kecil untuk sekolah jenjang SMA sederajat. Sekolah saya berada di pusat kota makanya tanah yang adapun tidak luas dan dulunya pun sekolah swasta. Setelah melalui proses panjang bisa menjadi sekolah negeri. Jika para steemians sering lewat simpang legos tentu melihat SMK N 3 Lhokseumawe yang berada persis di sebelah Hotel Sdyney.

Walaupun kecil tapi sekolah kami termasuk sangat rimbun. Banyak pepohonan didalamnya seperti pohon asan, beringin, asam jawa dan pohon "kupula". Kesan asri sangat nampak dari luar, apalagi setelah masuk ke dalam akan terasa sejuk walupun cuaca sedang panas.

IMG_20240228_153914.jpg

Koloni Lebah Hitam

Suasana hijau dengan pepohonan sudah pasti mengundang para fauna untuk sekedar mampir sambil observasi apakah tempat ini cocok dijadikan hunian mereka, seperti koloni lebah hitam ini. Mereka rupanya hanya mampir sekitar 7 hari, mungkin setelah di survey, lokasi kurang mendukung karena tingkat kebisingan dan keusilan para siswa menjadi pertimbangan. Sehingga koloni lebah hitam itu pun pergi entah kemana.

Nah, kembali kita ke bahasan utama dari diary activils kali ini yaitu anak ceurape. Saat parkir sepeda motor, terdengar suara cit.. cit... cit yang sangat nyaring. Ternyata sumber suara berasal dari sepasang anak ceurape yang sedang bermain. Selama 18 tahun saya mengajar, ini kali pertama saya melihat dari dekat anak ceurape yang mengeluarkan suara begitu keras. Bagi saya yang belum pernah melihat tentu aneh karena badannya yang kecil bisa menimbulkan suara yang besar menurut pendengaranku.

IMG_20240310_115321.jpg

IMG_20240310_115240.jpg

Anak ceurape pindah ke pohon beringin putih

Sangat surprise melihat sepasang ceurape saling kejar-kejaran dan melompat dari pohon asam jawa ke pohon beringin putih begitu juga sebaliknya. Hingga badan saya hampir menjadi tempat mendarat bagi ceurape ketika akan melompat dari beringin putih ke asam jawa. Saya berusaha mengambil gambar sambil mengamati perilaku ceurape. Hewan ini pergerakannya cepat dan lincah, sehingga saya kesulitan waktu memotret mereka yang sedang bermain. Jadi itu foto terbaik yang bisa saya bagi kepada para steemians.

Setelah puas mengamati perilaku ceurape, saya pulang ke rumah menunaikan shalat dhuhur. Setelah itu kami pergi menuju pasar inpres untuk membeli sedikit daging dan sayuran sebagai hidangan di hari meugang.

IMG_20240310_125654.jpg

IMG_20240310_130319.jpg

Daging sapi lokal dan cabe merah

Tiba di pasar inpres, kami langsung menuju blok khusus menjual daging sapi dan ayam. Harga daging saat itu 170 rb/ kg sedangkan cabe merah 60 rb/kg. Walaupun sudah siang tapi suasana pasar Inpres masih ramai dikunjungi warga.

Kemudian kami langsung pulang dan segera membersihkan daging serta memasak. Saya membantu isteri menggiling bumbu. Menjelang magrib masak kari daging selesai.

Setelah shalat magrib, kami sekeluarga makan bersama, sambil membahas ceurape tentunya dan fluktuasi harga menjelang masuknya bulan suci Ramadhan.

Demikian game diary aktivis kali ini, dengan ini saya mengundang @rumaisha, @fauzunsiregar, @alfathy untuk mengikuti kontes ini. Berikut link pencapaian prestasi 1
https://steemit.com/hive-172186/@fadthalib/achievement-1-salam-kenal

Terima kasih bagi para steemians yang sudah membaca dan memberikan suaranya. Salam sehat dari @fadthalib. Semua gambar merupakan koleksi pribadi dan diambil menggunakan kamera HP Readmi Note 9.

Notes : null 25%, steemanimals 10%

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

This post has been upvoted through Steemcurator09


Newcomer Team Curation Guidelines For March 2024
Curated by - @wilmer1988

  • We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

 4 months ago 

Thanks a lot

Loading...
 4 months ago 

Terimakasih sudah bersedia menyisihkan sedikit reward untuk pembangunan komunitas. Perhatikan dengan teliti akun komunitas kami. @steem.ofanimals

 4 months ago 

Iya bang, kurang kata of, waktu saya set. 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 60268.51
ETH 3201.96
USDT 1.00
SBD 2.43