#AgmalHistory - Wujud Steemit dari kacamata AgmalirsadisteemCreated with Sketch.

in #indonesia7 years ago

imageSebenarnya sulit mau mulai dari mana, semakin kuat saya berpikir semakin pula otak ini tidak bisa diajak bekerja sama. Ya, daripada saya banyak berpikir untuk mengarang bebas, akan jauh lebih baik hasilnya kalau saya bercerita tentang pengalaman, pembelajaran, mendapatkan teman, bahkan keluarga dalam komunitas @indo-community yang saya dapatkan dalam 6 bulan terakhir.

Banyak sekali yang saya dapatkan didunia Steemit ini. Nah, sekarang saya ingin berbagi pengalaman, cerita, dan pandangan saya tentang "Wujud Steemit dari sisi yang lain"

imageDimulai dari perkenalan ini dimana awal bergabung dalam Steemit ini saya membuat sebuah postingan yang menceritakan tentang siapakah diri saya ini, seperti membuat postingan memperkenalkan kepada orang lain siapa kita sebenarnya, seperti apa kita, bagaimana wujud kita, apa yang menjadi kemampuan kita, perilaku kita dan lain sebagainya.

Awalnya saya sempat berpikir untuk apa kita membuat postingan seperti itu, apakah itu bermanfaat?, Apakah postingan perkenalan ini akan berdampak baik pada setiap postingan kita kedepannya ?. Masih banyak sekali pikiran negatif saya akan hal itu dan saya tetap merasa bahwa itu tidak penting.

imageSeiring berjalannya waktu dan pada akhirnya saya banyak bertemu dengan orang-orang hebat yang telah lebih dulu melalang buana di Steemit ini. Saya banyak bertanya tentang apapun yang berkaitan dengan Steemit ini dan mereka merespon setiap pertanyaan dengan baik. Banyak juga dari mereka yang mengatakan bahwa postingan perkenalan atau memberi informasi tentang siapa kita kepada publik adalah sebagai verifikasi akun Steemit kita atau sebagai bukti bahwa benar kita adalah pemilik akun yang sah.

Saya bergabung di Steemit pada bulan juni akhir bersama 2 orang teman saya yang juga baru mendaftar di Steemit. Pertama kali yang saya dengar tentang Steemit sangat membuat saya senang dan antusias sekali untuk ikut membuat akun Steemit. Bagaimana saya tidak senang, karena di Steemit setiap postingan kita akan mendapatkan bayaran dari postingan tersebut begitu teman saya menyampaikan pengertian tentang Steemit. Dengan keterbatasan ilmu dan akal saya pun menelannya begitu saja, sehingga yang tertanam dalam pikiran saya saat itu hanyalah membuat postingan apapun itu dan mendapatkan uang.

imageDan akhirnya demi mendapatkan upah yang banyak, bayaran yang tinggi disetiap postingan tanpa saya menyadari bahwa saya telah menjelma menjadi "Spammer" bagi setiap pengguna Steemit lainnya. Dengan selalu mengemis untuk menyuruh vote setuap postingan kita kepada orang lain, mengomentari kolom postingan orang lain dengan mengharapkan vote kembali, mengirim link postingan kita pada kolom komentar orang lain untuk mengharapkan vote yang tinggi agar saya mendapatkan uang yang banyak (maklum kepala suka silap kalau urusan uang hehehe).

Tapi itu semua tak pernah saya daptkan, saya hanya memikirkan bagaimana caranya agar saya mendapatkan uang dari Steemit ini, sehingga pada saat itu saya berpikir bahwa semakin banyak vote akan semakin banyak pula hasil yang akan kita dapat, dan ternyata itu salah mutlak.

Hari terus berlalu, banyak sekali orang-orang yang mungkin jenuh dengan pertanyaan-pertanyaan saya yang mungkin spele bagi mereka yang sudah mengerti Steemit namun itu jauh lebih baik dari pada saya menjadi seorang spammer (pikirku). Saya terus belajar dari mereka, saya mulai banyak membaca setiap postingan-postingan yang menyangkut tentang Steemit dan sampai akhirnya saya pun mengerti bahwa jumlah vote yang kita dapatkan tidak berpengaruh terhadap besar kecilnya hasil yang akan kita dapatkan.

imageKarena setiap Steemian memiliki kekuatan vote (steempower) yang berbeda-beda, sehingga saya tahu bahwa semakin besar kekuatan vote (steempower) seseorang maka akan semakin besar nilai kurasi yang akan kita peroleh, dan itu juga tergantung dari persentasi vote yang akan diberikan kepada kita, karena para steemian dapat membagikan setiap vote nya kepada postingan-postingan yang layak mendapatkan persentase yang besar maupun yang tidak layak.

imageDan akhirnya saya menyadari akan hal biriknya menjadi seorang spammer, dengan menjadi spammer justru akan merugikan diri kita sendiri bahkan itu juga akan berpengaruh pada setiap postingan kita, bisa saja akan terjadi "downvote" pada postingan kita.

Setiap postingan akan mendapatkan reward seiring berjalannya waktu, dengan seringnya kita memposting dan memberikan komentar-komentar baik terhadap sesama, konsisten dalam membuat postingan, dan yang harus di utama kan dalam setiap postingan kita adalah originalitas dari postingan tersebut.

imageSaya pernah memiliki pengalaman yang sangat tidak menyenangkan dalam hal ini, namun itu semua menjadi pelajaran yang sangat berharga buat saya pribadi.

Pada saat saya bergabung di Steemit, saya pernah mendapatkan teguran dari @cheetah, siapa itu @cheetah ???. @cheetah adalah robot yang bekerja menelusuri adanya kegiatan plagiarism atau konten yang mirip dengan konten orang lain pada postingan kita.

Ya, saya kedapatan mencontoh hasil karya orang lain yang pada dasarnya saya tidak tahu akan hal itu, ini terjadi saat di awal saya bergabung di Steemit. Dan itu bukan menjadi suatu masalah besar buat saya, karena dengan adanya pemberitahuan oleh @cheetah ini saya menjadi lebih mengetahui dan mengerti tata krama setiap postingan sebagaimana mestinya.

Ada postingan yang sangat bagus menurut saya yang dibposting oleh kurator Indonesia yaitu @levycore, kita bisa mendapatkan cara bagaimana agar bisa menjadi Steemian yang Etis, dibawah ini adalah link postingan tersebut : https://steemit.com/indonesia/@levycore/sudah-etiskah-kita-bersteemit

imageDalam kurun waktu 6 bulan semenjak saya bergabung di Steemit ini, banyak sekali ilmu yang sudah saya dapat, teman-teman baru, sahabat, guru, saudara, bahkan keluarga. Banyak sekali orang-orang yang hebat dalam menulis dan membuat Steemit itu menjadi blog yang menghasilkan. Saya selalu mencari ilmu dengan mereka semua, banyak sekali orang-orang hebat yang akan selalu senantiasa membimbing kita bahkan mementori kita akan menjadi Steemian yang hebat dan dikenal diseluruh penjuru dunia.

Mungkin saya akan berbagi kepada teman-teman semua berdasarkan pengetahuan saya kemana kita harus belajar dan saya yakin dengan sangat senang hati mereka akan mengajari kita segala hal yang tidak kita ketahui seperti mereka selalu sabar menghadapi saya. Saya mengutip beberapa informasi yang di tayangkan oleh @curie setiap minggunya.

imageUntuk Indonesia kita mempunyai dua orang kurator yang sangat peduli akan kemajuan Steemit di Indonesia sendiri, sehingga mereka mendirikan sebuah Komunitas yang sekarang ini menjadi Komunitas terbesar yang ada di Indonesia. Beliau sangat menjunjung tinggi kekompakan komunitas dengan cara membangun setiap anggota agar terus mendapatkan ilmu pengetahuan tentang ber Steemit dengan mengadakan banyak seminar. Saya sangat berterima kasih sekali kepada kurator kita yaitu @levycore dan @aiqabrago yang selalu memantau dan memberikan postingan-postingan yang bermanfaat untuk Komunitas. Yang mana komunitas itu sendiri sudah memiliki nama "KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA" dan juga akunnya @indo-community.

Kurator game adalah @jodypamungkas yang juga berasal dari Indonesia. Dan @playfulfoodie juga sebagaibkurator game.
Kurator pendidikan adalah : @giantbear dan @hanshotfirst
Kurator ilmu pengetahuan adalah : @justtryme90 dan @LeMouth
Homesteading : @papa-pepper dan @mercanhomstead
Kurator asal Italia adalah : @thenightflier dan @bhuz
Kurator asal Brazilia adalah : @ maxjoy dan @dudutaulois
Kurator asal Nigeria adalah : @destinysaid, @gbenga, @ehiboss, @ogoowinner, dan @fisteganus
Kurator asal Malaysia adalah : @bitrocker2020 dan @awesomianist
Kurator asal Myanmar adalah : @kachinhenry dan @patricksanlin
Kurator asal Thailand adalah : @tookta dan @ricko66
Kurator dibidang musik adalah : @heymattsokol, @edje, dan @mammasitta
Kalian bisa menghubungi mereka untuk belajar banyak hal tentang Steemit dan hal-hal yang berhubungan.

Saya sendiri juga banyak sekali mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat dari beberapa orang diantara mereka semua. Seperti @levycore sebagai kurator Indonesia serta ketua pada Komunitas Steemit Indonesia yang terus meberikan dukungannya terhadap setiap anggotanya.

Sebagai seorang guru, penulis beliau juga seorang kurator @OCD yang diketuai oleh @acidyo yang mencari tulisan tulisan terbaik dan unik serta berbeda dari yang lain yang diambil dari para steemian baru. Dia adalah mbak @mariska.lubis (mohon diluruskan ya mbak kalau ada yang saya keliru).

Bahkan saya juga banyak belajar dengan Tim Operasi pada @curie yaitu :
@geekgirl sebagai perwakilan dari komunitas @curie yang selalu sabar menjelaskan serta memberikan masukan-masukan yang bermanfaat dan juga selalu memberikan pelajaran yang berguna baik itu tentang Steemit maupun tentang @curie.
@alcibiades sebagai kurasi umum yang juga memberikan pelajaran tentang banyak hal.
Dan @bitrocker2020 sebagai kurator pemberi rekomendasi terhadap calon kurator baru, beliau terus memberi saya semangat untuk terus menjadi yang terbaik dan tetap jadi diri sendiri.

Terima kasih atas segala pembelajaran yang saya dapatkan baik itu melalui postingan, komentar, maupun pesan langsung melalui steemchat atau discord. Karena kalian pandangan saya untuk Steemit sekarang semakin luas, tidak hanya sebatas untuk mencari uang namun Steemit bagi saya adalah sebuah wadah dimana semua jenis manusia yang berkumpul dengan saling memberikan pendapat, inspirasi, bahkan menjadi wadah untuk mempersatukan manusia baik didalam maupun diluar negeri sehingga dapat kita jadikan teman dalam bertukar pikiran,ninformasi dan bekerja sama dalam membangun gagasan gagasan yang jauh lebih efektif lagi.

imageBegitulah wujud steemit dari sisi yang lain menurut @agmalirsadi.

Semoga cerita dan tulisan saya ini bisa membantu teman-teman yang baru bergabung untuk mencari mentornya masing-masing bahkan dibidangnya masing-masing, semoga kita semua semakin sukses.

Senin, Desember 25, 2017
At 00:47 pm WIB

Best regard
@Agmalirsadi

Sort:  

Good i like your post

Resteemed by @resteembot! Good Luck!
Curious?
The @resteembot's introduction post
Get more from @resteembot with the #resteembotsentme initiative
Check out the great posts I already resteemed.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 57877.75
ETH 3163.24
USDT 1.00
SBD 2.26