Tantangan Keterlibatan Steemit Musim-19/ Minggu-5 | "Mengapa kesetaraan gender diperlukan?"

image.png

sumber

Assalamualaikum, apa kabar sahabat steemian semuanya, hari ini saya akan ikut kontes yang diselenggarakan oleh Steemit Engagement Challenge / SEC-S19 / W5 | " Why is gender equality necessary? organized by @hindwhale.

Apa yang dimaksud dengan kesetaraan gender, dan apa keuntungannya?

Kesetaraan gender sudah sering kita dengar dan pernah menjadi topik yang hangat untuk di bahas di dunia ini. Kesetaraan gender terdiri dari 2 kata yaitu kesetaraan dan gender. Kesetaraan berarti harus adanya kesamaan dan keadilan dalam segala hal untuk melakukan segala sesuatu dalam batas yang wajar. Sedangkan gender berarti semua rutinitas yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan berdasarkan sosial dan budaya. Jadi kesetaraan gender adalah harus adanya tingkat keadilan dan persamaan antar aktivitas yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan tanpa adanya diskriminasi. Di era globalisasi seperti ini kesetaraan gender sangat penting karena tuntutan zaman berubah sesuai dengan perkembangan dunia. Sehingga jika di sebuah negara sudah ada keseteraan gender maka akan terciptanya kehidupan yang saling mendukung dan menghargai antara sesama gender. Dan terlebih bagi kaum wanita yang pasti akan lebih terjaga martabatnya dan mencegah adanya tingkat pelecehan terhadap kaum wanita. Serta kaum wanita akan lebih aman dalam beraktivitas di lingkungannya dalam segala bidang.
IMG20230704084149.jpg
Laki laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama di dunia pendidikan

Apakah kesetaraan gender penting bagi semua orang, bukan hanya wanita?

Biasanya kesetaraan gender hanya membahas tentang kesamaan antara laki-laki dan wanita. Namun menurut saya kesetaraan tidak hanya tentang gender namun dalam ruang lingkup yang lebih luas lagi. Semua orang dari berbagai kalangan seharusnya mendapatkan hak yang sama tanpa harus membedakan suku bangsa, warna kulit, bahkan terutama untuk para disabilitas. Mereka tidak boleh di bedakan Karen setiap manusia memiliki hak asasi yang harus di lindungi. Oleh karena itu maka sudah seharusnya setiap orang memiliki perubahan mindset dalam memperlakukan seseorang. Karena kit semua adalah insan ciptaan Allah yang tidak boleh di bedakan perlakuan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

image.png
Sumber

Apa pendapat Anda tentang kesetaraan gender, khususnya terkait keadaan di negara Anda?

Negara kami menganut sistem demokrasi yang tinggi, sehingga untuk kesetaraan gender tidak terjadi dalam berbagai ruang lingkup. Baik dalam lingkungan sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, politik dan keamanan dan seluruh sektoral. Negara kami memberikan kebebasan dalam bereksplorasi namun tetap berada dalam pengawasan dan perlindungan dari pihak pemerintah. Sehingga kami memiliki kenyamanan dalam beraktivitas. Negara kami memiliki undang-undang khusus dalam perlindungan dan kesetaraan berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Negara kami juga negara kepulauan dengan aneka macam ragam bahasa, suku, budaya , adat istiadat dan perbedaan lainnya, namun kami tetap bersatu tanpa adanya kesetaraan gender.

Bagaimana mendidik anak-anak kita untuk memahami masalah ini?

Saya memiliki 2 orang anak yaitu laki-laki dan perempuan. Usia mereka terpaut 3 tahun. Ke 2 anak saya saling menyayangi satu sama lainnya. Apalagi sekarang ini Abang sudah mondok di pasantren. Namun yang namanya anak-anak pasti ada berantem nya. Namun karena rasa sayang tadi mereka selalu saling memaafkan. Ada beberapa hal yang saya ajarkan kepada mereka seperti:

  1. Selalu menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.
  2. Tidak boleh memilih dalam berteman, kecuali teman tersebut membawa dampak negatif bagi mereka.
  3. Selalu menghargai teman walaupun memiliki fisik yang kurang sempurna
  4. Tetap berbicara bahasa Indonesia, terutama dengan jika ada teman yang berbeda suku.
  5. Menghargai temannya ketika berbicara.
  6. Membuat jadwal pekerjaan di rumah untuk ke 2 anak saya, karena saya ingin menanamkan, khususnya untuk anak laki-laki, bahwa walaupun dia anak laki-laki tetap harus melakukan pekerjaan rumah, seperti adiknya yang perempuan.

IMG20230531113427.jpg
Keluarga saya

Saya ikut mengundang @megaaulia, @yanti84 dan @yahnel untuk ikut kontes ini.

Salam hangat dari @dewirusli
Sort:  
Loading...
 8 days ago 

Postingan yang sangat menarik, penjelasan tiap pointnya sangat rinci dan jelas saya sangat menikmati membaca postingan anda, saya juga menyukai cara anda mengajarkan sikap menyikapi kesetaraan gender kepada kedua anak anda. Semoga anda sukses dalam kontes ini
Terimakasih juga sudah mengundang saya untuk kontes ini.
Salam sukses 🫰

Terima kasih Bu Mega sudah singgah di postingan saya untuk memberi komentar yang positif dan menambah semangat saya dalam menulis dan ikut tiap kontes, semoga doa ibu dikabulkan yang maha kuasa, semoga Bu Mega dan saya bis sukses ke depannya di steemit ini. Aamiin...

Terimakasih sudah mengundang saya mengikuti kontes yang sangat menarik ini,,
Saya sudah membaca postingan kakdewi isinya sangat menarik..ssemoga beruntung di kontes kali ini..

Terima kasih sudah singgah di postingan saya dan juga atas waktunya membaca isi postingan, ya Bu Yanti saya juga berharap seperti itu

Saludos amiga has da una muy buena explicación del tema además enseñas muy bien a tus hijos para que entiendan muy bien sobre la igualdad de genero
Te deseo mucha suerte en tu participación

 7 days ago 

Greetings, you have been supported by @hindwhale account for your post. To know more about our community, you can visit our introduction post here. To contact us directly, please visit our discord channel.

Moderator/Curator : @jyoti-thelight


Hind Whale Comment GIF.gif

Subscribe & Join Our Community
Telegram ----- Discord

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 59325.16
ETH 2609.11
USDT 1.00
SBD 2.41