How To Make Papaya Oil For Hair, Skin, And Beauty Treatment From Long Lost Traditional Method (Bilingual)

in ihaveanxietytoo •  2 months ago

I was surprised when I read @mountainjewel’s post about natural medicine challenge : https://steemit.com/ihaveanxietytoo/@mountainjewel/1k4boos8. I did not expect that this kind of challenge is actually exist on Steem. I love everything natural and herbal medicine is always my first choice, not only for myself but also for the kids. I do not trust any kind of drugs with chemicals, because I do believe that God creates much better products than human being. I also have my own business for traditional beauty treatment and medicines, I learned it from my grandmather and from old manuscripts that I read from different places throughout Indonesia. One of the best that all must try is the papaya oil, not papaya seeds oil, which has been lost for a long time in Indonesia, I don’t think a lot of Indonesian realize that this papaya oil is very good for hair, skin, and beauty treatment, it is easy to make as well.

Saya terkejut juga sewaktu memabca posting yang dibuat oleh @mountainjewel tentang tantangan obat-obatan alami : https://steemit.com/ihaveanxietytoo/@mountainjewel/1k4boos8. Saya tidak menduga bahwa ada kontes seperti ini di Steem. Saya suka semua yang serba alami dan obat-obatab herbal, semuanya selalu menjadi pilihan saya yang utama, bukan hanya untuk saya sendiri tapi juga bagi anak-anak saya. Saya tidak percaya dengan semua obat-obatan yang menggunakan kimia, karena saya percaya apa yang dibuat Allah jauh lebih sempurna dan luar biasa dibandingkan buatan manusia. Lagi[ula saya memang punya usaha pembuatan jamu dan produk kecantikan alami yang saya pelajari dari nenek saya sendiri dan buku-buku kuno yang saya dapatkan di berbagai perpustakaan di berbagai daerah. Satu yang terbaik yang harus dicoba adalah minyak pepaya, yang sudah lama sekali hilang di Indonesia. Saya tidak yakin banyak orang Indonesia yang sadar bahwa minyak pepaya ini sangat baik sekali bagi perawatan rambut, kulit, dan wajah, sangat mudah pula dibuatnya.

image

Papaya oil produced for beauty products in East Java

What you need is :

Coconut Milk from 3 coconuts.

1 Medium size ripe papaya, cut into small pieces together with its skin and seeds. (Don’t throw away anything).

3 lemon grass or orange’s peels.

Bahan yang diperlukan adalah:

Santan dari 3 kelapa tua.

Pepaya matang ukuran sedang, potong kecil-kecil dengan semua kulit dan bijinya. (Jangan ada yang dibuang).

3 batang sereh atau kulit jeruk.

First, put all the coconut milk on the pan or wok. I use clay pot to cook it, because it will give more natural products instead of using metal equipments. I also use wood spatula, I feel much comfortable, but you can use metals equipments as well if you don’t have it. I also use coconut coals to make the fire, I don’t use my stove. Coconut coals gives a very nice aroma to the oil, and I really like it. I know it is harder but it is how people do it long time ago.

Pertama-tama, taruh semua santan di dalam wadah untuk memasak. Saya menggunakan wadah dari tanah liat karena akan memberikan produk yang lebih alami dibandingkan dengan wadah yang menggunakan bahan dari metal. Saya juga menggunakan sendok kayu untuk mengaduk, saya merasa lebih nyaman, namun tidak mengapa juga menggunakan bahan dari metal jika Anda tidak memilikinya. Saya pun menggunakan arang kelapa untuk memasaknya, saya tidak pakai kompor walaupun lebih cepat menggunakan kompor. Arang kelapa membuat aroma minyaknya menjadi lebih harum dan saya suka. Memang lebih bikin capek tetapi itulah cara orang dulu membuatnya.


Coconut grated and coconut milk. Source: Google search.

After the coconut milk starts to boil, then add all the papaya slices and all lemon grass or the orange’s peels. Lemon grass smells very nice and it is good as antioxidant, antidepressant, inflamatory, and prevent you from mosquito’s bite. Orange peels are basically the same but it will help to lighten your skin and shrink your pores as well. It is up too you, you may choose the one that more suitable for you.

Setelah santan mulai mendidih, masukkan seluruh pepaya dan sereh atau kulit jeruknya. Sereh baunya lebih enak dan bagus sebagai antioksidan, antidrepresant, inflamatory, dan menjaga dari gigitan nyamuk. Sementara kulit jeruk pada dasarnya sama, tetapi bisa membuat kulit bisa lebih cerah dan mengecilkanpori-pori. Silahkan saja memilih yang mana yang paling sesuai.

Let all cook until the oil comes out. You need to stir all the time to make sure it is not burnt, and to have clear oil, you should not let the coconut milk burnt out or fried. After that, you can take it from the fire, and filter it. It is much better to use fabrics because you need to squeese it to get more oil. Put them in glass bottle, do not plastic bottles because it can destroy the oil. Do not put this oil on the fridge or direct under the sun as well, it is much better to put them in room temperature.

Biarkan semuanya masak sampai minyaknya keluar. Jangan lupa terus diaduk agar tidak hangus dan untuk mendapatkan minyak yang hernih, jangan sampai kering atau menjadi coklat ampas santannya. Setelah it, Anda bisa mengangkatnya dari api dan menyaringnya. Lebih baik gunakan kain untuk menyaring karena perlu diperas untuk mendapatkan lebih banyak minyak. Taruh di dalam gelas kaca, jangan di gelas plastik karena bisa merusak minyak. Jangan juga ditaruh di dalam kulkas atau terkena matahari lansung, lebih baik ditaruh di dalam suhu ruangan saja.

Anglo, Source : https://nimadesriandani.wordpress.com/2011/08/27/cuci-mata-gerabah-tuntang-yang-natural/penggorengan-gerabah/

You can use this oil for hairloss remedy, darken your hair, as well as to encourage your hair growth. Just use it once a week in your scalp and entire hair. Leave it all night, or at least four hours, then wash it. If you don’t have time, just use add one spoon of this papaya oil to your shampoo everytime you wash your hair and massage your scalp.

Anda dapat menggunakan minyak pepaya ini untuk mengatasi rambut rontok, menggelapkan warna rambut, dan membantu pertumbuhan rambut. Gunakan seminggu sekali di kulit kepala dan seluruh rambut, biarkan sepanjang malam atau paling tidak empat jam, baru dicuci bersih. Jika tidak ada waktu, tambahkan satu sendok minyak pepaya ini pada shampo setiap kali mencuci rambut dan pijat bagian kepala untuk hasil lebih baik.

It is good for skin, everyday you can use it for the whole body. It will moisturize your skin and you can use it for massage as well. If you want to use it for your face, just put it on your face and neck, including eyebrows, eye, under eye, and lips. It will not only helps to moisturizes your skin, but it will help to remove your dark spots, scars, and will make your skin brighter. Just massage your face with this papaya oil and leave it for at least one hour, then you can wash it. Use it just two times a week, because you don’t want to have too oily face. You may also use it as your mask, just use one spoon of papaya oil, 1 spoon of yoghurt, 1 spoon of honey, and 1 spoon of aloe vera gel.

Minyak ini juga bagus banget untuk kulir, setiap hari bisa dipleskan di seluruh tubuh. Minyak ini bisa melembabkan kulit dan juga bisa dipakai untuk pijat. Jika ingin digunakan di wajah, oleskan di seluruh wajah dan leher, termasuk mata, alis, bawah mata, dan bibir. Minyak ini bukan hanya akan melembabkan kulit wajah, tetapi juga menghilangkan bekas luka, bintik hitam, dan membuat wajah menjadi lebih cerah. Pijat seluruh wajah dengan minyak ini dan biarkan selama paling tidak satu jam, lalu bilas. Gunakan seminggu dua kali karena kalau terlalu sering kulit bisa jadi terlalu berminyak. Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker, tambahkan satu sendok minyak pepaya, satu sendok youghurt, satu sendok madu, dan satu sendok gel lidah buaya.

I use this papaya oil to keep the color of my lips because I am a smoker. I don’t want to have my lips dry and change its color, and I don’t use lipstick most of the time. I just put this papaya oil on my lips as often as possible, that is the secret why I still have my pinkies lips eventhough I smoke a lot for years. I use it as well to eliminate all skin scars and stretch mark as well. When I was pregnant, I use it around my belly and thigh everyday, and it is good, I don’t have terrible birthmark like most women who have four kids with natural birth!

Saya menggunakan minyak pepaya ini untuk menjaga agar bibir saya tetap kemerahan karena saya seorang perokok. Saya tidak mau bibir saya kering dan menjadi gelap, apalagi saya juga sangat jarang pakai lipstik. Saya pakai minyak pepaya ini di bibir sesering mungkin, dan itulah rahasianya mengapa bibir saya tetap kemerahan walaupun saya sudah merokok bertahun-tahun. Saya juga menggunakan minyak ini untuk menghilangkan bekas luka dan stretch mark. Sewaktu hamil, saya oleskan minyak ini di perut dan paha setiap hari, dan hasilnya cukup memuaskan. Paling tidak, kulit saya tidak serusak kebanyakan ibu-ibu yang sudah punya anak empat yang semuanya lahir alami!

image

So, this is it. This is one recipe that I am sure will be very usefull for all. I know it takes time to make this papaya oil, but trust me, its worth it!

Ini adalah resep yang sangat berguna bagi semua. Memang butuh kesabaran untuk membuatnya, tetapi dijamin, sangat memuaskan hasilnya!

Bandung, September 2018

Warm Regards – Salam hangat selalu,

Mariska Lubis

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Pembahasan yang begitu panjang dan lebar, sangat menarik perhatian para pembaca saat memulainya dari tiap paragraf ke paragraf selanjutnya. Ini tulisan yang hebat bunda @mariska.lubis

·

semoga berguna bermanfaat...

Wow, this is amazing :O What a great post, @mariska.lubis ! Sounds like you're sharing something that everyone can benefit from :D Great post <3

·

Yes, hopefully it be useful for all... Thank you.

waw something great and natural

·

yes it is very natural and very useful...

·
·

very extraordinary thank you for visiting my blog.

Beruntung ni kami ada seseorang yang menerjemahkan tulisan ini kedalam bahasa indonesia sehingga kamj mendpatkan informasi seputar kesehatan yang telah di bagika. Oleh si pemilik akun asli. Terima kasih byk kak @mariska.lubis

Posted using Partiko Android

·

ini resep dari turunan nenek moyang kita, semoga berguna dan bermanfaat.

·
·

Saat ini sudah byk y tidak tahu resep seperti itu kak.

Posted using Partiko Android

Postingan yang sangat berguna terima kasih @mariska.lubis

·

Selamat mencoba...

Wah, siap ditiru pulang nanti mau buat ah terima kasih, Kak..

Posted using Partiko Android

·

dicobain yah....

·
·

Iya, Kak... 😊

Posted using Partiko Android

Terima kash sdh berbagi teh..
insya Allah pulang pengin praktik.
yang natural,baik untuk kesehatan.

·

dicobain ya... lumayan loh buat usaha juga... ;)

Terima kasih atas informasinya

·

semoga berguna dan bermanfaat.

Memang tanah indonesia kaya akan tanaman herbal, tinggal kita mengolahnya menjadi obat obatan tradisionil yang kita perlukan,contoh pepaya dari buah sampai daun boleh dijadikan makanan dan obat.

·

Indonesia memang sangat kaya... pepaya sampai akar dan getahnya pun berguna...

Tutorial yang sangat bermanfa'at, setiap bangun pagi, rambut saya banyak sekali rontok, saya sudah memakai shampo berbagai merek, tapi tak ada perubahan sama sekali. Terimakasih telah berbagi tipsnya mbak, saya akan mencobanya besok pagi.

Salam hangat selalu mbak @mariska.lubis😊

·

dicobain yah, enak loh rambut jadi nggak rontok dan mengkilat...

·
·

pasti mbak, semoga rontoknya jadi berkurang, sekali lagi makasih mbak mariska, telah berbagi tips yang betul-betul sangat berguna buat saya pribadi khususnya 😊

Tentu saja hal macam ini harus dicoba. Daripada asik nyinyir di sosmed jelang 2019, kan Mbakk.. 😂😂

·

iyalah, ngapain melakukan hal yang tak berguna...

Terima kasih kak @mariska.lubis telah membagikan resep ini. Pepaya dan buah kelapa sangat banyak di daerah kami. Hanya tinggal praktek membuat seperti resep yang telah kaka bagikan ini saja (Bahan bakunya sudah lengkap) Saya ingin mencobanya.

·

ya, dan ini murah meriah... aman pula...

Saya setuju dengan kakak @mariska.lubis
Apa yang telah di anugrahi ALLAH SWT di bumi jagat raya ini adalah obat paling mujarab dan paling sempurna..

Saya pernah di oleskan minyak pepaya oleh nenek saya waktu kecil ketika saya deman.
Ampuh banget emang, tapi kita tetap harus menyakini ALLAH lah obat segala darinya.

Biarkan semuanya masak sampai minyaknya keluar. Jangan lupa terus diaduk agar tidak hangus dan untuk mendapatkan minyak yang hernih, jangan sampai kering atau menjadi coklat ampas santannya. Setelah it, Anda bisa mengangkatnya dari api dan menyaringnya. Lebih baik gunakan kain untuk menyaring karena perlu diperas untuk mendapatkan lebih banyak minyak

Kakak, saya akan mencoba untuk pembuatan yang ini, tapi untuk proses akhir,apakah lebih bagus dengan penyulingan atau disaring pakek kain ?
Terimakasih kakak untuk pengetahuannya malam ini
Salam hangat dan sehat selalu bersama keluarga...amin

·

Disaring saja, tidak perlu disuling... hasilnya sudah sangat bagus sekali... silahkan dicoba dan siapa tahu bisa jadi usaha karena bisa dijual ke pabrik kosmetik dan sabun... ;)

·
·

Iya kakak
Saya akan mencobanya
Karena disini banyak materialnya...
Terimakasih kakakku

To listen to the audio version of this article click on the play image.

Brought to you by @tts. If you find it useful please consider upvoting this reply.

·

wow.... thank you...

Dulu seingat saya, nenek saya juga memasak rempah-rempah dan ramuan obat mengggunakan alat memasak yang terbuat dari tanah liat. Menurut pengakuan orang tua, katanya memasak menggunakan wadah dari tanah liat akan membuat obat lebih berkhasiat dan terjaga mutunya. Awal saya kurang yakin juga, karena yang namanya memasak kan sama saja. Akhirnya setelah membaca ini, keraguan saya telah terjawab.

Saya menggunakan wadah dari tanah liat karena akan memberikan produk yang lebih alami dibandingkan dengan wadah yang menggunakan bahan dari metal.

Sedangkan belanga (wadah dari tanah liat) sangat mudah di dapatkan di daerah saya yang terletak di wilayah kecamatan tanah pasir, aceh utara. Di sana banyak warga yang membuat seni tanah liat. Selain wadah untuk memasak ada juga beberapa jenis pot bunga.

·

saya suka banget masak pakai tanah liat, hasilnya bukan hanya lebih alami, tapi kalau masakan jadi lebih lezat juga. Khusus produk kecantikan, elemen dari tanah itu sangat baik juga, berbeda dengan yang terbuat dari metal.

Mantap,, sangat berguna bagi kita semua

·

amin, insyaallah sangat berguna.

Terima kasih atas informasinya, semoga bermanfaat buat kita semua..salam hangat selalu

·

sama-sama dan selamat mencoba..

Bahan alami sangat bagus kita pakai dari pada bahan kimia,, informasi yang sangat berguna

·

tentunya demikian...

Wow,, bagus sekali ini resep alami bebas dari kimia

·

ya, apalagi kalau pakai pepaya dan kelapa yang juga tidak pakai kimia...

luar biasa. memang lebih baik obat alami.karena obat alami sudah terjamin dari efek safik tanpa bahan kimia. terima kasih atas informasi obat ini. semoga obat ini dapaat kita gunakan bersama. @mariska.lubis

·

semoga berguna dan bermanfaat.

Terima kasih telah berbagi mbak....

·

sama-sama dan semoga berguna bermanfaat.

Khasiatnya banyak juga ya, Kak. Bahan-bahan untuk membuatnya juga mudah di dapat. Hasilnya pasti lebih maksimal kalau menggunakan priuk dan arang, ya..😍

·

ya lebih maksimal memasak pakai bahan dari alami juga...

Wuih, keren banget, nih! Obat-obat herbal memang menjadi pilihan keluargaku juga, Teh, sebelum ke pengobatan medis.

Mau donk minyak pepayanya, hehe. *huhu, langsung disambit Teh Mariska. Sambitnya pake satu botol kecil aja Teh. :D

·

bikin kak hahaha... ayo semangat angkat pantat dari kursi wkwkwk...


This post was shared in the Curation Collective Discord community for curators, and upvoted and resteemed by the @c-squared community account after manual review.
·

terima kasih.

So easy to make your own products! It's a shame that people still buy all the chemicals when nature has so much to offer.

Thank you for sharing!

·

yes, this world has a lot, it just a matter how we want to use it and learn it... Thank you.

Pernah mau tanya tentang resep kecantikan dan menjaga kulit bibir tetap sehat. Finally dikupas satu-satu...kebayang Aini gimana ini membuatnya penuh kesabaran dan ketelatenan. Yakin deh, pasti Mba @mariska.lubis masih punya banyak resep tradisional turun temurun yang kayak gini. Takjub aja seorang Mariska Lubis aja masih menyempatkan membuat yang seperti ini.

Terima kasih sudah berbagi dan Aini ingin buat juga insyaallah, bahannya mudah tinggal ketelatenannya aja, nih. Sudah jarang orang zaman now membuat dan melestarikan hal yang seperti ini...

Duuuh, kayaknya banyak sekali yang ingin Aini tulis untuk mengomentari rasa takjub. Dikau emang satu di antara milyaran Mbaaak. How I miss you! Allah Maha Baik memberikan kesempatan kita berkenalan dan bertemu. Benar-benar bersyukur!

Congratulations! Posting anda masuk peringkat 2 kategori Tulisan Dengan Komentar Terbanyak, di 10 Besar Tulisan Hari Ini di https://steemit.com/peringkat/@puncakbukit/10-besar-tulisan-hari-ini-senin-10-september-2018 .. :-˃