The Diary game, Senin 10 July 2023 | "Membuat Wajik Ketan Gula Merah "

in Steem SEAlast year (edited)

IMG-20230710-170135.jpg

wajik ketan gula merah buatanku

Hai Steemians

Senang rasanya bisa kembali menyapa sobat steemians tersayang yang masih selalu aktif di komunitas tersayang Steem SEA. Bagaimanakah kabarmu hari ini? smoga sehat dan selalu berada dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa.

Kicau burung di halaman samping rumahku kembali terdengar pagi ini, memang di halaman samping terdapat beberapa sarang burung di atas tanaman merambat sehingga saat pagi atau sore tiba mereka akan berkicau dengan ramainya. Aku sendiri sudah terbiasa dengan keramaian suara burung-burung tersebut.

Hari weekend memang baru saja berlalu dan kini berganti dengan hari Senin, namun demikian hari Senin ini aku masih bisa tetap bersantai dirumah, dan masih belum masuk kerja, karena liburan sekolah masih belum usai. Jika sudah berada di rumah maka pekerjaan rumah tangga tak akan ada habisnya untuk di kerjakan, hari ini akupun kembali menyelesaikan rutinitas dan pekerjaan rumah tangga.


KOLORO_1689940990579.jpg

usai membersihkan rumah

Siang harinya aku bersama kedua putriku bersiap untuk berangkat menuju ke rumah ibunda, hari ini aku ingin belajar membuat kue tradisional khas Indonesia yaitu wajik ketan gula merah dari ibundaku. Setiba dirumah ibunda aku terlebih dahulu menyantap makan siang berhubung aku tak sempat makan di rumah.


IMG_20230710_132726_859.webp

makan mie goreng

Aku juga menikmati mie goreng aceh bersama kedua putriku dan adik perempuanku. Usai makan kami mengobrol dan bercanda, serta bermain bersama keponakanku.

Setelah beristirahat sejenak, aku mulai meminta ibunda untuk mengajariku cara membuay wajik ketan gula merah, kue ini merupakan salah satu cemilan favoritku bahkan dulu saat aku mengandung putriku, aku sempat ngidam makan kue wajik tersebut. hehehe..

Aku lantas mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat kue wajik beras ketan gula merah. Setelah semua bahan tersedia, maka aku memulai aksi ku mengikuti arahan dan instruksi dari ibundaku. Untuk proses pembuatan kue wajik ini bisa di lihat di postinganku


IMG_20230710_144153_844.webp

bahan membuat kue wajik

Akhirnya satu perrsatu tahapan proses pembuatan wajik aku kerjakan, mulai dari mengukus beras ketan hingga mengaduk adonan beras ketan ke dalam larutan gula merah. Proses pembuatan wajik memang butuh waktu lama dan lumayan menghabiskan energi karena proses pengadukan yang harus intens dan lama.


IMG-20230710-150029.jpg

ketika akan mengukus beras kettan

Tak terasa akhirnya sore haripun tiba, dan proses pembutan kue wajik akhirnya selesai juga aku kerjakan, Kue tersebut kami letakkan ke dalam nampan dan masih harus menunggu kuenya dingan serta agak mengeras barulah kue wajik bisa dinikmati.


IMG-20230710-160044.jpg

proses pemgadukan adonan wajik

Setelah menunaikan ibadah shalat ashar dan beristirahat sejenak sembari berkumpul dengan ibunda dan keponakanku, barulaj kami berpamitan untuk pulang ke rumah berhubung senja telah tiba.


IMG-20230710-170036.jpg

wajik ketan gula merah buatanku

Aktivitasku sesampainya di rumah adalaj segera membersihkan diri kemudian menanti waktu maghrib tiba. Malam harinya tak ada aktivitas berarti yang aku lakukan, kedua putriku malam ini sibuk dengan gawainya.

Akupun kembali melakukan aktivitas yang biasa, berselancar di halaman steemit serta membuat postingan untuk kontes dan menulis konten diary game. Aku juga berinteraksi di kolom komentar dan memberikan support pada postingan sobat steemians yang berkualitas.

Saat kemudian aku sudah merasa mataku berat dan mengantuk maka aku segera menghentikan aktivitasku, dan beranjak ke kamar untuk beristirahat. Sementara itu kedua putriku sudah lebih dahulu terlelap dikamar mereka.

Seperti itulah hari yang aku lalui dan aktivjtas membuat salah satu kue tradisional Indonesia yaitu wajik. Semoga publikasiku bermanfaat.

Sekian saja tulisan diaryku edisi hari ini, Sampai jumpa lagi di cerita diaryku yang lainnya. Terimakasih aku ucapkan teruntuk sobat steemians yang sudah bersedia mampir ke blogku hari ini. Salam hormat dan salam hangat untuk seluruh team komunitas Steem SEA @anroja @radjasalman @herimukti @waterjoe @steemseacurator
Salam sukses

Pilih @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform Steemit melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan pengembangan hasil yang ditargetkan dengan sumber daya yang tersedia. Pilih di sini


Kind Regards,

@sailawana

About me


Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.


This is a manual curation from the @tipu Curation Project.
Also your post was promoted on Twitter by the account josluds

@tipu curate

 last year 

Thank you

 last year 

Yummy wajik yang manis enak nya..
Konten bagus dan mendapatkan dukungan kurasi 100% dari saya. Teruslah membuat tulisan berkualitas untuk post di Steem :)

 last year 

Makasih banyak supportnya ya pak..

 last year 

Peu haba bunda? That seungap ka.... Hantom deuh le bak postingan lon... Hehe

 last year 

Haba geut .. oh lon pike abi udah piyouh hehe.. nteuk ta jak bak @abialfatih

 last year 

Hanjeut tapiyoh bunda, hana meuho me foto.... Hehe

 last year 

Bereh-bereh..

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58083.18
ETH 2578.52
USDT 1.00
SBD 2.42