Steemit Engagement Challenge S12W4 | Decide, act and release

in Reflexiones de Vida10 months ago

IMG_20230928_142004.jpg

Edit sampul menggunakan canva, photo latar

Hello sobat steemian tercinta dimanapun anda berada..

Kami harap program SEC akan terus berlanjut sebagai wahana pengetahuan dan pengasah keterampilan menulis semua pengguna platform. Terima kasih telah mengundang kami untuk menjawab beberapa pertanyaan kontes yang sangat menyentuh dalam Tema Steemit Engagement Challenge S12W4 | Decide, act and release..

What does forgiveness mean to you?

Menurut hemat saya ada dua makna pengampunan, pengampuan dari sang pencipta dan kemaafan dari manusia. Manusia memiliki ikatan kuat dengan Allah SWT sebagai pencipta, memiliki sifat pengasih, penyayang serta pengampunanNYA yang jauh lebih besar dari besarnya keburukan manusia. Meskipun manusia telah menjelma sebagai buatan lemah menjadi sosok angkuh dan sombong karena materi, jabatan dan rupa.

IMG_20230928_145808.jpg

sumber pixabay

Tidak ada yang perlu dimaafkan tanpa adanya sebab dan kesalahan, apakah "sebab dan kesalahan" itu datang dari dirinya atau dari orang lain untuknya. Pengampunan manusia adalah "pemaafan", yaitu membebaskan dirinya dari perasaan benci, marah, dendam dan semuanya dilakukan atas dorongan nurani dan ikhlas kepada orang lain tanpa memilih atau memiliah besar dan kecilnya sebuah kesalahan.

IMG_20230928_150813.jpg

Saling memaafkan akan menambah rasa cinta dan kasih sayang antar sesama, photo Pixabay

Tapi uniknya! makhluk bernama manusia ini sangat sulit memaafkan sesamanya. Ia lebih memilih memelihara rasa senang dan puas atas penderitaan orang lain. Tapi anda harus tahu! mereka yang telah menyesali kesalahannya dan berupaya dengan ikhlas untuk mendapatkan kata "maaf" dari anda akan terlepas dari hukuman Allah SWT tanpa harus anda maafkan.

In your childhood, do you remember your parents forgiving you for any mischief? Tell us about it.

Ayah dan ibu memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang sama kepada kami selaku anak-anak merrka. Tapi ayahku sosok yang cepat emosi, cepat marah dan kesal jika kami tidak disiplin dan melanggar aturan rumah tangga. Ayahku selalu memaafkan kesalahanku diwaktu kecil tapi sebelumnya ia tetap menghukum saya.

Do you consider yourself to be a grudging person?

Iya! Saya harus jujur agar tidak menambah daftar dosa kebohonganku dimuka publik. Sebelum menikah dan memiliki keluarga Saya menyadari bahwa saya adalah sosok emosial, pendendam, sulit meminta maaf dan sangat sulit memafkan orang-orang yang telah "sengaja" membuatku kecewa atau terluka.

Alhamdulillah! kekuranganku yang sangat fatal ini terperbaiki perlahan setelah menikah dan hidup dalam kelompok keluarga kecil sebagai seorang suami dan ayah. saya juga mulai terdidik untuk menjaga sikap serta mengontrol emosi dengan baik sebelum memutuskan suatu perkara.

Tell us a brief story or anecdote, where it was your turn to ask for forgiveness or, on the contrary, where you were asked for forgiveness.

Sebagai seorang ayah dan suami serta hidup sebagai makhluk sosial tentu memiliki sederet cerita perjalanan kehidupan tersendiri. Berhadapan dengan situasi sulit dan tertekan adalah perkara biasa bagi saya sebagai salah seorang karyawan biasa di salah satu instansi pemerintah. Mendapat perlakukan kurang menyenangkan, bentakan dan perintah mendadak tidak lagi mempan diusiaku yang sedang berjalan menuju 45 tahun.

Saya berpura-pura lupa menyelesaikan pekerjaan penting atasan saya
Saya sadar dan mengakui bahwa seorang atasan tidak pernah berlaku pasal "kesalahan apapun" dihadapan anak buahnya.

Setelah menerima perintah bertubi-tubi dengan nada kurang saya minati dari mulut atasan saya, saya mencoba melakukan percobaan atau tes kecerdasan emosi terhadap atasan saya. Saya berpura-pura lupa menyelesaikan tugaa penting darinya, padahal tugas tersebut sudah saya siapkan dengan baik sebelum ia memintanya.

Suasana saat di ruang kerja
Sudah tentu ia marah besar dan saya harus menerima serangan tanpa ampun! ... Setelah ia lelah dan berhenti memarahi saya, lalu saya berkata, "Pak! Semua yang anda perintahkan sebenarnya sudah saya siapkan jauh hari sebelum anda memintanya hari ini, namun saya bahagia dan sangat rindu untuk melihat dan mendengar anda marah-marah terhadap saya. Maafkan saya pak! Akhirnya ia memaafkan saya meskipun dengan nada kesal! 😂😂

Sebaliknya di rumah! Saya sangat sering menerima laporan permintaan maaf dari anak-anak saya ketika saya tiba dirumah dari tempat kerja, anak-anak saya sering kali bertingkah "nakal" dan tidak disiplin menjalankan perintah saya, ia malas belajar, malas bangkit dari tempatnya untuk merespon permintaan ibunya dan terlambat menyelesaikan tugas sekolah sebagai pekerjaan rumah.

IMG20230927135721.jpg

Sebaliknya! saya juga sering meminta maaf pada anak gadis saya karena terlambat menjemputnya pulang sekolah. (ia terlihat marah)

Mereka memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan kemaafan dari saya. Mereka mendekatiku dan menawarkan jasa untuk memijat badan saya saat pulang kerja. Lalu dengan nada pelan ia meminta maaf karena telah membuat saya kecewa. Apakah mereka sengaja dan ihklas? saya tidak tahu! yang saya tahu cara mereka telah membuatku luluh dan memaksaku untuk memaafkan mereka. 😇

Diakhir tulisan ini saya mengatakan bahwa, membiarkan hidup kita dalam suasana hati pendendam, pemarah dan sulit memafkan kesalahan orang serta sulit pula meminta maaf atas kesalahan kita adalah sifat terburuk bagi setiap manusia. Sebaliknya! dengan saling memaafkan maka akan tercipta rasa cinta dan kasih sayang lebih besar dari sebelumnya.

Salam hormat untuk @pelon53 serta ikut mengundang rekan saya @solaymann @muzack1 @dove11 dan @sailawana

Demikian partisipasi saya, terima kasih banyak dan semoga berkenan!

Indonesia, 27 September 2023
Regards,
@ridwant

Introduce myself

Let's support the Steem growth & Steemit platforms by choosing @pennsif.witness as a witness. Campaign Post
IMG_20230720_222033.jpg
Support @pennsif.witness
Vote, or Klik disini

Sort:  
Loading...

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

TEAM 4

Congratulations! Your post has been upvoted through steemcurator07. Good post here should be..

1000190281.jpg

Curated by : @waterjoe

Thank you so much for inviting me to such a nice initiative about forgiveness. I am all smiles reading about your apologies to your daughter for picking up late. Yes, these small things life sweet and meaningful. I will publish my post immediately. Thank you once again.

Thank you very much sir for visiting. Yes, I still apologize to him to set a good example so that in the future they won't hesitate to apologize for their mistakes.

yes! We are happy to wait for your interesting contributions in this contest.

Thanks for your kind response sir, I agree, you have to give your children practical knowledge because they learn faster that way. I have already posted.

Entry kontes yang sangat menarik..setiap hal yang terjadi di dunia ini harus diterima dan di jalani dengan lapang dada. Memaafkan orang lain adalah bentuk kebaikan yang membawa hal positif bagi kehidupan kita.

Smoga beruntungbdi kontes ini
Salam

Terima kasih atas kunjungan dan feedbacknya Ibu @sailawana

Saludos mi buen amigo, uno de los enemigos mas grandes de nuestro ser es el vano orgullo, no por menos es uno de los 7 pecados capitales, el impide la accion liberadora y sublime del perdon siendo nosotros los unicos perjudicados. Llamarse jefe y no saber serlo es deprimente. Exitos en tu enteada y Bendiciones.

Happy to have a visit and welcome from you. It's true as you said. Therefore, we should always remember the narrow hole in the ground as the last place so that we can always be grateful and know ourselves not to be arrogant.

Thank you very much my friend.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.12
JST 0.026
BTC 56849.09
ETH 2508.12
USDT 1.00
SBD 2.32