Suasana Kota Semarang Tempo Dulu

in #history6 years ago

Ngobrolin sejarah, bangunan tua, dan cerita-cerita dimasa lalu yang terjadi di kurun waktu lampau itu menjadi hal yang menarik buat saya. Sekalipun kadang juga nggak ngerti-ngerti banget. Tapi seneng mendengar ceritanya. Apalagi ngobrolin hal-hal tersebut pasti sedikit banyak tersisip cerita mistis. Antara cerita yang seru dan cerita yang bikin takut. Apalagi kalau pas ngobrol dengan Bos @yogifajri yang notabene ahlinya sejarah dan sering nongol jadi narasumber dimana-mana. Ngeri tenan Cah!

Berkumpul dengan kawan-kawan yang suka ngobrolin sejarah di group Facebook membuat saya belajar banyak tentang sejarah. Banyak hal yang saya tidak tahu dengan sejarah di masa lalu. Rasa penasaran yang tinggi yang akhirnya membuat saya googling dan searching foto-foto jadul di kota yang saya tinggali. Lahir di suatu kota tertentu bukan berarti kita paham tentang sejarah dari kota itu sendiri. Saya berusaha menggali banyak cerita di masa lalu yang hari ini tertimbun oleh banyaknya informasi kekinian yang membuat cerita-cerita di masa lampau itu perlahan-lahan menghilang.

Semarang di masa lampau memang tak kalah menariknya dengan Semarang hari ini. Banyak ceritanya. Banyak keindahannya. Ya karena sejarah di masa lalulah Semarang menjadi hari ini. Dan ini yang saya temukan dari sedikit cerita yang terjadi di Semarang di masa lampau.

1. Het Telegraafkantoor aan de Westerwalstraat


source

2. Gereformeerd Kerk Semarang:


source

3. Winkels aan de Heerenstraat te Semarang

Herenstart1.png
source

4. SMA Sedes Sapientiae Semarang


source

5. Societeit de Harmomie Semarang


source

6. Stasiun Semarang Tawang


source

7. Hygeia Semarang


source

8. Stasiun Poncol Semarang

SMG_Poncol_1927.png

source: KITLV

9. Titik Nol Kota Semarang

SMG_Mberok_1927.png

source: KITLV

10. Kota Lama Semarang

SMG_spiegel_1900.png

source: KITLV

Yup ini tadi beberapa foto yang bisa saya share tentang Semarang Tempo Dulu. Masih banyak data-data yang saya dapatkan dari link-link luar. Semuanya keren-keren. Next saya share lanjutannya.

..

ARTIKEL LAIN TENTANG SEMARANG

..

Terimakasih Steemian yang sudah meluangkan waktu berkunjung dan membaca tulisan ini. Silakan FOLLOW saya @fesbukan, boleh sekali apabila ingin Upvote dan tentu saja saya akan senang sekali apabila ada yang me-resteem.

Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia
Terima Kasih kepada para Curator Indonesia @aiqabrago dan @levycore

dan juga..

Terima kasih untuk Mentor @doyanphotography dan Tim Steemit Semarang @ririn, @rkb, @prenjana, @donikudjo, @aidasania, @patriciadian, @musikindonesia, @agungpriambodo, @mayorita

Mari Mengeksplorasi!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68255.87
ETH 3271.92
USDT 1.00
SBD 2.68