Steemit Engagement Challenge S11/W4 - How is democracy functioning in your country?

in Hindwhale Community11 months ago (edited)

Here @lil.albab
From #Indonesia

20230818_004221_0000.pngcreated on canva app

Halo Sahabat..

Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang mana keputusan politik melibatkan rakyat dalam prosesnya. Di Indonesia yang merupakan negara saya, demokrasi menjadi landasan utama dalam menjalankan negara ini.

Dalam konteks demokrasi Indonesia, rakyat memiliki hak untuk memilih wakil-wakilnya dalam lembaga legislatif dan eksekutif. Dengan menerapkan prinsip-prinsip demokrasi terutama seperti kebebasan berpendapat dan hak asasi manusia, Indonesia menetapkan demokrasi sebagai bentuk pemerintahan.

Singkatnya demokrasi di Indonesia adalah Dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

How is democracy functioning in your country?

protection-450595_1280.jpg

pixabay

Indonesia memiliki sejarah yang panjang terkait demokrasi. Dalam kurun waktu 100 tahun indonesia telah berganti sistem demokrasi sampai 4 kali. Mulai dari Demokrasi Parlementer, Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila, dan sampai sekarang yang masih dianut Indonesia adalah Demokrasi Pancasila era Reformasi.

Fungsi demokrasi yang saat ini dijalani Indonesia saya pikir sudah terealisasi dengan sangat baik. Hal itu terlihat dari diberikannya hak rakyat untuk memilih Presiden dan Wakil Rakyat sesuai pilihan mereka, tanpa ada paksaan serta kekerasan. Saya pikir itu merupakan implementasi dari kebebasan berpendapat yang menjadi poin utama dari definisi demokrasi.

Tentu dalam perjalanan demokrasi di Indonesia saat ini masih terdapat beberapa tantangan. Namun hal itu saya pikir adalah wajar jika dibandingkan dengan sistem demokrasi sebelumnya yang pernah dianut Indonesia. Dan saya juga berharap demokrasi di negara saya ini dapat terus meningkat ke arah yang lebih baik.

Is your country free from any domination ruled?

dictatorship-oppression-collage-concept_23-2149711436.jpg

Freepik

Beberapa masa yang lalu Indonesia pernah ada pada masa pemerintahan yang seperti ini. Hal itu saya pikir disebabkan oleh banyak faktor politik. Pada masa itu transparansi pemerintah sangat minim dan juga kebebasan rakyat dalam berpendapat sangat terbatas. Sehingga merujuk pada pemerintahan dengan kekuasaan yang mendominasi.

Namun sejarah selalu dapat menjadi guru terbaik. Indonesia belajar dari pengalaman masa lalu dan berhasil menciptakan sistem pemerintahan yang baru, yang saya pikir sekarang tidak lagi ada pemerintahan yang mendominasi di Indonesia.

Demokrasi pancasila reformasi yang dianut negara Indonesia saat ini sangat mengutamakan rakyat dalam pengambilan keputusan. Hak asasi manusia juga sangat dijunjung tinggi serta menjaga persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia sehingga tercipta masyarakat yang aman, damai dan juga jauh dari konflik.

Is your country self-sufficient in food production?

countryside-2326787_1280.jpg

pixabay

Menurut saya Indonesia sudah mencapai status swasembada pangan. Artinya Indonesia mampu untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Indonesia merupakan negara Agraris yang sebagian besar mata pencaharian penduduknya berasal dari pertanian. Sumber keluarga alam yang melimpah membuat Indonesia tak memiliki masalah dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok, dalam konteks ini adalah beras.

Hal itu semakin membuat saya yakin dengan tambahan pernyataan oleh IRRI (International Rice Research Institute) yang menetapkan Indonesia telah mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok rakyat lebih dari 90%, dengan menghasilkan 31.3 juta ton beras pada tahun 2022 sumber.

Namun Indonesia juga masih melakukan impor beras dari negara lain guna mencukupi cadangan beras. Saya pikir itu disebabkan oleh beberapa faktor. Dan saya yakin pemerintah sudah mempertimbangkan betul keputusan tersebut berdasarkan hasil survei yang akurat, untuk ketahanan pangan rakyat Indonesia.

How is youth employment in your country?

Tidak saya pungkiri bahwa lapangan kerja di Indonesia masih sempit, terlebih bagi kaum muda. Tak perlu melihat jauh, di Aceh yang merupakan daerah saya sendiri jelas terlihat masih banyak anak muda yang menjadi pengangguran dikarenakan lapangan kerja yang sempit.

Memang sudah banyak terobosan dari pemerintah Indonesia untuk menanggulangi masalah ini. Salah satunya adalah program Kartu Prakerja yang memberikan semacam pelatihan online untuk meningkatkan skill bagi rakyat Indonesia. Meski angka pengangguran di Indonesia menurun, namun saya pikir itu masih tergolong dalam kategori angka yang tinggi.

Namun saya yakin pemerintah terus berupaya untuk mengurangi angka tersebut. Saya juga yakin solusi-solusi yang bagus pasti akan ada ke depannya dan akan mampu untuk meningkatkan lapangan pekerjaan, sehingga angka pengangguran dapat menurun lebih signifikan lagi.

What you want your country to be like?

Saya berharap Indonesia dapat semakin tumbuh ke arah yang lebih baik.

Dalam bidang pendidikan saya berharap Indonesia dapat lebih menghasilkan putera dan puteri yang semakin cerdas, yang dapat menjadi generasi penerus bangsa untuk Indonesia yang lebih hebat.

Dalam bidang hukum saya berharap Indonesia semakin ketat dan adil, sehingga dapat lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan rakyat Indonesia dalam kehidupan sosial dan bernegara.

20230818_011228_0000.pngcreated on canva

Yang terakhir saya berharap angka kemiskinan di Indonesia lebih menurun, Lapangan pekerjaan menjadi lebih luas, dan kesejahteraan rakyat semakin meningkat. Sehingga Indonesia dapat merubah status dari Negara Berkembang menjadi Negara Maju di mata dunia.

Terimakasih kepada @hindwhale yang telah menyelenggakan kontes ini. Saya mengundang @meriseptriyanti @fantvwiki dan @steemitcountry untuk berpartisipasi.

Best Regards

@lil.albab

About me

Sort:  

!upvote 40


This post was manually selected to be voted on by "Seven Network Project". (Manual Curation of Steem Seven). Your post was promoted on Twitter by the account josluds

the post has been upvoted successfully! Remaining bandwidth: 160%

Your post has been rewarded by the Seven Team.

Support partner witnesses

@seven.wit
@cotina
@xpilar.witness

We are the hope!

Thank u so much 🙏🏻

Loading...

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts, and good comments anywhere with any tags.
Curated by : @sduttaskitchen

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Thank u so much for the support 🙏🏻

Salam kawan lil.albab saya sangat menghargai situasi baik yang negara Anda lalui sehubungan dengan demokrasi, itu hysta dan benar, yang telah menghasilkan hampir 3 reformasi demokrasi hingga mencapai saat ini.

Negara yang demokratis dan bebas adalah negara yang makmur, sayangnya banyak negara yang memiliki defisit lapangan kerja yang rendah untuk kaum muda, ini menjadi harapan produktif bagi masa depan dan pembangunan negara.

Saya berharap negara Anda adalah dan terus menjadi rakyat dan bebas dari struktur apa pun atau pemerintahan totaliter dan korup.

Semoga berkah dan hari bahagia!

Benar sekali teman. Meskipun berkurang, namun angka pengangguran di negara saya masih tergolong tinggi.
Saya selalu senang ketika anda datang dan memberikan komentar yang kritis terkait postingan tentang demokrasi ini temanku. Terimakasih banyak dan saya sangat menghargainya 🙏🏻

Sama-sama sobat, merupakan suatu kehormatan untuk menyumbangkan publikasi Anda, dan senang mengetahui bahwa negara Anda telah menjadi negara yang demokratis dan berkembang, itulah idenya teman.
Sukses untuk Anda dan hari bahagia!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66498.47
ETH 3469.97
USDT 1.00
SBD 2.62