Potret Demonstran Terbakar, Fotografer AFP Juarai Penghargaan Foto Dunia 2018

in #photo6 years ago


Sumber

Fotografer dari Kantor Berita Agence France-Presse (AFP) Ronaldo Schemidt memenangkan Penghargaan Foto Dunia tahun 2018. Ia memotret seorang pengunjuk rasa di Venezuela yang terbakar. Para dewan juri menyebutksan, gambar tersebut menggambarkan negara yang ‘terbakar’.

Foto Schemidt ini direkam saat terjadi bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi anti huru hara saat terjadi aksi menentang rezim Presiden Nicolas Maduro di Caracas tahun lalu.

Schemidt yang bermarkas di Meksiko sedang meliput demonstrasi untuk AFP pada Mei 2017, ketika Victor Salazar yang berusia 28 tahun terbakar saat dia dan para demonstran lain mencoba untuk menghancurkan sebuah sepeda motor polisi dan tangki bensin itu meledak di wajahnya.

Saya merasakan ledakan di belakang saya dan saya merasakan panas. Saat itu saya berbalik dan langsung memotret tanpa melihat apa yang sedang terjadi, kata Schemidt.

Gambar api yang membakar tubuh Salazar - yang mengenakan topeng – seperti jubah api api berjalan. Api membakar seluruh tubuhnya. Tapi dia berhasil selamat dari insiden dengan luka bakar tingkat pertama dan kedua.

Namun hadiah itu justru menjadi pil pahit bagi Schemidt, 46, yang juga warga Venezuela, meskipun Ia meninggalkan negara itu 18 tahun lalu. Saya memiliki emosi yang bertentangan. Saya tahu apa yang sedang dialami Venezuela, katanya.

Keluarga Schemidt sendiri telah terperangkap dalam kelaparan, hiperinflasi, dan kondisi serba kekurangan yang memicu protes - empat bulan pertempuran di jalanan dan menewaskan 125 orang.

@zainalbakri

image

Sort:  

Dasyhaaaat....photo dan pesan yang dibawanya..., di ocean bang aku traktir kopi kalau hari jum'at gini....hehehe

Hehehe. saya di kantor besar, Taufik 2. beberapa kali mau singgah ke situ, tetapi parkirnya susah. @d4ysign

Wow..emejing banget fotonya

People who liked this post also liked:

Ideologi Media [8] by @masriadi

Ekonomi Politik Media [15] by @halidabahri

Every Steemian is a Steem Ambassador | Semua Steemians adalah Steem Ambassador | by @ayijufridar

We are Discover Steem, if you like our work consider giving us an upvote. :) If you don't wish to receive recommendations under your posts and to be recommended, reply with STOP.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 58186.66
ETH 2353.20
USDT 1.00
SBD 2.37