RAFTING SUNGAI CIANTEN - BOGOR ( 12 KM MENGARUNGI LEBIH DARI 20 JERAM SELAMA 3-4 JAM )

in #travel7 years ago

Long weekend adalah satu hal yang bagi banyak orang seperti hal membahagiakan. Awalnya hanya ingin bekerja dan menyelesaikan banyak deadline yang sudah menumpuk. Namun ketika seorang teman dan juga Vendor menghubungiku untuk mencoba lokasi rafting yang baru. Aku pun tanpa pikir panjang langsung mengiyakan.

Boleh di bilang lokasi ini sebenarnya bukanlah hal baru untuk diarungi. Sudah sejak tahun 1990 an. Sungai ini sudah mulai di arungi untuk rafting dan juga kayaking. Namun sungai ini masih belum cukup dikenal oleh kalangan pecinta olahraga rafting.

Sungai Cianten – Bogor.

Untuk bisa sampai di tempat meeting point dan karena saya berencana ingin mengarungi sungai dari wilayah Cianten atas. Maka saya yang sudah di jemput oleh mas Noval dari IPB dramaga Bogor menuju PLTA kracak - di Leuwiliang, Bogor.

Perjalanan dari Jakarta ke Bogor bisa menggunakan Transportasi kereta api jurusan Bogor. Dan karena saya tinggal di daerah Jakarta barat. Saya pun memulai perjalanan ini dari stasiun Tanah abang – Jakarta.

Buat yang baru pertama kali naik kereta api bisa membeli tiket lebih dulu di loket pembelian tiket single trip. Untuk kartunya memiliki nilai jaminan sebesar 10.000 rupiah yang nanti akan bisa di refund saat kita pulang. Biaya ke Bogor dari Jakarta sekitar 6.000 rupiah dan PP jadi 12.000 rupiah.

Setelah sampai di stasiun Bogor kita bisa langsung memesan Ojek online atau dengan naik angkot. Karena saya ingin yang efisien dan langsung jalan. Jadi saya memilih transportasi online. Saya pun memesan ojek online langsung menuju IPB dramaga karena dari situ saya janjian dengan mas Noval teman saya dari Bogor. Untuk biaya ojek online sekitar 30.000 rupiah.

Lama perjalanan dari stasiun menuju ke IPB bogor sekitar 30 menit kalau tidak macet. Karena jalur menuju Leuwiliang ini sangatlah macet. Dan jika kita datang terlambat atau siang baru sampai Bogor. Maka akan terjebak macet di jalan. Jadi sangat disarankan untuk tiba di Bogor pada pagi hari.

Dari IPB dramaga ke PLTA kracak - leuwiliang memakan waktu sekitar 30 menit. Dan akses jalan menuju kesana sangatlah masih asri. Kita harus rela melewati beberapa pemukiman penduduk yang hanya muat untuk satu mobil saja. Namun itu semua pasti akan terbayar apabila sudah sampai di lokasi meeting point kita.

Karena saya sampai lokasi sekitar jam 12 siang. Jadinya saya pun istirahat dulu di bale sambil ngobrol dengan mas Noval tentang rencana bisnis kami. Sebuah kerjasama dan juga bagaimana nanti cara kerjanya bahkan hingga berapa harga yang akan kita pasarkan nantinya. Semua itu menjadi pembicaraan kami saat ini. Sementara kami sibuk dengan pembicaraan soal bisnis. Beberapa crew mulai mempersiapkan peralatan yang akan kami gunakan untuk rafting.

Kebetulan ada beberapa anak mapala dari universitas Pancasila yang sedang melakukan pembelajaran soal rafting. Ada pak Jaya teman mas Noval yang juga sudah siap ingin bermain kayak.

Disini kami juga menyediakan sekolah Kayak bagi siapa saja yang ingin belajar kayak dan akan dibina oleh kami. Serta akan menadapatkan sertifikat resmi dari kami. Juga di pandu oleh pengajar yang berpengalaman di bidangnya tentu saja.

Setelah makan siang lebih dulu. Saya dan mas Noval juga yang lainnya pun langsung menuju lokasi pengarungan. Yaitu sungai Cianten.

Jeram-jeram disini sangatlah banyak dan bisa di bilang lebih dari 20 jeram yang harus kita lewati. Jadi sudah bisa dipastikan akan sangat menyenangkan bila kita bisa melewatinya. Khusus bagi pecinta rafting ataupun bagi pemula sekalipun yang ingin mencoba andrenalinnya dengan ikut rafting dan mengarungi sungai Cianten. Yuk, jangan ragu buat menghubungi Saya.

Kita juga akan memberikan sertifikat rafting bagi setiap peserta yang mengikuti rafting bersama kami. Dan tentu saja akan memberikan dokumentasi yang sangat bagus sebagai sebuah kenangan yang akan menjadi sebuah cerita bagi setiap peserta nantinya.

Harga atau price list untuk bisa Rafting di sungai Cianten ini pun bisa di bilang cukup murah yaa...

Berikut ini price list rafting :

FUN (LOWER CIANTEN)

JARAK : 12 KM / 2-3 JAM

HARGA PUBLISH : Rp. 340.000,- /pax. Min 8 orang

PACKAGE INCLUSION  :

• Rafting Equipment (International Standard)

• Instruktur dan Rescue Team yang berpengalaman

• Welcome Drinks dan Snack 1 x

• Makan Siang, Menu Sundanese

• Rafting Insurance

• Fasilitas Toilet

• Sertifikat Rafting

• Local Transportation (Start & Finish pickup)

• Dokumentasi saat pengarungan dengan GoPro

• GRATIS USB Flasdisk SANDISK untuk media transfer dokumentasi (> 10 peserta)

Saya pun mulai mengarusngi sungai sekitar pukul 01.30 siang. Dan masuk dalam team Rescue. Karena perjalanan kali ini saya hanya ingin mencoba dan merasakan jeram-jeram yang ada di sungai Cianten ini. Jadi saya hanya fokus pada dokumentasi. Biasanya bila benar-benar ingin Rafting pasti saya akan ikut megang dayung dan mendayung.

Disini juga kita akan belajar bagaimana mendayung dan juga bila perahu kita mebarak batu atau bahkan tersangkut kita akan disuruh untuk mengoyangkan badan oleh skipper yang memandu kita selama rafting.

Ada beberapa jeram andalan disini yang sangat patut kita rasakan debarannya saat melewatinya. Diantaranya, jeram Adidas, Jepang 12, Dam, dan lainnya. Saya yang hanya hafal tiga nama ini. Walaupun sangat banyak sekali jeram yang saya dan team lainnya telah lewati. Dan akan ada beberapa titik untuk istirahat sebelum sampai di finish tentunya.

Selain itu saat kita mengarungi sungai. Kita akan dimanjakan dengan beberapa Monyet yang ada di ranting-ranting pohon menyaksikan kita sedang rafting. Tidak hanya monyet tetapi juga ada beberapa warga sekitar yang mandi disungai, mancing dan bahkan mencuci pakaian. Jadi masih bisa dibilang sunga Cianten ini masih sangatlah asri sekali.

siapapun bisa mencoba bermain kayaking seperti ini. hanya saja sebelum mencoba olahraga yang satu ini. kalian harus belajar dulu yaa... karena hal ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli. Saya saja hanya bisa bermain di sungai datar saja. karena memang belom ahli. hihihi..

Di beberapa titik kita juga akan menemukan waterfall kecil dengan ketinggian yang rendah bisa dikatakan. Namun, tetap saja sangat menarik untuk bisa berfoto disana tentunya.

betapa bahagianya saat sudah bisa melewati jeram dengan selamat dan tidak membuat perahu kayak yang ditumpangi terbalik atau jatuh. bagi para pemain kayaking itu akan menajdi hal yang sangat luar biasa dan membanggakan tentunya.

jatuh terhempaskan kedalam perahu sendiri saat melewati jeram. dan kita pun terus saja tertawa dengan riang bahkan tidak sungkan untuk mulai berteriak.

mari buat basah pakaian kita, sampaikan pada air dan juga para jeram bahwa kita tidak takut dan terima kasih telah memberikan keberanian serta pengelaman seru dan berharga dalam hidup kita yang tentu saja tidak bisa kalian ungkapkan dengan banyak kata.

salah satu crew yang bersamaku jatuh dan kita pun tersenyum. Tenang semua ini aman dan sudah memiliki standarisasi keamanan yang cukup dari para team disini tentunya. kalau tidak bagaimana mungkin saya begitu bahagia dan merasa sangat luar biasa hari ini.

entah ini sudah jeram yang keberapa. tapi saya masih terlalu bersemangat untuk terus mengarungi sungai ini.

Jeram kembali... ada lebih dari 20 Jeram jadi saya belum bisa menghafal semua nama jeram disini. harap maklum yaa.. nanti kalau kalian mencoba rafting disini. akan di beritahu dan di pandu oleh setiap team dan crew disini kok.

lihatlah orang dibelakangku sunggu sangat berani dia. main hp saar mengarungi sungai. jangan ditiru yaa kawan. kalau kalian hanya baru pertama kali. karena hal ini dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan mahir di bidangnya.

nanti Saya akan minta hasil fotonya dari jepang ini lah. soalnya dia memang sibuk foto dengan jarak dekat. aku yang hanya bawa camera Go pro ku jadinya gak bisa ikutan ambil foto dari jarak dekat deh.

dan di belakangku ini ada air terjun juga. seperti yang aku katakan tadi, disini memang ada beberapa air terjun mini.

duduk di ujung perahu dan ingin merasakan sensasi nya hanya saja saat merekam video. baterai cameraku habis jadinya hasilnya kepotong dan tidak berhasil mendapatkan gampar yang diinginkan padahal sumpah tadi seru banget loh masuk kedalam air dan mendengar dengan jelas hantaman air sungai yang membasahi seluruh tubuhku.

ini adalah Dam yang akan kita Lewati ketinggiannya tidak sampai 2 meter. hanya sekitar 1 meter lebih kalau tidak salah. namun tetap harus safety yaa.

rasanya kalau ingin melemparkan banyak foto bisa jadi sangat banyak sekali ya.. karena aku itu terkenal dengan satu tempat 200 gaya. nah, kalau sudah seperti itu. di setiap perjalananku pasti akan banjir dengan foto.

oh yaa.. ini pasti part yang ditunggu - tunggu. Yupss... apalagi kalau bukan rincian cost selama trip. sesuai dengan Mottoku. liburan itu gak perlu mahal, yang penting kita bisa happy dan merasakan banyak pengalaman dalam hidup.

tiket kereta PP jakarta - Bogor                          = 12.000

ojek online PP PLTA kracak - Stasiun Bogor = 75.000 ( plus tips )

biaya Rafting yang udal all in                            = 340.000 ( ini saya ambil yang 12 km   ADVENTURE (UPPER CIANTEN)

total cost one day trip Rafting Cianten Bogor = 427.000,-  cukup hemat bukan.

Saya harap kalian para steemit suka dengan cerita perjalananku kali ini yaa... happy reading dan silahkan mencoba untuk memacu andrenalin kalian dalam mengarungi sungai Cianten.

Hey! I'm B² and you have been chosen by my automated assistant (B²Bot) to receive my announcement about a new challenge I'm hosting!
I just introduced "FIVE WORD STORIES" challenge in my Introduction post. You can read about the challenge HERE and participate by submitting your story in the comments section of the challenge entries which you can find HERE. You will have the chance to win SBD in this challenge.

I'd be happy to see you around my friend!
NOTE: Your participation is through commenting on the challenge photos I post, not posting photos
Happy Steeming!
5WS_icon copy.png

thanks u, i will try for the challange :)

nah yang ginian nih...seru..dah lama ga rafting...

iyaa.. seru banget dan patut di coba.. silahkan mulai mencoba yaa kak.. semoga infonya bisa membantu :)

sama2..arusnya grade brapa di situ?

gradenya 3-3+ tergantung mau mulai start dari mana bang :)

Keren tempatnya bang, info yang bagus...

makasih bang, upvote yaa bang.. hehehee :)