Bikin Posting Plagiat Di Tag Indonesia = Pengkianat Bangsa! (Making Plagiarism on Indonesia Tag = Nation Traitor!)-[WP101]

in #indonesia7 years ago (edited)

Note : sorry for my English. I use google translate and do not have time to edit it in propely

Polemik di Komunitas Steemian Indonesia (Polemic in Indonesia Steemian Community)

Ada dua isu masalah penting di komunitas steemian Indonesia :

1. Masalah ketidakpuasan akan Komunitas Steemit Indonesia.

Banyak saya melihat postingan dan komentar yang menyatakan ketidakpuasaan akan Komunitas Steemit Indonesia yang dikomando oleh @levycore dan @aiqabrago yang setahu saya didukung oleh @curie cs dan @donkeypong serta @kevinwong. Ketidakpuasan ini karena masalah vote yang dianggap tidak merata dan adanya anggapan pilih kasih didalam Komunitas Steemit Indonesia

Bahkan terjadi salah paham, hal ini wajar dalam dinamika berorganisasi, akan tetapi salah paham karena alasan di atas tidaklah seharusnya terjadi. Perlu dipahami @levycore dan @aiqabrago adalah manusia biasa dan saya tidak bermaksud membela keduanya, akan tetapi harap dimaklumi bahwa mereka juga sudah melakukan beberapa usaha dalam membuat steemian Indonesia agar bergairah untuk membuat postingan. Apalagi ada dukungan dari @curie cs , @donkeypong dan @kevinwong, untuk memajukan steemian Indonesia dan kita menghargainya.

Ada suatu saran bagi @levycore dan @aiqabrago seyogyanya melakukan pengumuman, sosialisi dan keterbukaan pengelolaan dalam Komunitas Steemit Indonesia. Hal ini berguna agar tidak terjadi kesalahan pahaman antar steemian Indonesia.

2. Maraknya postingan plagiat yang dilakukan oleh oknum-oknum steemian Indonesia yang notabene ingin memecah belah kesatuan steemian Indonesia di steemit.

Entah disengaja atau tidak, banyak oknum steemian Indonesia yang membuat postingan plagiat dengan menggunakan tag #Indonesia. Saya tidak tahu motivasi utama dari mereka, apakah semata-mata untuk mendapatkan SBD atau motivasi lainnya. Kecurigaan saya yang lain adanya oknum-oknum yang menginginkan tag #indonesia rusak sehingga tidak dipakai lagi dan menguntungkan kelompoknya sendiri. Saya curiga oknum-oknum yang merusak tag #indonesia ini adalah orang-orang yang merasa bukan menjadi bagian dari steemian Indonesia. Mudah-mudahan kecurigaan ini tidak terjadi, akan tetapi saya tetap menganggap para pembuat postingan plagiat dengan mengunakan tag #indonesia adalah boleh disamakan dengan pengkianat bangsa. Tindakan mereka telah merusak nama #indonesia dan steemian Indonesia yang telah jujur dalam membuat postingan di steemit sehingga saya rasa tindakan mereka tersebut hampir sama dengan pengkianat bangsa.(hpx)

English Version

Polemic in Indonesia Steemian Community

There are two important issue issues in the Indonesian steeming community:

1. Problems of dissatisfaction with the Indonesian Steemit Community.

Many I see posts and comments stating the discontentment of the Indonesian Steemit Community commanded by @levycore and @aiqabrago which to my knowledge is supported by @curie cs and @donkeypong and @ kevinwong. This dissatisfaction is due to the unacceptable vote issue and the belief of favoritism within the Indonesian Steemit Community

There is even misunderstanding, this is natural in the dynamics of organizing, but the misunderstanding for the reasons above should not happen. It should be understood @levycore and @aiqabrago are ordinary people and I do not mean to defend them, but please understand that they have also done some effort in making Indonesian steemian to be passionate to make posting. Moreover, there is support from @curie cs, @donkeypong and @kevinwong, to advance Indonesia's steemian and we appreciate it.

There is a suggestion for @levycore and @aiqabrago to make announcements, socialization and management openness in the Indonesian Steemit Community. This is useful in order to avoid misunderstandings between Indonesian steemans.

2. The rise of plagiarism post made by Indonesian steemian elements who in fact want to divide the Indonesian steemian unity in steemit.

Whether intentional or not, many Indonesian steemian elements make plagiarism posts using #Indonesia tags. I do not know the main motivation of them, whether solely to get SBD or other motivation. My other suspicions are that individuals who want the #indonesia tag are broken so they are not used anymore and benefit their own group. I suspect those who destroy the #indonesia tag are people do not want to be part of steemian Indonesia. Hopefully this suspicion does not happen, but I still consider the plagiarist post maker using #indonesia tag is a national traitor. Their actions have damaged the Indonesian #indonesia and steemian names who have been honest in making posts in steemit so I think their actions are almost the same as the national treason. (hpx)

Sort:  

By the way, knp akun sherlockholmes itu lama banget ga aktif lg ya. Padahal seru ngikutin kasus2 nya. Tp reward dia jadi nol semua? Apa di downvote ya?

kelihatannya iya mbak, ini lagi seru2nya ada perang vote dan downvote antar whale, coba cek

https://steemit.com/opensource/@elear/you-are-playing-the-very-wrong-game-with-the-very-wrong-guy-i-am-gonna-turn-you-down .

Disana disebutkan adanya vote dan downvote antar whale :)

wah panas nih lautan kalo ada perang downvote antar paus gitu. Duh sayang banget ya itu sherlockholmes itu, hmm...mgkn itu risiko yg harus ditanggung krn mengungkapkan kebenaran.

btw gimana sih cara lihat report di steemcleaners dan cheetah secara cepat utk tahu siapa2 aja org indonesia yg plagiat? emang sih udah ada linknya di report itu tapi kan harus buka satu satu. aduh sy emak2 rempong ga ada byk waktu utk onlen. rada gagap juga ini ga tahu caranya. ato ada aplikasi khusus gitu?

Biasanya lihat dipostingan si cheetah Dan steemcleaner. Cuma musti cek satu2. Laporannya Ada periode mingguan jadi ngecek nya satu2, campur aduk dengan postingan lainnya. Jadi agak susah ngeliat yang dari Indonesia. Saya bingung kalau ngeceknya..ha..ha :) kelihatannya belum Ada yg bikin softwarenya

Iya, itulah. Sy juga liat memang report di post mingguan. Tp buka satu per satunya itu lho. Maak lamanya...

Menurut saya maraknya perkembangan steemit di Indonesia mendorong munculnya steemian2 baru yg masih belajar, bahkan mereka ada yg sama sekali belum mengerti, lihat steemian indonesia pakai tag indonesia ya mereka pakai juga, krn mrk merasa org indonesia juga, jangan terlalu dini menuduh tanpa riset yang bisa dipertanggungjawabkan, mari sama2 mengingatkan dengan cara yang santun dan jangan campur adukkan masalah ksi dengan tag indonesia itu tdk ada korelasinya, krn tidak semua steemian di indonesia tahu tentang ksi dan apa memang ada sebuah manajemen yg mengaturnya. Demikian pendapat saya, terima kasih dan mohon maaf jika kurang berkenan

saya setuju dengan anda.

Yap... saya terima masukannya.. makasih! Perlu saya klarifikasikan bahwa postingan ini bukan menyudutkan steemian Indonesia yang baru bergabung, tetapi untuk mengingatkan seluruh steemian Indonesia, karena sudah mulai marak kembali plagiat. Bahkan ada beberapa yang sudah diingatkan tetapi tidak mengindahakan, beberapa contoh plagiat yang ada di steemit adalah copy paste komentar dibeberapa postingan. Saya sebetulnya mau mengumpulkan postingan plagiat2 ini akan tetapi karena keterbatasan tenaga dan waktu, saya belum bisa mewujudkan. Akan tetapi saya berani mengatakan bahwa saya menemukan banyak postingan yang plagiat yang dibuat oleh oknum-oknum steemian Indonesia, sejak mulai saya sudah bergabung di steemit sejak pertengahan tahun 2016, awal-awal tahun 2017 sempat mulai menurun karena adanya pengawasan dan digaungkan oleh beberapa steemian seperti @sherlockhomes, @stellabelle dan lainnya (maaf kalau salah ketik) untuk melakukan pemberantasan plagiat.

Masalah ksi dan tag#indonesia perlu saya jelaskan ada beberapa kesalahpahaman dari beberapa steemian baru bahwa penggunaan tag indonesia dapat menggenjot jumlah vote dan penerimaan SBD. Akhirnya ketika tidak mendapatkan vote, sebagian besar dari mereka kecewa. Padahal dari penggunaan tag #indonesia berguna hanya untuk agar mudah adanya koordinasi saja. Nah inilah yang tidak dipahami oleh para pengurus ksi, karena kurang adanya sosialiasi akhirnya banyak yang kecewa, dipikirnya penggunaan tag Indonesia untuk mendapatkan vote banyak.

Mengenai adanya manajemen ksi yang mengaturnya nah itu tanyakan kepada pengurusnya, jujur saja saya juga masih bingung misi dan visi dari ksi. Saya juga masih menarawang mengenai mereka. Saya rasa ksi itu bentukan dari bagian proyek @curie , coba lihat postingan @curie disana tertera namanya @levycore dan @aiqabrago dan didukung oleh @donkeypong dan @kevinwong. Salam !

Ya Mas.. terima kasih telah menghilangkan kata2 separatis, karena apapun alasannya kata2 itu emang sangat sensitif di sini, bikin baper, hehehehe. Sehingga maksud baik yang ingin disampaikan bisa bias dan langsung merasa jd tersangka, sebagai oknum2 yg mas maksud itu, padahal kami di sini, nsc, bsc dan komunitas lainnya ikut menggaungkan #indonesia dengan tujuan mulia, jika ada plagiarism mari kita awasi bersama.

Siap ...terima kasih sudah memberikan masukan. Siip :)

Bahkan terjadi perpecahan sehingga muncul komunitas-komunitas kecil, hal ini wajar dalam dinamika berorganisasi, akan tetapi perpecahan karena alasan di atas tidaklah seharusnya terjadi

Saya curiga oknum-oknum yang merusak tag #indonesia ini adalah kaum separatis yang mengancam keutuhan NKRI.

Bisa di perjelas soal ini? saya tidak faham dan tidak mengerti ...

saya punya pertanyaan buat mas @ happyphoenix .

  1. Apakah tidak boleh lahir komunitas lain?
    2.Apakah semua harus tunduk pada kebijakan KSI?
    3.Apa saja aturannya jika ingin membentuk komunitas kecil?
    4.Siapa saja pelaku oknum-oknum yang merusak tag#indonesia?

itu dulu yang saya ingin dapatkan .. karena saya adalah satu orang yang membuat komunitas kecil NSC .. saya harap bisa memberi jawaban yang mantap .. krn kami juga indonesia (bukan sparatis).

salam

@steem77

makasih mas komentarnya. Saya coba jawab sebisa mungkin ya!

  1. Boleh mas, asal saling mendukung dengan komunitas lainnya, dalam artian kita tetap mendukung steemian lainnya yang bukan notabene anggota komunitas kita. Jadi komunitas hanya bersifat koordinir dan diskusi guna saling mendukung. Dalam artian kayak kita melempar batu di air, dari lingkaran kecil yang muncul nanti akan membesar. Begitu gambaran konsep saya. Selain itu adanya komunitas ini harus bermanfaat bagi komunitas lainnya seperti contohnya komunitas NSC yang dimotori oleh @abunagaya yang membuat web steem-id.com.. Hal itus sangat bermanfaat bagi steemian Indonesia lainnya yang notabene bukan anggota komunitas inti NSC.
  2. Boleh saja mas, asalkan kebijakan tersebut masuk akal dan bermanfaat bagi semuanya contohnya penggunaan tag #indonesia yang digaungkan oleh KSI. Nah ini adalah kebijakan yang baik. Jadi kalau boleh dikatakan optional sifatnya.
  3. Nggak ada aturan bakunya, malah kalau ada teman sekampung mau bikin komunitas untuk ajang diskusi boleh saja. Asal membawa manfaat.
  4. Nah ini bisa berarti luas mas, saya takutnya perusakan tag #indonesia digunakan oleh oknum2 tertentu agar tag tersebut tidak digunakan lagi oleh steemian indonesia dengan cara menebarkan postingan plagiat di akun2 ganda akhirnya karena sudah rusak nggak ada yang vote dan tidak ada yang mau memakai tag itu (ini pemahaman saya), nah akhirnya oknum2 ini akan mencari keuntungan dari hal tersebut. Perlu ada kewaspadaan karena media sosial sekarang sering dijadikan ajang atau alat untuk perpecahan. Penggunaan tag sebenarnya berfungsi untuk mempermudah melakukan pengecekan postingan agar bisa melakukan vote dengan efektif.

salam

  • Kami selalu mengajak menggunakan tag #indonesia bisa di lihat dari postingan saya. dan itu komitmen kami di NSC.

  • Namun postingan ini sedikit melukai kami di NSC seakan-akan kami lahir dari proses haram. seakan-akan semua harus KSI (maaf jika pernyataan saya ini sedikit tendensius).

  • soal penyebutan sparatis itu sangat tidak elok di saat kita mengajak kita berpikir bersama utk indonesia (karena lebel sparatis itu utk kami orag aceh yang pernah di lebel kan oleh negara).

salam

@steem77

terima kasih atas masukannya akan saya edit postingan saya. Cuma saya bingung mas kenapa kok ada anggapan NSC seakan anak haram ksi? saya juga bingung (maaf saya cuma bertanya saja, saya sejujurnya nggak ada anggapan seperti itu) salam :)

terima kasih atas mau mengedit ..
itu lahir dari pandangan saya .. krn membaca postingan mas ... karena NSC adalah komunitas kecil dan sangat kecil dan belum ada apa-apa nya ... dan saya sampaikan sangat tidak elok ada penyebutan komunitas-komunitas ... maka dari itulah saya punya pandangan begitu ...

Salam

@steem77

oke saya edit terima kasih atas masukannya. juga terim kasih sudah tabayyun. Maaf bila ada yang menyinggung, saya tidak ada maksud untuk itu. sudah saya edit ya :)

terima kasih .. inilah enaknya kita ... kita #indonesia

salam mas ... terima kasih... terus berkarya siip :)

inilah kita semuanya satu
#satujiwa #indonesia

salam dari Bali

saya tunggu jawaban mas @happyphoenix ... dan kita bisa diskusikan hal-hal yang bisa membuat masalah ini selesai ... misalnya soal aturan komunitas kecil yang lahir ... dan apa saja aturannya atau memang tidak boleh ada komunitas selain KSI

kita berharap disteemit ini saling menghargai, jangan ada permusuhan apalagi menghancurkan pilihan orang lain, kita sama bermain steemit, jadi saya berharap jika postingan sesuai peraturan bisa dapat upvote, saya ingat, saya pernah membuat bahkan mengikut kontes bahasa indonesia, walaupun saya tidak sering menggunakan bahasa dan tag indonesia, tetapi saya menghargai perbedaan, saya pernah ikut kontes yang dibuat oleh Curator kita, tetapi postingan saya tidak mendapat perhatian sedikitpun bahkan sambutan pada coment saja.

mungkin saat pertama masuk steemit saya tidak menggunakan tag indonesia, secara profesional itu tidak bermasalah..

saya berharap disini bermain secara uud profesional bukan emosi..

makanya mas @happyphoneix saya tidak sering menggunakan tag indonesia, padahal saya mau mendukung tag indonesia.

saya sangat suka postingan anda ini...semoga tag indonesia menjadi lebih maju dan dipercaya oleh pengguna steemit dunia.

terimakasih..

memang betul mas, waktu awal-awal kontes banyak yang protes dan saya tahu itu, karena saya melihat komentar-komentar dari beberapa para peserta.

Mengadakan kontes itu memang perlu persiapan apalagi bila sifatnya terbuka dan bukan berarti perorangan, contohnya bila saya membuat kontes yang dibiayai oleh diri saya sendiri, maka pemenangnya yang menentukan adalah suka-suka saya. Akan tetapi bila kontes itu melibatkan banyak orang apalagi itu hadiahnya berasal dari sumbangan atau donasi orang lain, maka perlu dibuat suatu persiapan. Misalnya persiapan panitia kecil-kecilan, seperti siapa jurinya dan apa kriteria lombanya. Nah yang paling penting adalah penilaianan secara obyektif. Saya kira waktu itu mereka belum mempunyai pengalaman mengadakan lomba . Lain bila halnya orang yang sudah pengalaman menjadi panitia lomba secara skala daerah atau nasional (catatan menjadi panitia lomba Agustusan antar RT juga termasuk pengalaman mengadakan lomba).

Mengenai pemakaian tag #indonesia memang diserahkan kepada pribadi masing2, seperti yang telah saya jelaskan kepada @rafya di komentar postingan ini. Banyak salah kaprah oleh steemian Indonesia, bahwa dengan penggunaan tag#indonesia akan mendapatkan vote, padahal tidak selalu. Nah inilah yang menjadi polemik karena yang menggaungkan adalah pengurus ksi dan akhirnya terjadi salah paham karena kurang adanya sosialisasi.

siip tetap berkarya ya... terima kasih sudah meluangkan waktu untuk berdiskusi. :)

sama sama :)

Saya hampir mengerti arah pembicaraan anda walau agak simpang siur. @happyphoenix, anda menggunakan kata sparatis dalam tulisan anda, itu sama saja anda menyudutkan kami orang Aceh,,, jangan anda tebar kebencian di Steemit. Ini media tempat saling berbagi, dan yang menggunakan postingan plagiat bukan hanya orang Aceh, saya sangat segan dulunya kepada anda, karena anda termasuk orang kepercayaan @good-karma untuk terjemahan Bahasa Indonesia. Tapi itu semua berubah dengan postingan anda diatas, distas langit masih ada langit jangan bangga anda orang pertama pakai steemit, sehingga bebas mengecam sesuai dengan kemauan anda.

Kami menghargai perbedaan, tidak ada yang berencana merusak #Indonesia, bahkan dalam setiap kesempatan para kurator menganjurkan #Indonesia digunakan pada tag pertama atau kedua. Itu suatu bukti bahwa kurator komit memajukan tagar Indonesia, saya yakin @curie cs, @donkeypong dan @kevinwong bukan hanya memberi kepercayaan tanpa mengawasi, dan siapa yang diberikan kepercayaan bukan atas dasar kemauannya, tapi dengan penuh pertimbangan.

Mohon penjelasan terkait kata-kata sparatis,,, supaya tidak ada permusuhan di Steemit.

mohon maaf mas, kalau saya jawab.
saya rasa itu kembali kepada kita mas yang mau mengertikan pembahasananya. Bukan saya membeli si author. Karena saya sendir melihat, saya pernah membaca, saya juga pernah mengikuti bagaimana pembahasan masalah tag dan juga bagaimana ada suara yang tidak senang dalam kita telah mendapatkan vote meskipun telah menggunakan tag Indonesia. tapi saya rasa menggunakan peribahasa tersebut juga tidak elok. dan juga masalah separatis, sekarang separatis itu tidak hanya ingin memisahkan diri dari Indonesia, tapi juga keingingan untujk mengubah pedoman dan juga landasan negara kita juga termasuk dalam ketogori ini. jadi ada baiknya menanyakan maksud si penulis sebelum memakai peribahasa tersebut.

saya sendiri dulu pernah merasakan penolakan kita saya mengatakan kalau saya orang Indonesia. Saya masih mikir positif sampai akhirnya masalah emisahan tag itu menjadi sangat kentara. jadi saran saya, mas tanyakan dulu atau mas ingat-ingat dulu bagaimana pemisahan tag itu terjadi.

dan satu lagi saya rasa psotingan ini lahir dari empati penulis kepada kurator karena ada banyaknya postingan lain yang kecewa ketika tidak mendapatkan upvote dari kurator, serta adanya plagiarisme di stemian Indonesia. Bukan untuk ikut menyalahkan kurator itu sendiri.

semoga bisa lebih mencerahkan isi postingan tersebut. karena saya yakin kalau kita memang mau membawa nama baik Indonesia, maka plagiarisme harus kita hilangkan, karena kita #satujiwa #indonesia
salam saya dari Bali.

Penggunaan kata sparatis adalah bentuk egoisme penulis, tak usah kita tanya tujuan saja arahnya sudah jelas. Karena pengguna steemit yang ada didaerah yang dianggap sparatis adalah Aceh, untuk menjaga kebersamaan mohon klarifikasi dari penulis terhadap kata-kata sparatis.

dengan tidak mau bertanya tentang tujuannya bukankah itu bentuk egoisme dalam menafsirkan pernyataan seseorang mas. maaf

separatis/se·pa·ra·tis/ /séparatis/ n orang (golongan) yang menghendaki pemisahan diri dari suatu persatuan; golongan (bangsa) untuk mendapat dukungan

ini merupakan artinya menurut KBBI. jadi apakah ini merujuk kesalah satu suku? saya rasa tidak.
jadi ada baiknya, dibaca dulu sekali lagi, di pahami dulu.
kita masih berbahasa yang sama, apalah susahnya bertanya sekalian bersilaturahmi.

salam damai

walah... mas Eka sudah mampir dulu...ha..ha..! Kebetulan saya barusan sakit perut habis banyak makan cabai...Tapi lumayan mendingan sekarang, saya kasih penawarnya yaitu susu. Kalau kena kepedasan karena cabai penawarnya memang susu.

Tadi saya juga ragu apa susu bisa menghilangkan mulas dan perih karena kebanyakan cabai ternyata bisa, karena senyawa yang ada di susu bisa menetralisir senyawa pembawa pedas dari cabai. Bisa dibikinin postingan nih.. mas Eka aja yang bikin tinggal goggling aja.

Ha...ha.. jadi bahas susu dan cabai nih siip :)

😂😂😂 saya nanti bahasnya susu yang lain mas. 😃😃

terima kasih masukan dan komentarnya. Sebelum melanjutkan diskusi ini mohon dibaca kembali postingan saya dengan kepal dingin. Selain itu mas @ekavieka sudah menjelaskan sebagian besar dari maksud tulisan saya... salam #satujiwa #indonesia

Saya menemukan postingan ini under transisto post. The title was really captivating. I had a problem previously because I want to be anonymous in helping but that didn't result really good. Saya sendiri lebih suka berada jauh dari radar dan yang anda katakan diatas ada benarnya.

Saya berharap makin banyak konten konten yang free plagiarism dan menarik untuk di masukkan dalam kompilasi harian. Saya senang karena akhir-akhir ini banyak konten-konten menarik yang mulai bermunculan. Meskipun Interesting is subjectivity I think that If a content is well put, free of plagiarism and unique they are worth to be upvoted and curated.

Yes, I hope so. (Saya berharap seperti itu juga)

Adakah nantinya suatu tindakan bagi para steemian yang ketahuan melakukan plagiat serta benar-benar ingin merusak suatu komunitas di indonesia? @happyphoenix

Nah ini yang perlu dipikirkan bersama oleh para steemian Indonesia agar Ada kesepakatan mengenai tindakan untuk menindak plagiat sehingga tidak dianggap sewenang-wenang misalnya melakukan down vote terhadap postingan plagiat

Semoga hal ini dapat di tanggulangi. Saya juga pernah mendengar bahwa indonesia saat ini masuk dalam kategori level atas dalam hal plagiat. Jika hal ini terus terjadi reputasi #indonesia akan buruk.

betul mas.. saya setuju dengan anda :)

Kalau bisa harus lebih jelas atensinya kemana? Biar tidak salah faham. Trimaksih.

Begini mas, maraknya plagiat yang Saya duga ingin merusak tag# Indonesia. Saya curiga Ada oknum2 yg ingin agar tag. #indonesia rusak namanya sehingga tidak menarik steemian Indonesia untuk memakainya. Menyurutkan kiprah steemian Indonesia di steemit, nah lambat laun akan dimanfaatin oknum2 yang ingin menyebarkan tindakan yang merugikan steemian Indonesia untuk kepentingan golongannya sendiri.

Mengenai KSI memang Ada polemik, Dan Saya rasa karena kurang keterbukaan manajemen organisasi sehingga menimbulkan kesalahpahaman diantara steemian Indonesia.

pelaku plagiat :)

coba cek di steemcleaner atau cheetah...:)

That guy mute you. Ha ha ha

let it be... :) anyway thank you for help

Berbaik sangka aja kpd org lain.

mungkin ada baiknya abang juga berbaik sangka kepada si penulis.

kalau mau lihat plagiat orang Indonesia banyak koq.

salam damai bang,

saya kasihan juga sebetulnya kepada mereka yang kadang selalu terlihat salah.

terpecah menjadi kelompok kecil saya rasa juga tidak salah seperti kata mas @happyphoenix sebagai dinamika organisasi, yang saya harap adanya kelompok kecil itu merupakan cara agar lebih mempermudah komunikasi dan juga bertukar ide dan pengalaman tanpa menghilangkan tujuan kita untuk memajukan tag #indonesia serta mebawa nama baik Indonesia.

Kalua kita hanya menuntuk negara agar menjadi lebih baik, tapi bahkanhanya dengan menggerakkan jari kita, kita malah membuat jelek nama Indonesia, maka sudah sepatutnya kita bertanya, Apakah kita orang Indonesia?
salam waras mas, salam #satujiwa #indonesia

Watch out one guy flagged the post

Betul mas, justru kelompok2 kecil in bisa jadi embrio pembinaan steemian Indonesia, Dan jangan dianggap sebagai ancaman. Siip Salam #satujiwa #indonesia

menurut saya penduduk baru di steemit alangkah baiknya jika stemit indonesia bisa berkumpul. Seperti mengadakan seminar terbuka tentang steemit.

maaf kalau komen saya kurang berkenan.

Iya betul mas, ini bisa dilakukan melalui kelompok2 kecil yang memberikan pendidikan ke steemian baru.

Dari tulisan tersebut saya kurang memahami apa yang sedang terjadi dan apa yang menjadi maksud tujuannya ? Bisa diperjelas supaya tidak simpang siur. Saya fikir ini era terbuka supaya jelas. Mohon maaf sebelumnya @happyphoenix

Banyaknya plagiat di kalangan steemian Indonesia yang dilakukan oleh oknum yang menginginkan agar tag #indonesia rusak Dan akhirnya dimanfaatkan oleh golongan tertentu.

Kemudian masalah KSI yang mengalami krirs ketidakpercayaan dari kalangan steemian Indonesia sehingga perlu Ada keterbukaan manajemen organisasi.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 61888.55
ETH 3400.93
USDT 1.00
SBD 2.50