Sejarah Perjalanan Ku di Tarung Derajat 2003

in #sports6 years ago (edited)

Perjalanan hidup seseorang merupakan rahasia sang Pencipta, hal yang kita sangkakan akan terjadi seperti kemauan kita terkadang hasil akhirnya justru bertolak belakang dengan yang kita mau. Namun sebagai makhluk kita bisa apa selain menyerahkan hasil terbaik itu kepadaNya dan mencoba mengambil sisi hikmah adalah bentuk kedewasaan seorang hamba.

image

Aku dan olah raga beladiri hampir dapat dikatakan tidak terpisahkan, aku menyenangi olah raga beladiri karena itulah jiwaku. Aku seorang petarung dalam ruang lingkup sportivitas bukan mencoba untuk jadi beringas, bukan pula untuk tujuan mengompas.

image

Perjalanan panjangku di dunia beladiri dimulai saat aku sudah remaja, tepatnya pada tahun 2003 aku masuk olahraga beladiri Tarung Derajat, beladiri yang berakar rumput dari dan di Indonesia. Tidak seperti aliran beladiri yang lain, beladiri Tarung Derajat adalah beladiri praktis yang dapat dipergunakan dalam waktu dan kapanpun. Tujuanku hampir sama seperti remaja lainnya saat itu, ya bertarung. Seiring waktu aku lebih memahami bahwa ternyata itu tujuan semu lalu kuperbaiki untuk hal yang kemudian mengubah cara pandangku dan kehidupanku kedepannya.

image

Pertama sekali Tahun 2003 saya latihan di Satuan Latihan (Satlat) SMA 4 Kota Banda Aceh dan terus berpindah-pindah, kadang di Gedung Olah Raga Banda Aceh, Tugu Darussalam, dan Lapangan Jasdam Banda Aceh, tingkatan demi tingkatan, ujian kenaikan telah pula kujalani dengan sepenuh hati. meski berat namun semangat petarung teah membuatku menjadi lebih kuat dan punya tekad yang membara. Bimbingan dan arahan Pelatih Utama Profi Sejarah Tarung Derajat Aceh Jaya Yanyan Rahmat saat itu membuat saya ingin membawa olah raga beladiri ini ke tempat kelahiran saya di Aceh Jaya.

image

Tepatnya awal Tahun 2004, berbekal tingkatan Kurata IV dan restu Pelatih Utama, saya mencoba membuka Tarung Derajat di Aceh Jaya. Saat itu jumlah Anggota hanya 10 Orang, namun tanggung jawab mengembangkan olah raga beladiri ini tetap saya jalankan sebaik-baiknya, tapi Bencana Gempat dan Tsunami pada tahun 2004 hampir menghancurkan impian saya, Kota Calang, Aceh Jaya hancur, korban berjatuhan dimana-mana. Aceh Jaya Down dan semua lini dan aktivitas kehidupan seolah berhenti.

image

Di tengah semangat dan sisi kehidupan seolah berhenti, ide dan keinginan hamper terhenti, tepat pada tanggal 6 Mei 2008 saya kembali mencoba bangkit dan melanjutkan semangat petarung di dalam diri dan mengaktifkan kembali Tarung Derajat di Aceh Jaya. Ternyata tidak sia-sia, karena selain telah terbentuk, Tarung Derajat Aceh Jaya berhasil mengikuti Kejuaraan Daerah I Pengprov Aceh. 5 Orang Petarung Aceh Jaya (3 Putra dan 2 Putri) berhasil mengharumkan nama Kabupaten Aceh Jaya dengan torehan Dua Emas (Resika Afrilia dan Elva Seroja) dan Satu Perak di Raih Oleh saya sendiri, Muhammad Jhoni, SP meskipun saat itu secara resmi KONI Aceh Jaya belum Terbentuk.

image

Rasa bangga tidak bisa disembunyikan, mengingat bahwa selama menjadi pelatih daerah dan memimpin tarung derajat di Aceh Jaya 5 Medali (3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu) telah disumbangkan oleh putra putri aceh Jaya.

image

image

Meski saat ini saya sudah tidak aktif lagi sebagai petarung dan berfokus kepada keluarga dan pekerjaan, menjaga kondisi kesehatan dan selalu bersilaturrahmi para petarung-petarung dan pembicaaraan tidak jauh dari tarung derajat, demikanlah keterikatan saya dengan tarung derajat. Hari ini saya tetap bersemangat dan akan ada terus ada ikatan emosional yang tinggi antara saya dan tarung derajat.

image

image

Kang Zoel adalah sosok Pembimbing yg selalu setia dengan saya saat Pembukaan Satlat Pertama Kota Calang

image

image

image

image

image

image

Sekelumit cerita ini, semoga bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi para petarung Aceh Jaya yang saat ini sedang berlatih, di gembleng dan dipersiapkan. Tetaplah kompak dan semangat dalam berlatih dan tunjukan kepada mereka bahwa aceh jaya memiliki petarung handal. Box…!! Cc. Kang @khaimi Kurata IV non aktif.

Sort:  

Alhamdulillah,, lahir juga tulisan itu kang @muhammadrivaldy alias kang Jon. Semoga @sevenfingers and friends come.

Box....!!!

Sungguh Indah Dan Trima Kasih Kang @khaimi

Mantab,, dari Bangkit Pasca Tsunami menuju Prestasi. Benar2 semangat dan perjuangan. Tulisan menarik. Keep on steemit.

Makasih Bro@Kbsrelation

Congratulations, your post had been chosen by curators of eSteem Encouragement program. Feel free to join and reach us via Discord channel if you have any questions or would like to contribute.


eSteem Line
Thank you for using eSteem

CREATE YOUR OWN @REVIEWME PROFILE TO START EARNING CREDIBILITY STARS FROM THE COMMUNITY!

CREATING YOUR PROFILE IS EASY! JUST FOLLOW THE STEPS HERE ☜(ˆ▿ˆc)

You can trade your earned credstars for SBD!

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 64349.87
ETH 2775.11
USDT 1.00
SBD 2.65