Sukses di Steemit Stop Plagiat

in #steemiteducation6 years ago (edited)


Ilustrasi

Saya sudah 153 hari di steemit dan memiliki follower lebih dari seribu. Reputasi saya di steemit sekarang menuju angka 51, ini bukan sebuah pamer kamajuan. Tapi ini motivasi saya yang terus menulis di steemit. Saya sudah 4 kali di datangi oleh yang nama @cheetah dan semoga saja @steemcleaner tidak pernah datang. Karena @steemcleaner itu tidak bisa berkerja sama dan yang paling menyakitkan adalah reputasi kita langsung merosot hingga - (min).

Pengalaman saya di datangi @cheetah bukan bearti saya melakukan plagiasi, tetapi @cheetah itu sebuah robot yang pintar walaupun kenyataannya bloon. Kita mengambil referensi dari A dan Si B juga mengambil referensi dari si A, ketika si C mau mengambil referensi tentu saja dia akan memilih kita, A dan B. Namun kenyataannya, kita buat referensi dari A maka @cheetah akan memberikan link si B. Sugguh terlalu, padahal si B juga mengambilnya dari A.

Maka dari itu kita tidak bisa melakukan Copy-Paste walaupun satu paragraf atau istilahnya kutipan langsung. Anda tidak akan bisa melakukan kutipan langsung walaupun anda memberikan referensi. Saya sendiri 4 kali di datangi @cheetah karena kutipan saya sama satu paragraf dengan web Copy-Paste dari wikipedia. Padahal saya sudah memberikan link wikipedia sebagai sumber yang saya kutip.

Walaupun melakukan @kutipan langsung ada cara atau kodenya yang saya sendiri jarang menggunakannya kecuali di busy.org. Di busy adalah tanda (") add quote, silahkan klik tanda itu atau ctrl+q, kemudian tulis kutipan langsung dari sumber mau anda kutip. Pada bagian akhir kutipan anda jangan lupa menulis sumbernya.

Tips lain untuk tidak melanggar plagiasi di steemit anda harus mengubah per-paragraf setiap tulisan Copy-Paste. Namun saya tidak menganjurkan hal ini. Karena tentu saja masuk dalam ranah plagiat dan jika diketahui oleh penulis dan dilaporkan ke @steemcleaner anda juga bisa mendapatkan flag. Ini yang sangat parah.

Pagi-pagi tadi saya membuka busy.org dan melihat ada yang mention saya, saya lihat langsung apa isi dari metion itu. Ternyata dia melakukan plagiasi tanpa edit sedikit pun, pantas saja. Reputasi masih 32 dan memiliki 300 post, tentu saja masih pemula, mungkin dia belum tahu kalau plagiasi itu adalah yang terlarang di Steemit.

Saya pernah menulis tips menulis di steemit dan saya juga termasuk orang yang anti plagiasi. Berkarya sendiri walaupun jelek itu tidak masalah, daripada bagus tapi plagiat. Sukses di steemit sebenarnya anda memiliki Steem Power (SP) yang banyak dan Reputasi yang tinggi. SP tentu saja sulit didapat, reputasi mudah di dapatkan asal anda tidak melakukan pelanggaran plagiarisme di steemit.

Berikut ini saya kasih referensi yang mungkin bermanfaat untuk anda dan tidak mengulang plagiarisme.

Bekasi, 08 Maret 2018 Jam: 9: 10

Sort:  

Nasihat yang akan saya patuhi, Kak. Saya ketika baru daftar, pertama posting, langsung didatangi cheetah. Self-plagiarisme juga tidak diperbolehkan, ya.

Ya begitulah steemit, Karena menulis di steemit harus 100% original.
Terima kasih sudah turut membaca tulisan saya....

Ulsan yang sangat bermanfaat, trimkasih bg 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65017.48
ETH 3454.80
USDT 1.00
SBD 2.50