Achievement 4: Applying Markdown by @taqdirul94 #Task4

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

AddText_11-11-04.46.48.jpg

Selamat malam teman-teman steemian dimanapun kalian berada !!! Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat dan diberikan keberkahan sehingga bisa terus berinovasi dan aktif di platform steemit ini.

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Setelah kemarin malam postingan Achievement 3 saya sudah diverifikasi oleh bapak @nadilchairi selaku salah satu dari tim greeter yang bertugas memverifikasi para newcommers dari negara representative indonesia, maka pada malam ini saya akan melanjutkan tugas achievement 4 yang semoga saja juga diverifikasi selanjutnya supaya nantinya saya bisa menuntaskan hingga ke tugas yang paling akhir.

Tugas 4 dalam achievement 4 sendiri adalah menjelaskan beberapa jenis Markdown style dalam fungsi penulisan postingan di steemit, dimana arti markdown sendiri menurut Wikipedia adalah bahasa markah ringan dengan sintaksis pemformatan teks polos. Bahasa markah ini dirancang agar bisa dikonversi menjadi HTML dan banyak format lainnya menggunakan alat yang memiliki nama yang serupa.

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Adapun beberapa cara penulisan markdown style yang bisa saya contohkan adalah dengan menulis sebuah tulisan seperti di bawah ini, teman-teman bisa mengikuti kode scriptnya sebagai berikut:

JUDUL: MARKDOWN STYLE

SUB - JUDUL

Judul adalah sebuah atau beberapa kata yang diambil dari keseluruhan cerita atau isi buku maupun tulisan, sedangkan sub judul merupakan kata yang bisa menjelaskan dari isi bab per bab.

Untuk penulisan judul seperti contoh dibawah, anda cukup menyisipkan (#) pada awal kata, semakin banyak (#) yang anda tambah makan semakin kecil tulisan judul yang akan nampak.

Penulisan judul sendiri bisa menggunakan format seperti berikut:
#Judul
#Judul
##Judul
##Judul

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Tulisan miring, Tulisan tengah & Tulisan di coret

Untuk penulisan miring, tulisan di tengah dan tulisan di coret, bisa menggunakan format script dibawah ini:

  • Penulisan ditengah : # < center > Contoh tulisan di tengah < /center >

  • Penulisan miring # < i > Contoh tulisan miring < /i >

  • Penulisan tulisan yang dicoret # ~~ Contoh Judul di coret ~~

Contoh tulisan di tengah

Contoh tulisan miring

Contoh tulisan di coret

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Merapikan Tulisan

Untuk merapikan tulisan sendiri supaya mendapatkan format rata kiri dan rata kanan, bisa menggunakan format script dibawah ini:

  • Contoh:
    < div class="text-justify" >
    Sesiap mengganti pakaian dan berkemas memasukkan laptop ke dalam tas saya pun langsung berangkat kerja, sedangkan istri saya sudah pergi lebih dulu sejak tadi karena arah tempat kerja saya dan istri berlawanan arah dimana istri saya berangkat ke Lhoksukon sedangkan saya ke Lhokseumawe sehingga kami tidak bisa pergi berbarengan ke kantor, ditambah lagi dia harus sampai ketempat kerja sebelum jam 08.00 untuk bisa absen finger print sehingga dia selalu berangkat pagi-pagi sekali.
    < / div>

  • Hasilnya:

Sesiap mengganti pakaian dan berkemas memasukkan laptop ke dalam tas saya pun langsung berangkat kerja, sedangkan istri saya sudah pergi lebih dulu sejak tadi karena arah tempat kerja saya dan istri berlawanan arah dimana istri saya berangkat ke Lhoksukon sedangkan saya ke Lhokseumawe sehingga kami tidak bisa pergi berbarengan ke kantor, ditambah lagi dia harus sampai ketempat kerja sebelum jam 08.00 untuk bisa absen finger print sehingga dia selalu berangkat pagi-pagi sekali.

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Membuat tulisan teks menjadi dua kolom tulisan

Membuat tulisan menjadi dua kolom tulisan bisa menggunakan format script dibawah ini:

  • Contoh
    < div class="pull-right" >
    Sembari menikmati suasana warung kopi di pagi hari dengan ditemani segelas kopi saya seolah enggan untuk langsung berangkat kerja setelah menghabiskan sarapan nasi guri, hal tersebut pun terkadang membuat saya lupa waktu jika saya tidak melihat-lihat ke arah jam tangan sesekali, yang saya takutkan saya terlambat menuju ke kampus dimana mahasiswa sudah menunggu.
    < /div > Sembari menikmati suasana warung kopi di pagi hari dengan ditemani segelas kopi saya seolah enggan untuk langsung berangkat kerja setelah menghabiskan sarapan nasi guri, hal tersebut pun terkadang membuat saya lupa waktu jika saya tidak melihat-lihat ke arah jam tangan sesekali, yang saya takutkan saya terlambat menuju ke kampus dimana mahasiswa sudah menunggu.

  • Hasilnya

Sembari menikmati suasana warung kopi di pagi hari dengan ditemani segelas kopi saya seolah enggan untuk langsung berangkat kerja setelah menghabiskan sarapan nasi guri.
Sembari menikmati suasana warung kopi di pagi hari dengan ditemani segelas kopi saya seolah enggan untuk langsung berangkat kerja setelah menghabiskan sarapan nasi guri.

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Mencantumkan link sumber dari tulisan orang lain atau internet.

Jika anda mengambil gambar atau tulisan orang lain dari internet, supaya lebih memudahkan para pembaca melihat sumber atau referensi bisa memasukkan format script di tulisan dengan cara di bawah ini:

  • Contoh
    [ Cara menuliskan Markdown ]
    (https://steemit.com/hive-172186/@heriadi/panduan-penulisan-achievement-4-tugas-penggunaan-markdown-bagi-pendatang-baru)
  • Hasilnya
    Cara menuliskan Markdown

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Cara membua tabel

Dalam pembutan tabel sendiri, anda bisa menggunakan format script seperti dibawah ini:

  • Contoh

    Nama | Umur | Status Pernikahan
    -- | --| --
    Hani| 13 tahun | Belum menikah
    Ikhwal | 30 tahun | Menikah
    Putri | 17 tahun | Menikah
    Anisa | 24 tahun | Janda

  • Hasilnya

NamaUmurStatus Pernikahan
Hani13 tahunBelum menikah
Ikhwal30 tahunDuda
Putri17 tahunMenikah
Anisa24 tahunJanda

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Demikian saja tulisan saya untuk postingan achievement 4 kali ini dengan memahami cara oenulisan dan pemakaian script markdown sebagai pendatang baru di steemit (tugas 4), harapan saya untuk di approve oleh para Tim Greeter Indonesia (@radjasalman, @heriadi @irawandeddy, @nadilchairi dan @miftahuddin).

Semoga tulisan saya ini juga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan orang lain umumnya. Jika ada salah penulisan atau kekeliruan informasi silahkan memberikan kritik dan komentar teman-teman asalkan dengan cara yang baik dan sopan.

Warm regards @taqdirul94

HNWT6DgoBc14riaEeLCzGYopkqYBKxpGKqfNWfgr368M9WWGuy492D4VXuu8sdj2HWcZk3XoHFHADydTo7DsdfoHRHAoZZmPmRieZSTS1PfWDnUVFkd3SiCHyoC.png

Achievement 1
Achievement 2
Achievement 3

CC :
@atim1234
@steemcurator01
@focusnow

2ieXy5AJoW1wyFA5TnNoZvHVzPDZiCc5XxQpvSU8tekNYZ8KJAFU3AyDyGNKE5Xw3cukSogL1HY8QXhwc5farxaz2aoUqWz6xaodrhcgzCNEqg3egToAW1o1jozxWL...KTeM12Y4Ln5t7wefzdgkmhHeqEBTvBzkhsapWfCRh3YzxDrbviAy8iekJpTtNpaRGF9H3Q2ovCPQUPXwi7v23BVAfvCGozjjzNq8eh3wmTpC4g52DfiUhL8XRw.gif

Sort:  
 3 years ago 

Saya bermanfaat sekali, dan membantu para newbie
#club5050

 3 years ago 

Terimakasih 🙏
#club550

 3 years ago 

Hi @taqdirul94

Congratulations, your achievement 4 is verified.

You can advance and complete Achievement 5

Remember to use the #Achievement5 and #(your country) tags and post from Newcomers' Community.

I invite you to join the Steemit Crypto Academy Read here to know more

I invite you to follow @steemitblog so that you are aware of the latest updates.

 3 years ago 

Bisa di jadikan referensi buat para sahabat newcamer

 3 years ago 

Mantap ... Betul pak @ikhwal23

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56542.34
ETH 2391.51
USDT 1.00
SBD 2.30