SEC-S16W1 | My Memorable Trip In Childhood [Cunda Plaza]

in Traveling Steem6 months ago (edited)

SEC - S11W5_20240228_230302_0000.jpgCanva

Halo Sahabat Steemians..

"Berikan seorang anak perjalanan yang menyenangkan, maka ia akan mengingatnya sepanjang hidupnya"

Saya sering mendengar sebuah kutipan di atas dan saya kira itu ada benarnya. Perasaan bahagia ketika melakukan perjalanan atau mengunjungi sebuah tempat selalu membekas di pikiran kita. Menjadi sebuah kenangan manis yang mungkin akan kita ceritakan dan ulangi kepada anak2 kita nantinya.

Cunda Plaza, a memorable place in my childhood

Dulu di kota tempat kelahiran saya Lhokseumawe, ada sebuah mall yang sangat terkenal pada masa itu. Saya kira itu merupakan satu2nya mall di provinsi Aceh, dan berdiri di kota yang dijuluki dengan Petro Dollar.

IMG_20240228_170945.jpgBangunan Cunda Plaza, taken with Vivo 1807

Sekitar tahun 1997, saya pernah dibawa oleh orang tua saya untuk mengunjungi mall tersebut. Saya sangat senang karena di mall itu terdapat banyak wahana bermain yang menurut saya itu benar2 canggih pada masa itu. Mall itu bernama Cunda Plaza, sebuah pusat perbelanjaan di kota Lhokseumawe yang sangat terkenal. Tempat itu juga menjadi sebuah tanda kejayaan emas kota ini, selain perusahaan gas alam yang sangat terkenal.

Itu merupakan sebuah kenangan manis yang paling saya ingat sampai sekarang. Namun itu hanya tinggal kenangan. Di tahun 1998 ketika terjadi krisis ekonomi yang besar dan pergejolakan di masyarakat, mall itu dipaksa tutup dan sekarang hanya tinggal puing2 bangunan. Meski begitu, saya rasa Cunda Plaza cukup memberikan kenangan indah bagi banyak orang di masa itu.

All the people who accompanied during this journey

Saya mengenal Cunda Plaza oleh ayah dan ibu saya. Hanya mereka yang pernah membawa saya ke tempat itu. Dikarenakan saya masih balita pada saat itu jadi tak mungkin saya akan pergi bersama orang lain.

family-4482764_1280.jpgpixabay

Ada banyak tempat menarik sebenarnya yang mereka kenalkan kepada saya. Namun entah mengapa Cunda Plaza lah yang paling saya ingat sampai sekarang ini. Mungkin karena pada saat itu saya adalah balita, jadi sangat suka melihat wahana bermain. Bahkan saya teringat pada suatu hari saya menangis ketika orang tua saya mengajak untuk pulang. Saya ingin berada lebih lama di mall itu.

Mungkin saya adalah salah satu orang yang beruntung karena pernah mengunjungi mall itu pada masa jayanya kota Lhokseumawe. Karena tempat itu sekarang sudah menjadi puing bangunan dan tak lagi beroperasi. Sebagian orang lainnya hanya mendengarkan sejarahnya tanpa pernah mengunjunginya langsung. Jadi saya benar2 sangat bersyukur.

Anecdotally unique facts that i would love to outstanding

Dulu suatu hari ketika orang tua saya membawa saya ke Cunda Plaza, saya pernah menangis dengan keras. Alasannya karena mereka mengajak saya pulang. Saya menolak karena ingin menaiki eskalator secara berulang2. Naik turun naik turun begitu seterusnya hahaha

escalator-283448_1280.jpgpixabay

Saya pun tersenyum2 sendiri saat mengingat kejadian itu. Entah apa yang saya pikirkan tentang eskalator pada saat itu hingga saya ingin terus menaikinya. Ahh saya tidak tahu mengapa. Yang jelas saya sangat suka dan bahagia saat itu ketika menaiki dan menuruni eskalator secara berulang2.

What happened in the travel?

Tak lagi banyak hal yang dapat saya bagikan tentang perjalanan saya ketika mengunjungi Cunda Plaza. Yang jelas itu merupakan tempat yang sangat indah pada saat itu, dan menjadi tempat favorit saya di masa kecil. Hal yang menjadi emas dari perjalanan itu karena tak banyak orang yang pernah mengunjunginya karena mall tersebut sudah berhenti beroperasi sekitar 20 tahun yang lalu.

IMG_20240228_171406.jpgTaken with Vivo 1807

Sangat disayangkan, pergejolakan reformasi Negara Indonesia pada saat itu berpengaruh sampai di kota Lhokseumawe. Krisis moneter yang melanda serta pergejolakan rakyat Aceh yang menuntut kesejahteraan kepada negara mengakibatkan tempat indah ini hancur, dijarah beramai2 oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Benar2 sangat disayangkan. Mungkin saja kota Lhokseumawe akan lebih cepat berkembang jika Cunda Plaza dibiarkan tetap beroperasi sampai sekarang ini.


Terimakasih kepada @travelingsteem yang telah menyelenggarakan kontes menarik ini. Saya mengajak @meriseptriyanti @f2i5 dan @fantvwiki untuk menuliskan postingan pada tema ini.


Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 6 months ago 

Hola amigo...
sabes cuando mi hijo estaba pequeño visitamos un centro comercial ,en mi país hay muchos ,él estaba pequeño ,Así que estaba emocionado por las escaleras mecánicas Así que el subimos y bajamos juntos pero después yo lo esperé abajo y un guardia de seguridad llamó mi atención Por lo peligroso que era dejar a un niño pequeño andar solo ,la verdad me dio mucha pena y me fui. no lo volví a hacer más.

Así que imagino lo emocionante que fue para ti querer subir y bajar las escaleras mecánicas y haber disfrutado de visitar ese gran centro comercial que een ese entonces era muy popular...

Fue agradable leerte 😉

Está fue mi participación si gustas visitarla 😊
https://steemit.com/hive-188972/@cive40/sec-s16w1-or-mi-viaje-memorable-en-la-infancia-or-entre-playa-y-playa-me-enferme

 6 months ago 

Gracias por leer mi post y dar una buena respuesta amigo. Efectivamente es una cosa muy graciosa si me acuerdo de las escaleras mecánicas. Pero todo es solo un recuerdo. El centro comercial ya no esta en funcionamiento.

 6 months ago 

Greetings dear @lil.albab
Indeed, such a mall was very attractive in 1997. You went to visit that mall with your parents. It closed the following year due to the economic crisis. You were serious about getting on the escalator. We laugh now when we remember such things from our childhood. Good luck for the competition.

 6 months ago 

Thank u so much my friend, nice day ☕

 6 months ago 

Hello traveler! 👋🏼

Thanks for sharing your post in the TS Community. Here you are the feedback and evaluation results:


AI/Plagiarism free☑️
Steemexclusive☑️
Club5050☑️
Free bots☑️
Voting CSI > 15.6☑️

~ Join the Discord server + Telegram group and have a happy day.👍🏼



Curated by @benoitblanc

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 59317.93
ETH 2530.37
USDT 1.00
SBD 2.47