Achievement 6 Task by @yanijenewa : Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago

SGN_12_16_2021_1639640827101.jpeg

Assalamuàlaikum Wr.Wb

Semoga senantiasa kita semua dalam Lindungan Allah SWT atas limpahan Rahmat dan Kasih SayangNya lah kita masih diberikan umur dan kesehatan sehingga dapat menjalankan aktifitas sebagai mana mestinya.

Alhamdulillah setelah saya menyelesaikan tugas Achievement 5 Task 4 Tentang Review Steemdb.oi, pada kesempatan ini yang InsyaAllah saya membuat Tugas 6 Tentang Understanding Curation and Community. Sebelumnya saya banyak mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak @radjasalman bang @irawandedy dan @cryptokannon dan juga kepada bang @heriadi berkat postingan beliau setidaknya saya bisa memahami walaupun sedikit tentang tugas tugas yang diberikan kepada pendatang baru.

Adapun tugas untuk Achievement 6 ini adalah tentang memahami kurasi dan komunitas.

  • Memahami cara kerja voting dan Kurasi di steemit

Voting dan Kurasi

  • Voting

Pada media sosial lainnya juga terdapat berbagai istilah dalam memberikan voting seperti di facebook itu ada namanya like dan dislike sedangkan di steemit itu sendiri ada Upvote dan Downvote

Upvote adalah penghargaan positif yang kita berikan kepada penulis dan akan memperoleh nilai atau hadiah yang didapat besar atau kecilnya sesuai dengan power yang pemberi vote.

Downvote adalah suara negatif yang diberikan dan dapat mengurangi nilai atau hadiah yang di dapat pada postingan namun bila power yang melakukan downvote tidak mempengaruhi maka jangan khawatir tetap semangat dalam berkarya.

Screenshot_20211215-144634_Chrome.jpgUpvote

Screenshot_20211215-144700_Chrome.jpgDownvote

  • Kurasi

Kurasi merupakan kegiatan untuk memberikan nilai terhadap postingan, dalam hal ini ada juga yang namanya kurator dimana kurator tersebut adalah orang yang memberi nilai dalan postingan platform steemit.

  • Yang terjadi jika memilih posting sebelum 5 menit setelah posting

Adapun yang terjadi jika memilih postinga sebelum 5 menit merujuk pada postingan yang saya baca ditulis oleh @cryptokannon yang diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia oleh bang @heriadi yaitu sebagai berikut :

  • Jika postingan di upvote dalam 1 menit, setelah di post, maka kurator akan mendapatkan 20%, dan 80% reward kurasi tetap di kumpulan hadiah
  • Jika postingan di upvote dalam 2 menit, setelah di post, maka kurator akan mendapatkan 40%, dan 60% reward kurasi tetap di kumpulan hadiah
  • Jika postingan di upvote dalam 3 menit setelah di post, maka kurator akan mendapatkan 60%, dan 40% reward kurasi tetap di kumpulan hadiah
  • Jika postingan di upvote dalam 4 menit setelah di post, maka kurator akan mendapatkan 80%, dan 20% reward kurasi tetap dikumpulan hadiah
  • Jika postingan di upvote dalam 5 menit (atau lebih) setelah di post, maka kurator mendapatkan 100% hadiah kurasi

Steem Witness

Witness atau saksi yang diperlukan oleh Blockchain steem untuk membuat blok dengan menggukan konsesus diistilahkan Delegate Proof of Stake (DPOS), setiap akun berhak memilih 30 Witness, maka semakin banyak steem power yang kita miliki maka semakin banyak bobot suara untuk menjadi saksi naik ke peringkat teratas.

Dalam hal ini saya memilih Saksi adalah @steemchiller @justy @future.witness @inwi dan @successgr.with

Screenshot_20211216-133304_Chrome.jpg
Screenshot_20211216-133320_Chrome.jpg

Dengan alasan saya memilih mareka dalam hal ini karena orang orang tersebut yang sangat berperan dalam steemit dan mereka juga telah menciptakan tool yang sangat berguna bagi pengguna steemit sedangkan @inwi berasal dari satu Negara dengan saya yakni Indonesia.


  • Komunitas yang saya ikut di Steemit

Komunitas adalah sebuah wadah atau perkumpulan kelompok baik itu berupa sosial maupun kelompok organisasi lainnya yang tergabung menjadi satu tujuan untuk kebersamaan. Dalam komunitas steemit saya telah bergabung dengan komunitas Newcomers' karena saya pendatang baru selain komonitas Newcomers saya juga bergabung dalam Komunitas Steem SEA dan saya Mendelegasi dalam Komunitas ini walaupun tidak banyak serta juga saya bergabung dalam Komunitas STEEM FOR BETTERLIFE seperti pada Gambar tangkapan layar dibawah ini

Screenshot_20211216-141428_Chrome.jpg
Screenshot_20211216-141449_Chrome.jpg


Demikian Tugas yang saya perbuat mohon koreksi dan bimbingannya yang bersifat membangun dan banyak saya ucapkan terimakasih kepada Bapak @anroja Bapak @radjasalman Ibu @ernaerningsih Bang @mirzamg dan terimakasih tak henti-hentinya kepada sahabat saya yang selalu mendukung dan mendorong semangat buat saya untuk selalu aktif di platform steemit ini yaitu Mas @muhammadbakrie


20210919_132032.gif

Wassalamuàlaikum Wr.Wb

Sort:  
 3 years ago 

Hello,

I’m glad that you have successfully completed your Achievement task. You can now proceed with the next achievement task at your convenience.

RATE : 2

You can visit The List Of Achievement Tasks by @cryptokannon.

You also can apply for 500 SP Minnow Support Program if you have less than 500SP.

You also can join the Steemit Guidance Discord and Steemit Guidance Telegram groups for any Assistance needed.

There are community rules in all communities on Steemit. You are required to follow all the rules before posting any article. I hope you will post quality content here.

HAPPY JOURNEY ON STEEMIT

SAVE_20210724_220410.jpg

 3 years ago 

Thank you very much for the verification
🙏🙏

 3 years ago 

Hi, @yanijenewa,

Your post has been supported by @dilchamo from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thanks very much

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 59876.72
ETH 3191.77
USDT 1.00
SBD 2.43