BURNSTEEM CAMPAIGN || The Diary Game, Sabtu 6 Januari 2024 || Filosofi burnsteeem dan Kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW ||

in Steem For Pakistan4 months ago (edited)

Assalamu'alaikum Sobat Steem..

Senang sekali saya hari ini karena membaca postingan @enamul17 d komunitas Steem untuk Pakistan tentang kontes dengan mengangkat tema kampanye #burnsteem25 yang dikombinasikan dalam #thediarygame.

Saya selaku new comer di platform steem sangat antusias terhadap terobosan yang di lakukan @enamul17 dalam kontes ini. Menurut pandangan saya kontes ini bertujuan untuk menyadarkan para stemian tentang betapa pentingnya #burnsteem25 kita lakukan demi menjaga ekosistem steem.

Dalam penulisan kali ini, saya akan membagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas tentang filosofi burn steem dari sudut pandang saya pribadi dan hanya sebatas makna dari burn steem, sedangkan bagian kedua terkait the diary game, perayaan maulid Nabi Muhammad SAW yang kami laksanakan hari sabtu, 6 Januari 2024.

IMG_20240111_190152.jpg

FILOSOFI BURN STEEM

Istilah burn atau biasa juga disebut burning merupakan kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya bakar. Maka secara sederhana burn steem berarti bakar steem.

Makna dari burn steem itu sendiri adalah mengurangi supply dari steem dengan cara di burning. Dalam hal burning ini, steemit mempercayakan kepada @null untuk melakukan #burnstem25. Angka 25 itu sendiri merujuk pada 25% dari hasil vote yang kita peroleh untuk di transfer kepada @null supaya di burn.

Dengan demikian maka supply dari steem tidak membanjiri pasar yang bisa mengakibatkan nilai dari steem itu turun. Coin yang sudah di burn tidak bakal bisa dipakai kembali dan itu semua sudah melalui mekanisme smart contract blockchain. Sehingga jangan ada yang berpikiran bahwa koin kita nanti disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu.

Selama saya bergabung dengan steemit yang baru 36 hari, saya sudah menghasilkan 37 postingan. Dari jumlah tersebut, ada 24 postingan yang memakai #burnsteem25. Dan itu saya mulai pada hari ke 13 setelah postingan pertama. Berikut saya lampirkan link yang mendapat vote SC01 yang menggunakan #burnsteem25 beserta bukti pemberian manfaat kepada @null.

https://steemit.com/hive-153970/@fadthalib/my-diary-selasa-19-desember-2023-falling-in-love-with-steem-for-better-life-belived-or-not

https://steemit.com/hive-153970/@fadthalib/5wtwtw-my-diary-selasa-2-januari-2023-mengantar-kak-wawa-kembali-ke-asrama-aktivitas-masih-sepi-antara-masuk-kerja-dan-masih-libur

https://steemworld.org/@fadthalib

Para stemian mungkin ada yang bertanya, kenapa baru hari ke 13 saya menggunakan #burnsteem25. Sebenarnya orang yang memperkenalkan steemit kepada saya @heriadi sudah menjelaskan tentang pentingnya #burnsteem25. Hanya saja saya belum mempelajari lebih lanjut.

Setelah saya memahami tentang pentingnya menjaga ekosistem steem agar stabilitas harga steem tetap terlindungi dari fluktuasi pasar, sejak saat itu saya konsisten menggunakan #burnsteem25.

Demikian pandangan saya terkait pentingnya menggunakan #burnsteem25. Saya saja yang new comer berani menggunakan #burnsteem25, bagaimana dengan anda para stemian ?.

Merayakan Maulid Nabi Muhammad

Sabtu pagi kami sekeluarga menghadiri peringatan Maulid Nabi besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam di sekolah tempat saya mengajar. Semua warga sekolah baik guru dan siswa ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan tersebut.

Dresscode yang disepakati seperti terlihat pada gambar. Walaupun ada satu atau dua orang yang tidak sesuai dengan arahan tapi tidak mengurangi kegembiraan merayakan Maulid Nabi.

Kami tiba di sekolah pukul 9 pagi, lalu mengambil sesi foto beserta rekan kerja yang lain. Sesi foto kita lakukan di awal, selain kondisi masih fresh karena belum banyak kegiatan sehingga nantinya bisa lebih fokus melayani para tamu undangan yang hadir.

IMG_20240106_093955.jpg

Kepala Sekolah Membuka Acara

Pukul 9.30 kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu A'laihi Wassalam resmi di buka oleh kepala sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan grup zikir dan shalawat yang melantunkan puji-pujian kepada Allah Taala dan Shalawat kepada baginda Rasullullah.

Zikir dan Shalawat dilantunkan oleh grup RHOIS

Berzikir dalam tradisi Aceh di sebut dengan "Meudike" atau seni berzikir dilakukan dengan cara melantunkan zikir dan shalawat yang di pandu oleh syech dan kemudian diikuti gerakan tubuh, bahu dan kepala secara kompak mengikuti irama dari zikir dan shalawat.

Selama 1.5 jam kelompok RHOIS "Meudike" dengan penuh semangat dan penghayatan mendalam akan makna zikir dan shalawat. Kemudian dilanjutkan dengan kenduri atau makan bersama para warga sekolah, tamu undangan, tetangga serta para murid yang kenduri di kelas masing-masing bersama wali kelasnya.

Makan bersama tamu undangan

Makan bersama para siswa dan wali kelas

Coffee break

Puncak kedatangan tamu undangan sekitar pukul 12 siang, setelah itu saya dan beberapa teman panitia istirahat sejenak sambil ngopi di warung pak wen karena belum ngopi sejak pagi.

Selesai ngopi saya beserta teman-teman masuk ke dalam sekolah bergabung kembali sama yang lain. Selanjutnya kami menemani para tamu undangan yang tidak begitu ramai lagi. Sekitar pukul 14.00 wib, para tamu berpamitan untuk kembali ke tempat masing-masing.

Saya beserta keluarga juga pamit duluan karena adek Fadhlan sudah tampak kelelahan karena hari itu cuaca sedang panas. Tiba di rumah, kami segera istirahat, sambil berbicara tentang kenduri tadi.

IMG_20240106_194337.jpg

Beli Ayam "Kriuk" adek Fadhlan

Malam hari saya hanya membeli ayam "kriuk" adek Fadhlan setelah itu langsung pulang dan menemani makan adek fadhlan. Karena hari itu aktivitas penuh seharian, saya pun merasa kelelahan dan langsung take a rest.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad Shallalahu A'laihi Wassalam merupakan bentuk kecintaan kami terhadap Allah Taala beserta Rasulullah. Semoga dengan setiap tahun memperingati Maulid akan mempererat tali silaturahmi, memperkuat hubungan kekeluargaan dan semangat gotong royong.

Terakhir saya menghimbau kepada para steemian untuk selalu menggunakan #burnsteem25, kalau bukan kita siapa lagi yang mau menjaga ekosistem steem ini dengan baik.. Bersama @null kita kampanyekan #burnsteem25 supaya kita semua dapat menikmati hasil dari meroketnya harga steem.

Karena kontes ini sangat penting, saya mengundang @bayuofficial @musaddikpase @rumaisha untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Saya pribadi mohon maaf jika pandangan saya terkait #burnsteem25 ada yang keliru. Kepada para pembaca yang sudah memberikan suaranya saya ucapkan terima kasih 🙏

NOTE: JIKA ANDA MEMASANG #burnsteem25 JANGAN LUPA @null. INI SANGAT PENTING.

Sort:  
 4 months ago 

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 67946.39
ETH 3824.66
USDT 1.00
SBD 3.77