Call Me Batavia #6 : Operasi Kecoak Terbang | My Original Story

in #writing6 years ago

You can call me Batavia. I was a boy who lived in Indonesia. This was my story.


Source: Pixabay, modified

"Oh, ya. Besok, bawa kecoak atau jangkrik hidup. Kira-kira tiga biji. Kita mau praktek."

Kata-kata Bu Mana menutup pelajaran hari ini. Sekelas bengong. Lalu bel pulang berbunyi. Begitu guru keluar, kelas masuk fase panik massal. Masalahnya sederhana: bagaimana kami menemukan kecoak atau jangkrik ketika jam sudah pukul 4.

Kelompokku, yang anggotanya semu perempuan kecuali aku, menunjukku sebagai pencari bahan. Dasar. Karena toko burung sudah tutup, mau tidak mau aku harus mendapatkan kecoak.

Aku tidak tahu ini sebuah keajaiban atau kutukan, tapi rumahku berlimpah kecoak.

Sebagai pengamat kecoak amatir, aku harus menentukan lokasi strategis kecoak-kecoak itu. Mengharapkan satu-dua ekor yang lalu lalang tidak membuahkan hasil karena malam ini tidak ada yang keluar. Satu-satunya cara adalah menyerbu markas besar. Dan, ini bukan sembarang markas besar, ini Markas Besar Kecoak (baca: koloni). Berbekal kantong plastik untuk tanganku dan satu kotak kecil untuk mengurung sasaran, aku berangkat menuju wilayah operasi.

Berdasarkan info yang kudapat dari mata-mata (baca: ibuku), aktivitas kecoak sangat besar di Area Dapur. Lokasi markas diduga berada di rak bawah dekat wastafel. Perlahan, aku membuka rak bawah. Kosong. Yang ada hanya tumpukan koran bekas. Aku menyingkirkannya sementara mata-mata menunggu di depan pintu. Ekspektasi jumlah sasaran melebihi yang diprediksi.


Source: Pixabay

Aku sempat berharap hanya ada lima atau enam kecoak di rak itu. Kenyataannya, 20 lebih. Itu belum termasuk nimfa-nimfa. Gerombolan kecoak berdesak-desakan di salah satu sudut dalam rak. Tanganku yang cuma ada lima jari melawan 20-an kecoak. Mirip 300. Aku menarik napas dan mendorong tanganku masuk.

Begitu tanganku menggapai salah satu kecoak, formasi kecoak bubar ke kiri dan kanan. Salah satunya meloncat ke tanganku. Aku yang baru berhasil mendapat satu terkejut dan terantuk ujung rak. Begitu Alpha berhasil diamankan, aku mengincar yang kedua. Kali ini lebih sulit karena kecoak-kecoak itu terus bergerak. Satu kembali kutangkap, tapi Alpha lepas saat tutup kotak kubuka. Beta dan Alpha sama-sama lolos. Kemudian, salah satu kecoak terbang dan hinggap di baju. Kekesalan karena gagal menangkap kecoak melebihi kengerianku melihat monster menyentuhku.

Setelah setengah jam penuh darah dan air mata, lima kecoak berhasil kutangkap. Untuk berjaga-jaga, aku melebihkan jumlahnya. Aku mengembus napas lega seraya menutup rak. Untung saja serangan udara hanya terjadi sekali, kalau tidak mungkin aku sudah di UGD karena pingsan.

@batavia


Source: Pixabay


If you like my writing, please upvote and restem this post. I would love if you follow me @batavia.


Other Stories

Sort:  

Congratulations @batavia! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the total payout received

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Round of 16 - Day 4


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @batavia! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard:
SteemitBoard World Cup Contest - Brazil vs Belgium


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.31
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64605.91
ETH 3159.61
USDT 1.00
SBD 4.11