The Diary Game (Selasa, 13 Agustus 2024) Semangat Mencari Penghasilan Menafkahi Keluarga

in STEEM FOR INDONESIA2 months ago

‎سَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai sobat steemian semuanya dimanapun anda berada, bagaimana kabar anda hari ini? semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Hari ini saya kembali membagikan aktivitas saya sehari-hari dalam The Diary Game.

IMG_2038.jpeg

Menjilid laporan pertanggung jawaban (LPJ) milik SD Negeri 1 Nisam

Udara pagi terasa cerah dan awan tampak putih kebiru-biruan menyambut pagi menjadi pertanda untuk memulai aktivitas dengan penuh semangat. Sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab besar terhadap dua orang anak yang masuk duduk dibangku pendidikan, saya memiliki kewajiban untuk menyondong pagi memulai aktivitas mencari penghasilan menafkahi kedua anak saya dan memberi mereka pendidikan. Untuk itu saya membuka warung fotocopy setiap awal pagi untuk mewujudkan kewajiban saya tersebut.

Setelah selesai membuka warung fotocopy pada pukul 07:00 dan melayani beberapa konsumen dari kalangan pelajar, saya menikmati sarapan pagi yang sederhana hasil masakan istri. Di sekolah tampaknya sedang tidak ada proses belajar mengajar, hal ini saya ketahui karena banyaknya pelajar dan guru yang datang ke tempat usaha saya untuk membeli berbagai macam aksesoris menghias ruangan kelas dan halaman sekolah dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79.

Disamping menghias kelas dan halaman sekolah, murid-murid sekolah ada juga yang sedang mengikuti berbagai macam perlombaan maupun pertandingan olahraga sepak bola dan bola volly memeriahkan hari krmerdakaan Republik Indonesia. Saya teringat ketika waktu masih sekolah dulu, memasuki awal hingga pertengahan bulan Agustus merupakan saat-saat yang sangat menyenangkan karena tidak ada proses belajar mengajar dan yang ada cuma mengkuti segala macam perlombaan seperti lari goni, lari bawa telur dengan sendok di mulut, lomba makan kerupuk dan banyak lagi perlombaan lainnya.

IMG_2010.jpeg

Udara pagi yang cerah mengilhami semangat untuk beraktivitas pada hari ini

Menjelang sholat Zuhur dan makan siang, saya menerima orderan fotocopy dari Sekolah Dasar Megeri 1 Nisam berupa dokumen laporan pertanggung jawaban penggunaan biaya operasional sekolah tahun ajaran 2023/2024. Selain ditotocopy, dokumen laporan ini juga harus dijilid seperti buku sebab akan diserahkan kepada dinas pendidikan di Lhoksukon.

Saya mengatakan kepada pegawai tata usaha yang membawa laporan ini supaya hasil fotocopy dan jilid diambil besok pagi saja karena jumlahnya sangat tebal. Proses fotocopy laporan pertanggung jawaban ini harus dilakukan secara manual sebab pada lembarannya ditempel bon faktur pembelian dengan menggunakan lem.



Menerima dan mengerjakan orderan fotocopy dari SD Negeri 1 Nisam

Setelah sholat Zuhur dan makan siang atau tepatnya pukul 15:00, saya pergi ke kebun tanaman kakao untuk membersihkan rumput dan merawat tanaman kakao supaya bisa menghasilkan buah yang banyak. Sebelum diberikan pupuk pada tanaman kakao saya terlebih dahulu harus dilakukan pemangkasan supaya bisa tumbuh tunas baru dan akan membuat tanaman kakao menjadi lebih sehat. Saya menunda pemupukan untuk sementara waktu dulu sebab saat ini saya belum mempunyai uang untuk pengadaan pupuk dan obat-obatan tanaman kakao.

Hari saya masih bekerja sendirian di kebun karena kedua teman saya sedang ada pekerjaan di tempat lain yang lebih penting. Bekerja sendiri di kebun tidak menjadi masalah bagi saya, yang penting bekerja dengan penuh keikhlasan dan saling pengertian dengan teman-teman. Rumput-rumput liar yang telah dibersihkan dikumpulkan pada satu tempat lalu saya bakar biar keluar asap untuk mengusir binatang yang menjadi hama bagi tanaman kakao.





Bekerja merawat kebun tanaman kakao

Aktivitas dan pekerjaan saya di warung fotocopy kembali dilanjutkan setelah menunaikan ibadah sholat Magrib dan makan malam. Salah satu kegiatan yang saya lakukan pada malam ini adalah menjilid laporan pertanggung jawaban milik SD Negeri 1 Nisam yang telah saya fotocopy tadi. Proses penjilidan ini hampir tidak bisa saya lakukan karena isinya sangat tebal dan tidak muat pada staples yang saya miliki. Namun untung saja saya memiliki trik khusus sehingga penjilidan ini dapat saya selesaikan.



IMG_2036.jpeg

Mengerjakan jilid buku hasil fotocopy laporan pertanggung jawaban

Demikian The Diary Game singkat saya pada hari ini, sekian dan terima kasih atas waktunya berkenan membaca tulisan saya ini dan memberi dukungan sebagai penyemangat bagi saya untuk selalu menghadirkan karya-karya yang lebih baik lagi.

Salam Hormat,
@yuswadinisam

About Me

Steem.png

Saya mengundang Anda untuk mendukung @pennsif.witness untuk pertumbuhan di seluruh platform melalui komunikasi yang kuat di semua tingkatan dan menargetkan pengembangan hasil tinggi dengan sumber daya yang tersedia.


Click here

Sort:  

Upvoted! Thank you for supporting witness @jswit.

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 2 months ago 
Thank you for sharing your post in the STEEM FOR INDONESIA community
DescriptionInformation
AI & Plagiarism Free✅️
Status Account✅️
Club Statusclub100
Support @steem4indonesia❌️
Support burnsteem25✅️

Tautan Mudah untuk delegasi ke @steem4indonesia

100200300400500
10002000300040005000

Tautan Mudah untuk delegasi ke @steemhobbies

100200300400500
10002000300040005000

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68338.18
ETH 2645.26
USDT 1.00
SBD 2.69