Empat Jurus Ampuh Berlayar di Steemit!

in #indonesia6 years ago (edited)

27901985_820888848112220_1916875767_o.jpg


Tiga bulan lalu, tepatnya Pada bulan November, 2017 adalah pertama kali saya membuat postingan sekaligus mengenalkan diri di Steemit. Tajuk tulisan saya yang pertama adalah Salam Kenal dari Etty Diallova. Itu adalah kali pertama saya membuat postingan sekaligus mengenalkan diri di Steemit. Pada saat itu, saya belum ada gambaran tentang apa itu bitcoin, Blockchain STEEM yang menghasilkan STEEM dan Steem Dollars. Karena yang ada di benak saya adalah, bagaimana saya bisa berkarya dan menyalurkan hobi menulis yang saya miliki.

“Balas komentar yang diberikan teman-teman, lalu follow akun mereka,” tutur Eyang @jharyadi, selaku orang pertama yang mengenalkan saya ke Plathform ini.

Sempat merasa kesulitan, maklumlah jam kerja di Taiwan tidak seperti di negara sendiri. Yang masih mendapat kompensasi waktu rehat dan bersantai ria. Namun, pelan-pelan saya mengikuti nasihat yang diberikan Eyang kepada saya.

Sambutan hangat sahabat pun saya rasakan, bahkan postingan pengenalan diri saya masuk kategori komentar terbanyak yang juga disoroti oleh @paulag. Steemian kaum hawa yang aktif menyoroti tumbuh kembangnya Steemit. Keesokan harinya, postingan kedua pun saya kirimkan, dan puji syukur langsung naik curator @ocd, Postingan kedua saya bertajuk Singo Barong Tampil Memukau di Taiwan, bahkan selang beberapa hari kemudian, kembali postingan saya didatangi Kak @macchicha dan masuk @ocd kembali. Sehingga dalam waktu satu bulan, saya bisa mencapai reputasi 48. Kemudian terus merangkak hingga kini berada pada reputasi 52. Meskipun setelah 50, akan lebih sulit kita untuk mencapai ke reputasi 51, dan seterusnya. Dibutuhkan usaha yang double ekstra dan memacu kreatifitas.

Lalu, Apa sih Kunci agar kita bisa berlayar si Samudera Steemit? Nah .... kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang saya rasakan selama tiga bulan berlabuh di Steemit.
Here we go!


27157167_812940072240431_733662746_n.jpg


1. Fokus Membuat Konten yang Berkualitas

Tidak dapat dipungkiri, imbalan reward yang kita dapat di Steemit membuat silau di angan. Meskipun saya pribadi, belum pernah mencairkan. Karena saya investasikan dalam bentuk Steem Power (SP), dimana dengan SP yang besar saya bisa memberikan nilai vote yang lebih tinggi, sekaligus dapat membantu rekan-rekan baru yang bergabung ke media ini. Namun, jika pikiran kita hanya tertumpu pada pendaptan, takutnya jika postingan kita tidak mendapatkan Upvote seperti yang kita inginkan, rasa kecewa terlalu berlebihan. Sehingga enggan melakukan postingan lagi. Jadi, pupuklah niat untuk berkarya, perkara hasil pasti mengikuti akhirnya.


28342811_827076674160104_1458347381_o.jpg


2. Membangun Komunitas

Seperti ulasan saya sebelumnya, berlayar di Steemit ibarat menerapkan Filosofi sapu lidi. Jika hanya sebatang lidi yang kita gunakan, akan mudah patah. Namun, jika lidi-lidi tersebut kita satukan, dengan mudah bisa membersihan jalan, meskipun dengan sampah yang berserakan. Bergabunglah ke komunitas, karena kita akan mendaptkan ilmu dan pencerahan dari rekan-rekan yang lebih dahulu di plathform ini. Berbagi pengalaman dan saling mengingatkan, jika ada yang lupa atau melakukan kesalahan. Bahkan dengan berkomunitas, atas saran dari Mas @happyphoenix, saya bisa mengenal akun Steemian Taiwan, beliau adalah @livinguktaiwan. Dari beliau saya disarankan mengikuti perlombaan #culturevulture, mengingat saya kerap membuat postingan kegiatan kebudayaan Indonesia di Taiwan. Dan satu buah artikel yang saya buat dialih bahasa kedalam tulisan China oleh @ygern dan diposted oleh @deanliu. Karya saya tersebut bertajuk Pernikahan Massal WNI di Taiwan. Ini membuat saya benar-benar terharu sekaligus bahagia, karena di Steemit saya mendapatkan kejutan-kejutan berharga, yang tak pernah terprediksi sebelumnya. Dari hasil alih bahasa tersebut, saya mendapat bagian reward yang didapat dari postingan PJ penyelenggara.


28685303_834801390054299_1084139261218783232_o.jpg

Source


3. Konsisten

Melakukan sesuatu secara konsisten di dalam hidup memang tidak mudah, tetapi ini sangat penting dalam kehidupan kita. Konsisten akan dibarengi dengan sikap gigih dan rajin untuk terus memacu perkembangan diri. Konsisten menyuguhkan konten yang berbobot, konsisten berinteraksi dengan pengguna Steemit lain. Sikap keraguan sebelum melakukan sesuatu yang belum terjadi, adalah penyakit yang harus kita hindarkan. Hal tersebut akan menghindarkan kita untuk meraih sesuatu yang besar dalam hidup yang penuh makna.


28951296_834800653387706_5326666617147359232_o.jpg

Source


4. Berbagi

Berbagi tidak pernah merugi. Karena seyogianya merupakan kewajiban setiap insan ciptaan Allah. Jangan pernah enggan untuk berbagi sesama Steemians di Steemit. Baik itu melalui tulisan, Upvote kepada tulisan teman-teman lain yang patut mendaptkan apresiasi. Serta berbagi pengalaman yang bisa memberi wawasan dan pengetahuan di Steemit. Karena berbagi bukan saja dalam persoalan uang, tetapi perihal sekecil apa pun yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Taiwan, 08 Maret 2018


Semoga tulisan ini bermanfaat, sehingga memberikan semangat rekan-rekan untuk berkarya dan tumbuh di Steemit. Karena butuh perjuangan untuk sebuah pencapaian, dan usaha takkan pernah menghianati hasil. Tulisan ini juga ingin saya ikut sertakan ke perlombaan yang dihelat oleh kurator Indonesia Bang @levycore. Baut teman-teman, yang ingin berkontribusi, silakan melihat postingannya di Kontes Steemit Indonesia.


Salam Hangat
ettydiallova
28468327_833173470217091_3740510236679602176_o.jpg
26941599_808429562691482_1680283559_o.jpg

Sort:  

Mbak @ettydiallova memang sangat berbakat menulis dan pembelajar Sejati. Meskipun belum lama di Steemit, tetapi produksi tulisannya luar biasa. Selain isinya bagus, cara pemaparannya juga menarik dan renyah dibaca.

Kalau Anda termasuk pendatang baru di dunia Steemit dan mau sukses, cobalah belajar dari apa yang dilakukan Mbak @ettydiallova. Baca artikel-artikelnya dan ajak diskusi rahasia suksesnya. Pasti dia mau berbagi kepada siapa saja.

Salah satu bukti suksesnya adalah berhasil mengungguli orang yang mengajaknya bergabung di Steemit yaitu saya sendiri. Saya orang pertama yang mengajak Mbak @ettydiallova bergabung di Steemit, tetapi dia berhasil melampaui saya, baik dari penghasilan (reward) maupun dari sisi reputasi (saya masih bertengger di angka 50, sedangkan Mbak Etty sudah ada di angka 52).

Terus terang saya bangga dengan apa yang sudah diperoleh Mbak Etty. Terbukti dia sebagai seorang pembelajar sejati yang mau mengikuti apa yang diajarkan dan menerapkannya dengan tepat.

Semoga Mbak @ettydiallova menjadi salah satu juara dalam kontes ini.

Selamat pagi Eyang @jharyadi.
Keberhasilan seorang murid tidak terlepas dari campur tangan pendidik yang andal, yaitu Eyang sendiri. Rempaan yang Eyang ajarkan, membuat saya semakin giat belajar, berlatih, dan berkarya. Menulis akan lebih luwed seiring dengan produktifitas yang kita lakukan.
Karena butuh perjuangan untuk sebuah pencapaian.

Amiinnn ya Allah,
semoga apa yg saya goreskan bermanfaat untuk pembaca dan rekan-rekan Steemian lainnya!

Bersama kita Bisa

Aamiin yra

Sukses selalu ya Mbak @ettydiallova

Yang paling sulit kita terapkan adalah konsisten. Perlu perjuangan untuk kita selalu konsisten. Karena kita memiliki kesibukan lain yang juga harus kita selesaikan karena itu juga termasuk kewajiban. Membagi waktu bagi saya masih sulit, tetapi saya berusaha sebisa mungkin untuk berbagi, baik dari segi upvote maupun memberikan saran dan komentar di postingan teman-teman.

Bersama kita bisa!!!

Benar sekali Bang @tusroni.
Saya pun berlari bersama waktu untuk bisa memegang prinsip ini. Apalagi dgn kondisi saya yg benar2 sibuk. bekerja di negeri orang.
Terima kasih atas apresiasinya untuk semua postingan saya selama ini Bang.
We are Steemian.

Inilah fungsi komunitas Mba @ettydiallova.
Bersama kita Bisa!!!

motivasi yang luar biasa untuk para pengguna steemit, terutama untuk pemula, agar lebih jauh mengenal steemit itu sendiri.

Terima kasih Bang @arifikob.
Jangan pernah lelah untuk belajar dan berkarya. Karena usaha takkan mendustai hasil

Sama-sama @ettydiallova. kita harus saling memotivasi agar karya anak bangsa bisa menginspirasi dunia.
Steem.jpg

terima kasih atas pencerahannya,...saya sebagai newbie di steemit juga merasakan kesulitan untuk memposting karya tulisan, karena saya memang bukan penulis, tapi alhamdulillah di wadah ini saya bisa banyak belajar dan mendapat pengalaman baru dalam mempresentasikan ilustrasi saya dengan tulisan,..sekali lagi makasih ya mba @ettydiallova atas tips nya

Kembali kasih Bang @achmadramdan
Saya juga masih seumur jagung di Steemit. Ini hanya secuil pengalaman berharga yang bisa saya bagikan dgn teman2 yang lain. Bahwa menjaga kualitas dan membangun komumitas berperan penting untuk pertumbuhan kita di Steemit.

Salam hangat dari Taiwan Bang😊

Terus berjuang dari negeri seberang kak :D

Tetap semangat Bang @asrul.aziz

Amiinn ...sukses selalu untuk kita bersama ya Bang😀

Terima kasih bg :D

seperinya saya lebih suka berbagi dan membangun komunitas
thank for share this

Sama-sama, Setiap orang berhak menentuka pilihan jalan dan tindakan apa yang harus diterapkan di Steemit kak @martunis

Ini tempatnya saya memahami steemit

Mari sama2 belajar Bang @ahmadnayan.
Saya pun harus banyak menyimak IT dari Abang nih, tentang Steemitl

Terima kasih untuk sharingnya. Sangat bermanfaat bagi saya sebagai Steemian baru.
Salam kenal, Mbak :)

Hallo Mba @anggreklestari.
Salam kenal kembali. Selamat datang di Steemit. Mari berkarya dan melakukan perubahan!

Horeee, dapat dapat bermain-main tapi juga peluang poin dan coin...ciamik!

Selamat datang di Steemit Pak @manoegra.
kami menunggu karyanya yah😊

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 63816.85
ETH 3134.82
USDT 1.00
SBD 3.86