Achievement 6 By @sayaalan Task: Understanding Curation and Community

in Newcomers' Community3 years ago (edited)

PicsArt_21-10-06_00-13-35-371.png

Source Images

PicsArt_06-11-03.47.31.png

Hari ini saya akan menulis Tugas Achievement 6 yaitu tentang "Memahami Tentang Kurasi dan Komunitas Bagi Pendatang Baru". Tanpa berlarut-larut dalam pendahuluan mari langsung saja kita masuk pada pembahasan, dan menjawab beberapa pertanyaan dalam tugas Achievement lanjutan ini dari Pemandu Komunitas Pendatang Baru yaitu pada postingan saudara @heriadi.

PicsArt_06-11-03.47.31.png

1. Apakah Anda memahami cara kerja voting dan kurasi di steemit?

Disini saya akan membagi soal menjadi 2 sub, yaitu Cara kerja voting dan Kurasi Steemit ;

a. Cara Kerja Voting

Seperti yang sama-sama kita ketahui bersama bahwa voting ialah pemungutan suara, dalam hal ini voting ialah seperti kekuatan untuk memilih postingan yang ingin anda berikan suara. Anda dapat memeriksa "mana" (kekuatan voting) anda pada https://www.steemnow.com/@namaakun, dan beberapa tool lainya seperti steemyy, steemworld, dan steemscan.

IMG_20211005_223419.jpg

Melihat % Voting Power dengan menggunakan tool steemnow.com

Setiap kali anda memilih untuk memberikan suara, anda akan menggunakan sejumlah kecil persen kekuatan pemungutan suara anda. Perlu diketahui juga bahwa ; saat anda melakukan kegiatan upvote lebih banyak, suara anda akan membawa lebih sedikit pengaruh dibandingkan dengan upvote anda saat sedang dalam 100%, disin anda tidak perlu khawatir, mana anda akan terisi ulang kembali dalam 20% setiap harinya.

b. Cara Kurasi Steemit (Curation Reward)

Kurasi steemit dalam bahasa yang lebih sederhana dapat disebut dengan hadiah kurasi, ini adalah hadiah yang akan kita dapatkan saat melakukan up-vote postingan orang lain.

IMG_20211005_223545.jpg

Melihat Hadiah Kurasi terbaru dengan menggunakan tool steemnow.com

Untuk lebih mempermudah kita memahami akan hal ini saya akan menjabarkan dalam sebauh contoh, sebagai berikut ; "jika seseorang mengunggah atau membuatsebuah postingan dan selanjutnya kita menyukai (vote) postingan tersebut maka untuk apresiasinya kita akan mendapatkan imbalan hadiah yang disebut dengan Curation Reward, dan ini juga tergantung pada kekuatan Steem Power (SP) anda".

Dalam hal ini saya lebih suka melihat atau memeriksa hadiah kurasi dengan menggunakan tool steemworld.com yang telah dijelaskan sebelumnya pada tugas Achievement 5 Tugas 1. Anda dapat membukanya pada Steemworld, lalu anda dapat melihatnya dengan menggeser kursor kebawah pada pilihan "Coming Reward".

IMG_20211005_224747.jpg

Melihat Hadiah Kurasi dengan menggunakan tool steemworld.org

PicsArt_06-11-03.47.31.png

2. Apa yang terjadi jika Anda memilih posting sebelum 5 menit setelah posting?

Seperti yang sama-sama kita ketahui bersama yaitu hadiah dari postingan umumnya dialokasikan hingga 50% dari pembayaran masuk ke penulis posting/komentar, dan 50% lagi masuk ke kurator. Dalam hal ini saya akan merujuk pada Steemit FAQ
Disana dijelaskan bahwa " Dari 50% yang masuk ke kurator, kurator akan menerima kurag dari 100% hal itu terjadi jika kurator memberikan suaranya dalam 5 menit pertama.

Pembagian tersebut juga dihitung secara linier berdasarkan waktu pemungutan suara, dan pembagian waktu tersebut akan saya jabarkan melalui tabel dibawah ;

Waktu
Keterangan
Pada saat posting100% hadiah kurasi berada di kumpulan hadiah
Pada 1 menitKurator menerima 20%, dan 80% tetap berada di kumpulan hadiah.
Pada 2 menitKurator menerima 40%, dan 60% tetap berada di kumpulan hadiah.
Pada 3 menitKurator menerima 60%, dan 40% tetap berada di kumpulan hadiah.
Pada 4 menitKurator menerima 80%, dan 20% tetap berada di kumpulan hadiah.
Pada 5 Menit atau LebihKurator menerima 100% hadiah kurasi.

PicsArt_06-11-03.47.31.png

3. Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? dan mengapa?

Siapa yang akan Anda pilih untuk Steem Witness? "Disini saya telah lama memilih @justyy sebagai witness", dan jika ditanya Mengapa? saya akan menjawab "karena saya telah mendukungnya dan memberikan atau mendelegasikan beberapa SP saya kepada witness tersebut, dan saya juga telah menyetel proxy dirinya.

IMG_20211005_232851.jpg

Witness yang saya pilih dan Proxy

PicsArt_06-11-03.47.31.png

4. Komunitas mana yang akan Anda ikuti di Steemit, dan mengapa?

Wahhh, ini adalah pertanyaan yang harus dijawab secara pribadi dan saya akan menjawab pertanyaan itu dengan sedikit menggunakan bahasa bebas, oke untuk "komunitas yang akan saya ikuti" disini saya telah mengikuti beberapa komunitas diantaranya ialah "Steemit Crypto Academy" dan "Beuaty of Creativity", juga beberapa komunitas lainnya, untuk komunitas lainnya sejujurnya saya belum mempunyai waktu luang untuk ikut serta didalamnya dan menulis beberapa tulisan serta mempublikasikan foto saya disana.

IMG_20211005_232417.jpg

Komunitas yang saya ikuti

Untuk saat ini saya lebih sering memposting pada komintas "Beauty of Creativity" jika ditanya Mengapa ? mungkin itu adalah salah satu komunitas yang dapat saya ikuti untuk menyalurkan hobi fotografi macro saya, pada profile postingan saya ini, anda dapat melihat bahwa hobi saya adalah memotret beberapa objek seperti berbagai jenis serangga dan juga beberapa objek kecil lainnya.

PicsArt_06-11-03.47.31.png

Wuishhhh, yuuuhhuuuuiii.....!!! Akhirnya saya dapat menyelesaikan beberapa tugas achievement pada komunitas pendatang baru, dan demikian tugas Achievement 6 saya tentang "Memahami Tentang Kurasi dan Komunitas Bagi Pendatang Baru", Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan pada penulisan ini, kritik dan saran yang membangun sangat saya terima. Terimakasih saya ucapkan kepada kawan-kawan dan Pemandu pada Komunitas Pendatang Baru.

PicsArt_06-11-03.47.31.png

Sumber dukungan :

PicsArt_06-11-03.47.31.png

Rangkuman Tugas Achievement : :

TugasJudul
Achievement 1
My Introduction
Achievement 2
Basic Security on Steem
Achievement 3
Kode Etik Konten
Achievement 4
Applying Markdowns
Achievement 5
Task1 Steemworld.org
-
Task2 Steemscan.com
-
Task3 Steemyy.com
-
Task4 Steemdb.io
Achievement 6
Postingan Saat Ini

PicsArt_06-11-03.47.31.png

CC

@cryptokannon

@irawandedy

@heriadi

PicsArt_06-11-03.47.31.png

PicsArt_05-23-09.39.56.png

PicsArt_06-11-03.47.31.png

PicsArt_04-20-11.54.12.png

Sort:  
 3 years ago 
Selamat... Anda telah diverifikasi untuk tugas Achievement 6 ini dan Anda dapat melanjutkan ke tugas berikutnya tentang Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Sebelumnya Silakan membaca panduan tugas tersebut dengan mengunjungi tautan berikut Penyusunan Postingan Tugas Akhir Achievement

Setelah menyelesaikan Tugas ini anda dapat mencari pengalaman baru di Steemit, yaitu bergabung dengan komunitas yang telah ada sesuai dengan keinginan anda. Ekspresikan bakat dan minat mu disana. Kami senang melihat anda selama ini menyelesaikan setiap tugas dengan baik.

Catatan Kurator
: 3

Best Regard,
@irawandedy

 3 years ago 

Terima kasih banyak bang @irawandedy 😉🤝

 3 years ago 

Hi, @sayaalan,

Your post has been supported by @boss75 from the Steem Greeter Team.

 3 years ago 

Thanks @boss75 😉👍

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68625.09
ETH 3746.53
USDT 1.00
SBD 3.76