Week-04 : Share your Daily Work

in Steem4Professionals3 hours ago

Orange White Simple Travel to India Facebook Ad.png

S4P

STEEM4PROFESSIONALS COMMUNITY
ASSALAMUALAIKUM

Setiap langkah akan menuntun kita dalam aktifitas sehari-hari, disini jiwa kita akan terpanggil untuk bekerja bukan hanya berpangku tangan dengan cara duduk mengharabkan iba dan belahan kasih sayang orang lain, selama kita masih bisa berusaha, cobalah untuk berusaha.

Pagi ini saya mempunyai serangkaian tugas yang harus saya laksanakan dari pagi hingga sore hari, yaitu menyukseskan ujian ANBK yang berlangsung hari ini.

Disini nanti saya harus menyiapkan beberapa berkas, seperti :

  1. Absen kehadiran siswa,
  2. Berita Acara ujian,
  3. Foto Kegiatan,
  4. Berkas laporan lengkap.

Acara ini akan berlangsung dari pukul 08:00 AM hingga pukul 04:00 PM.

20240822_080221.jpg
Penulis Diruang Lab Ujian ANBK

Tanpa terasa pagi-pagi saya sudah berada di ruang lab komputer, untuk mengawasi berjalannya ujian Akhir Nasional Basis Komputer (ANBK). Saya memasuki ruang Lab Komputer untuk menghidupkan semua komputer client dan komputer server, serta menjalankan browser admin untuk memulai ujian dan mendapatkan token ujian. Saat semuanya sudah siap untuk pelaksanaan ujian, maka saya menyuruhkan semua siswa untuk memasuki ruang ujian sesuai dengan sesi masing-masing.

Saya disini bertindak sebagai seorang Teknik ANBK dalam menjalankan dan memeriksa serta memperbaiki apabila ada gangguan atau pun kemdala dalam pelaksanaan ANBK ini.

Dalam ruangan ini bukan hanya saya sendiri, masih ada kawan yang lain yang bertidak sebagai:

  1. Proktor ANBK,
  2. Pengawas silang dari Sekolah lain,
  3. Wakil Kurikulum.

Disini saya dan kawan-kawan di tuntut untuk menyukseskan ujian yang sedang berlangsung dengan aman, tertib dan terkendali.

20240822_105728.jpg
Siswa Mengikuti Ujian ANBK

Hari ini merupakan hari terakhir ujian ini yang berlangsung selama 2 hari, setiap hari berlangsung 3 sesi, sesi ke 1 dan sesi ke 2 berlangsung di pagi hari dari pukul 08 AM sampai pukul 01 PM, sedangkan untuk sesi ke 3 berlangsung dari pukul 02 PM sampai dengan pukul 04 PM.

Saya disini juga membantu Proktor untuk melancarkan ujian ini, serta memeriksa status peserta di server ANBK. Pokoknya banyak yang harus saya lakukan tanpa bisa menyebutkan satu persatu, yang pasti saya harus selalu siaga dan stanby di tempat.

20240822_135238.jpg
Makan Siang Kari Kambing

Sesi pertama dan sesi kedua sudah berakhir, hari pun sudah siang atau sekitar pukul 01:30 PM, saya akan mengupload absen kehadiran siswa setiap sesi, serta berita acara ujian yang berlangsung.

Kini perut sudah tidak bisa diajak kompromi lagi, sudah memberi isyarat untuk minta diisikan segera. Makan siang sudah disediakan oleh anggota panitia, sebagai makan siang hari ini berupa nasi putih dengan lauk kari kambing khas masakan Aceh.

Siap makan saya beristirahat sebentar di ruang kerja serta memeriksa web ANBK dan mengumpulkan lembaran absen dan berita acara kemerin dan hari ini untuk saya letakkan di satu tempat yang sama. Tidak lupa juga memcetak foto suasana siswa dalam melakukan ujian sebagai bahan pelengkap pelaporan nanti.

20240822_161842.jpg
Berkas Laporan ANBK

Jam sudah menunjukkan pukul 2 PM lebih, yang artinya giliran ujian sesi ke 3 akan dimulai. Saya menuju lagi lab komputer untuk mengatur server ujian sebagai sesi ke 3. Saya juga mengatur peserta ujian dan mengatur status tes biar token ujian muncul. Ujian untuk sesi ke 3 ini berlangsung dengan aman dan nyaman. Tidak lupa juga mengambil foto peserta ujian untuk sesi ke 3 ini.

Ujian sedang berlangsung, saya kembali lagi keruang guru untuk menyiapkan laporan ANBK ini sebagai tanda pertanggung jawab kepada Dinas Pendidikan Aceh. Walaupun berkas laporan dalam bentuk softcopy sudah saya upload melalui web ANBK dan melalui link yang dikirim oleh Cabdin, namun bentuk hardcopy juga harus di antar ke Cabang Dinas (Cabdin).

20240822_163346.jpg
Perjalanan Pulang

Akhirnya ujian sesi ke 3 pun selesai tanpa adanya kendala apapun, serta laporan pun sudah siap saya kerjakan. Kini saya dan kawan yang lain akan melakukan perjalanan pulang kerumah untuk beristirahat. Perjalan sore ini cuacanya sangat panas, matahari bersinar dengan sangat cerah hingga suhu di luar terasa hingga ke dalam kabin mobil.

Saat sudah sampai di rumah jam sudah menunjukkan pukul 5:00 PM, saya langsung menuju ke kamar mandi untuk membersihkan diri biar segar kembali.

Saat malam sudah menjelma, saya makan malam bersama keluarga, serta mengantar anak ke tempat pengajian. Kala jam sudah menunjukkan pukul 08:45 PM saya berangkat lagi ke tempat pengajian anak untuk menjemput mereka karena sudah tiba waktunya mereka pulang.

Demikian uraian saya pada contes hari ini, mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyusunan kata, yang kurang berkenan di hati para sahabat.

Saya juga turut mengundang @watii @zul01 dan @bang.dien.

SUKSES SELALU UNTUK ANDA SEMUANYA

WASSALAM DAN TERIMAKASIH

ABOUT ME

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Tetap semangat apapun pekerjaan kita. 🔥🔥

Terkadang seseorang memimpikan pekerjaan yang bapak miliki sekarang, contohnya seperti saya yang ingin sekali menjadi guru seperti bapak, namun untuk saat ini sudah tidak memungkinkan lagi. Walaupun mungkin rasanya mustahil bagi saya.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60354.53
ETH 2608.25
USDT 1.00
SBD 2.54