Steemian Aceh Menulislah

in #aceh6 years ago (edited)


Ilustrasi

By: @amriadits
Dua hari ini saya sibuk mengintip tag #aceh baik yang trending maupun yang baru. Beberapa post saya mengomentarinya. Komentar tentunya beragam, ada yang bersifat guyonan dan ada juga memberikan saran. Memberikan saran kepada mereka bukan berarti saya senior dan saya ahli di steemit, bukan itu. Tapi sama-sama belajar dan saling mengoreksi, agar kedepannya tag #aceh benar-benar memiliki nilai tinggi dan diakui dunia.

Beberapa post yang saya lihat kebanyakan kosong, artinya hanya terdapat satu foto tanpa ada keterangan atau caption. Post-post yang tidak memberikan keterangan sebaiknya dilakukan di dmania. Karena disana tidak membutuhkan keterangan asal judul dalam bahasa Inggris dan post anda masuk tranding, maka dmania akan meng-upvote postingan anda.

Kalau anda melakukan di steemit itu tidaklah sesuai. Kecuali orang menemukan yang berharga dalam foto/gambar yang anda publikasikan. Maka jangan heran post anda tidak banyak yang upvote karena memang mereka tidak mendapatkan apa-apa dari post anda.

Sebuah postingan akan banyak yang upvote itu ada pada manfaat untuk mereka. Memiliki nilai dan kepuasan saat mengunjungi postingan anda. Jangan membuat mereka kecewa, karena kalau mereka kecewa tidak datang lagi untuk melakukan upvote pada postingan anda.

Saya bukan penulis dan saya hanya mampu melakukan pemotretan dan itupun tidak ahli. Alasan yang masuk akal. Tatapi steemit bukan media sosial seperti yang lainnya. Jika anda seorang traveler ada baiknya memberikan keterangan dimana anda ambil foto tersebut, kapan waktu anda ambil foto tersebut, apa saja nilai lebih di tempat anda melakukan traveler. Itu semua anda tulis dalam keterangan foto anda.

Jika anda ke pasar dan melihat ada bawang yang menapjupkan dan anda memotretnya serta mengabadikan di steemit ini. Ada baiknya menceritakan perihal bawang, bahkan anda bisa menceritakan hal-hal lain sebelum anda menemukan bawang yang keren itu. Termasuk di pasar mana anda menemukan bawang itu. Bahkan sampai anda terjatuh setelah memotret bawang tersebut bisa anda cerita dalam keterangan gambar bawang tadi.

Jika anda menunggu @good-karma yang sudah jarang kelihatan bagi pengguna eSteem. Anda bisa memotret layar HP anda kemudian menceritakan perihal anda tidak pernah mendapatkan upvote besar selain pada @good-karma. Anda juga bisa mencerita hal-hal lain saat anda menunggu aktif @good-karma. Anda juga bisa menceritakan kebahagiaan saat mendapatkan upvote dari @good-karma.

Jika ada sebuah peristiwa semisal kecelakaan, kebakaran dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan rumus 5W+1H dalam istilah kewartawanan. Seperti kapan terjadi kecelakaan tersebut, dimana terjadi, bagaimana terjadi, siapa saja yang menjadi korban, bagaimana penangulangannya, anda bisa menceritakan hal-hal sebelum dan sesudah kecelakaan tersebut.


Ilustrasi

Jika anda ingin memposting kata-kata atau quote dalam bentuk gambar. Anda bisa menceritakan hal yang baik dengan kata-kata tersebut. Manfaat untuk anda kata-kata tersebut. Anda mendesain kata-kata tersebut dengan apa, bagaimana anda merenungi kata-kata tersebut. Itu semua bisa anda tulis lebih dari 100 kata dan tergantung anda dalam mengolah kalimat.

Jika anda ingin membuat meme menggunakan apk "Meme Creator" dan yang lainnya. Baiknya anda post di Dmania. Caranya, anda login ke dmania.lol dengan menggunakan username dan posting privat key. Kemudian anda bagikan kesemua orang terdekat anda atau mempromosikan di media sosial lainnya, sehingga post anda tranding mendapatkan upvote lebih banyak dari dmania.

Namun jika anda seorang creator video dan suka "ngevlog", anda bisa menggunakan Dtube dan Dlive untuk live streeming. Anda juga bisa mendapatkan upvote dari kedua pihak ke 3 tersebut, dengan nilai upvote yang lumayan besar. Walaupun saya tidak pernah mendapatkan upvote dari mereka. Tapi ada baiknya anda mencobanya, siapa tau anda beruntung dan saya belum beruntung mendapatkan upvote dari mereka.

Dari itu saya mengajak kepada para steemian Aceh untuk menulislah minimal 100 kata. Jika anda tidak tau apa yang mau anda tulis, baiknya anda tulis dalam 2 bahasa atau lebih. Bahkan kalau anda menulis dalam 2 bahasa ada tiga keuntungan, pertama; menulis cuma 50 kata dan 50 kata lagi adalah terjemahan dari google. Kedua; tulisan anda juga bisa dibaca bukan hanya orang indonesia tetapi dunia pada umumnya. Jika ada manfaat untuk mereka pasti post anda akan di upvote, ketiga; Kemungkinan besar tidak masuk @cheetah.

Itulah beberapa tips dari saya, jika bermanfaat silahkan di resteem dan di upvote. Jika ada yang salah atau pertanyaan silahkan melalui kolom komentar. Salam steemian Aceh, saboh saat jaya.
Terima kasih kepada gure-gure dan rakan-rakan NSC (Nanggroe Steemit Community) yang telah banyak memberikan arahan kepada saya dan berbagai ilmu terkait dengan steemit ini. Kalau kata bang @taministy "Semua guru steemit di Indonesia itu ada di Aceh bukan di Jakarta, atau di Bandung." Demikian celoteh pagi ini, salam kangen dari saya @amriadits... Hahahaha.

Sort:  

terimaksih informasinya bg @amriadits

saya juga membaca informasi bahwa aceh sebagai pelopor dan motor steemit di indonesia

Sama2 kak fizri, saya hanya mampu berbagi apa yang saya ketahui dan saya lakukan..... Terima kasih sdah mengunjungi blog saya...

Berkarya lah, slam kenal ya bg, sling upvote sling membantu ya

Salam kenal juga.... Terima kasih sudah membaca blog saya.....

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 64970.70
ETH 3238.82
USDT 1.00
SBD 2.64