Ini Saya Sesungguhnya | It's Real Me

in #introduceyourself7 years ago

IMG_20170730_184250.jpg
Mulai bekerja di sebuah media Harian Serambi Indonesia pada Mei 2008. Sebelumnya saya sempat bekerja sebagai fasilitator di BRR Satker PRKS, untuk wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe 2006. Sebelumnya lagi saya juga sempat bekerja Tenaga Penyuluh Desa (TPD) Asian Development Bank (ADB), di Desa Matang Lada, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara 2008.

***IMG_20161213_143541.jpg
Ketika bekerja di ADB dan juga di BRR Satker PRKS saya belum begitu mengenal atau menyukai menulis. Kalaupun ada waktu senggang untuk menulis, saya menulis pada malam hari saja, dengan alasan suasana pada malam hari baru sempat. Jadi, jarang sekali menulis pada sore dan pagi hari.


IMG_20170328_124831.jpg
Tapi ketika mulai bekerja di Harian Serambi Indonesia saya mulai terbiasa menulis. Awalnya hanya menulis berita straiht news atau juga spot news. Hanya itu. Dan itu itupun saya tulis pada sore hari.


IMG_20170512_092643.jpg
Tapi dua tahun kemudian, saya mulai belajar bagaimana menulis berita indept news dan juga berita investigasi untuk mengisi tabloid Kontras. Untuk bisa menulis berita investigasi dan berita indept news tidak mudah bagi saya. Konon lagi saat itu, jarang sekali ada pelatihan di wilayah bekerja saya, Kabupaten Aceh Utara dan Lhokseumawe.


IMG_20170320_104405.jpg
Salah satu solusinya adalah dengan membaca. Saat itulah saya mulai memperbanyak membeli buku, ya buku apa saja yang berhubungan dengan menulis atau spesifiknya jurnalistik. Untuk memperdalam ilmu tentang sosial karena sebelumnya saya menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Aceh Utara, saya melanjutkan pada pendidikan nonformal, yaitu Sekolah Demokrasi Aceh Utara yang diselenggarakan LSM Sepakat.


IMG_20170108_133453.jpg
Saat sekolah demokrasi, banyak pengalaman yang didapatkan. Karena pengajar di sekolah demokrasi bukan hanya akademisi dan aktivis serta penulis local saja yang jadi pemateri, tapi kadang tingkat nasional. Untuk melatih kemampuan penulis siswanya, sekolah demokrasi sering mengadakan pelatihan.

Untuk bisa menyelesaikan pendidikan di sekolah tersebut, harus mampu menulis opini minimal lima kali terbit media massa. Selemah-lemahnya iman di buletin sekolah demokrasi yang dikeluarkan tiap bulannya. Saya mulai percaya diri menulis artikel ketika sudah terbit di media dan setelah meraih juara satu menulis tingkat Aceh yang diadakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Lhokseumawe dan juara 1 nasional juga lomba menulis artikel.

Steemians
Follow saya ya@jaff

Sort:  

Welcome to Steemit ! Aceh seems to be the capital of Steem.
Greetings from Mallorca :)

Regards back to Mallorca from Aceh

Welcome to family :)

Welcome to Steem @jaff I have upvoted and sent you a tip

A new Steemian :-) hello @jaff I hope you enjoy your time here, its a great community ! Nice post, wish you much luck! I Have upvoted and will follow your account. Don't hesitate to contact or follow me at any time :-) See you around @tradewonk

I do not hesitate to follow you. Thanks please input to me

Welcome to steemit. Best of luck with your journalism career

Selamat datang di steemit Semoga sukses dengan karir jurnalisme Anda

selamat bergabung bung @jaff. enjoy

welcome to #steemit Community ... u can follow me if u like ... my posts will u earn n grow faster
https://steemit.com/steemit/@rajag234/who-wants-to-be-tagged-in-my-post-to-see-it-first-looking-for-friends

Hi @jaff welcome to steemit! From what I can see you are from Indonesia. Great to have you here with us, thanks for the great content and pictures. I think you going to do great!

I would like to invite you to come play #spotthesteemian with @bitminter

CLICK HERE

I like teh follow comunity #spotthesteemian

Selamat Bergabung @jaff
Follow me @foarsyad

Welcome and hope you enjoy here.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 61519.90
ETH 2995.96
USDT 1.00
SBD 3.45