SEC-S10W6 | Teach me how to do something with my handssteemCreated with Sketch.

in Scouts y sus Amigoslast year (edited)

edited with canva app

Halo teman-teman, apa kabar semuanya?
Saya sangat bersemangat mengikuti kontes kali ini yang meminta kita untuk membagikan tutorial keahlian yang kita miliki, dengan menggunakan tangan kita. Terimakasih saya ucapkan kepada @hive-181136 yang telah menyelenggarakannya. Klik di sini untuk melihat info kontes

Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Bermain gitar merupakan bagian dari seni. Awal mula saya dapat memainkan gitar dikarenakan terinspirasi oleh teman saya yang sangat mahir bermain gitar. Dan saya rasa itu sangat keren. Lalu saya pun membeli sebuah gitar dan belajar dari banyak sumber.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mempelajarinya, simaklah tutorial belajar gitar berikut ini.

Apa saja yang dibutuhkan?

Dalam belajar bermain gitar, saya pikir kita hanya membutuhkan 3 hal saja, yaitu :

  1. Gitar 🎸
  2. Kedua tangan kita 👐🏻
  3. Dan yang paling penting, niat. Jika kita tidak memiliki niat untuk belajar memainkan gitar, kita tidak akan pernah dapat melakukannya.

Tutorial Chord Dasar

Dalam bermain gitar sangat penting untuk memahami kunci nada (chord) agar dapat menyesuaikan nada dan mengiringi lagu. Yang perlu kita lakukan hanyalah meletakkan jari seperti pada gambar-gambar berikut dan menekannya. Pastikan tekanan yang kita berikan pada senar cukup kuat agar dapat menghasilkan suara yang nyaring. Jika tidak, yang terdengar hanyalah suara yang buruk.

IMG-20230714-WA0017.jpg
chord A major
IMG-20230714-WA0013.jpg
chord A minor
IMG-20230714-WA0018.jpg
chord B major
IMG-20230714-WA0008.jpg
chord B minor
IMG-20230714-WA0011.jpg
chord C major
IMG-20230714-WA0006.jpg
chord D major
IMG-20230714-WA0015.jpg
chord D minor
IMG-20230714-WA0010.jpg
chord E major
IMG-20230714-WA0014.jpg
chord E minor

Sebenarnya masih banyak chord lainnya yang digunakan dalam bermain gitar. Namun beberapa gambar di atas adalah chord dasar yang paling banyak dan sering digunakan untuk mengiringi sebuah lagu. Saya rasa jika sudah menguasai chord-chord di atas, maka kita sudah dapat bermain gitar dan menyanyikan beberapa lagu.

Dan terakhir, pastikan ayunan tangan saat kita melakukan pukulan gitar sesuatu dengan ketika sebuah lagu. Caranya juga sederhana. Umumnya kita hanya perlu mengayun tangan ke atas dan ke bawah. Untuk lebih jelasnya simak sepenggal vidio saya di bawah ini :

Cover Radiohead - No Surprises


source vidio

Ketukan yang tepat membuat suara gitar sinkron dengan lagu yang kita bawakan. Nada yang dihasilkan dari gitar menurut saya sangat indah. Terkadang dapat membuat kita nyaman hingga mendengarnya dalam waktu yang lama.

Namun sebenarnya mempelajari gitar tentu lebih sulit dari apa yang dilihat dari postingan saya. Itu membutuhkan niat serta kemauan yang tinggi. Dulu saya menghabiskan waktu sekitar 1 bulan lamanya untuk dapat memainkan gitar dan membawakan lagu-lagu kesukaan saya.

Tapi saya yakin, dengan kemauan dan niat yang lebih tinggi, teman-teman dapat menguasainya lebih cepat.

Camera PicturesSmartphone
Modelsi Phone 7+
IOS version15.7.6
Original picture@lil.albab
Picture Editing-
LocationAceh, Indonesia

Demikian partisipasi saya pada kontes ini untuk dibagikan pada teman-teman sekalian. Saya juga mengundang @fantvwiki @paholags @teukuipul87 @albenis @shiftitamanna dan @rdp89 untuk berpartisipasi.

Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  
Loading...

Dear:

Everything we learn is done with our hands, so I really enjoyed your gitar lessons. But personally I don't know how to play the gitar either, I will definitely try to play the gitar according to your method.

Best wishes

Thank u mate. It's glad to know that my posts can be useful to others.
Big thanks my friend 🙏🏻🙏🏻

Saya rasa anda punya bakat seni memainkan gitar, sayangnya saya belum dapat melakukannya walaupun dulu pernah belajar dari sahabat. 😀
Semoga sukses dalam kontes ini

Terimakasih untuk tanggapannya bg. Jika anda memiliki niat dan keinginan yang kuat, saya yakin anda dapat belajar lagi. Banyak sumber yang memberikan tutorial yang mudah. Terimakasih sudah singgah bg 🙏🏻

Ya.. Tentu saja dengan senang hati 😊

Sejujurnya saya pun sangat suka main gitar..hanya saja tidak bisa dan tiada tahu harus belajar kemana

Hanya perlu kemauan dan niat bg. Saya rasa banyak sumber yang memberikan tutorial untuk itu. Dan Terimakasih bg karena selalu memberikan respon pada postingan saya. Saya sangat menghargainya 🙏🏻

Dari setiap tahapan yang anda peragakan, sepertinya anda sudah tidak asing lagi dengan memainkan alat musik. Belajar seni atau alat-alat musik, bagi saya memang sedikit berat, apalagi ilmu dan pengetahuan saya tentang alat musik sangat minim. Namun dengan ketekunan dan sabar saya pikir tidak ada yang tidak mungkin. Awalnya memang keliatan sulit, namun jika sudah menguasai semuanya akan terasa idah dan nyaman. So,, belajar, tekun, sabar adalah kuncinya. Terimakasih kawan, semoga sukses dalam kontes hebat ini. Salam

Benar sekali bg. Tekun dan sabar saya rasa adalah kunci untuk memperoleh segala yang kita inginkan. Tidak hanya dalam bermain gitar hehehe

Terimakasih sudah singgah di postingan saya bg 🙏🏻

 last year 

Hola,gracias por todas las orientaciones,son bien recibidas.Tocar la guitarra debe ser genial,la música siempre es motivadora y más cuando proviene de un instrumento que puede generar ritmos alegres🤗

Sé que no es fácil aprender a tocar ese instrumento porque hay que tener concentración y gustarle también ,estar motivado.

Bendiciones y que tú vida siempre esté llena de ritmo y alegrías.

Gracias amigo por pasarte por mi post y dejar un comentario tan solidario. Tocar la guitarra siempre es divertido. Como dices, la música nos da ánimos y otras cosas buenas.

TEAM 5 CURATORS

This post has been upvoted through steemcurator08. We support quality posts anywhere and with any tags. Curated by: @chant

Thank you 😊 ☺

salam rekanku lil.albab, tersayang terima kasih atas undangannya.

Bermain gitar itu bagus, Anda harus memiliki keterampilan di tangan Anda seperti teman Anda, demonstrasi dan partisipasi yang luar biasa.

sukses dalam tantangan, dan selamat malam.

Terimakasih temanku untuk respon yang kamu berikan. Saya sangat menghargainya 🙏🏻

Terima kasih kembali
kawan, partisipasi dan dukungan yang baik itu penting.

 last year 

Saludos amigo.

Que bueno que nos hayas traído está clase para aprender algunos acordes con la guitarra.

Mi hijo también es música u justo ahora está dando clases de guitarra a varios de sus amigos. Es una arte muy bonito.

Gracias por compartir con todos nosotros y buena suerte en el concurso.

Así es, amigo mío. Espero que algún día tu hijo se convierta en un grande de la música. Gracias por dejar un comentario tan amable amigo 🙏🏻

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58083.18
ETH 2578.52
USDT 1.00
SBD 2.42